Passing Grade UTBK, Hoax atau Bukan? Ini Penjelasannya!

penjelasan passing grade

Apa itu passing grade? Apakah skor passing grade bisa menentukan kelulusan di UTBK-SNBT 2023? Simak penjelasannya berikut ini!

 

Belakangan ini, beredar kabar di media sosial yang menyatakan bahwa terdapat passing grade pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau yang dulunya bernama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam kabar yang beredar tersebut, dikatakan bahwa siswa dengan nilai melebihi passing grade memiliki peluang tinggi untuk lolos SNBT. Hmmm… memangnya, apa sih passing grade itu?

 

Apa itu Passing Grade?

Passing grade adalah ukuran standar berupa persentase atau batas nilai minimal yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian. Nilai passing grade dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah seorang peserta dapat masuk dalam kuota penerimaan, atau tidak.

Nah, dalam konteks ujian tertulis masuk perguruan tinggi, passing grade berbentuk batas nilai minimal yang harus dicapai peserta ujian, agar dapat lolos dan diterima pada perguruan tinggi yang dituju. Jika pada SNBT-UTBK terdapat passing grade, artinya calon mahasiswa yang memiliki nilai di atas passing grade memiliki peluang lebih besar untuk lulus, dibandingkan dengan calon mahasiswa yang nilainya di bawah passing grade.

Baca Juga: Jadwal UTBK-SNBT 2023, Biaya, Syarat, Materi & Tahapan Pendaftaran

 

Bagaimana Cara Menghitung Passing Grade?

Nilai passing grade bisa kita hitung, loh! Passing grade dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Salah satu cara menghitung passing grade dapat dilihat pada contoh rumus berikut ini:

rumus passing grade

Keterangan:

B = jumlah jawaban benar

S = jumlah jawaban salah

JS = jumlah soal keseluruhan

 

Dalam rumus di atas, jawaban benar dikali dengan poin per jawaban benar, misal poin jawaban benar adalah 4. Lalu, jawaban salah juga dikali dengan poin per jawaban salah, misal poin jawaban salah adalah 1. Kemudian, hasil perkalian jawaban benar dikurangi dengan jawaban salah, lalu dikalikan 100. Hasil perkalian itu kemudian dibagi dengan jumlah soal keseluruhan yang dikali dengan poin jawaban benar yaitu 4.

Contoh:

Diketahui: 

  • B = 30
  • S = 20
  • JS = 50

 

Maka passing grade dihitung sebagai berikut:

cara menghitung passing grade

Jadi, passing grade dari peserta tersebut adalah 50%.

 

Manfaat Passing Grade

Salah satu manfaat passing grade adalah siswa jadi bisa memprediksi peluang yang dimiliki untuk dapat lolos dan diterima di perguruan tinggi yang dituju. Siswa dapat mencari PTN mana yang memiliki passing grade sesuai dengan potensi dan kemampuan diri. Dengan begitu, siswa dapat lebih berhati-hati dalam memilih PTN beserta program studi yang dituju.

Baca Juga: Kisi-Kisi Materi UTBK-SNBT 2023: Tes Potensi Skolastik & Tes Literasi

Tapi, apa benar pada SNBT-UTBK terdapat passing grade?

 

Apakah Terdapat Passing Grade pada SNBT-UTBK 2023?

Menanggapi kabar ini, Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof. Budi P. Widyobroto, menjelaskan dalam Sosialisasi Pendaftaran SNBP 2023 bahwa tidak ada passing grade pada SNBP maupun SNBT-UTBK 2023. Beliau menjelaskan bahwa basis dari SNBT-UTBK betul-betul diambil dari prestasi hasil tes. Prof. Budi juga menjelaskan lebih lanjut bahwa terdapat dua hal yang penting untuk diperhatikan oleh sekolah dan siswanya, yaitu indeks sekolah dan prestasi siswa eligible itu sendiri. 

Indeks sekolah adalah gambaran dari kualitas sekolah yang dibuat oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN). Indeks sekolah dapat dihitung dari pendaftaran dan penerimaan siswa asal suatu sekolah pada PTN terkait melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri sebelumnya, serta prestasi siswa tersebut setelah berkuliah di sana.

 

Sistem Penilaian SNBT-UTBK

Jika tidak ada passing grade pada SNBT-UTBK, lalu seperti apa sistem penilaiannya? Prof. Budi menjelaskan bahwa pada SNBT-UTBK akan digunakan sistem penilaian scoring IRT (item response theory). Jadi, tingkat kesulitan soal dan aspek prediksi lainnya baru akan muncul setelah diolah usai UTBK berakhir. 

Untuk lebih jelasnya, nantinya setelah tes SNBT-UTBK selesai untuk gelombang 1 dan 2, kemudian jawaban tes tersebut akan diambil dan dianalisis. Kemudian dilakukan scoring IRT kepada setiap butir soal, yaitu misalnya jawaban dari 800.000 peserta dengan soal yang sama akan dibandingkan sehingga muncul tingkat kesulitan, nilai, dan sebagainya.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik UTBK-SNBT 2023 & Pembahasannya

Demikian penjelasan mengenai passing grade pada SNBT-UTBK. Jadi kamu sudah paham ya, ternyata kabar passing grade UTBK itu adalah hoax, karena berdasarkan penjelasan dari Ketua Pelaksana SNPMB Prof. Budi P. Widyobroto, pada SNBT-UTBK 2023 nanti tidak ada passing grade. Sistem penilaiannya akan betul-betul mengacu pada prestasi hasil tes dengan sistem penilaian scoring IRT. Selain itu, terdapat dua hal penting untuk diperhatikan oleh sekolah dan siswa, yaitu indeks sekolah dan prestasi siswa eligible itu sendiri.

Apapun yang terjadi pada SNBT-UTBK nantinya, tidak perlu membuat kamu cemas berlebihan, ya. Hal yang terpenting untuk dilakukan adalah tetap semangat belajar dan persiapkan fisik maupun mental kamu sebaik mungkin agar mampu mengerjakan tes dengan lancar. Jangan lupa juga untuk terus belajar bersama ruangbelajar agar persiapan kamu semakin matang! Yuk, gabung sekarang juga!

CTA ruangbelajar

Referensi:

https://tirto.id/apakah-ada-passing-grade-di-utbk-snbt-2023-sistem-penilaiannya-gD9r  

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6568459/apakah-ada-passing-grade-di-snbp–snbt-2023-simak-penjelasannya

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6268869/passing-grade-adalah-apa-itu-dan-cara-menghitungnya 

https://www.universitas123.com/news/cara-menghitung-passing-grade-snmptn-dengan mudah#:~:text=Dengan%20tahu%20passing%20grade%2C%20kamu,tahu%20potensi%20lulus%20dan%20diterima.

Kenya Swawikanti