Fakta Jurusan Sosiologi: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Kampusnya

Jurusan Sosiologi

Artikel ini membahas jurusan Sosiologi untuk kamu yang punya minat mempelajari fenomena yang terjadi di masyarakat

Apakah kamu pernah merasa penasaran dengan fenomena manusia silver yang semakin marak? Kehadiran manusia silver adalah salah satu contoh fenomena sosial yang terjadi tanpa kita ketahui penyebabnya. Nah, berbagai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat ini bisa kita pelajari melalui jurusan Sosiologi.

“Bener juga ya. Sebenarnya darimana idenya si manusia silver? Terus, siapa yang pertama kali jadi manusia silver?”

Nah, dengan pendekatan Sosiologi, kamu bisa memahami fenomena sosial yang dialami individu, kelompok, atau masyarakat berdasarkan sudut pandang ekonomi, hukum, budaya, hingga pengaruh dari keluarga.

Kamu juga akan mencari penyebab perubahan situasi di masyarakat, hingga mengkaji akibat yang dihasilkan, dan mencari solusinya. So, berdasarkan fenomena manusia silver tadi, di jurusan Sosiologi kamu akan diajak untuk mencari alasan itu bisa terjadi. Apakah karena tuntutan ekonomi, sekadar ikut-ikutan atau ada alasan lainnya?

Dibandingkan dengan pelajaran Sosiologi yang kamu dapatkan di sekolah, ilmu Sosiologi yang akan kamu pelajari di bangku kuliah sangat luas, lho. Seperti apa sih kuliah di jurusan Sosiologi? Lihat yuk!

 

Mata Kuliah Jurusan Sosiologi

Di jurusan ini kamu akan lebih memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan lebih ilmiah. Tak hanya mempelajari fenomena sosial saja, kamu juga akan belajar mengenai ekonomi, budaya, agama, pendidikan, hubungan internasional, komunikasi, psikologi, lingkungan, bahkan kesehatan. Tak heran jika para lulusan dari jurusan ini memiliki skill untuk berpikir secara luas.

Selama 4 tahun berkuliah, kamu akan banyak menganalisis permasalahan yang terjadi di masyarakat. Kamu akan diajak meneliti, menganalisis, dan memahami masyarakat dari perspektif Sosiologi.

Ruang lingkup Sosiologi juga sangat luas, lho. Kamu akan membahas tentang apa itu keluarga, struktur dan fungsi sosial keluarga, hingga masalah dalam keluarga. Kamu juga akan dikenalkan dengan berbagai pola yang terbentuk dalam masyarakat seperti mobilitas sosial, gerakan sosial, hingga konflik sosial.

Beberapa mata kuliah seperti penelitian kuantitatif, demografi sosial, dan statistika pun menjadi mata kuliah yang memaksa kamu untuk kembali bertemu dengan angka, lho.

mata kuliah jurusan sosiologi

Tak hanya belajar di kelas, pengalaman kamu pun akan bertambah karena penelitian lapangan yang akan menjadi rutinitas belajar kamu. Penelitian ke daerah lain yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya akan lebih membuka pikiran kamu akan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Kamu pun akan bertemu lebih banyak orang dari berbagai latar belakang berbeda. Tentu menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga ‘kan?

 

Kemampuan yang akan Kamu Kuasai

Hampir seluruh mata kuliah di jurusan ini akan mempelajari teori-teori mengenai aspek kehidupan sosial. Permasalahan sosial merupakan isu yang seringkali kompleks dan membutuhkan cara berpikir yang kritis untuk memahaminya. Maka dari itu, cara berpikirmu setiap hari akan semakin terasah untuk berpikir sistematis dan kritis. Hal ini pun bisa menjadi bekal penting untuk kamu bisa sukses di masa depan.

 

Konsentrasi jurusan Sosiologi

Seperti yang sudah kamu ketahui, pembahasan pada jurusan Sosiologi sangatlah luas, maka di jurusan ini kamu juga bisa memilih beberapa konsentrasi. Apa saja? Sosiologi bisa dikerucutkan menjadi beberapa sub program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Perkotaan atau Pedesaan, Sosiologi Politik, Sosiologi Kriminalitas, Sosiologi Agama, hingga Sosiologi Gender.

Foto salah satu keluarga Kesempatan bertemu masyarakat dari latar belakang berbeda (Sumber: maximonivel.com)

Beberapa peminatan ini bisa kamu pilih sesuai dengan passion atau ketertarikan kamu dalam isu-isu terkait. Di beberapa kampus, kamu bisa memilih beberapa konsentrasi yang ingin dipelajari. Namun di beberapa kampus lainnya, kamu harus mempelajari semuanya untuk memenuhi bebas SKS yang harus diambil. Kalau kamu kira-kira mau memilih konsentrasi apa dari bidang ilmu Sosiologi?

 

Prospek Kerja jurusan Sosiologi

Ini dia pertimbangan utama yang biasanya dicari oleh calon mahasiswa. Setelah lulus dari jurusan Sosiologi, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos). Kamu bisa berkarier di bidang pemberdayaan sosial, sumber daya sosial, atau menjadi peneliti sosial, perencana sosial, hingga praktisi sosial.

Kamu dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintah, menjadi seorang peneliti, ilmuan, konsultan, hingga instansi swasta. Lulusan dari Sosiologi juga banyak yang terjun ke bidang akademis untuk menjadi pengajar, lho. Tentunya sangat menjanjikan!

prospek kerja jurusan sosiologi

Universitas dengan Jurusan Sosiologi Terbaik

Ada banyak kampus di Indonesia yang membuka program studi Sosiologi. Nah, berikut adalah daftar beberapa kampus dengan jurusan Sosiologi terbaik yang bisa kamu pilih:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Andalas
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Hasanuddin

Dengan masuk ke jurusan Sosiologi, kamu bisa menjadi lebih peka dan paham mengenai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Selain itu, wawasan kamu pun menjadi lebih terbuka karena berbagai pengalaman baru yang menanti kamu selama duduk di bangku kuliah. Semakin tertarik? Yuk, bantu persiapan kamu untuk bisa masuk ke jurusan impian bersama video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Info Kuliah Sosiologi dan Prospek Kerja Lulusannya [daring]. Tautan: https://www.idp.com/indonesia/blog/kuliah-jurusan-sosiologi/ (Diakses: 19 Januari 2022)

Perkuliahan Departemen Sosiologi [daring]. Tautan: http://sosiologi.fisip.unair.ac.id/lectures/(Diakses: 19 Januari 2022)

Jurusan Sosiologi [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-sosiologi/(Diakses: 19 Januari 2022)

Tertarik Kuliah Jurusan Sosiologi? 7 Prospek Kerja Ini Terbuka Lebar [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/03/090000671/tertarik-kuliah-jurusan-sosiologi-7-prospek-kerja-ini-terbuka-lebar?page=all(Diakses: 19 Januari 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D