Enggak Cuma Bahasa Inggris, Ini 10 Bahasa Asing yang Wajib Kamu Kuasai!

Fakta Seru - Bahasa Asing yang Wajib Dikuasai

Artikel ini membahas berbagai macam bahasa asing yang wajib kamu kuasai untuk menunjang pendidikan atau karir. Apa saja ya? 

--

Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Tahukah kamu, ada ribuan lebih bahasa di dunia, loh! Namun, di antara banyaknya bahasa tersebut, Bahasa Inggris menjadi bahasa global, atau bahasa yang dipakai dalam komunikasi internasional. Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik mengikuti kursus Bahasa Inggris karena dianggap penting untuk menunjang pendidikan dan karir yang lebih baik.

Di era globalisasi saat ini, ternyata, jago berbahasa Inggris belum bisa dianggap cukup untuk bersaing dalam banyak hal. Tidak jarang, perusahaan membutuhkan calon karyawan yang bisa multilingual (dapat menguasai lebih dari satu bahasa). Begitu pun ketika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, yang sebagian besar masyarakatnya menggunakan bahasa ibu mereka, yang bukan bahasa Inggris.

Maka dari itu, kamu perlu mencoba menguasai berbagai bahasa asing lainnya. Tapi, bahasa asing apa yang sebaiknya dipelajari ya? Yuk, cari tahu sama-sama lewat artikel ini!

 

Bahasa Mandarin

Kalau kamu perhatikan, sudah mulai banyak lembaga yang menyediakan kursus bahasa Mandarin. Tidak heran karena bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa dengan predikat paling banyak digunakan, yaitu lebih dari 1 miliar orang.

Dalam bidang ekonomi, Tiongkok menjadi negara superior yang punya pengaruh besar, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan China. Oleh karena itu, orang-orang dengan kemampuan bahasa Mandarin sangat dibutuhkan. 

Selain itu, mengingat kita tinggal di negara yang multikultural dan memiliki penduduk Tionghoa yang cukup banyak, tidak ada salahnya bila kamu mempelajari bahasa ini. Tentunya, keahlian bahasa Mandarin bisa menunjang prospek kita, tidak hanya di dunia pekerjaan, tapi juga dalam pertemanan.

Baca Juga: Kenapa Ada Banyak Bahasa di Dunia, Ya?

 

Bahasa Spanyol

Selain identik dengan kuliner andalannya, nachos, Spanyol dikenal dengan bahasanya yang khas dan terkesan romantis. Bahasa Spanyol bukan hanya digunakan di negara mereka dan Meksiko. Lebih dari 400 juta orang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama, dan sekitar 20 negara menetapkan bahasa ini sebagai bahasa resmi.

Selain itu, bahasa Spanyol merupakan salah satu dari 6 bahasa resmi PBB. Oleh sebab itu, bahasa Spanyol banyak dipilih sebagai bahasa yang utama dipelajari bagi mereka yang ingin menjadi bilingual.  Bahasa Spanyol juga mirip dengan bahasa Italia dan bahasa Portugis, loh! Kalau kamu sudah akrab dengan bahasa tersebut, lebih mudah lagi untuk mempelajari bahasa lain, seperti bahasa Italia atau Portugis.

 

Bahasa Prancis

Eits, jangan mengira belajar bahasa Prancis yang njelimet itu akan sia-sia. Bahasa Prancis sudah menjadi bahasa yang populer secara internasional dan tidak akan pernah pudar penggunaannnya. Pasalnya, bahasa ini digunakan di lima benua dan ditetapkan sebagai bahasa resmi oleh PBB.

Bahkan, lebih banyak pengguna bahasa Prancis di benua Afrika dibandingkan dengan negara Prancis itu sendiri. Istilah-istilah yang menggunakan bahasa Prancis juga sering kali muncul di sekitar kita. Jadi lain kali kamu bisa mengeja kata-kata, seperti “au revoir” atau “eclair” tanpa ‘keseleo’ lidah.

 

HubSpot Video

(Sumber: Official TikTok Ruangguru)

 

Bahasa Arab

Bukan hanya salah satu bahasa yang paling tua di dunia, bahasa Arab juga masih relevan penggunaannya sampai saat ini. Sejak tahun 1974, bahasa Arab ditetapkan sebagia bahasa resmi PBB. Belum lagi, bahasa ini merupakan bahasa kitab suci Al-Quran. Kalau kamu menghadapi mata pelajaran yang menggunakan bahasa Arab di sekolah atau kampus, tentunya akan lebih mudah apabila kamu fokus mempelajarinya.

 

Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ya, bahasa Inggris paling banyak digunakan sebagai bahasa resmi di negara-negara dunia karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris juga sudah menjadi salah satu mata pelajaran utama yang kamu pelajari sejak menginjak bangku sekolah.

Dengan menguasai bahasa Inggris, itu bisa membuka peluang kamu untuk bersekolah di luar negeri atau mengikuti pertukaran pelajar. Kamu bisa juga belajar bahasa Inggris di luar sekolah, supaya belajar di kelas terasa lebih mudah.

Baca Juga: Intip Cara-Cara Seru Belajar Bahasa Inggris, Kamu Suka yang Mana?

 

Bahasa Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang populer di dunia. Banyak orang ingin mempelajari kebudayaan dan bahasanya. Tahukah kamu, bahasa Jepang masuk ke peringkat lima belas besar di antara bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, loh! Bahasa ini juga diajarkan di sebagian besar sekolah di Asia, bersaing dengan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

Oleh karena kepopulerannya, banyak orang tertarik untuk mengikuti kursus bahasa Jepang. Dengan mempelajari bahasa ini, secara tidak langsung, kamu akan belajar budaya Jepang. Belajar bahasa Jepang juga dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa, meningkatkan karir, koneksi, dan pengetahuan baru.

 

Bahasa Korea

Tidak hanya kebudayaan Jepang yang semakin mencuri perhatian, Korea juga tidak kalah populernya, loh! Mulai dari musik, film, tari, makanan, hingga bahasanya. Banyak orang jadi tertarik untuk belajar budaya Korea, bahkan sampai berkunjung ke negeri ginseng tersebut.

Jika kamu termasuk salah satunya, belajar bahasa Korea bisa jadi awal yang bagus karena dari belajar bahasa, kita juga akan belajar budayanya. Selain itu, belajar bahasa Korea membuat kita menjadi lebih mudah untuk mempelajari bahasa asing lainnya yang masih serupa, seperti bahasa Jepang atau Mandarin, karena ketiga bahasa ini memiliki beberapa kemiripan.

tempat wisata di korea

Tertarik untuk berwisata ke Korea? (Sumber: getyourguide.com)

Baca Juga: Belajar Huruf Korea (Hangul): Macam-Macam Huruf, Cara Membaca, Pelafalan, dan Cara Menulisnya

 

Bahasa Jerman

Bahasa Jerman juga merupakan bahasa terpenting kedua di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan. Hal ini karena Jerman menempati peringkat ketiga untuk kontribusi di bidang litbang, serta menyediakan banyak beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing. Selain itu, bahasa Jerman juga menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa. 

Apakah kamu sudah tahu? Jerman dikenal dengan sistem pendidikannya yang maju dan banyak memiliki program sekolah atau kuliah gratis untuk pelajar dari luar negeri, loh! Maka dari itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jerman, sangat penting untuk belajar dan menguasai bahasa Jerman, ya.

 

Bahasa Rusia

Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah tidak asing lagi dengan nama Fiki Naki ya. Seorang youtuber asal Indonesia yang terkenal karena kemampuan multilingualnya, salah satunya bahasa Rusia. Bahasa Rusia sendiri merupakan bahasa resmi PBB, namun sayangnya, belum banyak diajarkan di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Padahal, menguasai bahasa Rusia banyak manfaatnya. Saat ini, Rusia merupakan negara ke-9 yang paling banyak dikunjungi karena panorama alamnya yang indah, juga beragam tempat wisatanya, seperti Istana Kremlin Moscow, Museum Hermitage st. Pitersburg, Galeri Tretyakov, dan masih banyak lagi. Dengan menguasai bahasa Rusia, kamu akan lebih leluasa untuk traveling mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya, sambil mempelajari budaya di sana.

Selain itu, perguruan tinggi di Rusia tidak kalah berkualitasnya dengan perguruan tinggi di Eropa. Institusi pendidikan tinggi Rusia sangat terkenal dengan program seni, sains, bahkan matematikanya, loh! Jadi, jika kamu tertarik, nggak ada salahnya untuk kamu belajar bahasa Rusia. 

 

Bahasa Belanda

Last but not least, bahasa asing yang wajib kamu kuasai selanjutnya adalah bahasa Belanda. Kenapa kamu harus belajar bahasa Belanda? 

Di bidang pendidikan, Belanda mendapatkan peringkat yang sangat baik. Belanda mendapatkan predikat negara terdidik ketiga di dunia oleh World Economic Forum. Institusi perguruan tinggi di Belanda juga tidak kalah berkualitasnya, seperti Technische Universiteit Delft, University van Amsterdam, Universiteit Utrecht, dan masih banyak lagi. Dengan menguasai bahasa Belanda, tidak hanya memudahkan kamu untuk melanjutkan studi di sana, tapi juga memperluas pertemanan, serta berkomunikasi dengan warga sekitar.

Baca Juga: Tips Mudah Belajar Bahasa Asing secara Otodidak

Oke, itulah penjelasan singkat mengenai berbagai macam bahasa asing yang wajib kamu kuasai. Jadi, tidak hanya bahasa Inggris, ya! Punya kemampuan multilingual dapat melatih kinerja otak, meningkatkan kreativitas, dan banyak hal positif lainnya. Yuk, bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar. Siapa tahu kamu bisa merasakan manfaatnya di kemudian hari!

Kalau kamu bingung, harus mulai dari mana, kamu bisa loh ambil kursus bahasa dengan tutor yang sudah bersertifikat di bidangnya. Yuk, daftar di ruangguru Privat! Les privat eksklusif dengan pengajar terbaik. Kamu bisa bebas atur kebutuhan dan jadwal belajarmu. Mau info lebih lanjut? Klik banner di bawah ini ya!

New call-to-action

Sumber Video:

Video 'Cara Menyebutkan Kata-Kata dalam Bahasa Prancis' [Daring]. Tautan: https://vt.tiktok.com/ZS8Nb1k5P/ (Diakses pada 13 Desember 2022)

Sumber Gambar:

Gambar 'Tempat Wisata Korea' [Daring]. Tautan: https://www.getyourguide.com/south-korea-l169035/ (Diakses pada 13 Desember 2022)

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.