Jurusan Tata Boga: Belajar Jadi Chef Handal di Dunia Kuliner

Jurusan Tata Boga

Berikut ini informasi jurusan Tata Boga lengkap, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, dan gaji terbarunya.

Bener nggak sih jurusan Tata Boga hanya buat yang suka masak dan ingin jadi koki? Memang, saat masuk ke jurusan ini kamu akan dituntut untuk bisa memasak makanan yang super lezat. Tapi sebenarnya bagaimana sih kuliah di jurusan Tata Boga itu? Keep scrolling, ya, gaes!

 

Mengenal Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga mempelajari ilmu pengetahuan soal seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, dan cara menghidangkan makanan. Maka dari itu, mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang tekstur makanan, mutu, dan kandungan gizi makanan. Bahkan, mahasiswanya juga akan diajarkan perencanaan dan pengelolaan usaha kuliner.

Baca Juga: Yuk, Lihat Daftar 30 Jurusan SMK Paling Diminati dan Menjanjikan di Masa Depan

 

Dunia Perkuliahan di Jurusan Tata Boga

"Kuliah di jurusan Tata Boga tuh bakalan masak setiap hari?"

Hm.. bisa dibilang iya. Kamu akan banyak praktik memasak dan akan dinilai seperti apa rasa masakan kamu. Tapi…. Kamu juga akan diajarkan banyak teori terkait memasak dan makanan sebagai bekal kamu saat masuk ke dunia kerja. 

Pertama, kamu bakal dilatih menyajikan hidangan yang memenuhi empat aspek, yaitu kebutuhan nutrisi, kecantikan penampilan, cita rasa, serta kualitas.

Nggak hanya itu, lho. Kedua, kamu akan mendalami berbagai pengolahan hidangan, termasuk minuman dari berbagai tempat, mulai dari Indonesia, oriental food, western food, dan lain-lain.

"Lalu, apa aja sih yang dipelajari selain memasak?"

Selain memasak, ada aspek penting lainnya yang harus kamu pelajari di jurusan Tata Boga. Aspek-aspek itu terkait gizi, sanitasi dan higienitas, dan pelayanan. 

Oh iya.. Jika kamu laki-laki, kamu nggak perlu ragu untuk memilih jurusan ini juga, apalagi kalau ada minat dan bakat dalam memasak. Jurusan ini tidak ada hubungannya dengan gender. Tidak sedikit laki-laki yang tertarik menekuni dunia kuliner sebagai profesi utama, seperti Chef Juna, Chef Arnold, dan lain-lain.

Alasan memilih Jurusan Tata Boga

 

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

Masuk ke jurusan ini, ternyata akan belajar rumpun pelajaran IPA dan IPS, gaes. Khususnya sih Kimia, untuk membantu kamu dalam memahami gizi dalam makanan.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari Sosiologi yang berkaitan dengan fenomena sosial. Hal ini karena kepekaan kamu tentang apa yang sedang terjadi di sekitar sangat penting untuk mendukung kerja kamu sebagai juru masak. Contohnya, peka terhadap tren makanan dan memahami sebab akibatnya. Hihi

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

 

Kampus dengan Jurusan Tata Boga

Berikut ini beberapa kampus untuk kamu yang ingin lanjut ke jurusan Tata Boga di Indonesia.

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta
  2. Universitas Negeri Malang (UNM), Malang
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  4. Universita Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta
  5. Tristar Culinary Institute, Surabaya
  6. The Sages Institute International, Surabaya
  7. Indonesia Patisserie School, Jakarta
  8. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua, Yogyakarta

Saat lulus dari sekolah kuliner, kamu juga akan mendapatkan gelar seperti kuliah di jurusan-jurusan lainnya. Kamu akan memperoleh gelar sebagai Sarjana Pendidikan (S.Pd) karena jurusan ini biasanya memang jurusan Pendidikan Tata Boga.

"Aku mau belajar culinary di luar negeri! Kampus yang ok di mana, ya?"

Yup, kamu juga bisa sekolah kuliner di luar negeri seperti Prancis, US, hingga Jepang. Berikut ini beberapa kampus yang bisa kamu pilih.

  1. Auguste Escoffier School
  2. Culinary Institute of America
  3. Hattori College, Jepang
  4. Kendall College School of Culinary Arts, Amerika Serikat
  5. Le Cordon Bleu

Baca Juga: Ini 15 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

 

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Tata Boga

Selain jadi chef profesional, bisa jadi apa saja sih setelah lulus dari jurusan Tata Boga? Berikut ini di antaranya.

  • Celebrity Chef
  • Baker
  • Barista
  • Bartender
  • Food service managers
  • Head Cook
  • Wirausahawan kuliner
  • Content creator

Lalu, bagaimana soal gaji yang akan diperoleh? Jangan khawatir, lantaran industri kuliner akan terus berkembang. Saat ini saja, kamu sudah bisa memperoleh gaji mulai dari Rp3 juta per bulan. Bahkan jika kamu adalah profesional chef di sebuah restoran, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp7 juta per bulan. Gaji kamu bisa terus bertambah jika kamu memiliki pengetahuan, skill, dan pengalaman yang banyak sebagai koki.

--

Kebayang banget kan serunya kuliah di jurusan Tata Boga? Apalagi, kalau kamu memang suka dengan dunia kuliner. Hobi jadi pekerjaan bakal sangat menyenangkan! Hihihi. Yuk gali potensi diri dan belajar terus di ruangbelajar agar memudahkan kamu masuk ke jurusan dan kampus cita-citamu. Semangat!

ruangbelajar

Referensi:

Berapa besar gaji yang diperoleh Chef di Indonesia? [Daring]. Tautan: https://id.indeed.com/career/chef/salaries (Diakses pada 12 Agustus 2022)

8 Kampus Terbaik Kuliah Tata Boga untuk Jadi Koki Handal [daring]. Tautan: https://pintek.id/blog/kuliah-tata-boga/ (Diakses pada 12 Agustus 2022.)

Jurusan Tata Boga [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-tata-boga/ (Diakses pada 12 Agustus 2022.)

Profile

Dinda Silviana Dewi