25 Contoh Teks Ulasan Novel, Film, Lagu beserta Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 8

Header - Bahasa Indonesia Kelas 8 - Contoh Teks Ulasan

Di artikel Bahasa Indonesia kelas 8 sebelumnya, kita sudah belajar mengenai pengertian, jenis, struktur, hingga kaidah kebahasaan teks ulasan, ya. Kali ini, kita akan mengulas contoh teks ulasan. Karya apa saja yang bisa diulas?

 

Ulasan merupakan salah satu bentuk komentar yang cukup sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ulsan berkaitan erat dengan penilaian seseorang terhadap suatu karya sastra atau seni. Apalagi dengan adanya instagram, twitter, dan tiktok, banyak sekali penggunanya yang membuat konten-konten mengenai ulasan buku, film, novel, maupun lagu. Ulasan juga dapat dikenal dengan sebutan review.

 

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, buku atau sebuah lagu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ulasan berarti ‘kupasan, tafsiran, atau komentar’. Oh iya, teks ulasan bisa juga disebut sebagai resensi.

Nah, ketika kamu mau mengulas suatu karya, kamu harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Pada umumnya ulasan ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan juga dapat disebut artikel ulasan. Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut. 

Ciri-ciri teks ulasan yaitu terdapat fakta untuk mendukung opini, memuat informasi berdasarkan opini tentang suatu karya dan terdiri dari identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi.

Baca Juga: Mengulas Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Jenis, dan Kaidah Kebahasaannya

 

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan terdiri atas:

 

1. Identitas karya

Identitas karya pada teks ulasan mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

 

2. Orientasi

Bagian orientasi akan menjelaskan mengenai pentingnya sebuah karya yang diulas. Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan tentang popularitas karya seperti penghargaan atau predikat lain yang pernah berhasil didapatkan.

 

3. Sinopsis

Bagian sinopsis berisi tentang ringkasan dari isi karya yang diulas. Apabila yang diulas berupa novel, film atau pementasan drama, sinopsisnya bisa berupa jalan cerita dari suatu karya. Kalau yang diulas berupa lagu atau karya nonfiksi, sinopsisnya dapat berupa rangkuman isi karya secara garis besar.

 

4. Analisis

Analisis teks ulasan berisi paparan tentang keberadaan unsur-unsur karya. Pada ulasan novel, film, atau drama, analisisnya dapat berupa penjelasan tentang unsur intrinsik, seperti tema, tokoh, latar, dan alurnya. Untuk ulasan lagu, kamu bisa memasukkan unsur analisis, seperti estetika dan komposisinya.

 

5. Evaluasi

Terakhir, pada bagian evaluasi, akan dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya. Kelebihan dan kekurangan yang disampaikan bisa dilihat dari isi, tampilan, dan bahasa yang digunakan. Di bagian ini, kamu juga bisa memberikan penutup dengan kesimpulan tentang penilaian akhir karya.

Baca Juga: Pengertian Teks Drama, Ciri, Unsur dan Contohnya

 

Contoh Teks Ulasan

Nah, setelah mengetahui apa itu teks ulasan, ciri-ciri, dan strukturnya, saatnya kamu tahu beberapa contoh teks ulasan. Ada banyak karya sastra atau seni yang bisa diulas, contohnya buku, novel, cerpen, puisi, film, sampai lagu. Namun, di artikel ini, kita akan membahas contoh teks ulasan novel, film, dan lagu.

Yuk,  simak contoh-contoh teks ulasan berikut!

B. Indo 8 - Tujuan dan Manfaat Teks Ulasan

 

Contoh Teks Ulasan Novel

 

1. Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi

Identitas Buku:

  • Judul: Laskar Pelangi
  • Penulis: Andrea Hirata
  • Penerbit: Bentang Pustaka
  • Tahun terbit: 2005
  • Tebal halaman: 533 hlm

 

Novel ini berisi tentang sekelompok anak dengan semangat belajar dan bersekolah yang tinggi. Meski mereka masih duduk di kelas 1 SD dan SMP, serta bersekolah di sebuah sekolah yang penuh dengan keterbatasan, mereka tetap semangat menggapai cita-cita mereka.

Pada awal cerita, kisah menceritakan sekumpulan anak yang tinggal didaerah Desa Gantung, Belitung timur. Mereka bersekolah di Muhammadiyah. Pemerintahan pendidikan setempat hendak membubarkan sekolah tersebut karena jumlah siswa dan siswi nya kurang dari 10 orang. Namun pembubaran tersebut diurungkan dengan syarat pada tahun ajaran baru haruslah memiliki 10 siswa siswi baru.

Usaha telah dilakukan namun hingga saat acara pembukaan tahun ajaran baru sekolah tersebut hanya ada 9 orang anak. Semua orang khawatir akan kondisi sekolah tersebut. Tapi, tiba-tiba sesaat sebelum kepala sekolah membacakan pidatonya, Harun dan Ibunya datang untuk mendaftarkan Harun ke sekolah tersebut. Sontak semua anak dan guru di sekolah tersebut bersorak gembira menyambut Harun.

Keinginan kuat para pengajar membuahkan hasil yang baik. Laskar Pelangi dapat terus belajar di sekolah walaupun tokoh Lintang terpaksa drop-out karena Ayahnya meninggal dan ia terpaksa menjadi tulang punggung di keluarganya. Selain itu, pengambilan kisah romansa pada buku ini antara Ikal dan A Ling merupakan sebuah bumbu yang menghiasi buku ini dengan baik.

Dari novel Laskar Pelangi diatas dapat kita simpulkan bahwa Laskar Pelangi memungkinkan kita melihat cerita yang didasarkan pada pengalaman pengarang, yang menggambarkan kondisi prihatin anak-anak kurang mampu Pulau Belitung. Sangat banyak sekali pesan moral yang disajikan pada buku ini sehingga tak jarang pembaca sampai meneteskan air mata ketika membaca buku ini karena kegigihan semangat Lintang dan teman-teman nya demi meraih pendidikan di daerah yang sangat terpencil di Indonesia.

Baca Juga: Cara dan Contoh Teks Ulasan dalam Bahasa Inggris (Review Text)

 

2.  Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

Identitas Buku:

  • Judul: Hujan
  • Penulis: Tere Liye
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit: 2016
  • Tebal halaman: 318 hlm

 

Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari gunung purba dan mengakibatkan tsunami di belahan bumi lain. Tapi, saat bencana itu pulalah ia ‘bertemu’ dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lali tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Dimana ada Esok disana ada Lail. Tapi bukan percintaan yang biasa. Tidak biasa karena mereka berdua memiliki cara yang ‘santun’ dalam menjaga hati.

Novel ini juga menceritakan tentang tokoh Maryam, sahabat setia Lail. Mereka bertemu setelah masa-masa pengungsian sebelum akhirnya pindah ke panti. Hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Sementara, Maryam tahu bahwa hubungan Esok dan Lail itu lebih dari sekadar percintaan biasa. Dengan karakter Lail yang introvert, dia tidak dibuat marah ‘beneran’ ketika Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua.

Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu baru permulaan. Setelah itu terjadi musim dingin berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Novel yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditimpa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye.

Novel Hujan ini memang istimewa. Tema yang diusung gak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta remaja melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti, tentang kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.

 

3. Teks Ulasan Novel Perahu Kertas

Identitas Buku:

  • Judul: Perahu Kertas
  • Penulis: Dewi “Dee” Lestari
  • Penerbit: Bentang Pustaka
  • Tahun terbit: 2009
  • Tebal halaman: 444 hlm

 

Novel Perahu Kertas menjadi salah satu karya tulis garapan Dee Lestari yang sukses menarik perhatian para pembaca. Novel ini bahkan diadaptasi menjadi film layar lebar, yakni Perahu Kertas 1 dan Perahu Kertas 2. Mengutip Jurnal Analisis Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari: Kajian Strukturalisme Genetik tulisan Dwi Siti Pratiwi, dkk. (2017), novel Perahu Kertas sebenarnya sudah lebih dulu dirilis dalam versi digital pada April 2008. Setahun kemudian, karya tulis ini diluncurkan dalam bentuk buku bersama Truedee Books dan Bentang Pustaka.

Penulisan novel Perahu Kertas sempat terhenti selama 11 tahun. Kendati demikian, karya tulis ini akhirnya berhasil dituntaskan dalam waktu 55 hari berkat kegigihan sang penulis. Novel ini tidak hanya mengisahkan kisah cinta, namun juga semangat dalam meraih mimpi.

Karya ini menyajikan dinamika kehidupan seorang perempuan dan laki-laki yang mengurungkan cita-citanya demi realita. Perahu Kertas bercerita tentang Kugy, seorang gadis yang gemar berkhayal dan menulis dongeng. Ia kerap kali membuat surat untuk Dewa Neptunus dalam bentuk perahu kertas yang dihanyutkan ke danau atau laut.

Kecintaan Kugy terhadap dunia dongeng dan sastra membuatnya menempuh pendidikan sastra di sebuah universitas di Kota Bandung. Sementara itu, Keenan adalah seorang pria yang gemar melukis. Setelah singgah di Amsterdam bersama sang nenek, Keenan akhirnya kembali ke Indonesia dan mengenyam pendidikan di Kota Bandung.

Keenan sebenarnya bercita-cita untuk menjadi seorang pelukis. Namun, ia terpaksa masuk ke Fakultas Ekonomi karena keinginan sang ayah. Sahabat Kugy sejak kecil, Noni, mempertemukan dirinya dengan Keenan. Keenan sendiri merupakan sepupu dari kekasih Noni yang bernama Eko. Keempatnya pun bersahabat hingga akhirnya Kugy dan Keenan memiliki rasa satu sama lain.

Kendati demikian, perasaan itu mereka pendam dalam hati karena Kugy sudah memiliki kekasih bernama Joshua. Sedangkan Keenan dijodohkan dengan sepupu Noni yang bernama Wanda. Hubungan Kugy dan Keenan semakin merenggang setelah Keenan berpacaran dengan Wanda. Suatu saat, Keenan mengalami masalah sehingga ia harus mengakhiri hubungannya dengan Wanda.

Masalah keluarga dan patah hati yang dialaminya membuat Keenan meninggalkan kehidupan di Kota Bandung. Ia pun pergi ke Bali dan bertemu dengan Pak Wayan yang memiliki hobi melukis.

Selama menetap di Pulau Dewata, Keenan mulai melanjutkan bakatnya di bidang seni lukis. Ia juga jatuh cinta dengan keponakan Pak Wayan, Luhde Laksmi. Di sisi lain, Kugy bekerja di Jakarta sebagai copywriter. Dia bertemu dengan Remi, atasan dan sahabat kakaknya. Keduanya jatuh cinta dan memutuskan untuk menjalin hubungan. Suatu ketika, Keenan harus kembali ke Jakarta karena harus melanjutkan perusahaan keluarganya. Kugy dan Keenan pun bertemu kembali di Kota Jakarta.

Novel Perahu Kertas mengulas kisah menarik tentang persahabatan, cinta, dan impian. Karya tulis ini memuat kisah realistis yang kerap dialami oleh kebanyakan remaja.

Alur cerita Perahu Kertas juga runtut, sehingga nyaman untuk dibaca. Di sisi lain, penulisan novel ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Kekurangan novel ini terletak pada penjabaran cerita yang terlalu rinci sehingga pembaca cenderung malas untuk membacanya. Selain itu, jumlah halaman dalam novel ini juga tergolong banyak.

Baca Juga: Pengertian Novel, Ciri, Unsur Pembentuk, Struktur, Contoh

 

4. Teks Ulasan Novel Habibie dan Ainun

Identitas buku:

  • Judul buku: Habibie dan Ainun
  • Penulis: BJ Habibie
  • Penerbit: PT THC Mandiri
  • Tahun terbit: 2010
  • Jumlah halaman: 323 hlm

 

Bermula ketika Habibie bertemu kembali dengan Ainun kala malam lebaran di rumahnya. Waktu itu, masa cuti yang dimiliki oleh Habibie hanya 3 bulan lamanya dan kemudian berniat untuk kembali ke jerman bersama Habibie. Bu Ainun sangatlah mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh Pak Habibie dan tidak pernah mengeluh perihal pekerjaan tersebut. Bahkan selalu mendampinginya kala Habibie terkena penyakit TBC.

Habibie juga dikenal selalu melibatkan Ainun dalam setiap keputusan yang dibuatnya. Berkat dari keharmonisan tersebut, habibie berhasil mendapat banyak prestasi yang mengagumkan di Jerman. Kisah mereka kemudian berakhir dengan meninggalnya Ainun setelah berjuang melawan kanker selama bertahun-tahun lamanya.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini mampu menghanyutkan perasaan orang-orang yang membacanya. Tidak heran jika kemudian buku ini menjadi favorit banyak orang. Buku ini sendiri diklaim sebagai perantara untuk menutupi kekosongan hati yang dialami oleh pak Habibie.

Novel ini sangatlah dibutuhkan oleh pasangan yang sedang memerlukan semangat juga motivasi dalam membangun keluarga kecilnya yang harmonis dan saling mendukung satu sama lainnya.

 

5. Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi

Identitas Buku:

  • Judul Buku: Sang Pemimpi
  • Penulis: Andrea Hirata
  • Penerbit: Bentang Pustaka
  • Tahun Terbit: 2008
  • Halaman buku: 292 hlm

 

Sang Pemimpi merupakan sebuah novel yang diterbitkan tahun 2006 karya Andrea Hirata. Novel ini adalah buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Novel inspiratif ini sama bagusnya dengan novel-novel Andrea Hirata yang sebelumnya. Novel ini menceritakan kisah hidup tiga anak desa bernama Ikal, Arai, dan Jimbron di kawasan timah, Belitung.

Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata merupakan kisah anak-anak Melayu yang hidup di bawah garis kemiskinan yang membuktikan bahwa cita-cita yang tinggi bisa diraih. Jika kita membandingkan dengan realitas kehidupan anak-anak saat ini, terlihat sangat berbeda.

Terlalu banyak anak zaman sekarang yang menganggap pendidikan itu sepele. Mereka percaya bahwa pendidikan membutuhkan lebih banyak waktu dan membawa lebih sedikit uang serta lebih memilih untuk bekerja dan berhenti sekolah. Namun dalam novel ini, Andrea Hirata mengajarkan kepada pembaca bahwa pendidikan itu sangat penting.

Kisah novel ini juga menceritakan tentang persahabatan dan perjuangan dalam menghadapi kesulitan hidup. Selain keterbatasan finansial, mereka berkemauan dan bekerja keras untuk mengejar mimpi-mimpi nya. Impian dan semangat adalah dua kata utama dari novel ini yang mendorong tiga anak tersebut untuk bertahan dalam menghadapi kehidupan yang begitu sulit.

Alur cerita dan gaya bahasa yang dibawakan juga dikemas dengan sangat rapi dari awal hingga akhir. Dilihat dari unsur intrinsik pada novel ini hampir sempurna karena dalam setiap kasus, Andrea dengan jelas menggambarkan sifat dan deskripsi masing-masing karakter yang sangat kuat sehingga pembaca dapat dengan mudah menafsirkan arah cerita. Novel ini kaya akan bahasa dan keteraturan bahasa Indonesia. Bahasanya yang dipakai sangat menarik dengan berbagai macam bahasa dan imajinasi yang luas.

Novel ini juga menyajikan pesan moral yang kuat. Impian, harapan, usaha dan doa akan bergandengan tangan dengan hasil yang memuaskan. Banyak tokoh inspiratif dalam novel ini, seperti Arai yang selalu memupuk mimpinya, Ikaru yang setia pada sahabatnya, dan Jimbron yang perhatian kepada semua orang.

Dalam novelnya, Andrea Hirata mengajarkan kita pentingnya berusaha untuk memperluas pengetahuan kita meskipun keadaan dan keterbatasan. Sebuah perjuangan untuk membangun apa yang kita impikan. Dengan mimpi yang membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Ia juga mencoba memberikan perspektif yang berbeda tentang kebahagiaan, cara hidup, dan takdir.

Selain menggambarkan kekuatan mimpi, Andrea juga menggambarkan kebijaksanaan seorang ayah yang begitu hebat dalam novel ini. Pengorbanan dan integritas seorang ayah dalam mendukung mimpi anaknya di tengah keterbatasan hidup membuat Ikal dan Arai memiliki semangat yang kuat untuk mewujudkan mimpinya. Dari sini cerita berkembang menjadi cerita yang mengharukan. Ketekunan sang ayah dan kasih sayang anak yang luar biasa untuknya menjadikan buku ini sebagai bacaan yang sangat bermoral.

Sebuah penghargaan untuk Andrea Hirata yang telah menciptakan sebuah karya yang luar biasa. Tidak hanya membuat pembaca untuk membangun mimpinya kembali, tetapi juga dapat meningkatkan rasa hormat dan saling mencintai kita kepada orang tua dalam situasi apapun. Pembaca juga diajak untuk memahami pentingnya memiliki tekad dan keberanian untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu.

Negeri 5 Menara dan Sang Pemimpi

Sampul novel Negeri 5 Menara dan Sang Pemimpi

 

6. Teks Ulasan Novel Negeri 5 Menara

Identitas Buku:

  • Judul: Negeri 5 Menara
  • Penulis: Ahmad Fuadi
  • Penerbit:  Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit: 2009
  • Halaman buku: 423 hlm

 

Novel karya A.Fuadi, “Negeri 5 Menara” adalah sebuah novel yang menggugah jiwa apalagi untuk kalangan muda yang sedang menggebu menggapai mimpinya. Novel ini menceritakan  tentang kisah persahabatan antara 6 orang dari berbagai pelosok negeri Indonesia nun jauh di sana.

Enam sahabat ini bernama Alif Fikri Chaniago dari Maninjau, Raja Lubis dari Medan, Said Jufri dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung, Baso Salahuddin dari Gowa. Keenam sahabat ini saling bahu-membahu membantu sesama untuk beradaptasi dengan dunia baru yang sedang dihadapi. Mereka masuk ke sebuah pondok pesantren setingkat SMA di Jawa Timur yaitu Pondok Madani (PM). Persahabatan ini mereka sebut dengan Sahibul Menara.

Novel ini menceritakan begitu rinci tentang hari-hari mereka selama di pondok. Selain itu, penulis juga memberikan gambaran tentang bagaimana anak-anak muda ini menghabiskan masa mudanya dengan kegiatan yang penuh manfaat dan mengasah potensi yang mereka miliki dengan sebaik-baiknya.

Pondok Madani adalah gambaran sebuah lingkungan yang sangat mendukung berbagai potensi lahir. Teori dan praktik dalam keseharian selalu berdampingan diberikan. Sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengasah potensinya. Saat terjun ke masyarakat, nilai-nilai yang tertanam di PM begitu terlihat. “Man Jadda Wajada” ini adalah sebuah mantra yang melecut semangat setiap orang untuk bersungguh-sungguh dalam mengusahakan sesuatu. Artinya adalah barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil. Motivasi yang tiada henti dari guru, kakak kelas, dan berbagai pihak di lingkungan PM tentu saja menjadi penguatan yang luar biasa untuk anak-anak muda yang sedang mencari jati dirinya.

Salah satu motivasi yang menjadi pemantik untuk mereka terus belajar adalah nasihat dari Kiai Rais, “Anak-anakku, ilmu bagai nur, sinar. Dan sinar tidak bisa datang dan ada di tempat yang gelap. Karena itu, bersihkan hati dan kepalamu, supaya sinar itu bisa datang, menyentuh dan menerangi kalbu kalian semua.”

Para Sahibul Menara ini pada akhirnya menjadi anak-anak muda yang punya visi besar dalam hidupnya. Punya mimpi, cita-cita yang terus menghidupkan mereka untuk terus berusaha menggapainya. Buku ini benar-benar akan menjadi pemantik untuk siapa saja yang bersungguh-sungguh mengusahakan sesuatu. Kekuatan Man Jadda Wajada akan mengisi kembali semangat di dalam diri setelah membaca buku ini.

 

7. Teks Ulasan Novel Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Identitas Buku:

  • Judul: Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
  • Penulis: J.K. Rowling
  • Penerbit:  Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit: 2001
  • Halaman buku: 544 hlm

 

Buku ini mengisahkan Harry Potter dan kedua sahabatnya, Ron Weasley dan Hermione Granger menginjak tahun ke-3 di sekolah sihir Hogwarts. Petualangan mereka dimulai sejak hari pertama mereka masuk ke sekolah. 

Mulai dari Hermione yang sering ‘menghilang’ di jam-jam tertentu–penyebabnya karena ia menggunakan jam pasir Pembalik-Waktu yang ia dapatkan dari Profesor McGonagall, kemunculan dementor yang merupakan penjaga penjara Azkaban (mereka ditugaskan untuk menjaga Hogwarts karena ada tawanan Azkaban yang kabur), perkenalan dengan Remus Lupin yang menjadi guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam, serta pertemuan mendebarkan dengan Sirius Black si tawanan Azkaban yang kabur. 

Menggambarkan Hogwarts sebagai tempat yang penuh rahasia, Rowling merajut narasi dengan kejutan dan ketegangan yang tak terduga. “Prisoner of Azkaban” juga menjadi panggung bagi pertumbuhan karakter yang signifikan bagi Harry, Ron, dan Hermione, menggambarkan perubahan-perubahan penting dalam kepribadian mereka yang semakin beranjak remaja. 

Meskipun begitu, dalam novel ini terdapat sub-plot tentang alur waktu melalui pengenalan Time-Turner atau jam pasir Pembalik-waktu, sebuah alat yang memungkinkan Harry dan Hermione untuk kembali ke masa lalu. 

Walau pemanfaatan Time-Turner ini mengarah pada momen-momen dramatis dan penyelesaian beberapa teka-teki, sayangnya konsep ini terasa terlalu rumit dan menyulitkan pemahaman alur cerita utama. Fokus pada perjalanan waktu dapat mengaburkan esensi dari misteri utama seputar identitas Sirius Black dan bagaimana itu terkait dengan takdir Harry. 

Dalam hal ini, beberapa pembaca mungkin merasa bahwa pengenalan alur waktu menjadi lebih dominan daripada penceritaan inti, mengurangi ketegangan dan fokus pada konflik utama yang seharusnya mendominasi cerita.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Persuasi Singkat berdasarkan Strukturnya

 

8. Teks Ulasan Novel Le Petit Prince (Pangeran Cilik)

Identitas Buku:

  • Judul: Le Petit Prince (Pangeran Cilik)
  • Penulis: Antoine de Saint-Exupéry
  • Penerjemah: Henri Chambert-Loir
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit: 2011
  • Halaman buku: 120 hlm

 

The Little Prince menceritakan kisah seorang pangeran cilik yang mengunjungi berbagai planet dan bertemu dengan berbagai karakter unik. Buku ini sering dianggap sebagai dongeng filosofis yang penuh dengan pesan moral dan alegori tentang kehidupan manusia. 

Misalnya pertemuan si Pangeran Cilik dengan setangkai bunga mawar. Satu-satunya mawar yang hidup di planet tersebut. Si Bunga Mawar merasa dirinya paling cantik karena tidak ada mawar lain di sana. Ia pun mulai menyombongkan diri. 

Sang Pangeran Cilik terperanjat ketika ia sampai di bumi, bahwa di planet bernama bumi ini, begitu banyak mawar yang tumbuh. Mawar-mawar di planet bumi tidak bisa menyombongkan diri karena mereka tumbuh dengan sangat banyak. 

The Little Prince adalah salah satu karya sastra klasik yang sangat terkenal dan dicintai di seluruh dunia. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1943 dan telah diterjemahkan ke 230 bahasa.

Selain sebagai cerita yang indah untuk semua usia, “The Little Prince” juga dikenal karena ilustrasinya yang ikonik, yang juga dibuat oleh penulisnya, Antoine de Saint-Exupéry.

Namun, karakter-karakter dalam buku terasa sedikit alegoris dan mewakili stereotip atau simbolisme yang mungkin sulit dipahami oleh pembaca yang lebih muda. Hal ini dapat menyebabkan beberapa orang dewasa melihatnya sebagai terlalu naif atau kurang menggali konsep filosofis yang diusungnya.

 

9. Teks Ulasan Novel Animal Farm

Identitas Buku:

  • Judul: Animal Farm
  • Penulis: George Orwell
  • Penerjemah: Prof. Bakdi Soemanto
  • Penerbit: Bentang Pustaka
  • Tahun terbit: 2015
  • Halaman buku: 144 hlm

 

Buku yang terbit pertama kali pada tahun 1945 ini menceritakan kisah para hewan di sebuah peternakan yang memberontak terhadap pemiliknya untuk menciptakan masyarakat yang adil dan setara. Tetapi, seiring waktu, para pemimpin hewan tersebut mengalami transformasi dan korupsi, menciptakan hierarki dan ketidaksetaraan yang mirip dengan sistem yang mereka lawan.

Animal Farm menggambarkan kritisisme Orwell terhadap rezim totaliter dan manipulasi politik. Buku ini dikenal karena kemampuannya menyampaikan pesan politik dan sosial melalui alegori yang dapat diartikan dalam berbagai konteks.

Meskipun, karakter dan alur cerita diambil sebagai alegori politik terlalu kaku, sehingga beberapa pembaca mungkin menemukan kurangnya kekompleksan dalam pengembangan karakter. Beberapa hewan mewakili secara langsung tokoh-tokoh sejarah dan ideologi tertentu, dan ini dapat dianggap sebagai pendekatan yang terlalu langsung atau kasar.

Selain itu, beberapa kritikus mungkin menyoroti fakta bahwa “Animal Farm” dapat diartikan secara terlalu sempit sebagai kritik terhadap rezim sosialis atau komunis, sementara pesan Orwell sebenarnya mungkin lebih luas dan berlaku untuk bentuk-bentuk korupsi kekuasaan di berbagai ideologi politik. Hal ini bisa menyebabkan interpretasi yang terlalu terbatas pada konteks politik tertentu.

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Sampul novel Pangeran Cilik, Animal Farm,
Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, dan The Strange Library

 

10. Teks Ulasan Novel The Strange Library 

Identitas Buku:

  • Judul: Fushigi na Toshokan (The Strange Library)
  • Penulis: Haruki Murakami
  • Penerjemah: Ted Goossen
  • Penerbit: Harvill Secker
  • Tahun terbit: 2014
  • Halaman buku: 78 hlm

 

The Strange Library adalah novel pendek yang ditulis oleh Haruki Murakami dan diilustrasikan oleh Maki Sasaki. Buku ini awalnya diterbitkan pada tahun 2008 di Jepang dengan judul Fushigi na Toshokan.

Novel ini mengisahkan petualangan aneh sang narator (aku) yang merupakan seorang anak lelaki. Tokoh ‘aku’ sangat suka membaca buku. Ia pun pergi ke perpustakaan kota untuk meminjam buku tentang sejarah pajak di Kesultanan Turki Usmani. 

Namun, ia malah dihadapkan dengan seorang pria tua yang suka memakan otak anak kecil. Otak tersebut harus berisi pengetahuan, karena menurutnya rasa otak itu sangat lezat! Untuk itulah, si narator terjebak di ruang bawah tanah perpustakaan, dengan labirin berkelok-kelok yang membingungkan, tentu dengan maksud agar si narator tidak mudah untuk melarikan diri. 

Tugas yang diberikan pria tua cukup mudah. Narator harus membaca seluruh buku tentang sejarah pajak Kesultanan Turki Usmani yang sangat tebal. 

Dengan gaya bercerita yang unik dan karakteristik Murakami, buku ini mengeksplorasi tema-tema surealis dan fantasi yang mengajak pembaca untuk masuk ke dalam dunia yang luar biasa.

Namun, bagi sebagian orang, The Strange Library dianggap terlalu sureal dan misterius untuk standar Murakami. Pilihan Murakami untuk mengeksplorasi dunia fantasi yang begitu asing dan tak terduga membuat beberapa pembaca merasa terjebak dalam ketidakpastian yang sulit diikuti atau dipahami. 

 

11. Teks Ulasan Novel The Catcher in the Rye

Identitas Buku:

  • Judul: The Catcher in the Rye
  • Penulis: J.D. Salinger
  • Penerbit: Penerbit Banana
  • Penerjemah: Gita Widya Laksmini
  • Tahun terbit: 2020
  • Halaman buku: 296 hlm

 

The Catcher in the Rye menceritakan kisah seorang remaja berusia 16 tahun bernama Holden Caulfield yang baru saja diusir dari sekolahnya dan menghabiskan beberapa hari di New York City. Novel ini mengisahkan perjalanan Holden selama dua hari secara detail, yang dikemas sepanjang 296 halaman buku.  

Selama perjalanannya, Holden mencoba mencari makna dalam hidupnya dan merenungkan tentang dunia dewasa yang dia pandang sebagai palsu dan dangkal. Holden bertemu dengan beberapa orang, seperti ibu dari salah satu temannya, sopir taksi, suster gereja, hingga guru dari tempat ia bersekolah. 

Ia juga sempat menemui adiknya, Phoebe Caulfield, dan membicarakan beberapa hal tentang hidupnya yang morat-marit. Holden juga sering kali menyebut tentang Allie, adiknya yang sudah wafat. 

The Catcher in the Rye terkenal karena gaya narasi yang kuat dan autentik. Novel ini juga menyentuh berbagai tema, termasuk pencarian identitas, kehilangan kepolosan, dan pertentangan dengan nilai-nilai masyarakat dewasa. 

Walau buku ini menjadi sangat populer, tapi buku ini juga menuai kontroversi karena beberapa bahasa dan tema yang dianggap kontroversial pada masanya. Hal ini disebabkan Holden yang kerap mengumpat dan terlalu pesimis. Ia digambarkan sebagai tokoh yang tidak patut dicontoh karena selalu merasa tidak puas, penuh kebencian, dan sulit dicintai.

Baca Juga: Teks Persuasi: Pengertian, Syarat & Contoh | Bahasa Indonesia Kelas 8

 

Contoh Teks Ulasan Film

 

1. Teks Ulasan Film 5 cm

Identitas Film:

  • Judul: 5 cm
  • Tahun rilis: 2012
  • Jenis Film: Drama
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Produser: Sunil Soraya
  • Penulis: Donny Dhirgantoro
  • Pemain: Fedi Nuril, Raline Shah, Pevita Pearce, Saykoji, Herjunot Ali, Denny Sumargo

 

Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 cM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Rizal Mantovani kemudian menjadi sutradara pada film yang bergenre drama inspiratif ini. Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Shah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Suatu ketika, mereka berkumpul di rumah Arial dan berkomunikasi tentang persahabatan mereka. Seketika, Genta berinisiatif dan memberikan ide agar mereka tidak bertemu dalam kurun waktu yang ditentukan.

Akhirnya, mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu tiga bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan. Akhirnya mereka bertemu pada tanggal 17 Agustus untuk melakukan perjalanan agar lebih mencintai Indonesia. Mereka merayakan kemerdekaan di Gunung Semeru, puncak tertinggi Jawa. Mereka mendaki bersama dengan rombongan lainnya. Rasa haus, lapar, dan lelah terbayar saat mereka sampai di puncak. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih pada hari kemerdekaan di tempat yang sungguh indah. Gunung Semeru menjadi saksi persahabatan dan nasionalisme mereka.Pengalaman tersebut sangat berharga dan membekas di hati. Suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Mereka menghadapi segala rintangan karena mereka punya impian. Impian yang diletakkan tepat 5 cm di depan kening.

Film ini disampaikan dengan sangat inspiratif. Perjalanan demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih dimunculkan dengan sangat apik. Keindahan alam Indonesia ditampilkan. Kekayaan Indonesia terpancar dalam film ini. Judul filmnya sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan. Karakter setiap tokoh menggambarkan perbedaan, namun tetap bersatu. Film ini bagus untuk pemuda pemudi Indonesia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Pesan dalam film ini, antara lain adalah mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus bermimpi hingga pada akhirnya bisa meraih mimpi tersebut.

 

2. Teks Ulasan Film Train to Busan

Identitas Film:

  • Judul film: Train to Busan
  • Tahun rilis: 2016
  • Jenis Film: Aksi, horor
  • Sutradara: Yeon Sang-Ho
  • Produser: Lee Dong Ha
  • Penulis: Park Joo Suk
  • Pemain: Gong Yoo, Jung Yu Mi, Ma Dong Seok, Kim Su an, Kim Eui Sung, Choi Woo Shik, dan Ahn So Hee

 

Train to Busan mengisahkan perjuangan seorang ayah untuk melindungi anaknya dan seorang suami untuk melindungi istrinya dari serangan zombie. Keduanya melawan zombie dengan alat seadanya agar anak dan istrinya yang sedang hamil dapat sampai ke Busan dengan selamat.

Train to Busan adalah film buatan Korea Selatan yang mengangkat cerita tentang penyebaran zombie. Cerita diawali dengan seorang anak bernama Soo An yang kesepian karena ayahnya yang bernama Seok Woo selalu sibuk bekerja dan hanya ditemani oleh neneknya.

Pada ulang tahun Soo An, Seok Woo mengabulkan permintaan Soo An untuk mengunjungi Ibunya ke Busan. Seok Woo dan Soo An menaiki kereta yang membawa mereka ke Busan. Namun ternyata wabah zombie sudah mulai menyebar di Korea. Seorang wanita yang sudah terkena virus zombie masuk ke dalam kereta dan mulai menyerang penumpang lainnya secara beringas. Penumpang yang diserang turut menjadi zombie dan menyerang manusia lain yang masih hidup. Lalu film menceritakan bagaimana Seok Wook bersama penumpang lainnya yang selamat melindungi Soo An dan seorang ibu hamil agar bisa sampai ke Busan dengan selamat.

Train to Busan menyajikan film tentang zombie yang baru dan tidak hanya adegan kejar-kejaran saja. Film ini menyuguhkan perkembangan karakter dari seorang ayah workaholic yang angkuh dibuat menyadari rasa cinta yang sangat besar pada putrinya yang sering Ia tinggalkan sendirian.

Film ini mengisahkan keegoisan manusia saat mengalami ancaman berupa wabah zombie, bagaimana manusia menjadi egois sehingga bisa kejam pada sesamanya untuk kepentingan pribadi. Namun film ini juga memberikan pesan bagaimana seseorang bisa menjadi kuat dan berkorban untuk melindungi orang yang disayangi.

Film ini membuat kita menyadari bahwa kehidupan tidak hanya bekerja, melainkan menyayangi keluarga. Mengingatkan kita akan pentingnya bersikap rasional dan tidak menginjak orang lain saat berada dalam masalah.

Film yang sangat bagus karena menyajikan ketegangan, ketakutan, aksi, dan juga drama yang menyentuh dalam porsi yang tepat. Train to Busan dapat mengisi akhir pekanmu, membuat jantung berdebar namun juga membuatmu meneteskan air mata.

 

3. Teks Ulasan Film Dilan 1990

Identitas Film:

  • Judul film: Dilan 1990
  • Tahun rilis: 2018
  • Jenis Film: Drama, komedi
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Produser: Ody Mulya Hidayat
  • Penulis: Pidi Baiq, Titien Wattimena
  • Pemain: Iqbaal Ramadhan, Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Debo Andryos, Giulio Parengkuan

 

Dilan 1990 adalah film yang diangkat dari buku hasil karangan penulis Pidi Baiq. Film yang sempat populer beberapa tahun kebelakang ini disutradarai oleh Fajar Bustomi. Film ini sukses mencatatkan lebih dari enam juta penonton. Pada akhir tahun 2018, Dilan 1990 ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia. Saat itu bahkan banyak orang yang rela mengantri demi bisa menonton film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini. Selaku penulis, Pidi Baiq mengungkapkan bahwa filmnya ini didasarkan pada kisah nyata remaja SMA.

Nama tokoh utamanya sama dengan nama film itu sendiri, yaitu Dilan. Ia adalah seorang anak tentara yang menjadi ketua sebuah geng motor. Sementara Milea adalah siswi pindahan dari Jakarta yang pindah ke sekolah Dilan. Mereka berdua bertemu pertama kali ketika Milea sedang berjalan ke sekolah.

Saat itu, Dilan menghampiri dan menyapanya dengan kata-kata bak ramalan. Ia berkata kalau Milea dan dirinya akan bertemu siang nanti di kantin sekolah. Seiring waktu, Dilan terus terpikat oleh pesona cantik Milea. Sayang, teman sekelas Milea, Nandan ternyata menyukai Milea juga.

Mendapati hal tersebut, secara perlahan Dilan mulai menjauhi Milea. Menurut pengetahuannya dia sendiri, Milea dan Nandan telah resmi berpacaran, padahal tidak begitu. Sampai akhirnya Milea menyampaikan kabar melalui Piyan, sahabat Dilan, bahwa mereka berdua tidak menjalin hubungan apapun. Mengetahui hal ini Dilan kembali melanjutkan usahanya mendekati Milea.Hari-hari dengan indah bahkan mereka lewati bersama. Baik itu di sekolah, waktu pulang sekolah, atau bahkan ketika berada di rumah Milea langsung. Hingga akhirnya mereka menjalin hubungan dan berpacaran.

Bahkan cara Dilan menyatakan perasaannya juga beda dari yang lain, ia memanfaatkan buku dan materai. Kemudian di dalamnya tertulis kalimat-kalimat seputar ia dan Milea juga tanggal pacaran mereka.

Dilan 1990 merupakan film yang identik sekali dengan kehidupan remaja SMA masa kini. Konflik sesama teman, kisah asmara, hingga tawuran. Rasanya berhubungan sekali dengan anak-anak remaja. Film ini berhasil membuat para penontonnya baper, apalagi kaum hawa.

Dilan membawa sosok laki-laki yang dianggap sempurna dan diidolakan perempuan. Latar dan properti yang digunakan juga cocok sekali dengan judul filmnya, yaitu tahun 1990. Namun film ini bukan film yang selesai begitu saja, melainkan hanya bagian pertama saja dari keseluruhan yang ada. Artinya, Dilan 1990 masih ada lanjutannya. Akhir film juga dianggap menggantung dan membuat banyak penonton penasaran, kurang memuaskan. Beberapa bagian cerita juga agak kurang masuk akal. Misalnya ironi sekali jika seorang TNI memiliki anak yang justru mengepalai geng motor. Tokoh Dilan juga bisa dibilang terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

Dengan mengesampingkan seluruh kekurangannya, tetap saja Dilan 1990 merupakan film fenomenal yang dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Tidak hanya kalangan remaja, bahkan orang dewasa juga akan terpesona dan teringat akan kenangan masa mudanya ketika menonton film ini. Secara keseluruhan, Dilan 1990 cocok ditonton untuk para remaja seusia tokoh-tokohnya yang masih SMA. Kamu juga bisa menonton video contoh teks ulasan film Dilan 1990 berikut di bawah ini.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Berita Singkat berdasarkan Struktur dan Unsur 5W+1H

 

4. Teks Ulasan Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Identitas Film:

  • Judul: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
  • Tahun rilis: 2013
  • Jenis Film: Romansa, drama
  • Sutradara: Sunil Soraya
  • Produser: Ram Soraya
  • Penulis: Donny Dhirgantoro
  • Pemain: Pevita Pearce, Herjunot Ali, Reza Rahadian

 

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah sebuah film adaptasi dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013 dan dibintangi oleh artis berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahadian. Film ini juga disutradarai oleh Sunil Soraya dan menjadi salah satu karya suksesnya di tahun 2013. Film ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan Zainudin pada tahun 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Di sana ia bertemu dengan Hayati dan langsung jatuh hati.

Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas, karena melodi yang digunakan terkesan modern.

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum yang apik membuat film ini menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2013.

 

5. Teks Ulasan Film Keluarga Cemara

Identitas Film:

  • Judul: Keluarga Cemara
  • Tahun rilis: 2019
  • Jenis Film: Anak-anak, drama
  • Sutradara: Yandy Laurens
  • Produser: Anggia Kharisma, Ginatri S. Noer
  • Penulis: Ginatri S. Noer, Yandy Laurens
  • Pemain: Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT48, Widuri Putri Sasono, Ariyo Wahab

 

Film Keluarga Cemara dulunya pernah tayang saat tahun 1996. Kemudian dikemas ulang hingga menjadi cerita yang lebih menarik. Namun dalam film kali ini tidak lupa dengan pembawaan yang klasiknya. Dalam film ini bercerita tentang sebuah keluarga bahagia. Kemudian lambat laun Abah mengalami bangkrut karena sudah ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Saat itulah konflik mulai terjadi. Keluarga Abah ini mulai mendapatkan ujian. Kemudian Abah memutuskan untuk pindah ke peninggalan orang tua di kampung. Lalu kehidupan mereka kini berubah sangat drastis. Abah dan Emak harus mencari pendapatan tambahan untuk mencukupi kebutuhan sehari – harinya. Tidak hanya itu, anak – anak susah untuk beradaptasi.

Pada film Keluarga Cemara dinilai sangat epik dalam menyuguhkan ceritanya. Kemudian di bagian akhir cerita mampu membuat para penonton berderai air mata. Ditambah dengan soundtrack lagu dari Bunga Citra Lestari, akan memperkuat emosional penonton.

Film Keluarga Cemara menyadarkan kita untuk selalu menjaga dan melindungi keluarga. Hal ini karena keluarga adalah tempat dimana kita dilahirkan dan dibesarkan. Sehingga banyak pesan moral yang disampaikan oleh film ini.

 

6. Teks Ulasan Film Surat Kecil untuk Tuhan

Identitas Film:

  • Judul: Surat Kecil Untuk Tuhan
  • Tahun rilis : 2011
  • Jenis Film: Drama
  • Sutradara: Harris Nizam
  • Produser: Sarjono Sutrisno
  • Penulis: Beby Hasibuan
  • Pemain: Dinda Hauw, Alex Komang

 

Ketika tahun 2003, Keke mulai terkena penyakit kanker. Kanker tersebut merampas wajah cantiknya. Kemudian ayah Keke berusaha menyembuhkannya dengan mencari berbagai cara medis. Tidak hanya itu, para sahabat Keke juga turut menyemangatinya agar segera sembuh dari penyakit kankernya.

Lambat laun penyakit kanker yang diderita Keke mulai sembuh. Alhasil Keke merasa senang mulai beraktivitas lagi. Setelah keadaannya mulai membaik, Keke divonis mengidap kanker lagi dengan keadaan yang lebih parah dari sebelumnya. Bahkan dapat membuat Keke meninggal dunia.

Banyak dokter yang menyatakan bahwa Keke tidak akan hidup lebih lama lagi. Alhasil tubuh Keke bertahan hingga satu tahun. Kemudian Keke meninggal pada bulan desember 2006. Pada film Surat Kecil Untuk Tuhan memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan tersebut adalah para penonton dapat terbawa perasaan saat menonton film ini. Hal ini karena film tersebut diangkat dari kisah nyata. Dari film tersebut dapat diambil hikmahnya yaitu mengajarkan kita untuk selalu tabah dan ikhlas dalam menerima ujian dari Allah.

Bila diamati, film Surat Kecil Untuk Tuhan memberikan pesan tersendiri untuk para penontonnya. Salah satunya adalah berusaha untuk pantang menyerah. Hal ini terlihat dari kegigihan Keke untuk sembuh dari penyakit kankernya. Tidak hanya itu, persahabatan yang kuat dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari.

Kita break sebentar yuk! Gimana, seru nggak baca-baca contoh ulasan novel dan contoh-contoh ulasan film barusan? Nah, materi tentang ulasan ini, tentunya bakal lebih asik dipelajari lewat video animasi dari Ruangguru, loh! Soalnya, sudah ada fitur ADAPTO yang bisa menyesuaikan kemampuan belajar kamu. Coba cek sekarang, yuk! 

Adapto Ruangguru

 

7. Teks Ulasan Film Assalamualaikum Beijing

Identitas Film:

  • Judul: Assalamualaikum Beijing
  • Tahun rilis: 2014
  • Jenis Film: Romansa, drama
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Produser: Yoen K
  • Penulis: Alim Sudio
  • Pemain: Revalina S. Temat, Laudya Cynthia Bella, Morgan Oey, Ibnu Jamil

 

Film Assalamualaikum Beijing diangkat dari novel yang ditulis oleh Asma Nadia. Kemudian novel ini disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan diproduksi oleh Maxima Pictures. Dalam film ini menceritakan perjalanan cinta yang memiliki perbedaan agama antara Revalina sebagai Asmara dengan Morgan Zhongwen.

Suatu hari, Asmara akan menikah dengan Dewa. Namun dia mengetahui bahwa Dewa telah selingkuh dengan teman Asmara. Tidak hanya itu, Dewa juga menghamili wanita yang merupakan selingkuhannya. Saat itu juga, Asmara sudah tidak ingin melanjutkan pernikahannya dengan Dewa.

Asmara kemudian bekerja ke Beijing karena ditawari kerja oleh Sekar. Kemudian di sana dia bertemu dengan Zhongwen. Zhongwen adalah seorang laki – laki yang memiliki paras tampan. Kemudian dia mengenalkan legenda cinta Ashima ke Asmara. Kemudian Zhongwen mendapatkan banyak informasi tentang Islam. Saat itu juga, dia langsung Mualaf.

Kemudian Asmara mulai membuka hati untuk Zhongwen. Seiring berjalannya waktu, Asmara divonis mengidap penyakit Sindrom Antibodi. Penyakit tersebut membuatnya nyaris buta, terkena stroke, dan susah bergerak. Kemudian dokter menyarankan untuk tidak hamil dan melahirkan. Saat itulah Asmara mulai putus asa. Namun Zhongwen terus menyemangatinya.

Pada film Assalamualaikum Beijing, akan membawa kamu menikmati indahnya wisata Beijing dan Tiongkok yang eksotis. Selain itu, kamu akan merasa bawa perasaan ketika menonton film ini. tidak hanya itu, dalam film ini kamu akan mendapatkan pelajaran baru mengenai Islam. Bahkan dalam film ini berani menampilkan cerita yang berbeda agama dan budaya.

Film Assalamualaikum Beijing mengajarkan untuk selalu sabar dalam menemukan cinta sejati. Hal ini dirasakan oleh para pemain Asmara dan Zhongwen. Lokasi syuting yang digunakan adalah Tembok Besar, Wangfujing, Provinsi Yunan membuat penonton ikut diajak berjalan-jalan di Beijing.

 

8. Teks Ulasan Film Dear Nathan

Identitas Film:

  • Judul: Dear Nathan
  • Tahun: 2017
  • Jenis Film: Romansa, Drama
  • Sutradara: Indra Gunawan
  • Produser: Gope T. Samtani
  • Penulis: Bagus Bramanti
  • Pemain: Amanda Rawles, Jefri Nichol, Surya Saputra

 

Film Dear Nathan adalah produksi dari RAPI Films yang mengusung tema drama romantis. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Erisca Febriani. Kemudian film ini dimainkan oleh artis papan atas yang bernama Jefri Nichol yang berperan sebagai Nathan dan AmAnda Rawles sebagai Salma.

Salma adalah murid baru yang berprestasi. Dalam kehidupan sehari – harinya, dia selalu selektif dalam berteman. Suatu hari, dia terlambat datang ke sekolah. Kemudian seorang siswa yang bernama Nathan, membantunya untuk menyelundup untuk masuk ke sekolah. Sikap Nathan yang nakal dan sok jagoan, membuat Salma ingin menjauhinya. Meski begitu, Salma tetap mencari informasi tentang Nathan secara diam – diam. Nathan sudah mulai jatuh hati kepadanya. Bahkan dia sering memberikan kata – kata romantis kepada Salma.

Lambat laun Salma mengetahui permasalahan yang sedang dialami Nathan. Alhasil dia merasa iba dan ingin membuat Nathan tidak lagi merasakan masalah di sekolah. Kemudian keduanya mulai dekat. Tidak lama kemudian, mantan kekasih Nathan mulai datang kembali. Dia bermaksud untuk meminta maaf karena sudah menghianati Nathan.

Akan tetapi Nathan sudah memaafkannya dan tidak akan lagi kembali ke Seli. Hal itu karena dia sudah menyukai Salma. Meski demikian, Salma pernah merasa salah paham dengan kehadiran Seli. Namun dia percaya bahwa Nathan akan setia kepadanya. Film Dear Nathan memberikan kesan natural di dalamnya. Bahkan pembawaan Nathan terkesan natural yang membuatnya banyak dicintai para penggemarnya. Kemudian alur cerita yang dibuat, sering terjadi dilingkungan sekolah. Sehingga dapat dikatakan bila film ini berhasil. Bahkan banyak para penonton yang terbawa perasaan saat menyaksikan film ini.

Pada film Dear Nathan membuktikan bahwa bagi seseorang yang bersifat cuek dan dingin, akan membuat seseorang merasa penasaran. Tidak hanya itu, sikap memahami keadaan orang lain adalah hal yang akan membuat semuanya menjadi lebih baik. Meskipun akan berjalan perlahan, namun pasti.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Puisi berdasarkan Jenis-Jenisnya

 

9. Teks Ulasan Film The Curious Case of Benjamin Button

Identitas Film:

  • Judul: The Curious Case of Benjamin Button
  • Tahun: 2008
  • Jenis Film: Drama, Fantasi
  • Sutradara: David Fincher
  • Produser: Ceán Chaffin, Kathleen Kennedy, Frank Marshall
  • Penulis: Eric Roth
  • Pemain: Brad Pitt, Cate Blanchett

 

The Curious Case of Benjamin Button adalah film drama fantasi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2008. Film ini disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh Brad Pitt dan Cate Blanchett. Film ini didasarkan pada cerita pendek karya F. Scott Fitzgerald yang berjudul sama.

Secara garis besar, film ini mengisahkan tentang Benjamin Button (diperankan oleh Brad Pitt), seorang pria yang lahir dengan kondisi fisik yang aneh–ia lahir dengan kondisi fisik menyerupai orang tua, tapi, semakin ia tumbuh menjadi anak, remaja, hingga dewasa, fisiknya justru bertumbuh semakin muda.

Cerita dimulai pada tahun 1918, tahun di mana Benjamin Button lahir dengan kondisi yang aneh. Ia dianggap sebagai kutukan oleh orang tuanya dan ditinggalkan di sebuah panti asuhan. Namun, seorang perawat yang memiliki hati yang baik mengambilnya dan membesarkannya seperti anaknya sendiri.

Seiring bertambahnya usia, Benjamin mulai merasakan perubahan dalam tubuhnya. Ia semakin kuat, sehat, dan tampak semakin muda daripada teman-temannya yang sebaya. Ia mulai memperhatikan perbedaan antara dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Benjamin kemudian bertemu dengan Daisy (diperankan oleh Cate Blanchett), seorang penari yang cantik dan memiliki jiwa seni yang tinggi.

Daisy melihat Benjamin bukan sebagai orang yang aneh atau berbeda, tetapi sebagai manusia yang istimewa dan layak dihargai. Keduanya semakin dekat dan saling mencintai, hingga mulai menjalin sebuah hubungan spesial.

 

10. Teks Ulasan Film The Help

Identitas Film:

  • Judul: The Help
  • Tahun: 2011
  • Jenis Film: Drama
  • Sutradara: Tate Taylor
  • Produser: Chris Columbus
  • Penulis: Tate Taylor
  • Pemain: Jessica Chastain, Viola Davis, Bryce Dallas Howard, Allison Janney, Octavia Spencer, Emma Stone, Ahna O’Reilly

 

The Help menceritakan tentang kisah persahabatan antara wanita-wanita kulit putih, 3 di antaranya adalah Skeeter (diperankan oleh Emma Stone), Hilly (diperankan oleh Bryce Dallas Howard), dan Elizabeth (diperankan oleh Ahna O’Reilly). 

Mereka bertiga kerap bertemu, sekadar untuk melakukan obrolan ringan maupun merencanakan kegiatan amal, termasuk mengemukakan kegelisahan tertentu terkait isu penyakit yang dibawa oleh para asisten rumah tangga (helper) mereka yang berkulit hitam.

Skeeter yang baru mendapat pekerjaan di salah satu surat kabar terkemuka diminta untuk menulis hal-hal tentang rumah tangga. Lebih jauh lagi, ia diminta untuk menulis buku tentang kisah-kisa para helper selama menjalankan pekerjaan mereka. Ia kemudian mewawancara para helper tersebut, seperti Aibileen, Minny, dan beberapa helper yang berkulit hitam lainnya.

Aibileen dan Minny, bersama dengan Skeeter pun bertekad mengubah pandangan masyarakat dengan berjuang untuk mengatasi ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang terjadi selama ini. 

Ketika buku karya Skeeter ini terbit (dengan narasumber dan penulis yang anonim tentunya), buku ini langsung viral dan menjadi buah bibir di daerah Mississippi. Kisah-kisah yang terangkum dalam buku tersebut, yang kemudian diberi judul The Help, membuka mata mayoritas masyarakat bahwa selama ini mereka memperlakukan para asisten rumah tangga mereka dengan tidak adil, semena-mena, dan rasis. 

Meskipun di akhir kisah hubungan antara Skeeter dan para sahabatnya merenggang, tapi Skeeter merasa sangat puas karena bisa menyuarakan ketidakadilan yang selama ini diterima oleh Aibileen, Minny, dan orang-orang kulit hitam lainnya. 

 

11. Teks Ulasan Film The Grand Budapest Hotel

Identitas Film:

  • Judul: The Grand Budapest Hotel
  • Tahun: 2017
  • Jenis Film: Fantasi, Drama
  • Sutradara: Wes Anderson
  • Produser: Wes Anderson
  • Penulis: Wes Anderson
  • Pemain: Ralph Fiennes, Bill Murray, Edward Norton, Saoirse Ronan, Tony Revolori

 

Film The Grand Budapest Hotel merupakan karya sinematik yang menawarkan petualangan unik dan berwarna di tengah setting negara fiksi Zubrowka pada era 1930-an.

Disutradarai oleh Wes Anderson, film ini menggambarkan kisah menarik seorang penjaga lobi yang masih muda bernama Zero Moustafa, yang terlibat dalam intrik dan kejadian tak terduga di Hotel Grand Budapest.

Zero Moustafa (diperankan oleh Tony Revolori) memulai pekerjaannya sebagai penjaga lobi di Hotel Grand Budapest di bawah bimbingan kepala penjaga lobi eksentrik, Monsieur Gustave H. (diperankan oleh Ralph Fiennes).

Ketika salah satu tamu yang terlihat seperti memiliki hubungan istimewa dengan Gustave H. bernama Madame D. (diperankan oleh Tilda Swinton) ditemukan tewas karena keracunan, Gustave dituduh menjadi tersangka pembunuhan.

Gustave dan Zero kemudian terlibat dalam serangkaian peristiwa yang tak terduga. Mereka berusaha membuktikan ketidakbersalahannya dan mengungkap misteri di balik kematian Madame D. dalam suasana perangkap dan pengkhianatan.

Dalam perjalanan mereka, mereka berinteraksi dengan berbagai karakter dan tokoh, seperti pembunuh bayaran berbahaya Jopling (diperankan oleh Willem Dafoe) dan agen polisi obsesif Henckels (diperankan oleh Edward Norton).

Saat perjalanan mereka berlanjut, Zero dan Gustave mengalami petualangan yang melibatkan aksi kejar-kejaran, pertarungan, dan intrik yang membingungkan. 

Dalam perjalanannya, Zero juga menemukan percikan cinta dengan Agatha (diperankan oleh Saoirse Ronan), seorang penjaga bakery yang juga memiliki peran penting dalam mengungkap kebenaran.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Wajib Tonton!

 

Contoh Teks Ulasan Lagu

 

1. Teks Ulasan Lagu Tak Ingin Usai

Identitas Lagu:

  • Judul: Tak Ingin Usai
  • Penyanyi: Keisya Levronka
  • Ciptaan: Mario Gerardus Klau
  • Produser: Tohpati

 

Lagu “Tak Ingin Usai” dinyanyikan oleh Keisya Levronka. Lagu ini pernah viral di media sosial sebagai latar musik untuk video pemberitaan tenggelamnya putra Ridwan Kamil di Swiss. Lagu ini juga dikenal dengan lagu dengan nada yang sangat tinggi untuk di bagian tengahnya.

Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang tidak ingin melepaskan seseorang yang dicintainya. Ia merasa tidak siap untuk melepaskan perasaan itu. Dalam lagu itu, diceritakan ia masih menunggu orang yang diharapkannya tersebut. Lagu “Tak Ingin Usai” menyuguhkan lirik yang sangat menyentuh.

Keisya Levronka berhasil menyampaikan pesan lirik dengan jelas dan mendalam. Liriknya mudah untuk dipahami oleh setiap orang. Lagu ini juga menyuguhkan vokal yang luar biasa dari Keisya Levronka. Suaranya khas dan sangat cocok dengan lagu ini. Dia berhasil menyampaikan perasaan yang dalam dengan vokalnya yang sangat menyentuh. Aransemen musik dari lagu ini juga sangat pas dan menyempurnakan lagu ini.

Secara keseluruhan, lagu “Tak Ingin Usai” yang dinyanyikan oleh Keisya Levronka adalah lagu yang sangat direkomendasikan. Lagu ini menyuguhkan lirik yang dalam, vokal yang luar biasa dan aransemen musik yang sangat pas. Lagu ini akan menyentuh hati setiap orang yang mendengarkannya.

 

2. Teks Ulasan Lagu Bohemian Rhapsody

Identitas Lagu:

  • Judul: Bohemian Rhapsody
  • Artist: Queen
  • Ciptaan: Freddie Mercury 
  • Produser: Roy Thomas Baker

 

“Bohemian Rhapsody” adalah lagu yang sangat terkenal yang dipentaskan oleh band rock legendaris Queen. Lagu ini ditulis oleh vokalis Queen, Freddie Mercury, dan dirilis pada tahun 1975 sebagai bagian dari album “A Night at the Opera.”

“Bohemian Rhapsody” memiliki struktur yang kompleks dan unik, menggabungkan elemen dari berbagai genre musik, termasuk rock progresif, balada, dan opera. Lagu ini terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, mulai dari bagian piano solo hingga bagian operatik yang dramatis. 

Liriknya, seperti kebanyakan karya Freddie Mercury, bersifat ambigu dan terbuka terhadap interpretasi yang beragam. Salah satu interpretasi pada Bohemian Rhapsody adalah bahwa lagu ini menunjukkan kegelisahan Freddie Mercury terhadap kehidupannya yang cukup gelap. Ia seperti tidak bisa keluar dari kehidupannya tersebut dan berusaha keras agar tidak terjebak dalam pola hidupnya yang cukup berantakan, tapi berhasil membawanya ke puncak kesuksesan. 

Lagu ini sangat dikenal karena keberaniannya dalam mencoba sesuatu yang berbeda dan mendobrak batasan konvensi musik rock pada saat itu. “Bohemian Rhapsody” menjadi salah satu lagu paling ikonik dalam sejarah musik rock dan telah bertahan sebagai karya klasik yang dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia.

 

3. Teks Ulasan Lagu Heal The World

Identitas Lagu:

  • Judul: Heal The World
  • Penyanyi: Michael Jackson
  • Ciptaan: Michael Jackson
  • Produser: Michael Jackson

 

“Heal the World” adalah lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh legenda musik pop, Michael Jackson. Lagu ini dirilis pada tahun 1992 sebagai bagian dari albumnya yang berjudul “Dangerous.”

“Heal the World” mempunyai pesan yang kuat tentang kepedulian sosial dan perdamaian di dunia. Liriknya menyuarakan panggilan untuk membantu dan menyembuhkan dunia dari penderitaan dan kesulitan, dengan fokus pada upaya untuk menciptakan tempat yang lebih baik bagi anak-anak di seluruh dunia.

Michael Jackson menggunakan keberhasilan dan pengaruhnya untuk menyampaikan pesan kemanusiaan melalui lagu ini. “Heal the World” menjadi sangat populer dan memenangkan berbagai penghargaan, menciptakan dampak positif serta menginspirasi banyak orang untuk terlibat dalam kegiatan amal dan upaya perdamaian.

Nah, itu dia pembahasan tentang contoh-contoh teks ulasan berbagai macam karya, seperti novel, film, dan lagu. Sudah cukup jelas atau ada yang masih dibingungin, nih? Semoga sudah cukup jelas, ya. Kalau kamu masih mau belajar lebih banyak tentang teks ulasan, yuk, tonton video belajar beranimasi dengan latihan soal serta rangkuman di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Dewi, Martina Mulia. 2022. (daring) https://www.pexels.com/photo/shallow-focus-photography-of-paper-crane-1272838/ [diakses pada 19 Februari 2023]

Kumparan. 2021. (daring) https://kumparan.com/berita-hari-ini/resensi-novel-perahu-kertas-lengkap-dengan-penjelasannya-1w7kTKlo8X3 [diakses pada 19 Februari 2023]

Rahmawati, Silvia Dewi. 2021. (daring) https://www.indonesiana.id/read/159240/jadilah-sang-pemimpi-ulasan-novel-karya-andrea-hirata [diakses pada 19 Februari 2023]

Seruni, Laras Sekar. 2023 (daring) https://www.nongkrong.co/author/17698/Laras-Sekar-Seruni  [diakses pada 15 Januari 2024]

 

Artikel pertama kali dipublikasikan pada 9 Maret 2023, kemudian diperbaharui pada 15 Januari 2024 oleh Laras Sekar Seruni.

Nurul Hidayah