Nggak Lolos SNBP? Yuk, Lakukan 5 Langkah Jitu Ini!

pengumuman SNBP

Nggak lolos SNBP? Jangan putus asa dulu, kamu masih bisa menerapkan lima langkah jitu di bawah ini. Apa saja? Yuk, simak baik-baik ya

 

“ANDA DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI SNBP 2024”

 

Gimana perasaan kamu saat mendapatkan hasil pengumuman seperti itu? Pasti sedih, kecewa, atau marah.

Pengumuman kelulusan SNBP 2024 sudah resmi diumumkan hari ini. Menurut Ketua SNPMB BPPP pada press conference pagi ini, dari pendaftar 702.312 siswa di SNBP 2024, yang berhasil diterima hanya 156.029 siswa saja. Wow, ketat banget ya persaingannya!

Selamat untuk kamu yang telah dinyatakan lulus SNBP dan diterima di PTN impian! Buat kamu yang belom berhasil lulus, jangan sedih, galau, atau berkecil hati ya. Nggak lolos SNBP, bukan berarti kesempatanmu habis sampai di sini.

Tetaplah semangat dan lakukan cara ini untuk kembali mempersiapkan dirimu masuk ke PTN impian.

 

1. Persiapkan diri untuk menghadapi UTBK-SNBT

“Gagal itu biasa. bangkit lagi itu baru luar biasa. Waktunya #BalasdiSNBT!”

Tenangkan dirimu dan ingat kembali apa tujuanmu sebenarnya. Pastinya masuk ke jurusan atau PTN impian ‘kan? Setelah SNBP masih ada jalur lain yang akan kamu hadapi yaitu jalur SNBT. Bedanya dengan SNBP, di jalur ini kamu harus mengikuti tes UTBK. Jadi yang akan menentukan kelulusan kamu adalah hasil tes yang kamu kerjakan saat UTBK nanti.

“SNBP itu seperti babak bonus. Aku nggak merasa itu sesuatu yang emang di-plan dari awal,” ungkap kak Iko, salah seorang yang pernah gagal SNBP, namun akhirnya berhasil masuk PTN impian melalui jalur SNBT.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mencari tahu informasi penting secara menyeluruh tentang UTBK SNBT. Kemudian, persiapkan dirimu dengan lebih matang lagi. Kamu juga nggak perlu repot datang ke tempat bimbel hingga malam hari. Kamu bisa belajar materi pelajaran, mendapatkan pelatihan kesiapan mental, dan puluhan ribu latihan soal UTBK dengan mengikuti paket persiapan UTBK dari Ruangguru.

Berikut adalah paket yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Program Intensif Paket SNBT Master

program intensif snbt master ruangguru

 

Baca Juga: Bahasa Panda: Contoh Soal dan Pembahasannya untuk Persiapan UTBK SBMPTN

Ingat juga apa goal kamu sebenarnya. Fokuskan diri untuk mencapainya dan lakukan semua usaha dengan maksimal.

“Aku emang udah nyiapin amunisi dari awal kelas 3 dengan ikut bimbel. Jadi waktu tahu nggak lulus SNBP, yaudah life goes on. Aku lanjut siapin diri untuk menghadapi SNBT. Karena aku memang sudah niat dan kepingin masuk PTN, jadinya aku belajar SNBT dengan semakin giat dan serius setelah nggak diterima SNBT. Aku mikir, jadi satu-satunya kesempatan adalah SNBT,” ungkap kak Iko.

 

2. Ikutan try out 

Selain belajar setiap hari, penting untuk kamu mengikuti try out simulasi SNBT. Ingat, sainganmu di UTBK SNBT atau Ujian Mandiri tidaklah sedikit. Dengan mengikuti try out, kamu bisa memiliki gambaran di mana posisimu di antara peserta lainnya, sekaligus menjadi sarana latihan sebelum kamu mengikuti tes yang sebenarnya.

Baca Juga: Yuk, Ikutan Tryout UTBK-SNBT Series 2024 Ruangguru!

“Persiapan aku waktu itu selain bimbel sampai malam, aku juga ikutan try out di hari minggu. Pokoknya seberat dan sesulit itu perjuangan waktu itu. Di rumah aku juga belajar lagi sendiri. Apalagi setelah UN selesai, itu aku belajar dari pagi sampai sore. Terus setelah itu aku juga belajar sendiri, cari guru les lagi, ambil tambahan matematika lagi. Intinya sampai aku yakin kalo aku sudah benar-benar siap untuk SNBT,” ucap kak Iko mengenang perjuangannya menghadapi SNBT.

Sekarang kamu nggak perlu susah lagi mencari try out. Kamu bisa mengikuti try out online gratis untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK SNBT di ruanguji.

 

3. Ikut Seleksi Mandiri PTN

Ujian Mandiri

Ikut Ujian Mandiri di PTN pilihanmu (Sumber: irishtimes.com)

 

Jika kamu belum berhasil juga melalui jalur SNBP dan SNBT, masih ada Seleksi Mandiri yang bisa kamu ikuti. Namun, kamu harus cari tahu dulu, apakah PTN yang kamu tuju membuka jalur mandiri atau tidak.

Proses seleksi Seleksi Mandiri di tiap kampus juga berbeda-beda. Ada yang mengharuskan kamu mengikuti tes lagi atau ada yang menyeleksi berdasarkan nilai UTBK SNBT. Sebaiknya kamu mencari informasi dulu mengenai jadwal Seleksi Mandiri dan mekanisme yang diberlakukan agar tidak ada yang salah atau terlewatkan.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Lolos Ujian Mandiri PTN Setelah UTBK

 

4. Coba Perguruan Tinggi Swasta

Sudah ikut SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri masuk PTN, tetapi kamu masih belum diterima juga di PTN impian. Padahal kamu sudah berusaha dengan maksimal, namun ternyata hasil yang didapatkan mengecewakan.

Well, mungkin memang belum rezeki atau takdir kamu masuk di PTN yang diinginkan. Tidak ada salahnya kamu coba mencari tahu PTS terbaik. PTS juga nggak kalah dengan PTN kok. Bahkan, ada juga jurusan-jurusan tertentu yang ternyata lebih baik dari PTN.

Lulus SNMPTN

Coba daftar perguruan tinggi swasta (Sumber: eduvelocity.in)

 

“Waktu itu gue memang mindset-nya ingin bisnis. Jadi gue pun nggak ‘matok’ harus PTN, gue memilih jurusan yang bisa memberikan ilmu untuk bisnis setelah gue lulus nanti. Waktu nggak lulus SNBP gue sih nggak terlalu sedih, karena gue udah milih PTS dengan jurusan yang bagus untuk dukung impian gue,” ungkap kak Fidi, lulusan salah satu PTS terbaik di Jakarta.

 

5. Daftar Sekolah Kedinasan

Selain PTN dan PTS, kamu juga bisa mendaftar ke sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, lho! Sekolah Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan yang menawarkan ikatan dinas bagi para lulusannya. Artinya, setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, kamu bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sekolah Kedinasan cukup diminati karena menjanjikan masa depan cerah bagi para lulusannya. Tak heran, bila banyak yang menilai tes untuk masuk Sekolah Kedinasan pun lebih sulit dibanding PTN. Mau tahu sekolah kedinasan apa saja yang ada di Indonesia? Klik di bawah ini ya.

Baca Juga: 14 Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan!

Hal yang terpenting adalah ketahui tujuan kamu dengan jelas. Manfaatkan kekecewaan dan kesedihanmu karena nggak lulus SNBP menjadi semangat baru untuk menghadapi peluang lainnya, yaitu SNBT, Seleksi Mandiri, dan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk minta dukungan dan doa orang tua ya.

Ingat! Bukan hanya belajar dengan lebih keras, tetapi belajarlah dengan lebih pintar. Buat perjuanganmu untuk masuk ke PTN impian menjadi lebih mudah bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D