Penmaba UNJ 2023: Jadwal, Syarat, Alur, Materi dan Biaya Pendaftaran

Seleksi mandiri Penmaba UNJ

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait jalur mandiri PENMABA tes tulis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2023.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang dulunya bernama IKIP Jakarta, telah dikenal sebagai kampus yang banyak melahirkan pendidik atau guru berkualitas. Apabila kamu punya cita-cita untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan, kamu juga bisa menjatuhkan pilihan kampus impian pada UNJ. Selain melalui jalur SNBP dan UTBK-SNBT, UNJ juga membuka jalur mandiri melalui Penmaba (Penerimaan Mahasiswa Baru) Tes Tulis UNJ. Mau tahu syarat, ketentuan, dan jadwal pendaftarannya? Lihat detailnya berikut ini ya.

Jadwal Pendaftaran Penmaba UNJ 2023

  • Pendaftaran: 23 Mei – 27 Juli 2023
  • Ujian tulis Penmaba Gel. I: 3 – 7 Juli 2023
  • Ujian Keterampilan: 8 Juli 2023
  • Ujian tulis Penmaba Gel. II: 10 – 14 Juli 2023
  • Uji coba ujian tulis Penmaba daring (online): 15 Juli 2023
  • Ujian tulis Penmaba berbasis komputer (online): 16 Juli 2023
  • Pengumuman: 23 Juli 2023
  • Pengisian data untuk UKT: 28 Juli – 3 Agustus 2023
  • Pembayaran UKT dan Registrasi: 6 – 16 Agustus 2023
  • Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa: 21 – 25 Agustus 2023
  • Awal perkuliahan: 28 Agustus 2023

 

Cara dan Alur Pendaftaran Penmaba 

  1. Membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian “Buat Akun Saya”. Pastikan menggunakan alamat email dan hp yang benar dan aktif karena akan digunakan dalam pendaftaran Penmaba ini
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Memilih program studi sesuai dengan yang kamu inginkan. Terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus kamu bayar. Kamu dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai kamu yakin dengan pilihan kamu. Jika kamu sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah kamu menekan tombol simpan, kamu tidak dapat merubah pilihan program studi, dan masuk ke tahapan selanjutnya.
  4. Cetak tagihan. Kamu akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. tagihan yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI/Mandiri/BTN, ATM BNI/Mandiri/BTN atau Internet Banking BNI/Mandiri/BTN. Harap diperhatikan, setelah kamu mencetak tagihan, kamu diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika kamu tidak melakukan pembayaran, kamu diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  5. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller, ATM, atau Internet Banking BNI/Mandiri/BTN di tempat kamu.
  8. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  9. Isi data diri, orang tua dan sekolah.Isi nilai rapor dan unggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor. Bagi yang memilih program studi seni dan olah raga, unggah dokumen portofolio/keterampilan.
  10. Mencetak kartu tanda peserta ujian PENMABA UNJ.
  11. Mengikuti seleksi

 

Ketentuan Umum

  1. Hanya untuk lulusan SMA/sederajat tiga tahun terakhir (2023, 2022, dan 2021);
  2. Ujian tulis menggunakan computer (CBT);
  3. Peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan;
  4. Peserta dibolehkan memilih maksimal 2 program studi dan boleh lintas minat;
  5. Penmaba mandiri UNJ tidak menggunakan nilai UTBK maupun nilai rapor;
  6. Penilaian penmaba mandiri UNJ didasarkan pada pemeringkatan nilai dan tidak mempertimbangkan besaran uang Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU) yang diberikan oleh peserta.

 

Ketentuan Khusus

  1. Jika kamu memilih salah satu dari program studi yang memiliki uji keterampilan, diantaranya Semua Program Studi Olahraga, Penididikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik dan Pendidikan Seni Rupa, maka kamu wajib mengikuti ujian secara offline pada Jumat, 7 Juli 2023 dan dilanjutkan dengan ujian keterampilan pada Sabtu, 8 Juli 2023 di Universitas Negeri Jakarta;
  2. Jika kamu tidak memilih program studi yang memiliki ujian keterampilan (poin 1) dan berdomisili di pulau Jawa, maka kamu wajib mengikuti ujian secara offline yang berlokasi di Universitas Negeri Jakarta atau kota Cirebon;
  3. Jika kamu tidak memilih program studi yang memiliki ujian keterampilan (poin 1) dan berdomisili di luar pulau Jawa, maka kamu dapat mengikuti ujian secara online (dirumah) atau offline yang berlokasi di Universitas Negeri Jakarta / kota Cirebon.

 

Materi Ujian

Berikut ini adalah materi ujian tulis dan ujian keterampilan di Penmaba UNJ 2023.

Materi Ujian Tulis

  1. Tes Pengukuran Kognitif
  2. Penalaran Matematika
  3. Literasi Bahasa Indonesia
  4. Literasi Bahasa Inggris

Materi Ujian Keterampilan

  1. Materi tes keterampilan olahraga terdiri atas tes ketahanan fisik, ketangkasan olahraga, maupun tes lain yang terkaitdengan bidang olahraga.
  2. Materi tes keterampilan bidang seni menyesuaikan dengan program studi yang dipilih.
  3. Tes dilakukan secara luring sehingga peserta wajib hadir pada 15 Juli 2023 dengan membawa peralatan seperti yang ditentukan.

 

waktu pelaksanaan ujian penmaba unj

 

Lokasi Ujian

Tes tulis berbasis computer (CBT) dilakukan dengan dua pola yaitu CBT di lokasi dan CBT di kediaman. Berikut ketentuannya.

CBT di Lokasi

  1. Peserta dari SMA/MA/SMK atau yang sederajat yang berasal dari Pulau Jawa WAJIB memilih pola ujian CBT di lokasi.
  2. Peserta dari SMA/MA/SMK atau yang sederajat yang bukan dari wilayah pada poin pertama DAPAT memilih pola ujian CBT di lokasi.
  3. Lokasi ujian CBT berada di Jakarta dan Cirebon.
  4. Peserta hanya datang ke lokasi ujian dengan membawa Kartu Peserta, Kartu Identitas, dan Alat Tulis.

CBT di Kediaman

  1. Diperuntukkan bagi peserta yang SMA/MA/SMK atau yang sederajat bukan dari wilayah yang disebutkan pada butir 1 CBT di lokasi.
  2. Peserta WAJIB memiliki dua perangkat elektronik yang digunakan untuk ujian (Komputer dan HP) yang terhubung dengan internet serta aplikasi ujian sesuai yang ditetapkan.

 

Biaya Pendaftaran

  1. Biaya pendaftaran ujian tulis: Rp300.000 (Tanpa Uji Keterampilan)
  2. Biaya ujian keterampilan adalah Rp300.000 per pilihan prodi keterampilan dengan ketentuan:
  • Apabila peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun dalam olahraga, maka biaya uji keterampilan adalah Rp300.000
  • Apabila memilih dua program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda maka biaya uji keterampilan adalah Rp600.000
  1. Biaya pendaftaran bagi peserta kelas internasional Rp. 650.000 (Tanpa Uji Keterampilan)

Bagi kamu yang akan mengikuti jalur seleksi mandiri PENMABA Tes Tulis UNJ, maka kamu perlu menyiapkan diri untuk menghadapi soal-soal Tes Kognitif dan Literasi. Yuk, belajar dari rumah bersama video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

PENMABA UNJ [daring]. Tautan: https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis/ (Diakses: 13 Juni 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D