Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Manusia | Biologi Kelas 10

Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Manusia

Pada artikel Biologi kelas 10 kali ini, kita akan mempelajari tentang apa saja manfaat Biologi di berbagai bidang kehidupan manusia. Yuk, simak!

 

Pada dasarnya, dalam setiap ilmu yang kita pelajari, pasti ada manfaat yang dapat kita peroleh, lho. Termasuk ilmu Biologi ini.

Ternyata, ilmu Biologi punya banyak manfaat dalam berbagai bidang di kehidupan kita, mulai dari bidang pertanian, kedokteran, industri, bahkan sampai nuklir! Nah, berbagai macam peranan Biologi ini, semuanya akan kita bahas satu persatu pada artikel di bawah ini!

 

Bidang Pertanian

Seperti yang sudah kamu ketahui, Biologi sangat bermanfaat dalam bidang pertanian karena dapat digunakan untuk menghasilkan bibit unggul yang nantinya akan dibudidayakan dan diproduksi.

Selain itu, Biologi juga sangat membantu petani untuk meningkatkan hasil panen melalui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pemupukan, pengairan, cara mengelola tanaman dan lahan, dan lain sebagainya.   

Pendapat Stephen Rudgard terhadap Sektor Pertanian Indonesia

Pastinya, kemajuan ini juga didukung oleh ilmu Biologi yang diterapkan pada teknologi pertanian nih, guys. Keren ya?

 

Bidang Peternakan

Pada bidang peternakan, Biologi digunakan untuk memproduksi bibit unggul dengan hibridisasi untuk hewan ternak. Nah, hibridisasi sendiri adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperoleh organisme baru yang unggul dengan cara mengawinkan dua organisme berbeda varietas. Organisasi tersebut memiliki sifat-sifat yang unggul, lho

Selain pada hewan, hibridisasi juga dapat dilakukan pada tanaman. Contohnya yang paling umum ditemukan adalah hibridisasi antara lili sego dengan lili mariposa.

manfaat biologi dalam kehidupan

“Beefalo” yang merupakan hewan hasil hibridisasi antara Bison Amerika dengan Bos Taurus (Sumber: commons.wikimedia.org) 

 

Bidang Perikanan

Manfaat Biologi dalam bidang perikanan adalah untuk pelestarian sumber daya laut. Dalam hal ini, Ekologi digunakan untuk menemukan tempat pembudidayaan ikan yang tepat agar diperoleh kualitas hasil tangkapan ikan yang baik.

Kamu tahu nggak sih kalau sebagian besar protein hewani yang kita konsumsi itu bersumber dari ikan? Hayo, siapa nih yang masih nggak suka makan ikan?

 

Bidang Kedokteran

Pernahkah kamu mendengar kata transplantasi? Di bidang kedokteran, ilmu Biologi digunakan untuk proses transplantasi organ manusia, lho! Tujuannya adalah untuk mengganti organ yang rusak dengan organ yang masih berfungsi dengan baik.

Selain itu, proses bayi tabung juga contoh lain dari manfaat ilmu Biologi di bidang kedokteran, ya. Tentunya, hal ini akan sangat membantu bagi para ibu yang sulit untuk mendapatkan keturunan.

 

Bidang Kesehatan

Ilmu Biologi ternyata punya banyak sekali manfaat di bidang kesehatan. Contohnya yaitu ilmu Anatomi yang mempelajari tentang struktur tubuh kita, Fisiologi yang mempelajari tentang bentuk dan fungsi tubuh kita, Histologi yang mempelajari tentang jaringan tubuh kita, dan masih banyak lagi.

Semua itu akan membantu kita untuk memahami cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita, lho.

Baca JugaKenali 30 Cabang Ilmu Biologi di Dunia, Yuk!

 

Bidang Farmasi (Obat-obatan)

Bagaikan para jomblo yang membutuhkan pasangan hidup, kemajuan di bidang kedokteran juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan di bidang farmasi nih. Manfaat Biologi di bidang ini adalah untuk membantu proses pembuatan obat, vaksin, antibiotik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

manfaat biologi dalam kehidupan

 Suntikan, satu kata dengan sejuta kengerian (Sumber: suara.com)

 

Bidang Lingkungan

Di bidang ini, peranan Biologi sangat bermanfaat untuk memberi pemahaman kepada kita akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Gambar di bawah ini merupakan contoh dampak negatif dari pembuangan sampah anorganik yang mencemari lingkungan dan pastinya akan mempengaruhi habitat di sekitarnya.

manfaat biologi dalam kehidupan

Dampak pembuangan limbah plastik pada lingkungan (Sumber: lingkunganhidup.co)

 

Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka buang sampah sembarangan? Stop lakukan itu dan ayo, mulai cintai bumi kita dari sekarang!

 

Bidang Energi

Pemanfaatan Biologi dalam bidang ini adalah untuk mencari energi alternatif, seperti biogas dan biodiesel. Kamu tahu nggak apa bedanya biogas dan biodiesel?

Biogas dihasilkan dari kotoran ternak yang hasilnya berupa gas alami. Sedangkan biodiesel dihasilkan dari tanaman, seperti pohon jarak atau pohon singkong yang hasilnya berupa alkohol atau etanol.

Biogas dan biodiesel ini sedang banyak dikembangkan nih karena selain sebagai pengganti bahan bakar fosil, biogas dan biodiesel juga ramah akan lingkungan.

 

Bidang Bioteknologi

Manfaat Biologi dalam bidang bioteknologi adalah untuk membantu proses rekayasa genetika dan kultur jaringan. Pada rekayasa genetika, akan dilakukan proses modifikasi atau manipulasi gen untuk menghasilkan organisme baru yang lebih unggul dari organisme sebelumnya.

Sementara itu, pada kultur jaringan akan dilakukan pengisolasian (pemisahan) bagian dari suatu tanaman, bisa berupa sekelompok sel atau jaringan ke tempat yang bebas dari penyakit. Sehingga, bagian tanaman tersebut dapat tumbuh dan memperbanyak diri.

 

Bidang Industri

Pada bidang industri, ilmu Biologi banyak sekali digunakan terutama dalam bidang industri makanan dan obat. Pada industri makanan, Biologi digunakan dalam pemanfaatan bakteri baik untuk menghasilkan makanan fermentasi agar tubuh lebih mudah menyerap nutrisi, seperti roti, yoghurt, nata de coco, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pada industri obat, Biologi digunakan dalam pemanfaatan virus yang nantinya akan diolah menjadi vaksin dan antibiotik untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

manfaat biologi dalam kehidupan

 Nata de coco yang kenyal dan menyegarkan (Sumber: pepnews.com)

 

Baca Juga: Keanekaragaman Makhluk Hidup: Manfaat dan Upaya Pelestariannya

 

Bidang Nuklir

Ternyata, Biologi juga bermanfaat dalam bidang nuklir, lho. Eits! tenang dulu, ini bukan nuklir yang berbahaya kok karena nuklir yang dimaksud adalah radiasi nuklirnya.

Radiasi ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker lho yang dikenal dengan nama terapi radiasi (radioterapi). Selain itu, radiasi ini juga dapat digunakan untuk rontgen dan sterilisasi alat-alat keperluan operasi.

Ternyata, peran Biologi dalam kehidupan sehari-hari ini sangat banyak, ya. Kamu ingin jadi salah satu ahli dari bidang-bidang yang sudah disebutkan di atas? Yuk, belajar yang semangat supaya cita-citamu tercapai!

Nah, kamu juga bisa tanya-tanya materi ini lebih lanjut lagi dengan tutor dan teman-teman di seluruh Indonesia, lho. Ayo buruan gabung di ruangguru Privat Biologi sekarang juga!

CTA ruangguru Privat

Referensi:

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas 10 Kurikulum 2013. Erlangga: Jakarta

Sumber Foto: 

Foto ‘Beefalo’ [daring], Tautan: https://commons.wikimedia.org/wiki/Category:Bison_bison_athabascae

Foto ‘Suntikan, satu kata dengan sejuta kengerian’ [daring], Tautan: https://www.suara.com/health/2020/10/21/071621/vaksin-covid-19-hampir-selesai-unicef-sediakan-520-juta-jarum-suntik?page=all

Foto ‘Dampak pembuangan limbah plastik pada lingkungan’ [daring], Tautan: https://lingkunganhidup.co/sampah-plastik-indonesia-dunia/

Foto ‘Nata de coco yang kenyal dan menyegarkan ‘ [daring], Tautan: https://pepnews.com/2018/01/23/16-trilyun-rupiah-per-tahun-dari-bisnis-nata-de-coco-untuk-indonesia

Foto ‘Flat Biotechnology Illustration’ [daring], Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/flat-biotechnology-illustration_12982812.htm

 

Artikel ini diperbarui pada 17 Juli 2023. 

Hani Ammariah