Mengenal Pengertian Teks Eksplanasi dan Ciri-Cirinya | Bahasa Indonesia Kelas 6

pengertian dan ciri-ciri teks eksplanasi

Ketika melihat pelangi, Roro, Guntur, dan Kanguru justru teringat dengan teks eksplanasi. Loh, memangnya apa itu teks eksplanasi dan apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak ceritanya!

--

 

Setelah mendaftar lomba prosa dan puisi, Roro dan Guntur pun pulang sekolah bersama. Namun belum setengah perjalanan, hujan tiba-tiba turun. Tidak satu pun di antara mereka yang membawa payung. Akhirnya, mereka berteduh di depan sebuah toko buku.

Cukup lama suasana hening hingga Guntur membuka percakapan. “Ro, lihat ada pelangi!”

Wah, pelanginya cantik banget!” seru Roro.

“Ro, kata nenekku, pelangi itu muncul karena ada bidadari yang turun ke bumi dari kayangan untuk mandi loh! Nah, warna-warni pelangi tercipta dari warna selendang yang digunakan oleh para bidadari itu,” cerita Guntur dengan bersemangat.

Eee, Guntur itu kayaknya mitos doang deh,” ucap Roro.

teks eksplanasi-1

“Iya, itu mitos Guntur,” sahut Kanguru yang baru saja keluar dari dalam toko.

Loh, Kanguru! Sejak kapan kamu ada di sini?” tanya Roro.

“Sejak tadi aku di dalam, Ro. Aku melihat kalian jadi aku samperin deh.”

“Teman-teman bisa jelaskan dulu nggak gimana pelangi bisa terbentuk?” tanya Guntur memotong obrolan kedua temannya.

“Oh, iya. Biar aku yang menjelaskannya, ya,” ujar Kanguru.

contoh teks eksplanasi singkat

“Wih, kamu keren deh Kanguru bisa tau tentang itu!” puji Guntur.

“Iya, dong. Aku ‘kan sering membaca teks-teks eksplanasi.”

Pandangan Guntur beralih ke Roro, “Ro, kayak pernah dengar ya tentang teks eksplanasi.”

“Bu Guru ‘kan pernah menjelaskannya. Kamu lupa lagi, ya?” tanya Roro galak.

Sambil menggaruk kepalanya dan tersenyum malu, Guntur menjawab, “Hehehe. Iya, Ro aku lupa.”

Yaudah, aku jelaskan ulang nih tapi kali ini diingat, ya,” kata Roro.

“Iya, janji.”

Baca Juga: Macam-Macam Holiday Activities

“Teks eksplanasi adalah teks yang memberikan informasi mengenai proses dan sebab akibat suatu fenomena terjadi,” terang Roro.

Nah, fenomena-fenomena yang dibahas merupakan hal-hal umum, seperti fenomena alam, sosial, atau budaya.”

“Oh, berarti proses terjadinya pelangi tadi tuh termasuk ke pembahasan fenomena alam, ya?” tanya Guntur.

“Betul, Guntur. Kalau fenomena sosial misalnya aksi demonstrasi, terus fenomena budaya misalnya batik Indonesia,” jelas Roro.

Eh, jangan lupa. Teks eksplanasi itu isinya bukan karangan atau imajinasi seseorang, tapi informasi berdasarkan fakta yang bisa memberikan pengetahuan kepada pembacanya,” tambah Kanguru.

Wah, berarti kita bisa tambah wawasan, ya, setelah membaca teks eksplanasi? Mantap banget!” ujar Guntur.

“Iya. Makanya, aku suka membaca teks eksplanasi,” kata Kanguru.

pengertian teks eksplanasi

Roro kembali membuka suara, “Nah dari penjelasan tadi, maka ciri-ciri teks eksplanasi itu…”

“Tunggu, Ro, biar aku yang menyimpulkan ciri-ciri teks eksplanasi,” potong Guntur cepat.

Yaudah, deh. Jadi, apa saja ciri-cirinya menurutmu?”

“Ciri-ciri teks eksplanasi di antaranya fenomena yang dibahas merupakan hal-hal umum, bersifat informatif, berisi proses terjadinya sesuatu, disusun menurut prinsip sebab akibat, dan berdasarkan fakta yang bisa menambah pengetahuan,” terang Guntur yakin.

Wih, Guntur hebat deh bisa langsung paham!” puji Kanguru.

“Iya, betul. Tapi, kamu jangan sampai lupa lagi, ya!” kata Roro.

“Iya, terima kasih ya udah dijelaskan. Aku janji nggak bakal lupa lagi,” jawab Guntur.

ciri-ciri teks eksplanasi

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Teks Formulir

Tak terasa 15 menit telah berlalu. Roro kembali melihat ke arah jalan dan mendapati hujan tak kunjung reda. Ia menghela napas pelan.

Roro mulai mengeluh, “Duh, aku udah capek berdiri terus, sedangkan hujannya masih deras banget.”

Hmm… gimana kalau kita masuk saja ke dalam toko buku ini?” saran Kanguru.

Eh, iya. Kita masuk saja, yuk, Ro. Aku yakin di dalam ada buku yang berisi teks eksplanasi. Aku mau baca,” ajak Guntur.

“Iya, juga sih. Yaudah, yuk kita tunggu hujan reda sambil membaca buku di dalam.”

Tiga sekawan itu pun masuk ke dalam toko buku. Mereka mulai memilih buku yang ingin dibaca kemudian berkumpul di meja sudut ruangan untuk membaca bersama.

---

Yah, ceritanya sampai di sini dulu, ya. Roro, Guntur, dan Kanguru mau membaca dulu tuh karena Guntur udah memahami pengertian dan ciri-ciri teks eksplanasi. Kalau kamu gimana, udah paham belum? Biar lebih memahami materi ini, kamu bisa juga lho bergabung di ruangbelajar. Yuk, buruan gabung biar kamu nggak lupa sama materinya!

New Call-to-action

Referensi:

Anggari, Angi St. dkk. 2018. Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar