Peninggalan Kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia | IPS Terpadu Kelas 4

Peninggalan Kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia

Cika dan Made saling bercerita tentang pengalaman mereka saat berkunjung ke peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia. Yuk, simak cerita mereka!

--

Saat sedang mengunjungi museum bersama seluruh murid SD Nusantara, Cika dan Made melihat dua gambar candi peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia. 

“Cik! Aku pernah ke sini nih!” kata Made mengagetkan Cika.

“Made… Bikin kaget aja.” keluh Cika.

“Eh, iya… Aku juga pernah ke situ.” Cika menambahkan.

“Bagus banget kan, Cik! Aku jadi pengen ke sana lagi, deh." ujar Made.

"Sama, Made! Aku juga!"

"Eh, eh, kamu tau gak sih, Cik. Ternyata, di Indonesia ada banyak banget lho, peninggalan dari kerajaan masa lalu! Salah satunya adalah peninggalan dari kerajaan Hindu dan Buddha, seperti yang kita lihat sekarang. Peninggalan-peninggalan ini juga punya sejarahnya, lho!

“Sejarah? Maksudnya gimana, Made?” tanya Cika bingung.

Baca juga: Penyebab Keberagaman Budaya di Indonesia

“Sejarah itu cerita tentang hal-hal yang terjadi di masa lalu. Kayak dua candi di depan kita ini, Cik! Candi-candi ini adalah peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha. Berarti kan terbukti kalau cerita di masa lalu tentang kerajaan Hindu dan Buddha itu benar-benar terjadi!” ujar Made.

“Tapi… Gimana bisa kerajaan-kerajaan itu berdiri dan meninggalkan banyak peninggalan yang bisa kita lihat sampai sekarang, Made?” kata Cika.

“Oke, serahkan semuanya sama aku! Aku akan ceritain bagaimana sejarah terbentuknya kerajaan Hindu Buddha di Indonesia! Ekhem…

Made bersiap memulai cerita.

“Dahulu kala, wilayah Indonesia yang kita kenal saat ini disebut dengan Nusantara. Wilayah Nusantara ini adalah tempat yang sangat strategis untuk berdagang. Makanya, sekitar abad ke-4 Masehi, banyak bangsa India yang datang ke wilayah Nusantara untuk berdagang dan menyebarkan kebudayaannya. Kebudayaan yang diperkenalkan salah satunya adalah tulisan atau aksara dan sistem pemerintahan. Dari sinilah mulai berdiri kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha yang tersebar di wilayah Nusantara.” jelas Made.

Masuknya Hindu Buddha di Indonesia

“Oooh, gitu. Terus gimana lagi, Made?” tanya Cika antusias.

“Kan udah jadi kerajaan tuh. Nah, setiap kerajaan yang berdiri di Nusantara memiliki pemimpin yang disebut dengan raja. Setiap kerajaan juga memiliki peninggalan sejarah yang bermacam-macam, seperti artefak, prasasti, kitab sastra, dan bangunan yang masih bisa kita temukan di wilayah sekitar kita sekarang.”

Baca juga: Macam-Macam Keberagaman Budaya di Indonesia

‘Oh, aku tau! Contohnya Candi Borobudur di Magelang dan Candi Prambanan di Yogyakarta-Klaten. Kayak di gambar ini, kan?” kata Cika menunjuk gambar di depannya.

“Iya betul, Cika! Selain itu ada juga Candi Muara Takus di Riau.” lanjut Made.

“Kerajaannya banyak ya, Made?” tanya Cika.

Hmm, kita lihat di sana aja yuk, Cik! Biar kita tau ada kerajaan apa aja.” ajak Made.

Made dan Cika pun berpindah ke bagian lain museum.

Peninggalan Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

Waah, bagus ya Made! Sekarang aku jadi tau juga peninggalan kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia.” ujar Cika semangat.

“Iya, Cik! Kita liat tempat lain lagi yuk!” ajak Made

Cika dan Made pun melanjutkan kunjungan mereka ke sisi lain museum.

Nah, Made dan Cika sudah membahas tentang apa itu sejarah, sejarah awal terbentuknya kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara, serta informasi tentang kerajaan dan peninggalannya. 

Kalau di wilayah sekitar tempat tinggalmu, apakah terdapat peninggalan sejarah kerajaan Hindu dan Buddha? Jawab di kolom komentar ya!

Mau tahu keseruan petualangan Made, Cika, dan teman-teman lainnya? Tonton video Dafa dan Lulu di ruangbelajar sekarang, yuk!

New call-to-action

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Materi oleh: Panjie Brahmantio

Profile

Nada Amelia