Belajar Teks Eksplanasi dari Sekitar | Bahasa Indonesia Kelas 6

teks eksplanasi

Dafa bingung dan penasaran ketika Ayah mengenalkan tentang teks eksplanasi. Sebenarnya apa teks eksplanasi itu? Yuk, kita bahas!

--

Pada  hari Minggu sore, Dafa ingin mengajak Ayah untuk bermain bola di halaman rumah. Tapi ayah terlihat sangat asyik membaca koran di ruang tengah. Saking serunya, Ayah ingin memberi tahu isi koran itu kepada Dafa.

“Dafa, coba lihat berita tentang fenomena banjir ini! Ayah pikir, penggunaan teks eksplanasi pada berita ini bagus sekali!” ucap Ayah.

Dafa menyimak berita yang dimaksud ayah. Alisnya berkerut karena kebingungan.

“Ayah, memangnya apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?”

Ehh… Anak Ayah belum tau tentang teks eksplanasi ya?” 

Dafa menjawab Ayah dengan menggelengkan kepalanya.

Kalau begitu, Ayah jelaskan ya. Teks eksplanasi adalah teks yang memberikan informasi mengenai proses dan sebab akibat suatu fenomena. Karena itu, Teks eksplanasi ini berfungsi untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang terjadinya sebuah fenomena,” tutur Ayah.

pengertian dan fungsi teks eksplanasi

Melihat Dafa yang masih belum mengerti, ayah pun menunjukkan contohnya melalui berita yang ia baca di koran tadi.

Baca juga: Simak, Cara Menulis Teks Laporan Hasil Pengamatan!

“Begini, Dafa… Ayah kasih contoh teks eksplanasi dari berita yang ada di koran ini ya. Teksnya berisi berita fenomena banjir. Teks ini disebut teks eksplanasi, karena di dalamnya terdapat informasi sebab akibat bagaimana banjir itu terjadi.”

contoh teks eksplanasi

Nah, setelah melihat contoh yang ada di koran ini, Dafa sudah paham belum tentang teks eksplanasi?” tanya Ayah.

“Sudah, Ayah. Tapi kalo nanti Dafa lupa atau kebingungan, Ayah boleh nggak bantuin Dafa lagi?” pinta Dafa sambil bercanda kepada Ayah.

Haha, tentu saja Dafa. Sekarang Ayah kenalkan dulu empat ciri yang ada di teks eksplanasi, ya.”

“Oke, Ayah. Dafa siap mendengarkan!”

ciri-ciri teks eksplanasi

“Kita mulai penjelasannya dari ciri yang pertama. Teks eksplanasi itu menyampaikan fenomena yang bersifat umum dan informatif. Artinya, teks eksplanasi memberikan informasi secara umum tentang bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi,”

“Persis seperti di koran yang ayah baca Ayah ya! Teks eksplanasinya memberikan informasi umum tentang fenomena banjir,” sahut Dafa sambil melihat koran Ayah.

“Betul! Seratus buat Dafa!” puji Ayah, “Sekarang kita bahas ciri yang kedua. Teks eksplanasi itu berisi proses terjadinya sesuatu. Seperti contoh koran di atas yang menjelaskan sebab akibat terjadinya fenomena banjir.”

Dafa memperhatikan Ayah dengan serius.

“Kemudian, ciri yang ketiga menunjukkan bahwa setiap informasi memiliki hubungan sebab akibat yang menjelaskan bagaimana suatu hal terjadi. Seperti menjelaskan bahwa banjir disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia,”

“Terus, ciri yang terakhir dari teks eksplanasi apa, Ayah?” tanya Dafa.

Baca juga: Pahami Pengertian Kesimpulan, Fungsi & Cirinya, Yuk!

Ciri yang terakhir adalah memuat fakta yang terjadi. Artinya, teks eksplanasi isinya bukan karangan atau imajinasi seseorang.Tapi informasi berdasarkan fakta yang terjadi.”

Oh, begitu. Akhirnya Dafa sudah paham! Teks eksplanasi itu merupakan teks yang memberikan informasi mengenai proses dan sebab akibat suatu fenomena terjadi. Iya kan, Yah?”

“Iya. Tepat sekali kesimpulan Dafa!” jawab Ayah dengan penuh senyum. 

Dafa kemudian memilih menemani Ayah. Mereka membaca koran bersama sambil mencari contoh teks eksplanasi yang lain.

Seru banget kan belajar seperti Dafa? Supaya pengetahuan kalian semakin terasah, Dafa dan teman-temannya punya banyak materi yang bisa dibahas bersama-sama, loh! Kalian bisa menonton video pembelajarannya dengan cara download aplikasi ruangguru dan berlangganan ruangbelajar. Yuk, buruan!

New call-to-action

Materi oleh: Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Permata Hisra Marota & Akmaliya Alimah Nabila

Profile

Rias Hada Firdausya

Aku cinta IPA dan bahagia karena Bahasa Indonesia, kalian bisa panggil aku Riashada!