Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Fardhu disertai Makna & Keutamaannya

Header - Fakta Seru - Niat Sholat Fardhu dan Dhuha

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap bacaan niat dan doa setelah sholat fardhu, dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya. Dijelaskan pula makna serta keutamaan zikir dan berdoa setelah sholat. Mari kita simak bersama!

Doa setelah sholat Fardhu memiliki makna dan keutamaan tersendiri bagi umat Muslim. Bahkan dikatakan, di antara waktu-waktu mustajab atau cepat terkabulnya sebuah doa adalah setelah waktu sholat. Setelah menunaikan sholat Fardhu, ada baiknya kamu tidak langsung pergi meninggalkan tempat sholat, tetapi berdoa dan berdzikir terlebih dahulu sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Lantas, bagaimana bacaan niat dan doa setelah sholat Fardhu, serta keutamaan melakukannya? Mari simak ulasan lengkapnya!

 

Sholat Fardhu 5 Waktu

Menunaikan sholat 5 waktu merupakan hal yang wajib bagi umat muslim yang sudah baligh dan berakal, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ كِتَٰبًا مَّوْقُوتًا

“Innaṣ-ṣalāta kānat ‘alal-mu`minīna kitābam mauqụtā”.

Artinya:

“Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman,” (QS. An-Nisa: 103).

Sholat fardhu 5 waktu berjumlah 17 rakaat setiap harinya dengan pembagian rakaat sebagai berikut:

  • Sholat Subuh sebanyak 2 rakaat

  • Sholat Dzuhur sebanyak 4 rakaat

  • Sholat Ashar sebanyak 4 rakaat

  • Sholat Maghrib sebanyak 3 rakaat

  • Sholat Isya sebanyak 4 rakaat

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Sholat, Tata Cara, Rukun & Syarat Sahnya, Umat Muslim Wajib Tahu!

 

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu

Lalu, bagaimana bacaan niat sholat 5 waktu itu? Di bawah ini disertakan bacaan Arab, Latin, arti, dan waktu pelaksanaannya.

1. Niat Sholat Subuh

Waktu sholat Subuh dimulai saat terbitnya fajar hingga sebelum terbitnya matahari.

Bacaan niat sholat Subuh:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَا

“Usholli fardha shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

Artinya:

“Aku niat salat fardu Subuh sebanyak dua rakaat, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala”.

 

2. Niat Sholat Dzuhur

Waktu sholat Dzuhur dikerjakan pada siang hari. Tepatnya, ketika matahari berada di tengah-tengah langit sampai menjelang petang. Waktu holat Dzuhur berakhir jika bayangan sebuah benda sama panjangnya dengan benda tersebut.

Bacaan niat sholat Dzuhur:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

“Usholli fardha dzuhri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

Artinya:

“Aku niat salat fardu Zuhur sebanyak empat rakaat, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala.”

 

3. Niat Sholat Ashar

Waktu sholat Ashar dikerjakan pada sore hari. Tepatnya, saat bayangan benda sudah melebihi sedikit dari bendanya hingga matahari terbenam.

Bacaan niat sholat Ashar:

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

“Usholli fardha ‘ashri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

Artinya:

“Aku niat salat fardu Asar sebanyak empat rakaat, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala.”

 

4. Niat Sholat Maghrib

Waktu sholat Maghrib dikerjakan saat matahari sudah terbenam hingga hilangnya syafaq. Nah, syafaq merupakan sebutan untuk cahaya kemerahan yang muncul setelah terbenamnya matahari.

Bacaan niat sholat Maghrib:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

“Usholli fardha maghribi tsalaatsa raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

Artinya:

“Aku niat salat fardu maghrib sebanyak tiga rakaat, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala.”

 

5. Niat Sholat Isya

Waktu sholat Isya dikerjakan saat hilangnya syafaq sampai menjelang waktu Subuh. 

Bacaan niat sholat Isya:

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

“Usholli fardha ‘isyaa`i arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

Artinya:

“Aku niat salat fardu Isya sebanyak empat rakaat, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala.”

Baca Juga: Bacaan Sujud Syahwi, Tata Cara, Alasan, Dalil & Hukumnya

 

Kumpulan Doa dan Dzikir Setelah Salat Fardhu

Setelah sholat fardhu, ada baiknya kita tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Marilah duduk sejenak untuk zikir dan berdoa, memohon ampunan juga perlindungan kepada Allah SWT. Yuk, simak dan hafalkan beberapa kumpulan doa setelah salat fardhu (Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya) berikut ini, lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya. Kumpulan doa di bawah ini tidak harus kamu baca berurutan ya.

 

1. Membaca Istigfar 3 Kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal’adzim, Aladzi Laailaha Illahuwal Khayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaiih”.

Artinya:

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

 

2. Memberikan Pujian kepada Allah SWT

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

“Allahumma Antassalam, Waminkassalam, Wa Ilayka Ya’uudussalam Fakhayyina Rabbanaa Bissalaam Wa-Adkhilnaljannata Darossalaam Tabarokta Rabbanaa Wata’alayta Yaa Dzaljalaali Wal Ikraam”.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.” (HR. Muslim)

 

3. Membaca Ayat Kursi

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

“Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim”.

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan juga tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang mampu memberi syafaat di sisi Allah tanpa seizin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah mencakup langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

 

4. Melafalkan Tahlil

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir”.

Artinya:

“Tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Muslim, no. 594).”

 

5. Sholawat Nabi

اَللَّهُمَّصَلِّعَلىَمُحَمَّدٍوَعَلىَآلِمُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”.

Artinya: 

“Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

 

6. Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir

Kalimat Tasbih:

سُبْحَانَ اللهِ

Subhanallah

Kalimat Tahmid:

الْحَمْدُلِلهِ

Alhamdulillah

Kalimat Takbir:

اللهُ اَكْبَرُ

“Allahu Akbar”

 

7. Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

“Allahumma inna nasaluka salamatan fiddiin, wa ‘afiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wa barokatan firrizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan ‘indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut, Allahumma hawwin ‘alaina fii sakarotil maut, wa najaatan minannari, wal ‘afwa ‘indal hisab”.

Artinya: 

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab.”

Baca Juga: Lengkap! Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat: Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

 

8. Doa untuk Kedua Orang Tua

.رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

“Rabbanagh firlana dzunuubanaa wa liwaa-lidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu’alli-mienaa wa liman lahuu h aqqun’ alain aa wa lim an ahabba wa ahsana ilaina wa likaaffatil mus limun a ajma’iin”.

Artinya: 

“Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat Islam.”

 

9. Doa agar Dijauhkan dari Penyakit Hati

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ  

“Rabbanā lā tuzig qulụbanā ba’da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb”.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).”

 

10. Doa Memohon Perlindungan dari Sifat Negatif

اللَّهُمَّإِنِّىأَعُوذُبِكَمِنَالْعَجْزِوَالْكَسَلِوَالْجُبْنِوَالْهَرَمِوَالْبُخْلِوَأَعُوذُبِكَمِنْعَذَابِالْقَبْرِوَمِنْفِتْنَةِالْمَحْيَاوَالْمَمَاتِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat”.

Artinya: 

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.”

 

Keutamaan Doa Setelah Salat Wajib

Setelah kamu mengetahui bacaan niat dan doa-doa apa saja yang bisa dipanjatkan setelah salat fardhu, sekarang ada baiknya untuk memahami keutamaan dan pentingnya doa setelah salat.

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Doa setelah salat bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca doa setelah salat, kamu menunjukkan rasa syukur dan penghormatan kepada Allah atas nikmat dan rahmat yang telah Ia berikan.

2. Menambah pahala

Membaca doa setelah salat juga bisa menambah pahala kamu di hadapan Allah. Setiap kali kamu membaca doa, Allah akan memberikan pahala berlipat ganda.

3. Menenangkan pikiran dan hati

Berdoa setelah salat membantu menenangkan pikiran hati. Dengan mengingat Allah dan membaca doa akan mengalihkan perhatian kamu dari beban pikiran dan hati yang sedang dihadapi.

4. Meningkatkan keimanan

Memanjatkan doa juga menunjukkan kepercayaan dan keyakinan kamu kepada Allah SWT sebagai pencipta alam semesta dan segala yang ada di dalamnya.

5. Menyempurnakan ibadah salat

Ibadah salat akan lebih sempurna jika diakhiri dengan doa.

Setelah membaca artikel bacaan niat sholat fardhu 5 waktu dan kumpulan doa setelah sholat ini, semoga kamu bisa lebih sering untuk mempraktikkannya sehari-hari. Mau belajar agama Islam lebih dalam lagi? Kamu bisa mencari guru agama terbaik di ruangguru Privat!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Doa Setelah Sholat Fardu [daring]. Tautan: https://jabar.nu.or.id/doa/doa-setelah-sholat-fardu-lengkap-arab-dan-artinya-Wqwm3 (Diakses: 19 Februari 2023)

Bacaan doa setelah sholat fardhu [daring]. Tautan: https://kumparan.com/berita-terkini/bacaan-doa-setelah-sholat-fardhu-5-waktu-sesuai-anjuran-rasulullah-lengkap-1upPvMhaBdw/full (Diakses: 19 Februari 2023)

Doa dan dzikir setelah sholat fardhu [daring]. Tautan: https://www.merdeka.com/trending/bacaan-doa-dan-dzikir-setelah-sholat-fardhu-lengkap-disertai-artinya-kln.html (Diakses: 19 Februari 2023)

Kenya Swawikanti