Apa Saja Peran Sinar - X di Berbagai Bidang Kehidupan? | Fisika Kelas 12

peran sinar x dalam kehidupan

Artikel Fisika kelas XII kali ini menjelaskan tentang peran sinar-X dalam berbagai bidang kehidupan.

--

Kamu tahu nggak gambar di atas itu apa? Gambar di atas adalah hasil rontgen. Perlu kamu ketahui nih, rontgen ini merupakan salah satu pemanfaatan dari gelombang elektromagnetik yang bernama sinar-X. Nah, di artikel ini kita akan fokus membahas sinar-X.

Wilherm Conrad Rontgen penemu sinar-X

Pasti kamu lebih sering mendengar sinar rontgen kan dibanding sinar-X? Apa bedanya sinar-X dengan sinar rontgen? Ternyata, sinar-X adalah sinar rontgen, loh. Karakteristik sinar-X itu salah satunya ialah mempunyai frekuensi yang cukup besar, yaitu antara 1016 Hz sampai 1020 Hz, sedangkan panjang gelombangnya sangat pendek yaitu 10-8 m sampai 10-12 m.

Ada dua kategori penggunaan sinar-X di kehidupan kita.

1. Sinar-X untuk melihat lapisan dalam suatu benda

Kok bisa ya? Gini, dengan karakteristik yang sinar-X punya, energi sinar-X akan cukup kuat untuk dapat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit, tetapi tidak cukup kuat untuk menembus benda-benda keras seperti tulang, gigi dan logam. Sifat ini sangat berguna di berbagai macam bidang, seperti kesehatan, industri dan keamanan.

2. Efek biologis Sinar-X

Selain dapat menembus lapisan dalam suatu benda, karena energinya yang kuat, sinar-X juga memiliki kemampuan untuk merusak struktur sel, menyebabkan mutasi, dan bahkan membunuh sel jika dosisnya tinggi. Walaupun begitu, ternyata sinar-X ini sangatlah berguna! Lho kok berguna? Bukannya malah serem ya? Apa aja sih peran sinar-X? Yuk, lihat tulisan di bawah ini!

Baca Juga: Manfaat Radioisotop dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Peran Sinar-X pada Bidang Kesehatan

 

manfaat sinar-x dalam kesehatan
 

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

  • Melihat bagian dalam tubuh tanpa harus melakukan pembedahan,

  • menyelidiki penyebab dan gejala pada penyakit pasien,

  • melihat efek dari pengobatan medis yang telah dilakukan,

  • menemukan lokasi benda yang tidak sengaja tertelan,

  • memantau suatu jenis penyakit, misalnya penyumbatan pembuluh darah, kanker tulang, kerusakan gigi dan lain-lain.

Efek biologis Sinar-X

  • Membunuh sel-sel tumor dan kanker,

  • mensterilkan peralatan medis.

 

Peran Sinar-X pada Bidang Industri

peran sinar-x dalam industri

Walaupun  terkenal dengan pemanfaatannya di bidang kesehatan, sinar-X ini juga mengambil peran dalam bidang perindustrian gengs, antara lain:

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

  • Mendeteksi kerusakan/keretakan mikroskopis pada komponen mesin industri,

  • memantau kualitas produk yang dihasilkan oleh sebuah industri.

Efek biologis Sinar-X

  • Menghilangkan bakteri berbahaya dari suatu produk kalengan makanan laut.

 

Peran Sinar-X pada Bidang Keamanan

peran sinar-x dalam bidang keamanan

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar-X dapat menembus benda-benda lunak tapi tidak dapat menembus benda-benda keras. Hal tersebut dapat dimanfaatkan pada bidang keamanan gengs, untuk mendeteksi benda keras seperti senjata tajam atau bahan peledak. Biasanya nih sebelum masuk bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan ada pemeriksaan barang bawaan, untuk memastikan bahwa barang yang dibawa oleh penumpang atau pengunjung itu tidak berbahaya. Selain itu, juga bisa bermanfaat sebagai:

  • alat mendeteksi logam,

  • alat mendeteksi benda cair,

  • alat mendeteksi logam ringan.

Baca Juga: Ternyata Sinar Ultraviolet (UV) Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh, Lho!

 

Peran Sinar-X pada Bidang Pertanian

 

Menciptakan bibit unggul berkualitas

Sinar-X juga memiliki peran di bidang pertanian lho. Yakni dengan memanfaatkan efek biologis yang dimilikinya. Salah satu perannya ialah dalam menciptakan bibit unggul yang berkualitas dengan menyebabkan mutasi sel, sampai sifat yang diinginkan didapatkan.

 

Peran Sinar-X pada Bidang Riset dan Ilmu Pendidikan

 

Untuk mempelajari kandungan senyawa

Nah, di bidang ini, sinar-X bisa digunakan untuk mempelajari struktur yang terdapat pada sebuah senyawa. Salah satu contohnya untuk memeriksa struktur kristal.

Banyak kan manfaat dari sinar-X ini? Tapi hati-hati ya, karena sinar-X ini mempunyai efek biologis, jadi sinar-X ini juga bisa berbahaya loh jika digunakan dalam dosis yang tinggi. 

Kenapa emang kalo digunakan dalam dosis yang tinggi? Pemanfaatan sinar-X dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan pingsan, mual, muntah, diare, katarak, bahkan bisa juga menyebabkan terjangkitnya kanker, loh. Jadi kalo kamu mau menggunakan sinar-X harus konsultasi ke ahlinya yaaa, supaya tetap aman.

--

Mau tau lebih banyak tentang gelombang elektromagnetik lainnya? Yuk, belajar di ruangbelajar! Kamu bisa belajar dengan video animasi loh. Jadi, kamu ngga gampang bosen deh belajarnya.

ruangbelajar

Sumber Referensi:

Budiyanto, J. (2009) Fisika Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Kemedikbud

‘Manfaat Sinar-X dalam Beberapa Bidang’ [Daring] Tautan: http://www.xrayindonesia.com/article/detail/66/manfaat-sinar-x-dalam-beberapabidang#:~:text=Sinar%2DX%20digunakan%20sebagai%20alat,Mensterilkan%20peralatan%20medis (Diakses: 11 Desember 2020)

‘Manfaat dan Bahaya Sinar-X’ [Daring] Tautan: https://rs-amino.jatengprov.go.id/manfaat-bahaya-sinar-x-bagi-manusia/ (Diakses: 11 Desember 2020)

 

Sumber Foto:

Foto ‘Wilhelm Rontgen’ [Daring]. Tautan: https://en.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_R%C3%B6ntgen (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat CT Scan’ [Daring]. Tautan: http://www.orchardheart.com/bh/ct-angiogram-and-ct-calcium-score (Diakses: 16 Desember 2020)

Foto ‘Alat Rontgen Portable’ [Daring]. Tautan: https://indonesian.alibaba.com/f/harga-mesin-rontgen.html(Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat Rontgen Gigi’ [Daring]. Tautan: https://indonesian.alibaba.com/f/harga-mesin-rontgen.html (Diakses: 11 Desemner 2020)

Foto ‘Mesin yang menggunakan sinar-X untuk makanan kaleng dan wadah kaca’[Daring]. Tautan: https://www.mt.com/id/id/home/products/Product-Inspection_1/safeline-x-ray-inspection.html (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Mesin yang menggunakan sinar-X untuk makanan tanpa kemasan’[Daring]. Tautan: https://www.mt.com/id/id/home/products/Product-Inspection_1/safeline-x-ray-inspection.html (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat untuk mendeteksi logam’ [Daring]. Tautan:http://www.xrayindonesia.com/product/detail/47/walkthrough-metal-detector-garrett-pd-6500-i (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat untuk mendeteksi benda cair’ [Daring]. Tautan:http://www.xrayindonesia.com/product/detail/23/liquid-explosive-detector (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat untuk mendeteksi benda logam ringan’ [Daring]. Tautan:http://www.xrayindonesia.com/kategori/236/xray-cargo-inspection (Diakses: 11 Desember 2020)

Artikel ini telah diperbarui oleh Adya Rosyada Yonas pada 1 Desember 2022.

Profile

Ulfatun Kasanah