Bacaan Niat Sholat Tahajud, Doa, Tata Cara & Waktu Pelaksanaannya

Header - Fakta Seru - Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

Sholat tahajud menjadi sholat sunah yang dikerjakan di waktu malam. Berikut bacaan niat sholat tahajud, doa-doa, tata cara, serta waktu yang mustajab untuk melaksanakannya.

 

“Sholat adalah tiang agama!”

Hayoo, siapa yang pernah mendengar kalimat tersebut? Kalimat tersebut disebutkan dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Baihaqi, “Sholat itu adalah tiang agama (Islam). Maka, barangsiapa mendirikannya, sungguh ia telah mendirikan agama; dan barangsiapa meninggalkannya, sungguh ia telah merubuhkan agama.”

Dalam ajaran hukum islam, sholat merupakan salah satu hal wajib atau fardhu ain untuk dilakukan oleh seorang umat muslim yang berakal dan akil baligh. Sholat juga digunakan sebagai pendekatan umat muslim dalam mewujudkan ikatan dan jiwa kerohanian kepada Allah SWT.

Nah, sholat wajib dan sunah dalam hukum islam pun terdiri dari berbagai macam. Kamu pasti sudah tahu, dong? Sholat wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim, yaitu sebanyak lima kali dalam sehari. Di antaranya sholat subuh dua rakaat, sholat zuhur empat rakaat, sholat asar empat rakaat, sholat maghrib tiga rakaat, dan sholat isya empat rakaat.

masjid-pogung-dalangan-4AsezBTHa2g-unsplash

Sholat termasuk rukun islam yang kedua, wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim yang berakal dan sudah baligh. (Sumber: unsplash.com)

 

Lalu, sholat sunah ada apa saja, nih? Sholat sunah terdiri dari sholat taubat, sholat istikharah, sholat witir, sholat duha, sholat fajar, sholat hajat, sholat tahajud, dan lain sebagainya. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai sholat sunah yang memiliki banyak keutamaan apabila dilakukan, yaitu sholat sunah tahajud.

Berikut penjelasan bacaan niat shalat tahajud, doa, tata cara, serta waktu yang mustajab untuk melaksanakannya!

Baca Juga: Bacaan Sholat, Tata Cara, Rukun, dan Syarat Sahnya, Umat Muslim Wajib Tahu!

 

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah ibadah sunah yang dikerjakan pada malam hari, dalam kurun waktu setelah shalat isya sampai menjelang subuh. Shalat sunah tahajud dapat dikerjakan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Dalam melaksanakan sholat tahajud, kita dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu. Tetapi, bukan suatu keharusan, ya. Selain itu, mengerjakan shalat tahajud di rumah lebih utama daripada dilakukan di masjid. Bagi orang yang akan mengerjakan shalat tahajud, disunahkan melakukan tidur qailulah (tidur pada siang hari sebelum zawal).

 

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Meskipun waktu untuk melaksanakan sholat tahajud bisa dimulai dari setelah sholat isya hingga menjelang subuh, tapi ada waktu terbaik untuk melaksanakannya. Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir, yaitu antara pukul 01.00 atau 02.00 sampai masuk waktu sholat subuh.

Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam Qur’an surat Al-Isra ayat 79:

 

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

 

“Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā.”

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

ganapathy-kumar-ve_uN9V8xqU-unsplash

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir. (Sumber: unsplash.com)

 

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Sholat tahajud dilakukan dengan 2 rakaat-2 rakaat hingga jumlah yang tidak terbatas. Namun, dilansir dari Merdeka.com, menurut catatan, Rasulullah tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat termasuk sholat witir.

Berikut bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

 

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

 

“Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat shalat sunah tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Fardhu Disertai Makna dan Keutamaannya

 

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Rasulullah menganjurkan para umatnya untuk membaca doa setelah melakukan sholat sunah tahajud. Berikut bacaan doa sholat tahajud dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

 

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

 

“Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal’ardhi wa manfiihina wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna.

Wal lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa’dukalhaqq, wa liqaa’uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallam haqq, wassaa’atu haqq.

Allahumma laka aslamtu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashuamtu wa ilaika haakamtu fagfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu’akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa illaa annta.”

Artinya:

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.

Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar (ada), neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”

Baca Juga: Lengkap! Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat: Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

 

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud hampir sama dengan shalat fardhu. Akan tetapi, niat, rakaat, dan waktu pelaksanaannya sedikit berbeda. Adapun tata caranya sebagai berikut:

  1. Membaca niat sholat tahajud,
  2. Takbiratul ihram diikuti doa iftitah,
  3. Membaca surah Al Fatihah,
  4. Membaca surah dalam Al-Qur’an,
  5. Rukuk,
  6. Itidal,
  7. Sujud,
  8. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama,
  9. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua,
  10. Salam.

 

Keistimewaan Sholat Tahajud

Salat sunah tahajud merupakan ibadah yang banyak mengandung keistimewaan. Namun, tidak banyak orang yang tergerak untuk melakukannya. Hal ini karena kita harus bangun tidur di sepertiga malam ketika ingin melaksanakan salat tahajud.

Bagi orang yang mendirikan salat tahajud di sepertiga malam, ganjarannya adalah ampunan dari Allah SWT. Pada waktu tersebut, seseorang bisa khusyuk dalam meminta ampunan dari Allah SWT.

Adapun keistimewaan lain ketika kita melaksanakan sholat tahajud, di antaranya sebagai berikut:

  • Mendatangkan kesehatan,
  • Menghapus dosa-dosa yang dilakukan siang hari,
  • Menghindarkan dari kesepian di alam kubur,
  • Mengharumkan bau tubuh,
  • Menjaminkan baginya kebutuhan hidup,
  • Menjadi hiasan surga,
  • Mendapatkan keselamatan dan kesenangan dunia akhirat,
  • Wajahnya akan memancarkan cahaya keimanan,
  • Dijaga oleh Allah SWT dari segala macam marabahaya
  • Doanya dikabulkan.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai sholat tahajud, mulai dari pengertian, bacaan niat dan doa, waktu terbaik melaksanakan sholat tahajud, tata cara, hingga keistimewaannya. Semoga informasi pada artikel ini bisa memudahkan kamu untuk melakukan ibadah sholat tahajud, ya.

Kalau kamu ingin belajar banyak tentang agama atau mengaji,  langsung saja yuk cari guru terbaiknya di Ruangguru Privat. Bisa bebas pilih guru dan atur sendiri jadwal belajarmu, lho!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Jaelani, KH. Ahmad. 2021. Keajaiban Salat Tahajud, Duha dan Puasa. Yogyakarta. Anak Hebat Indonesia.

El-Feyza, Muhafizah. 2020. Shalat Tahajud dalam Al-Qur’an (Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kesehatan Mental). Guepedia.

Abdurrahman, H.M. Masykuri & Bakhri, Mokh. Syaiful. 2006. Kupas Tuntas Salat Tata Cara dan Hikmahnya. Jakarta. Erlangga.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Orang Dzikir’. Foto dari Fikry Anshor [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/BYAEYEuY6gE

Gambar ‘Orang Sujud’. Foto dari Masjid Pogung Dalangan [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/4AsezBTHa2g

Gambar ‘Bulan Purnama’. Foto dari Ganapathy Kumar [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/ve_uN9V8xqU

Nurul Hidayah