Review Text: Pengertian, Struktur, dan Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 12

Review Text: Pengertian, Struktur, dan Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 12

Di artikel Bahasa Inggris kelas 12 ini, kita akan mempelajari mengenai bentuk teks penilaian atau Review Text. Simak pengertian, struktur, serta contoh dari review text di artikel ini ya!

--

Kamu pernah nggak, bingung saat akan membeli sebuah barang. Apakah harganya sesuai, fungsinya cocok, atau mungkin kamu ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan barang tersebut.

Hal yang pertama kali kamu cari, pasti review-nya, bukan? Nah, hari ini kita akan belajar tentang apa itu teks ulasan dalam bahasa inggris atau review text. Sesuai fungsinya, review text sering dimanfaatkan untuk meninjau kegunaan, fungsi, atau menilai suatu produk tertentu. 

Baca juga: Pengertian Procedure Text, Contoh, dan Aspeknya

 

Pengertian Review Text

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, review text adalah teks ulasan yang memberikan penilaian terhadap suatu produk, jasa, atau karya. 

Fungsi atau tujuan dari review text adalah untuk memberikan kritik dan penilaian tentang sebuah produk, jasa atau karya. Hal ini agar pembaca bisa mendapatkan 1 atau 2 sudut pandang berbeda.

Agar dapat membantu, review text harus ditulis dengan struktur yang tepat ya. Scroll terus kebawah untuk membaca pembahasannya ya! 

Baca juga: Announcement Text: Jenis, Struktur, dan Contoh

 

Struktur Review Text

 

1. Introduction

Jika kamu hendak berbelanja online, apalagi baru pertama kali melihat barang tersebut, tentu kamu perlu tau dulu mengenai detail dari barang tersebut, iya kan? Begitu pula dengan review text, ada bagian Introduction. 

Bagian ini berisi pengenalan produk, karya, atau jasa yang sedang dibahas. Informasinya yang diberikan biasanya bersifat umum, seperti nama, jenis, ataupun merek dari produk yang dibahas.

 

2. Evaluation

Bagian berikutnya yakni Evaluation. Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan detail dari produk yang dibahas. Misalnya, detail kemasan produknya, atau bagian yang unik dari produk tersebut.

Pada intinya, bagian evaluation menunjukkan hal-hal mencolok atau keunikan yang bisa dilihat dari suatu produk.

Struktur Review Text

 

3. Interpretation

Bagian ini biasanya menjelaskan pandanganmu terhadap karya atau benda yang diulas. Kamu bisa melakukan interpretasi dengan membandingkan karya lain yang sejenis untuk memperkuat pandanganmu. Selain itu, tambahkan juga dengan kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Nah, kalau kamu pernah melihat video review suatu barang, biasanya selalu ada bagian plus-minus dari barang yang dibahas tersebut. Nah bagian tersebut merupakan interpretation yang dirasakan reviewer dalam mengulas barang tersebut.

 

4. Summary

Setelah memberikan kamu selesai menulis introduction, evaluation, dan juga sudah menulis  interpretasi, kamu bisa akhiri tulisan dengan memberikan kesimpulan. 

Kesimpulan tersebut merupakan konklusi apakah produk yang diulas bernilai baik atau tidak. 

Baca juga: Memahami Contoh Expressing Opinion

 

Language Feature /  Kaidah Kebahasaan Review Text

Seperti bentuk teks lainnya, review text memiliki kaidah kebahasaan atau language feature sebagai berikut:

Language feature / Kaidah kebahasaan Review Text

 

Contoh Review Text

Barusan kita udah bahas mengenai pengertian dan struktur dari review text. Nah sekarang, biar lebih paham lagi tentang gimana sih bentuknya, coba simak contoh review text berikut ya:

 

Contoh review text 1

 

Introduction

Siomay 510 is a sophisticated Oondroid smartphone. It comes at a considerably affordable price and has excellent specifications. This smartphone is powered by Ontel processor which runs at 4 GHZ. 

Evaluation

Siomay $10 also provides 128GB internal memory and a card slot for up to 500GB microSD. In addition to its 5.5 inches screen, the 720x1280 pixels resolution maximises user's visual experience, Moreover, its dual camera - 12 MP and 5

MP - supports the phone to capture satisfying photos.

Interpretation

The first impression when holding the phone is that it is surprisingly light despite its size. All applications run smoothly. However, the phone heats too quickly, Siomay Inc, also misses the boat since other typical phones have a battery capacity of more than 2000 mAh. 

Summary

To conclude, Siomay $10 is the best smartphone for those who want to own a decent smartphone with a limited budget.

Paket Kilat UTBK

 

Contoh review text 2

 

Introduction

Making My Way is the newest hit from Ruangguru's Music Studio. It is performed by its two newly debuted artists, Hania and Adhiwira. 

Evaluation

This song falls into the pop genre with a prominent sound of strings accompanied with subtle orchestra instruments. With Hania's and Adhiwira's melodious strong vocals, the song lyrics can easily be digested by the audience. Looking at the lyrics, Making My Way straightforwardly motivates the listeners to move forward despite all the hardships and negativity in life. It starts with gloomy lyrics in the verse, and it later shifts into a positive tone in the chorus which focuses on making a way to new chances.

Interpretation

Making My Way has considerably short duration compared to today's pop songs. Thus, it can be a downside considering people may need more time to comprehend all the song elements including its lyrics and arrangement. Nonetheless, this song is rich with the tone of empowerment for the listeners. Not only through its lyrics, this is also supported by the musical composition, 

Summary

Overall, this song is really easy to listen to. It is highly recommended for those who need a little motivation and optimism to get out of an undesirable situation. It also tells us that when one door closes, another opens.

Baca juga: Belajar Discussion Text Beserta Contohnya

---

Setelah melihat contoh di atas, jadi lebih paham cara membuat review text, bukan? Kalau masih kurang yakin, kamu bisa nih ceki ceki video belajar seru di ruangbelajar untuk materi review text atau materi bahasa Inggris lainnya.

Ada fitur konsep kilat dan ADAPTO yang bisa bantu banget proses belajarmu jadi lebih seru, dan cepet nangkepnya. Yuk gabung di ruangbelajar.

ruangbelajar

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rabia Edra, lalu diperbarui pada 7 Maret 2022 oleh Leo Bisma.

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru