30 Jurusan SMK Paling Diminati dan Menjanjikan Di Masa Depan

Jurusan SMK

Lulus sekolah menengah langsung kerja dengan memilih salah satu dari 30 jurusan SMK paling diminati dan menjanjikan di bawah ini. Ada apa saja? Yuk, simak!

Mau lulus sekolah menengah terus langsung kerja? Bisa! Kamu bisa memilih untuk melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Siswa SMK memang dipersiapkan untuk menjalani pendidikan yang berfokus pada praktik kerja nyata, sehingga setelah lulus pun kamu sudah siap terserap sebagai tenaga kerja. Bahkan, lulusan SMK juga nggak kalah sama lulusan Diploma atau Sarjana, lho. Yuk, lihat jurusan SMK paling diminati dan memiliki prospek karier yang menjanjikan di masa depan berikut ini. Psst, gajinya juga lumayan banget!

 

1. Administrasi Perkantoran

Seperti namanya, kamu akan belajar seputar administrasi di lingkungan perkantoran. Kamu akan dibekali ilmu tentang penataan surat menyurat, pengetikan dokumen, hingga pengelolaan arsip-arsip penting di kantor. Jurusan ini cocok banget untuk kamu yang teliti dan detail. Prospek kariernya pun sangat luas, kamu bisa bekerja sebagai sekretaris, petugas administrasi, kearsipan, resepsionis, dan masih banyak lagi.

 

2. Akuntansi

Jurusan SMK yang paling banyak dicari pastinya adalah jurusan Akuntansi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai bentuk transaksi keuangan, mulai dari mencatat, mengelola, mengelompokkan dan menyajikan data. Lulusan dari jurusan Akuntansi di SMK juga bisa bersaing dengan lulusan Akuntansi dari perguruan tinggi, lho. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan besar sebagai staff bidang akuntansi, perbankan, internal auditor dan sebagainya.

 

3. Analis Kimia

Analis Kimia adalah salah satu jurusan di SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Jurusan ini mempelajari banyak hal seputar ilmu kimia, baik itu kimia murni hingga terapan. Kamu akan belajar banyak seputar laboratorium kimia, alat industri kimia, operasi teknik kimia, dan sebagainya. Setelah lulus, prospek kerjanya pun beragam mulai dari staff laboratorium, analis mikrobiologi, research and development, hingga quality control di berbagai perusahaan pemerintah atau perusahaan farmasi.

 

4. Animasi

FYI, animasi menjadi salah satu industri yang perkembangannya paling pesat saat ini, lho. Tak heran, sebab animasi adalah produk global yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Animasi juga semakin banyak digunakan sebagai alat marketing yang menjanjikan karena menarik dan mudah dicerna oleh masyarakat. Bahkan, presiden Joko Widodo juga mencanangkan untuk membuat jurusan SMK Animasi spesialis Meme. Kamu tertarik?

animasiAnimasi (Sumber: unsplash.com)

 

5. Bisnis dan Pemasaran

Jika kamu mencari jurusan SMK yang mudah mendapat pekerjaan, maka Bisnis dan Pemasaran bisa jadi salah satunya Kenapa? Karena semua jenis usaha pasti membutuhkan ilmu bisnis dan pemasaran untuk mengembangkan bisnisnya. Nah di jurusan ini, kamu akan dibekali dengan keterampilan mengelola bisnis online, marketing, penataan produk, inovasi produk, perencanaan bisnis, administrasi transaksi, dan perdagangan ritel. Luasnya bidang ilmu bisnis dan pemasaran yang kamu dapatkan akan membuat kamu mudah untuk bekerja di berbagai industri.

 

6. Broadcasting

Suka berbicara di depan umum dan punya percaya diri yang tinggi? Tandanya, jurusan SMK Broadcasting cocok banget nih, untuk kamu! Apalagi industri siaran radio dan TV juga terus berkembang dengan pesat. Nggak hanya TV dan radio, kamu juga bisa jadi staff dari para Youtuber terkenal, lho.

 

7. Desain Grafis / Multimedia

Di zaman yang serba digital ini, keterampilan  desain grafis dan multimedia sangat diperlukan. Kamu akan diajarkan cara membuat teks, gambar video, hingga animasi dengan berbagai software design. Jurusan SMK Multimedia ini cocok untuk kamu yang berjiwa kreatif dan memiliki bakat di bidang seni. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai desainer grafis, videographer, animator, atau video editor di perusahaan besar bidang produksi film, game, startup, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Mana yang Kamu Banget?

 

8. Farmasi

Jurusan SMK Farmasi mempelajari ilmu tentang obat-obatan. Keahlian ini sesuai untuk kamu yang ingin mengembangkan diri atau berkarier di bidang kesehatan atau kosmetik. Kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar farmasi seperti pengetahuan tentang obat hingga penggunaannya, mempelajari teknik pembuatan sediaan obat, serta kemampuan untuk memberikan pelayanan farmasi. Setelah lulus, kamu pun bisa menjadi tenaga teknis di industri obat, kosmetik, dan menjadi asisten apoteker.

 

9. Keperawatan

Punya cita-cita jadi perawat di rumah sakit? Kamu bisa masuk ke jurusan SMK Keperawatan yang akan mengajarkan kamu cara memberikan pelayanan kesehatan pada pasien yang baik. Nantinya, kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar keperawatan seperti memahami dasar-dasar keperawatan, dibekali keterampilan dasar tindakan keperawatan, memahami ilmu kesehatan masyarakat, serta ilmu tentang penyakit dan penunjang medis lainnya. Jurusan ini akan mempersiapkan kamu untuk menjadi tenaga ahli pelaksana keperawatan di instansi pemerintah atau swasta.

keperawatanKeperawatan (Sumber: unsplash.com)

 

10. Kesehatan Gigi

Program keahlian Kesehatan Gigi mempelajari penanganan pertama pada berbagai masalah di dalam mulut. Kompetensi ini sesuai untuk kamu yang tertarik di bidang kesehatan, khususnya gigi. Kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar Kesehatan Gigi di antaranya memahami bahan-bahan kedokteran gigi, cara mengoperasikan alat kesehatan gigi dan kelengkapannya, melakukan asistensi tindakan gawat darurat, serta dilatih keterampilan mencegah dan mengendalikan penyakit. Lulusan dari keahlian ini dipersiapkan untuk menjadi asisten dokter gigi.

 

11. Pariwisata

Kamu hobi traveling? Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya dan sangat banyak yang bisa dieksplor. Jurusan Pariwisata di SMK bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi mendukung sektor pariwisata Indonesia dan menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang pariwisata. Kamu akan belajar kemampuan bahasa asing, pelayanan bagi para wisatawan, hingga informasi objek wisata. Kamu pun bisa berkarier sebagai tour guide, bekerja di industri perhotelan, hingga membuka bisnis travel agent atau biro perjalanan.

 

12. Pekerjaan Sosial

Punya jiwa sosial yang tinggi dan tergerak untuk memberikan pelayanan sosial pada masyarakat? Kamu bisa pilih jurusan SMK Pekerjaan Sosial. Kompetensi keahlian di jurusan ini akan membimbing kamu untuk mengerti cara menangani masalah sosial. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai pekerja sosial anak dan pekerja sosial keluarga.

 

13. Pelayaran

Pelayaran menjadi salah satu jurusan SMK yang paling diminati. Jurusan ini akan mengajarkan kamu tentang teknik perkapalan, mulai dari mesin-mesin kapal, prosedur keselamatan pelayaran, hingga navigasi pelayaran. Prospek kerjanya nggak perlu diragukan lagi, sebab negara kita hampir 70 persennya adalah perairan. Indonesia juga membutuhkan sedikitnya sekitar 69 ribu tenaga pelayaran handal untuk pembangunan maritim dan kamu bisa menjadi salah satunya!

 

14. Perbankan dan Keuangan Syariah

Bisnis dan bank berbasis syariah kini semakin berkembang dan diminati masyarakat, lho. Bahkan, pengguna jasa keuangan syariah terus meningkat setiap tahunnya. Ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu di masa mendatang. Dengan masuk ke Jurusan SMK Perbankan dan Keuangan Syariah, kamu akan diajarkan dasar-dasar ekonomi syariah, ekonomi mikro dan makro syariah, serta lembaga keuangan syariah.

Baca juga: 30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, Pilih yang Mana?

 

15. Perhotelan

Untuk mengelola sebuah hotel itu nggak mudah, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal agar seluruh tamu mendapatkan pelayanan yang terbaik. Nah, kebutuhan tenaga kerja di hotel ini banyak didapatkan dari lulusan SMK Perhotelan. Kamu akan diajarkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di hotel seperti servis makanan dan minuman, pekerjaan laundry, front office, housekeeping, dan lainnya. Kamu juga diharuskan untuk menguasai bahasa asing yang akan mendukung pekerjaanmu kelak.

 

16. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara pengembangan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. RPL juga berkaitan dengan pembuatan website, aplikasi, game, dan semua hal yang berkaitan dengan pemrograman. Tiap harinya, kamu akan belajar tiga hal yaitu coding, desain, dan algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak.

 

17. Tata Boga

Suka masak atau suka nonton tutorial masak? Ini saatnya kamu membuktikan keahlian memasakmu di jurusan Tata Boga. Tak hanya dilatih untuk memasak berbagai macam resep, tapi kamu juga akan belajar tentang ilmu gizi, tata hidang, hygiene dan keselamatan kerja, hingga kewirausahaan di bidang makanan. Peluang kerjanya pun sangat luas, lho. Kamu bisa bekerja di bidang industri kuliner mulai dari hotel, restaurant, cafe, atau bahkan membuat tempat usaha kamu sendiri.

 

18. Tata Busana atau Fashion Design

Jangan hanya post foto OOTD kamu di media sosial, jadikan hobi mix and match pakaian kamu sebagai profesi yang menjanjikan. Jurusan Tata Busana akan mengasah kreativitas kamu dalam mendesain pakaian yang unik dan menjualnya hingga laris di pasaran. Kamu akan diajarkan cara membuat pola, teknik menjahit, bahan-bahan tekstil, dan sebagainya. Masa depan dari jurusan ini pun cukup cerah, guys. Kamu bisa berkarier sebagai fashion stylist, desainer pakaian, desainer kostum untuk teater atau film, fashion blogger, atau wirausaha.

Fashion DesignerFashion Designer (Sumber: unsplash.com)

 

19. Tata Rias dan Kecantikan

Jika kamu sedang mencari jurusan SMK yang cocok untuk wanita dengan prospek kerja yang menjanjikan, jurusan Tata Rias dan Kecantikan bisa kamu pertimbangkan. Bakat make up dan menata rambut yang kamu miliki bisa kamu kembangkan di jurusan ini. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan seputar kecantikan kulit, rambut, dan pembekalan agar kamu siap menjadi wirausaha. Keahlian kamu setelah lulus akan sangat dibutuhkan di klinik kecantikan, salon kecantikan, atau tempat perawatan lainnya. Kamu juga bisa membangun karier sebagai make up artist, lho!

 

20. Teknik Bisnis Sepeda Motor

Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di dunia untuk sepeda motor. Nah, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah keahlian yang akan membantu kamu untuk lebih terampil dalam jasa pelayanan mekanik kendaraan sepeda motor. Kamu akan diajarkan tentang mesin motor, perbaikan motor, hingga pemeliharaan sepeda motor. Setelah lulus, kamu pun bisa mencoba untuk menjadi teknisi atau mekanik motor, teknisi perakitan atau produksi di industri motor, hingga membuka bengkel motor sendiri. Menarik, ya?

 

21. Teknik Elektronika Industri

Jurusan Teknik Elektronika Industri akan mempersiapkan tenaga terampil dan kompeten di bidang kontrol elektronika analog dan digital, teknik mikroprosesor dan mikrokontroler, teknik interfacing komputer dan programmer, system sensor, hydraulic, kelistrikan, sistem robotic industri, hingga sistem keamanan dan keselamatan kerja. Sebagai lulusan TEI, kamu pun bisa bekerja di perusahaan elektronik ternama atau BUMN.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa Ini Bisa Dipilih

 

22. Teknik Furnitur

Program keahlian Teknik Furnitur adalah program yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berjiwa wirausaha di bidang furnitur. Kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar seputar material kayu seperti jati, mahoni, kamper, sonokeling, dan kayu industri. Selain itu, kamu juga akan dilatih untuk mendesain berbagai jenis furnitur mulai dari desain furnitur etnik, minimalis, klasik, hingga pintu dan kusen.

 

23. Teknik Gambar Bangunan

Mau jadi arsitek handal yang menciptakan berbagai bangunan ikonik? Jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) akan mengajarkan kamu mengenai berbagai jenis material bangunan, menggambar bangunan, mekanika teknik, cara pemasangan bangunan, hingga menghitung anggaran biaya bangunan. Setelah lulus kamu bisa melanjutkan studi di jurusan Arsitektur atau Teknik Sipil. Tapi, kamu juga bisa langsung bekerja sebagai pengendali proyek, kontraktor, quality control bangunan, hingga mendesain bangunan.

 

24. Teknik Kendaraan Ringan

Program Teknik Kendaraan Ringan mempersiapkan kamu untuk mampu dan terampil bekerja di bidang otomotif sehingga mampu mengisi kebutuhan pasar industri otomotif, baik sebagai mekanik, operator industri, hingga pengusaha bengkel. Kalau kamu memiliki ketertarikan di bidang otomotif, bisa banget nih, memilih jurusan yang satu ini!

 

25. Teknik Komputer Jaringan

Program keahlian Teknik Komputer Jaringan atau TKJ mempersiapkan kamu untuk menjadi tenaga ahli di bidang jaringan dan perakitan komputer. Setelah lulus, kamu bisa langsung bekerja sebagai teknisi komputer, IT Support, administrasi server, instalasi router, web programming, dan sebagainya. Saat ini, lulusan TKJ sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, lho.

 

26. Teknik Konstruksi Batu dan Beton

Lulusan dari program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton memiliki prospek karier yang sangat baik di masa kini, maupun di masa yang akan datang. Laju pertumbuhan di bidang properti seperti perumahan, perkantoran, apartemen, mall, hingga pembangunan infrastruktur publik, tentu membutuhkan tenaga ahli dengan kemampuan konstruksi yang handal. Kamu pun bisa bekerja sebagai tenaga konstruksi bangunan, tenaga ahli gambar arsitektur, hingga berkesempatan untuk bekerja di luar negeri, lho.

Teknik Konstruksi Batu dan BetonTeknik Konstruksi Bangunan (Sumber: unsplash.com)

 

27. Manajemen Logistik

Indonesia masih sangat kekurangan SDM di bidang logistik, padahal ruang lingkup pekerjaan logistik sangat luas, guys. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar penanganan transportasi, administrasi pergudangan, manajemen distribusi dan delivery, freight forwarding hingga kewirausahaan. Keahlian kamu akan sangat dibutuhkan sebagai manager supply chain, analis logistik, serta konsultan bea cukai.

 

28. Teknik Otomotif

Tidak hanya bisa bekerja sebagai mekanik otomotif, lulusan Teknik Otomotif juga bisa mendesain body ataupun mesin kendaraan sendiri, lho. Bahkan, kamu juga bisa merepresentasikan prototype kendaraan buatan kamu pada produsen kendaraan bermotor ternama yang membutuhkan tenaga ahli mekanik otomotif. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai operator alat berat dan profesi lainnya di bidang otomotif dengan gaji yang fantastis.

 

29. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Industri pertanian di Indonesia nggak pernah sepi. Dengan masuk ke jurusan ini, prospek kerja kamu di masa depan akan diarahkan untuk menjadi wirausaha atau tenaga ahli yang bisa mengembangkan bidang usaha berbasis industri pertanian. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti dan ahli produksi pangan serta analis kontrol kualitas hasil pertanian.

 

30. Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan primer yang sangat penting keberadaannya. Semua tempat, baik itu perumahan, hingga perusahaan, pasti membutuhkan listrik untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, tenaga ahli dalam bidang kelistrikan terus dibutuhkan di berbagai perusahaan. Di jurusan ini, kamu akan belajar perencanaan pemasangan instalasi penerangan, pemasangan dan pengoperasian pengendali motor listrik, merawat dan memperbaiki alat listrik rumah tangga, hingga rewinding atau menggulung ulang motor listrik.

--

Ada nggak jurusan SMK yang kamu incar dari daftar di atas? Pilih yang paling sesuai dengan minat dan bakat kamu, ya! Setelah lulus SMK, kamu bisa langsung bekerja ataupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk memperdalam ilmu yang kamu punya. Jadi, yuk, terus persiapkan dirimu untuk masuk ke jurusan impian bareng ruangbelajar!

New call-to-action

Referensi:

SMK Kesehatan Gigi [daring]. Tautan: http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4508/smk-kesehatan-gigi (Diakses: 25 Juli 2022)
SMK Farmasi [daring]. Tautan: http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4510/smk-farmasi(Diakses: 25 Juli 2022)
SMK Keperawatan [daring]. Tautan: http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4509/smk-keperawatan(Diakses: 25 Juli 2022)
SMK Pekerjaan Sosial [daring]. Tautan: http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4506/smk-pekerjaan-sosial(Diakses: 25 Juli 2022)
Program Keahlian SMKN 4 Jakarta [daring]. Tautan: https://www.smkn4jkt.sch.id/program-keahlian/ (Diakses: 25 Juli 2022)
Program Keahlian SMKN 9 Tangerang [daring]. Tautan: http://www.smkn9-kabtangerang.sch.id/read/15/paket-keahlian(Diakses: 25 Juli 2022)
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) [daring]. Tautan: https://www.smkn21jakarta.sch.id/rekayasa-perangkat-lunak-rpl/(Diakses: 25 Juli 2022)
Manajemen Logistik [daring]. Tautan: https://www.gamelab.id/news/360-mengenal-smk-jurusan-manajemen-logistik-dan-peluang-kerjanya(Diakses: 25 Juli 2022)
Jurusan SMK yang bagus untuk wanita [daring]. Tautan: https://mamikos.com/info/jurusan-smk-yang-bagus-untuk-wanita-dan-prospek-kerjanya-pljr/(Diakses: 25 Juli 2022)
12 Jurusan SMK paling diminati [daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/akademik/12-jurusan-smk-yang-paling-diminati-dan-dijamin-berprospek-cerah-di-masa-depan(Diakses: 25 Juli 2022)

 

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)