Cara Membuat Caption Foto dalam Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 12

Cara Membuat Caption Foto dalam Bahasa Inggris

Caption merupakan bagian penting untuk memperkuat pesan dan makna yang disampaikan dari sebuah foto. Yuk pelajari cara membuat caption dalam bahasa Inggris di artikel ini!
--

Hayo ngaku, siapa yang suka mikir berjam-jam untuk menulis caption ketika mau upload foto di sosial media? Pasti pernah, kan? Ingin menulis caption yang berkesan, atau mungkin juga lucu untuk dibaca orang lain.  Nah, sebetulnya, ada trik nih agar kita bisa membuat caption foto yang menarik, dan juga sesuai dengan gambar. Apalagi dalam versi bahasa Inggris, pasti unggahanmu akan terlihat kekinian bukan? Hari ini, kita belajar ya bahasa Inggris tentang menulis caption atau teks yang mendeskripsikan foto yah!

 

Pengertian Caption 

Berdasarkan pengertiannya, Caption merupakan teks pendek yang terletak di bawah gambar dan digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan isi dari suatu gambar. Caption sering ditemukan dalam beberapa media seperti berita, majalah, atau buku. Sebuah gambar mungkin menceritakan banyak hal, dan dapat dicerna dengan berbeda oleh setiap orang yang melihatnya. Maka dari itu, untuk menghindari kesalahpahaman karena ambiguitas gambar, dibutuhkan caption untuk menerangkan gambar tersebut sesuai dengan konteksnya. 

Baca juga: Cara Membaca dan Menjelaskan Bar Chart dalam Bahasa Inggris

 

Do's and Dont's menulis caption

Caption juga pada umumnya disimak lebih dahulu oleh pembaca, bahkan lebih daripada konten itu sendiri. Oleh karena itu, caption merupakan tulisan yang penting, dan harus memenuhi standar akurasi. Kejelasan dan kelengkapan informasi serta penulisan yang baik  juga dibutuhkan,  terlepas dari kalimatnya yang singkat. 

Nah, setelah kita mengenal secara umum mengenai caption selanjutnya kita langsung bahas langkah membuat caption satu-persatu.

 

1. Tulislah keterangan yang informatif

Seperti yang kita ketahui dari pengertiannya, caption ditulis untuk menjelaskan informasi yang tidak bisa dilihat dari sebuah foto. Untuk itu, sebisa mungkin jelaskan informasi-informasi penting dan relevan, agar orang yang melihat foto mendapat konteks tambahan yang berhubungan dengan gambar. 

Beberapa informasi tambahan yang bisa kamu sertakan, bisa mengikuti acuan dari 5W + 1H, yakni apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana. Jika foto sudah menjelaskan beberapa dari informasi tersebut, maka caption harus menjelaskan informasi yang tidak ditemukan dari foto.  

Untuk membuktikan kenapa caption harus menyertakan informasi, coba deh kamu lihat foto dibawah ini tanpa membaca captionnya. Apa yang ada di pikiranmu tentang foto ini?

Caption - Tulislah keterangan yang informatif(Sumber: womenphotojournalists.org)

Caption: Asylum-seeking migrants cross the Rio Grande River at the border with Mexico in Roma TX on May 6, 2021. A surge has been overwhelming U.S. facilities at the southern borders. (Photo by Carol Guzy)

Bagaimana, apakah sesuai dengan tebakanmu mengenai foto tersebut? Nah, dari susunan captionnya kita bisa lihat cukup lengkap dari informasi secara 5W + 1H.  

Baca juga: Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris

 

2. Harus ditulis sesuai dengan fakta kejadian

Salah satu aspek terpenting yang harus dipenuhi dalam menulis caption adalah kebenaran informasi. Jika kamu menggunakan informasi yang salah, foto tersebut bisa tidak dipercaya orang. Jika kamu akan mengunggah atau mencetak foto dari fotografer lain, pastikan kamu sudah mengecek fakta dari keterangan dalam gambar. Sebaiknya, jangan gunakan informasi yang tidak kamu yakini kebenarannya.

 

3. Menggunakan Simple Present Tense

Saat menulis caption, penting juga nih untuk memperhatikan tenses yang kalian gunakan. Karena teks caption ditulis untuk menerangkan informasi secara aktual dan berdasarkan fakta, maka penting untuk hanya menuliskan kalimat Simple Present Tense ya! Selain karena faktor fakta dan aktual, bentuk kalimat tersebut merupakan kalimat yang umum dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga sangat cocok untuk digunakan ketika menulis caption. Contoh dari caption yang menggunakan Simple Present Tense bisa kamu cek di bawah ya!

Caption - Menggunakan Simple Present Tense(Sumber: womenphotojournalists.org)

Caption: Kaylee Cornett reaches out to her foster kitten in her mother’s bedroom in Hanover, PA, Nov. 13, 2020. (Photo by Camille Desanto)

Baca juga: Struktur dan Contoh News Item (Berita Berbahasa Inggris)

 

4. Kenali orang-orang utama di foto

Jika dalam foto terdapat orang penting, kenali siapa mereka. Jika  tahu namanya, sertakan nama mereka, kecuali jika orang tersebut meminta anonim. Jika tidak tahu nama, kamu bisa menjelaskan jabatan atau peran dari orang di dalam foto tersebut. Lalu yang terpenting, pastikan semua nama yang dicantumkan dieja dengan benar dan memiliki keterangan yang tepat ya!

 

caption - Kenali orang-orang utama di foto(Sumber: wordpress.org)

Caption: President Jacob Zuma (right) receives courtesy call from President Idriss Deby of Chad, 27 Oct 2016

Baca juga: Macam Pola Indirect Speech dan Contoh Kalimatnya

 

5. Beri tanggal foto bersejarah dengan benar

Kita lanjut, salah satu hal penting yang sering dilupakan, ialah memberi keterangan waktu dan tanggal foto. Hal ini penting ya, khususnya pada foto yang memiliki nilai sejarah. Dengan menulis keterangan tanggal dan waktu, dapat memberikan konteks cerita dari sudut historis dalam caption. Tanggal dan waktu secara detail sangat baik, atau jika sumber belum memadai, setidaknya tahun diambilnya foto tersebut. Kamu juga perlu mencantumkan pemilik foto atau lembaga yang memegang hak cipta dari foto tersebut. seperti museum, arsip, organisasi, atau lainnya.

 

Caption Beri tanggal foto bersejarah dengan benar (Sumber: flickr.com)

Caption: Written on the back of this polaroid of me and my grandpa says, "Wolford's Landing, Portsmouth Ohio, July 1969. Man landed on Moon for first time." According to my grandparents this photo was taken on July 20 1969, which was the day America first landed on the moon.

 

6. Hindari menulis caption yang tidak sesuai dengan suasana foto  

Selanjutnya, penting bagi kita untuk peka terhadap suasana yang terjadi di dalam foto. Jika foto yang akan kamu beri caption merupakan acara yang serius, atau dalam suasana berduka, jangan menulis yang lawak atau dengan nada jenaka, ya! Caption atau keterangan lucu hanya digunakan saat foto itu memang lelucon atau acara lucu yang ditujukan untuk membuat pembaca tertawa.

Baca juga: Noun Phrase: Pengertian, Pola, dan Contohnya

 

7. Sertakan sumber atau kutipan

Last but not least, setiap foto minimal harus menyertakan nama fotografer yang memotret foto tersebut. Di majalah fotografi dan publikasi aktual, foto juga disertai rincian teknis, misalnya kecepatan lensa, dan lain-lain. Jika kamu mengambil sebuah gambar dari situs atau sumber lain, penting agar kamu juga mencantumkan sumbernya.

Nah, dalam menulis kredit, Kamu tidak perlu menggunakan istilah "credited to" atau "photo by". Silahkan tulis dalam format yang konsisten dan mudah dimengerti. Misalnya, bagian kredit selalu dicetak miring atau ukuran hurufnya lebih kecil.

 

Sertakan sumber atau kutipan caption(Sumber: womenphotojournalists.org)

Caption: A young girl listens to speeches from the Reflecting Pool at the Lincoln Memorial during the “March on Washington” for the 57th anniversary of Rev. Martin Luther King Jr.’s “I Have a Dream” speech held on August 28, 2020. (photo by Sarah Baker) 

 

Gimana, sudah paham kan? Nah, untuk menulis caption foto yang berkualitas, Kamu juga perlu mencantumkan credit atau sumber khususnya pada foto milik orang lain. Hal ini agar kamu tidak tersandung masalah seperti penyalahgunaan hak cipta dan lain sebagainya.

Itulah dia, beberapa cara bagi kamu untuk menulis caption foto yang sempurna dan bisa membantu pembaca ketika melihat foto. Ingin belajar materi bahasa Inggris yang lain? Bisa banget kok! langsung aja buka ruangbelajar dan pelajari materi pelajaran dengan ribuan video pembahasan yang seru! 

ruangbelajar

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris Edisi Revisi kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber foto:

Migrants, Women Photo Journalists, [Daring] Tautan: https://www.womenphotojournalists.org/index/G0000RIqGGFcEDhc/I0000cDhfVxM6jqI (Diakses 16 Desember 2021)

Foster Kittens, Women Photo Journalists. [Daring] Tautan: https://www.womenphotojournalists.org/index/G0000RIqGGFcEDhc/I0000U4fSARPKygQ  (Diakses 16 Desember 2021)

President Jacob Zuma receives courtesy call from President Idriss Deby of Chad, GovernmentZA. [Daring] Tautan: https://wordpress.org/openverse/photos/3dab963e-b0fa-4201-b188-e08ef9feb2e3  (Diakses 16 Desember 2021)

March on Washington, Women Photo Journalists [Daring] Tautan: https://www.womenphotojournalists.org/index/G0000RIqGGFcEDhc/I0000AwH2W6X6fGg   (Diakses 16 Desember 2021)

 

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 16 Desember 2021.

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru