Jurusan Arkeologi: Info Kuliah, Prospek Kerja, dan Pilihan Kampusnya

Jurusan Arkeologi

Suka belajar sejarah dan budaya dari masa lalu? Kamu bisa masuk jurusan Arkeologi. Yuk, simak info mata kuliah, prospek kerja, dan pilihan kampusnya.

Sudah baca berita penemuan mumi Mesir kuno wanita yang sedang hamil 7 bulan? Penemuan ini menjadi kasus pertama mumi kuno yang hamil dengan kondisi terawat baik di dunia, lho. Menakjubkan banget ya?

Penemuan mumi beserta dengan peninggalannya memang menjadi salah satu penemuan yang paling menggemparkan di dunia. Tak hanya mumi, berbagai penemuan dari zaman dahulu kerap membuat kita terkagum-kagum.

Nah, penemuan-penemuan dari zaman kuno atau purbakala ini tak lepas dari keahlian para arkeolog, lho. Yap, ilmu arkeologi memang mengkaji kehidupan manusia serta kebudayaan di masa lampau. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui survei dan penggalian atau ekskavasi. Maka dari itu, para arkeologi ahli inilah yang berperan menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dari masa lampau.

Baca juga: Pembabakan Zaman Praaksara Berdasarkan Arkeologi | Sejarah Kelas 10

Gimana, kamu tertarik dengan profesi ini? Simak dulu yuk informasi lengkap terkait jurusan Arkeologi yang ada di Indonesia berikut ini.

 

Mengenal Jurusan Arkeologi

Kamu masih suka gagal move-on? Nah, kayaknya jurusan yang satu ini pas buat kamu. Sebab, di jurusan ini kamu akan banyak mengkaji kehidupan dan kebudayaan kuno di masa lalu lewat benda peninggalannya.

Selama berkuliah, kamu akan mempelajari budaya manusia dari berbagai zaman dengan menggabungkan ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Hah, gabungan gimana tuh maksudnya?

arkeologArkeolog (Sumber: stock.adobe.com)

Jadi, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Kamu akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala, hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada. Nah untuk mempelajari semua ini, pastinya kamu akan banyak traveling untuk mencari tahu budaya dari masa lampau. Seru ‘kan?

 

Mata Kuliah Jurusan Arkeologi

Tak hanya mempelajari sejarah budaya dari berbagai benda peninggalan masa lalu, di jurusan ini kamu juga akan belajar menganalisis artefak. Kamu akan diajarkan bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir umur artefak, melakukan ekskavasi artefak purbakala, hingga mempelajari pengorganisasian museum. Kamu juga akan belajar gerak perpindahan dari manusia purba untuk memperkirakan perubahan evolusinya.

mata kuliah Jurusan Arkeologi

Dilansir dari ugm.ac.id, hingga kamu lulus kuliah nanti, kamu akan bertemu banyak mata kuliah seru seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Jurusan Sepi Peminat, dengan Peluang Kerja Besar!

 

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

 

1. Arkeolog

Banyak nih yang masih menganggap lulusan Arkeologi sulit mendapatkan pekerjaan. Salah banget! Ada banyak peluang kerja yang bisa kamu coba setelah lulus. Pertama, kamu bisa menjadi arkeolog atau ahli di bidang arkeologi. Kamu bisa meneliti barang peninggalan sejarah, seperti artefak, fosil, bangunan, hingga teks dan dokumen kuno.

2. Reporter atau Jurnalis

Kamu juga bisa bekerja sebagai reporter atau jurnalis yang menulis tentang barang peninggalan sejarah di media terkenal, seperti National Geographic. Dengan menjadi jurnalis, kamu pun berkesempatan untuk keliling dunia untuk menemukan dan mempelajari fosil-fosil, lho.

3. Pengelola Museum

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai manajer atau pengelola museum yang bertugas merawat benda-benda bersejarah serta mengelola museum agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. Pemandu Wisata Sejarah

Bagi kamu yang suka traveling, kamu juga bisa bekerja di industri pariwisata sebagai pemandu wisata khusus tempat bersejarah, seperti candi, museum, dan bangunan peninggalan sejarah lainnya. Kamu pun berkesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah di seluruh dunia, lho.

 

prospek kerja dan kampus dengan Jurusan Arkeologi

 

Kampus dengan Jurusan Arkeologi Terbaik

Arkeolog merupakan salah satu tenaga ahli yang dibutuhkan untuk mengkaji berbagai benda-benda peninggalan masa lampau. Nah, untuk menjadi seorang lulusan dari jurusan Arkeologi yang handal, hanya ada 6 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menawarkan program studi ini. Apa saja?

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Hasanuddin (Unhas)
  • Universitas Jambi (Unja)
  • Universitas Halu Oleo (UHO)
  • Universitas Udayana

 

Alasan Memilih Jurusan Arkeologi

Suka sejarah dan budaya? Jurusan ini pas banget untuk mengembangkan ketertarikan kamu, lho. Nggak cuman itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di jurusan ini. Ilmu arkeologi akan memberikan gambaran tentang kehidupan di masa lalu, serta bermanfaat untuk memberi pengetahuan mengenai peradaban manusia. Untuk mempelajari semuanya, kamu pun akan sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah dengan sejarah dan peninggalan yang mengagumkan.

serunya belajar arkeologiSerunya belajar arkeologi (Sumber: unsplash.com)

Banyaknya pengalaman dan ilmu yang didapatkan selama kuliah akan membuat kamu lebih menguasai aksara dan bahasa lokal. Kamu pun bisa menerjemahkan tulisan pada prasasti yang sulit dipahami orang awam. So, skill kamu ini akan menjadi sesuatu yang dicari karena tidak dimiliki oleh banyak orang.

Seru banget ‘kan dunia perkuliahan di jurusan Arkeologi? Kamu tertarik untuk daftar? Jangan lupa ya untuk persiapkan dirimu untuk masuk ke jurusan dan kampus favorit bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Mata Kuliah Wajib dan Pilihan Departemen Arkeologi [daring]. Tautan: https://arkeologi.ugm.ac.id/profile/prodi-s1/kurikulum/ (Diakses: 10 Desember 2021)

Ilmu Arkeologi: Pengertian, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Tahapannya [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/05/135139669/ilmu-arkeologi-pengertian-sejarah-tujuan-manfaat-dan-tahapannya (Diakses: 10 Desember 2021)

Cuma 6 PTN di Indonesia yang Tawarkan Jurusan Arkeologi [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/sukma-satiti/cuma-6-ptn-di-indonesia-yang-tawarkan-jurusan-arkeologi-langka-nih-c1c2/6 (Diakses: 10 Desember 2021)

Peluang dan Prospek Kerja Arkeologi [daring]. Tautan: https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-arkeologi/ (Diakses: 10 Desember 2021)

Sumber foto:

Arkeolog [daring]. Tautan: https://stock.adobe.com/id/search?k=archeologist (Diakses: 14 Desember 2021)

Serunya belajar arkeologi [daring]. Tautan: https://unsplash.com/s/photos/archaeologist (Diakses: 14 Desember 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D