Kuliah di 4 Universitas Ternama dengan Beasiswa Penuh dari Pemerintah Brunei Darussalam

Sofia Nur Fauziah Jan 28, 2021 • 4 min read



header beasiswa brunei darussalam 2021Mau kuliah di universitas ternama Brunei Darussalam? Yuk daftar Brunei Darussalam Government Scholarship.

--

Sebagai salah satu negara yang terdekat dengan Indonesia, Brunei Darussalam seringkali menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Negara yang terkenal dengan tambang minyaknya ini juga memiliki keindahan alam dan budaya yang sangat menarik. 

Wajar saja, saat ini pelajar Indonesia banyak yang tertarik untuk kuliah di Brunei Darussalam. Eh tapi, kuliah disana biayanya mahal nggak sih? Tenang saja, kali ini kamu tidak perlu memikirkan biaya karena ada Brunei Darussalam Government Scholarship (BDGS).

Beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Brunei Darussalam ini dibuka untuk peserta yang ingin mengambil program Diploma, S1, dan S2. So, buat kamu yang sekarang sedang duduk di bangku kelas 12 bisa banget untuk ikut mendaftar beasiswa ini. Lalu, bagaimana cara mendaftarnya? Simak penjelasan detailnya di bawah ini ya.

Cakupan Beasiswa :

  1. Pembebasan biaya kuliah termasuk penerimaan, ujian, pendaftaran, dan biaya orientasi selama program berjalan.
  2. Tiket pesawat kelas ekonomi pergi-pulang ke Brunei Darussalam dan negara asal penerima beasiswa.
  3. Tunjangan bulanan sebesar BND$500.00 (Rp 5.330.641).
  4. Tunjangan makan sebesar BND$150.00 (Rp 1.599.192).
  5. Tunjangan buku tahunan BND$600.00 (Rp 6.397.223).
  6. Akomodasi.
  7. Tunjangan bagasi untuk pengiriman barang pribadi ke negara asal/domisili penerima beasiswa setelah menyelesaikan program, dengan jumlah maksimum : BND$250.00 (Rp 2.665.320) untuk negara di kawasan ASEAN, atau BND$500.00 (Rp 5.330.641) untuk negara di luar kawasan ASEAN.
  8. Perlindungan asuransi komprehensif untuk seluruh durasi beasiswa. Penerima beasiswa dihimbau untuk memperoleh asuransi tambahan sebelum melakukan perjalanan ke Brunei Darussalam dan selama masa beasiswa dengan biaya sendiri.

Persyaratan Peserta Beasiswa :

  1. Beasiswa dibuka untuk warga negara ASEAN, persemakmuran, dan anggota OIC.
  2. Peserta harus berusia 18 - 25 tahun untuk program Diploma dan Sarjana.
  3. Beasiswa tidak diberikan kepada Warga Negara Brunei Darussalam.

Penerima Beasiswa Diwajibkan untuk :

  1. Mematuhi semua peraturan terkait beasiswa ini
  2. Mematuhi peraturan Universitas/Politekniknya
  3. Menghormati adat istiadat, budaya dan agama resmi Brunei Darussalam
  4. Mematuhi semua hukum dan peraturan Brunei Darussalam
  5. Menahan diri untuk tidak terlibat dalam aktivitas politik
  6. Menjalani pemeriksaan kesehatan di Brunei Darussalam jika dianggap perlu oleh Kementerian Luar Negeri

Daftar Universitas di Brunei Darussalam yang menawarkan beasiswa :

  1. Universiti Brunei Darussalam.
  2. Universiti Islam Sultan Sharif.
  3. Universiti Teknologi Brunei.
  4. Politeknik Brunei.

mahasiswa universiti brunei darusalamMahasiswa Universiti Brunei Darussalam (Sumber : https://ubd.edu.bn)

Pendaftaran BDGS akan ditutup pada 15 Februari 2021. Apabila kamu ingin mendaftar beasiswa ini, jangan lupa untuk mengunduh formulir pendaftaran disini APPLICATION FORM 2021/2022

Setelah diisi, formulir pendaftaran beasiswa harus disahkan oleh Kementerian Luar Negeri atau National Focal Point negara peserta. Oleh sebab itu, lebih baik kamu tidak usah menunda lagi ya untuk melengkapi formulir pendaftarannya. Daripada nanti sudah mendekati deadline, eh malah harus buru-buru

Oh iya, informasi selengkapnya mengenai BDGS dapat kamu baca di website resminya http://www.mfa.gov.bn/Pages/bdgs2021.aspx.

Informasi Kontak :

Telepon: +673 2261177 ext. 310 / 155

Fax: + 673 2261250

E-mail: scholarship@mfa.gov.bn

Brunei Darussalam Government Scholarship adalah beasiswa penuh yang mencangkup biaya hidup dan kuliah.  Letaknya yang dekat dengan Indonesia tentu membuat persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat tinggi. Ditambah lagi, universitas yang terdaftar termasuk favorit di Brunei Darussalam. 

Oleh sebab itu, kamu harus memiliki prestasi akademik yang baik untuk bersaing mendapatkan beasiswa ini. Pas banget nih, kamu bisa memantapkan lagi pemahaman terhadap materi pelajaran menggunakan konsep kilat dari ruangbelajar

New call-to-action

Beri Komentar