Kumpulan Contoh Teks Persuasi dengan Berbagai Tema | Bahasa Indonesia Kelas 8

Contoh Teks Persuasi

Yuk, belajar bersama apa itu teks persuasi dan contoh teks persuasi dalam beberapa tema. 

--

Kamu pernah nggak mengajak teman kelasmu atau teman dekatmu untuk berkunjung ke suatu tempat, tapi bingung memilih kalimat yang tepat agar temanmu terbujuk dan bersedia? Mulai sekarang, nggak perlu bingung lagi, ya! Karena ada materi teks persuasi yang akan mempermudah pemahamanmu. Yuk, simak beberapa contohnya!

 

Pengertian Teks Persuasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasif atau persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan. Dengan demikian, teks persuasi dapat diartikan sebagai teks yang berisi ajakan terhadap  seseorang untuk melakukan sesuatu dengan alasan yang meyakinkan.

Baca Juga: Teks Persuasi: Pengertian, Syarat, dan Contoh

Teks persuasi berisi pernyataan-pernyataan yang mendorong seseorang untuk melakukan keinginan penulis. Perlu diketahui bahwa teks persuasi memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai peridengan adanya data akurat yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu, teks persuasi juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau barang kepada pembeli.

Tujuan Teks Persuasi

 

Struktur dan Ciri-Ciri Teks Persuasi

Melansir Buku Sekolah Elektronik Kemendikbud Bahasa Indonesia Kelas VIII, teks persuasi disusun dengan menuliskan argumentasi berupa pendapat dari penulis. Selanjutnya, penulis dapat menyampaikan fakta, dan ditutup dengan ajakan untuk melakukan sesuatu.

Struktur Teks Persuasi

 

Ciri-ciri teks persuasi adalah sebagai berikut:

  1. menggunakan kalimat ajakan yang  bertujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu; 
  2. menggunakan kata-kata yang dapat meyakinkan pembaca melalui   data yang akurat;
  3. menggunakan tanda baca seru (!) karena identik dengan kalimat  perintah yang harus dilakukan  oleh pembaca;
  4. menggunakan kata-kata yang mudah diingat sehingga dapat menarik minat pembaca. 

Baca Juga: Contoh Puisi Pendek berdasarkan Jenisnya

 

Contoh Teks Persuasi

Berikut ini beberapa contoh teks persuasi dalam berbagai tema yang bisa menjadi bahan referensimu!

 

1. Contoh Teks Persuasi tentang Kesehatan

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Namun  sebaliknya, apabila enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Baca Juga: Mengenal Drama: Unsur-Unsur, Struktur, dan Ciri

---

Yuhuuu... Sebelum lanjut ke contoh teks persuasi lainnya, udah tau belum ni kalo di roboguruplus, kamu bisa tanya soal atau materi, langsung ke Tutor terbaik pilihan Ruangguru. Yuk, coba langsung sekarang juga!

roboguru plus

 

2. Contoh Teks Persuasi Iklan

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki  berbagai kandunganbaik bagi  tubuh. Kandungan  kalsium dan protein yang terdapat  pada susu memberikan manfaat bagi  kesehatan tulang dan gigi.

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sebaiknya susu dikonsumsi dua gelas sehari Rutinitas mengkonsumsi susu dapat dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Susu Milky Moo merupakan produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

Baca Juga: Iklan: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

 

3. Contoh Teks Persuasi tentang Pendidikan


Ayo, Belajar Bahasa Daerah Indonesia!

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, mulai dari Jawa, Sunda, Minangkabau, Bugis, Madura, dan lain sebagainya. Sayangnya, bersumber dari Kompas.com, dalam rilisnya pada 21 Februari 2019, UNESCO mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, termasuk lebih dari seratus bahasa daerah di Indonesia.

UNESCO pun menyebutkan, sebanyak 200 bahasa mengalami kepunahan dalam 30 tahun terakhir dan 607 bahasa dalam status tidak aman. Selain itu, diperkirakan sekitar 3.000 bahasa lokal akan punah pada akhir abad ini.

Bagaimana, sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah mulai punah. Oleh karena itu, ayo, kita lestarikan bahasa daerah di Indonesia!  Kamu bisa mulai dari mempelajari bahasa daerahmu sendiri, menghargai bahasa daerah lain, hingga nantinya mempelajari bahasa daerah lainnya. Dengan begitu, bahasa daerah di Indonesia tidak punah pun adat dan budayanya. 

Baca Juga:  Membahas Teks Eksplanasi dan Contohnya, Lengkap!

 

4. Contoh Teks Persuasi tentang Politik


Kenalilah Calon Perwakilan Rakyat Kalian Sendiri! Suara Kalian Berharga!

Kasus penetapan UU Cipta Kerja yang marak pada tahun lalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih aware dan berhati-hati dalam menggunakan hak suara kita pada saat pemilu dan perda agar tidak menyesal nantinya ketika suara kita tidak lagi didengarkan. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Study (CSIS) pada 15--22 maret 2019–sebulan sebelum pemilu dilaksanakan–hanya 44,8 persen responden yang mengaku sudah memiliki caleg pilihan mereka, sementara 18,7 persen mengaku akan memilih partai politik, dan sisanya 36,5 persen mengaku belum memiliki pilihan, baik untuk caleg maupun parpol. 

Dilansir dari kompas, menurut seorang peneliti CSIS, yaitu Anya Fernandez mengungkapkan bahwa hal ini bisa terjadi karena perhatian publik terlalu tersedot oleh pemilihan pilpres sehingga banyak masyarakat yang hanya berfokus untuk memilih calon presiden dan wakil presidennya dibandingkan pemilihan caleg. Hal ini terbukti dengan dari survei yang sama menunjukkan hasil bahwa hanya 14,1 persen responden yang belum memutuskan pada pemilihan pilpres. 

Di mana survei CSIS tersebut dilakukan terhadap 2000 responden dengan metode acak dan tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error lebih kurang 2,21 persen.

Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk mengenal semua calon, karena seperti yang kita ketahui bahwa calon DPR, DPD, dan sebagainya sangatlah banyak sehingga waktu untuk mencari tahu profilnya satu per satu tidaklah efisien. Namun, kita sendiri juga perlu menyadari betapa penting dan berharganya hak suara kita tersebut demi perkembangan dan kemajuan negara kita. 

 

5. Contoh Teks Persuasi tentang Imbauan

Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi atau kelompok orang tidak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya dan  mengatasnamakan dinas sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

--

Itulah tadi ulasan materi tentang contoh-contoh teks persuasi dalam beberapa tema. Mudah-mudahan dapat  membantu kamu untuk lebih memahami materi, ya! Yuk, ketahui materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 lainnya di Blog Ruangguru. Jika ada yang belum dipahami, kamu bisa pelajari lebih lanjut di ruangbelajar. Semangat!

ruangbelajar

Referensi:

Contoh Teks Persuasi [daring]. Tautan: Contoh Teks Persuasi Lengkap dengan Strukturnya (bsi.today) diakses pada 26 Mei 2022.

Contoh-Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan [daring]. Tautan: Contoh-Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan - Bobo (grid.id) diakses pada 26 Mei 2022.

Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas 8 [daring]. Tautan: Buku Sekolah Elektronik (kemdikbud.go.id) diakses pada 26 Mei 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi