Peran Sinar - X di Berbagai Bidang Kehidupan | Fisika Kelas 12

sinar-x

Artikel Fisika kelas XII kali ini menjelaskan tentang peran sinar-X dalam berbagai bidang kehidupan.

--

Kamu tahu ngga gambar di atas itu apa? Gambar di atas adalah hasil rontgen. Kamu tahu? Ternyata rontgen ini salah satu manfaat dari gelombang elektromagnetik. Ada berbagai macam gelombang elektromagnetik, salah satunya ialah sinar-X. Nah, di artikel ini akan dibahas mengenai sinar-X.

wilhelm k rontgen

Pasti kamu lebih sering mendengar sinar rontgen kan dibanding sinar-X?Padahal, sinar rontgen itu nama lain dari sinar-X, loh. Sinar-X mempunyai frekuensi yang cukup besar, yaitu antara 1016 Hz sampai 1020 Hz, sedangkan panjang gelombangnya sangat pendek yaitu 0,001 nm - 10 nm.

Ada dua kategori penggunaan sinar-X di kehidupan kita.

1.Sinar-X untuk melihat lapisan dalam 

Kenapa? Karena panjang gelombang sinar-X pas banget nih untuk melihat benda-benda yang berada di lapisan dalam, tanpa harus membongkar lapisan luar. Ini karena Sinar-X cukup kuat untuk dapat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit, tetapi tidak cukup kuat untuk menembus benda-benda keras seperti tulang, gigi dan logam.

Sifat ini sangat berguna di berbagai macam bidang, seperti kesehatan, industri dan keamanan.

2. Efek biologis Sinar-X

Sifat lain dari sinar-X yang berguna adalah kemampuan sinar-X untuk merusak struktur sel, menyebabkan mutasi atau bahkan membunuh sel jika dosisnya tinggi.

Lho kok berguna? Bukannya malah serem ya?

Apa aja sih peran sinar-X? Yuk, lihat tulisan dibawah ini!

Peran Sinar-X pada Bidang Kesehatan

sinar-x pada bidang kesehatan
 

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

  • Melihat bagian dalam tubuh tanpa harus melakukan pembedahan,
  • menyelidiki penyebab dan gejala pada penyakit pasien,
  • melihat efek dari pengobatan medis yang telah dilakukan,
  • menemukan lokasi benda yang tidak sengaja tertelan,
  • memantau suatu jenis penyakit, misalnya penyumbatan pembuluh darah, kanker tulang, kerusakan gigi dan lain-lain,

Efek biologis Sinar-X

  • Membubuh sel-sel tumor dan kanker,
  • menstrerilkan peralatan medis. 

Peran Sinar-X pada Bidang Perindustrian

Peran Sinar - X di bidang industri

Walaupun terkenal dengan nama sinar rontgen, sinar-X ini juga mengambil peran dalam bidang perindustrian gengs, antara lain:

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

  • Mendeteksi kerusakan/keretakan mikroskopis pada komponen mesin industri,
  • memantau kualitas produk yang dihasilkan oleh sebuah industri,

Efek biologis Sinar-X

  • menghilangkan bakteri berbahaya dari suatu produk kalengan makanan laut

Peran Sinar-X pada Bidang Keamanan

sinar-x pada bidang keamanan

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar-X dapat menembus benda-benda lunak tapi tidak dapat menembus benda-benda keras. Hal tersebut dapat dimanfaatkan pada bidang keamanan gengs, untuk mendeteksi benda keras seperti senjata tajam atau bahan peledak. Biasanya nih sebelum masuk bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan ada pemeriksaan barang bawaan, untuk memastikan bahwa barang yang dibawa oleh penumpang atau pengunjung itu tidak berbahaya.

Peran Sinar-X pada Bidang Pertanian

Sinar-X juga memiliki peran di bidang pertanian lho.

Efek biologis Sinar-X

Salah satu perannya ialah dalam menciptakan bibit unggul yang berkualitas dengan menyebabkan mutasi sel, sampai sifat yang diinginkan didapatkan.

Peran Sinar-X pada Bidang Riset dan Ilmu Pendidikan

Sinar-X untuk melihat lapisan dalam

Nah, di bidang ini, sinar-X bisa digunakan untuk mempelajari struktur yang terdapat pada sebuah senyawa. Salah satu contohnya untuk memeriksa struktur kristal.

Banyak kan manfaat dari sinar-X ini? Tapi hati-hati ya, karena sinar-X ini mempunyai efek biologis, jadi sinar-X ini juga bisa berbahaya loh jika digunakan dalam dosis yang tinggi. Kenapa emang kalo digunakan dalam dosis yang tinggi? Pemanfaatan sinar-X dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan pingsan, mual, muntah, diare, katarak, bahkan bisa juga menyebabkan terjangkitnya kanker, loh. Jadi kalo kamu mau menggunakan sinar-X harus konsultasi ke ahlinya yaaa, supaya tetap aman.

Mau tau lebih banyak tentang gelombang elektromagnetik lainnya? Yuk, belajar di ruangbelajar! Kamu bisa belajar dengan video animasi loh. Jadi, kamu ngga gampang bosen deh belajarnya.

New Call-to-action

Sumber Referensi:

Budiyanto, J. (2009) Fisika Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Kemedikbud

‘Manfaat Sinar-X dalam Beberapa Bidang’ [Daring] Tautan: http://www.xrayindonesia.com/article/detail/66/manfaat-sinar-x-dalam-beberapabidang#:~:text=Sinar%2DX%20digunakan%20sebagai%20alat,Mensterilkan%20peralatan%20medis (Diakses: 11 Desember 2020)

‘Manfaat dan Bahaya Sinar-X’ [Daring] Tautan: https://rs-amino.jatengprov.go.id/manfaat-bahaya-sinar-x-bagi-manusia/ (Diakses: 11 Desember 2020)

 

Sumber Foto:

Foto ‘Wilhelm Rontgen’ [Daring]. Tautan: https://en.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_R%C3%B6ntgen (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat CT Scan’ [Daring]. Tautan: http://www.orchardheart.com/bh/ct-angiogram-and-ct-calcium-score (Diakses: 16 Desember 2020)

Foto ‘Alat Rontgen Portable’ [Daring]. Tautan: https://indonesian.alibaba.com/f/harga-mesin-rontgen.html(Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat Rontgen Gigi’ [Daring]. Tautan: https://indonesian.alibaba.com/f/harga-mesin-rontgen.html (Diakses: 11 Desemner 2020)

Foto ‘Mesin yang menggunakan sinar-X untuk makanan kaleng dan wadah kaca’[Daring]. Tautan: https://www.mt.com/id/id/home/products/Product-Inspection_1/safeline-x-ray-inspection.html (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Mesin yang menggunakan sinar-X untuk makanan tanpa kemasan’[Daring]. Tautan: https://www.mt.com/id/id/home/products/Product-Inspection_1/safeline-x-ray-inspection.html (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat untuk mendeteksi logam’ [Daring]. Tautan:http://www.xrayindonesia.com/product/detail/47/walkthrough-metal-detector-garrett-pd-6500-i (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat untuk mendeteksi benda cair’ [Daring]. Tautan:http://www.xrayindonesia.com/product/detail/23/liquid-explosive-detector (Diakses: 11 Desember 2020)

Foto ‘Alat untuk mendeteksi benda logam ringan’ [Daring]. Tautan:http://www.xrayindonesia.com/kategori/236/xray-cargo-inspection (Diakses: 11 Desember 2020)

Profile

Ulfatun Kasanah

Beri Komentar