Mau Lintas Jurusan? Ini 5 Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan!

persiapan untuk lintas jurusan

Artikel ini akan memberikan kamu tips mengenai persiapan yang perlu dilakukan jika ingin lintas jurusan dari IPA (jurusan SMA) ke rumpun Soshum (jurusan kuliah).

“Waktu SMA kan kamu ambil IPA, kok pas kuliah mau masuk Jurusan Soshum?”

Di antara kamu dan teman-teman, pasti ada yang ingin mengganti pilihan jurusan kuliah. Misalnya, dari yang tadinya jurusan IPA sewaktu SMA, kepingin untuk masuk jurusan Soshum di kuliah nanti. Kita biasa menyebutnya dengan istilah lintas jurusan (linjur). Lintas jurusan adalah situasi ketika mahasiswa memilih jurusan kuliah dengan rumpun berbeda dari jurusan yang diambil saat sekolah.

Lintas jurusan merupakan hal yang wajar terjadi kok. Sebab, seiring berjalannya waktu, kamu pasti menemukan ketertarikan di bidang lain. Umumnya, lintas jurusan diambil oleh anak-anak IPA yang ingin mengambil jurusan Soshum. Tapi, apakah bisa lintas jurusan dari IPS ke Saintek? Jawabannya, tentu aja bisa!

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 memperbolehkan siswa IPA, IPS, maupun bahasa memilih program studi (prodi) lintas jurusan. Jadi, siswa IPS atau bahasa juga bisa memilih jurusan IPA, begitu pula sebaliknya, ya.

Namun, ketika kamu berencana untuk lintas jurusan, persiapannya harus jauh lebih matang, ya. Apalagi jika jurusan incaranmu banyak diminati anak-anak linjur yang lain. Saingan kamu bakal jauh lebih banyak! Lalu, bagaimana sih persiapan yang harus kamu lakukan agar bisa mendapat hasil maksimal di UTBK-SNBT nanti? Yuk, simak kiat-kiat yang bisa kamu persiapkan untuk yang mau lintas jurusan berikut ini!

Baca Juga: 30 Jurusan untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar!

1. Mencari tahu apakah jurusan yang diinginkan memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan

Kamu tau nggak sih, kamu boleh mendaftar lintas jurusan di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun ini, loh! Namun, tidak semua PTN mengizinkan pendaftar SNBP 2023 untuk lintas jurusan. Biasanya, PTN akan membuat daftar jurusan yang dapat dipilih untuk para peminat lintas jurusan.

Adapun beberapa PTN yang mengizinkan pendaftarnya lintas jurusan saat SNBP 2023, antara lain:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Universitas Brawijaya (UB)
  6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Pada UTBK 2023, juga tidak ada tes campuran untuk peserta lintas jurusan, ya! Jadi, semua peserta diperbolehkan untuk memilih jurusan sesuai dengan keinginannya, tidak terbatas pada rumpun IPA, IPS, atau Bahasa. Tapi ingat, kamu juga perlu mencari tahu terlebih dahulu, apakah jurusan favorit kamu memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan atua tidak. Sebab, ada beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang tidak membuka kesempatan bagi siswa yang mengambil rumpun jurusan berbeda dari jurusan yang ditujunya (Saintek atau Soshum).

 

2. Maksimalkan persiapan diri untuk mengerjakan tesnya

UTBK-SNBT 2023 kali ini terdiri dari dua tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi. Nah, meskipun di tahun ini tidak ada tes TKA yang berisi soal-soal materi rumpun Saintek maupun Soshum, tapi kamu harus tetap memaksimalkan diri untuk menghadapi TPS dan Tes Literasi, loh.

Pasalnya, buat kamu anak-anak linjur, kamu akan menghadapi persaingan yang lebih ketat. Terlebih jika kamu memilih jurusan favorit yang membuka program lintas jurusan. Kamu tidak hanya bersaing dengan siswa-siswa dari rumpun sejenis, tapi juga siswa linjur lainnya. Jadi, nggak boleh disepelekan, ya!

Nah, TPS dan Tes Literasi sendiri digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, logika atau nalar, dan pemahaman umum. Oleh karena itu, kamu harus sering mengerjakan latihan soal dengan batasan waktu tertentu. Latihan seperti ini akan membuat kamu terbiasa dengan berbagai tipe soal, dan berusaha mengerjakan sebanyak mungkin soal dalam jangka waktu yang nantinya diberikan dalam tes UTBK-SNBT.

Baca Juga: 30 Jurusan untuk Anak IPS, Kamu Pilih yang Mana?

3. Rajin mengerjakan latihan soal dan mempelajari pembahasan materinya

aplikasi ruangbelajar

Di aplikasi ruangbelajar, kamu bisa mengerjakan beragam latihan soal dan mempelajari pembahasan materinya.

 

Teman-teman, nggak afdhol rasanya kalau kamu hanya mempelajari teori atau mengerjakan soal-soal yang mudah secara berulang, ya. Kalau kamu merasa kurang mendapat asupan soal, kamu bisa cobain belajar di aplikasi Ruangguru, loh! Kamu bisa pakai fitur UTBK Center untuk memaksimalkan persiapan ujianmu. Mulai dari tes minat bakat, materi belajar UTBK, soal latihan dan pengayaan, hingga tryout yang terjadwal.

Semakin sering kamu mengerjakan latihan soal dalam berbagai tipe, maka kamu akan semakin terbiasa dengan konsep dan pola pertanyaan yang digunakan pada tes UTBK-SNBT. Latihan-latihan soal itu bisa berasal dari tryout yang diberikan di sekolah atau latihan soal yang diberikan Ruangguru.

 

4. Tidak mudah patah semangat dan merasa lintas jurusan itu sulit

Dalam belajar, kamu tidak boleh gampang menyerah dan merasa prosesnya sulit untuk dilakukan. Kalau kamu memang ingin diterima di jurusan yang diinginkan, walaupun harus menguasai materi yang akan diujikan di UTBK-SNBT secara maksimal, maka kamu harus berusaha keras dan tetap semangat. Ketika kamu merasa kesulitan, istirahatlah sejenak, baru kemudian lanjut belajar dan mengerjakan latihan soal.

Nah, karena banyak materi yang harus kamu pelajari, kamu bisa membuat jadwal belajar yang baik dan tentunya harus kamu laksanakan. Misalnya, minggu pertama mengupas tuntas materi Tes Penalaran Matematika, minggu kedua memahami materi Tes Literasi Bahasa Indonesia, dan seterusnya. Jadwal belajar ini akan membuat kamu lebih fokus dan mudah menyerap setiap materi pelajaran.

 

5. Konsultasi dengan guru atau orang tua

Memilih lintas jurusan di kulian nanti merupakan keputusan yang besar, ya. Karena hal ini akan mempengaruhi masa depan kamu di perkuliahan atau saat ingin memilih bidang pekerjaan nantinya. Oleh karena itu, jangan ambil keputusan ini sendirian. Kamu juga perlu mendiskusikannya dengan orang tua atau guru. Utarakan hal yang ingin kamu capai, minat dan bakatmu di jurusan yang mau kamu pilih, dan jangan lupa juga meminta saran dari mereka, ya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu persiapkan saat ingin lintas jurusan. Pertempuran kamu yang mau lintas jurusan dari IPA ke rumpun Soshum atau sebaliknya siap dibantu oleh ruangbelajar! Melalui aplikasi ini, kamu bisa membaca rangkuman materi setiap pelajaran dari kelas 10 sampai 12. Materi pelajaran pun dikemas dengan menarik dalam bentuk video animasi dan infografis. Kemudian, kamu bisa lanjut mengerjakan beragam latihan soal. Jadi, tunggu apalagi? Ayo, langganan sekarang!

Sumber Foto:

Belajar dengan melihat rangkuman [daring]. Tautan: https://www.campusfrance.org/en/application-etudes-en-france-procedure (Diakses: 21 September 2021)

Artikel ini diperbarui pada 17 Mei 2023.

Andrea Lidwina