Kumpulan Contoh Soal Tes Skolastik UTBK-SNBT 2023 & Pembahasannya

Kumpulan Contoh Soal Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023 & Pembahasannya

Sudah tahu belum materi apa saja yang akan diujikan di UTBK 2023 nanti? Yuk, cari tahu serta simak  kumpulan contoh soal Tes Skolastik UTBK-SNBT dan pembahasannya di artikel ini!

--

Guys, siapa yang masih shock dan bingung sama perubahan seleksi masuk PTN, khususnya contoh soal UTBK? Yap, kamu sudah mendengar kan kalau Kemendikbud Ristek telah resmi menghapus tes mata pelajaran (TKA) di UTBK SBMPTN yang sekarang berubah nama menjadi SNBT, dan hanya mengujikan soal TPS dan Tes Literasi. Perubahan ini akan dimulai pada tahun 2023 mendatang, loh!

Pasti sekarang banyak di antara kamu yang bingung, kaget, dan bertanya-tanya, “terus sekarang harus ngapain dulu? Belajar yang mana dulu? Beda nggak sih contoh-contoh soal UTBK 2023 dengan soal tahun sebelumnya?

Nggak perlu pusing, sekarang kita bahas tuntas mengenai apa itu TPS dan Tes Literasi, mulai dari pengertian, materi yang diujikan, hingga beberapa contoh latihan soal Tes Skolastik dari pemerintah berikut ini. Check these out!

 

Apa Itu Tes Skolastik?

Berdasarkan keterangan Menteri Nadiem, Tes Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bernalar dan pemecahan masalah siswa. Selama ini, tes UTBK-SBMPTN dinilai lebih menitikberatkan pada hafalan dibandingkan penalaran. Selain itu, materi yang diujikan juga terlalu banyak dan terfokus hanya pada mata pelajaran tertentu.

Tes Skolastik akan lebih berhubungan dengan kemampuan bernalar dan problem solving, bukan hapalan. Maka dari itu, kamu sebagai siswa harus lebih berfokus pada pemahaman yang mendalam. Tes Skolastik akan mengukur kemampuan kognitif, logika, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Nah, perlu kamu perhatikan, Tes Skolastik yang diujikan di UTBK-SBMPTN 2023 itu agak berbeda dengan soal Tes Pengetahuan Skolastik (TPS) di UTBK tahun-tahun sebelumnya, ya.

Baca Juga: Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023 untuk SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

 

Materi yang Diujikan dalam UTBK

Pada tahun 2023 mendatang, akan ada 7 sub materi khusus yang diujikan pada UTBK-SNBT. Apa saja tesnya? Berikut detailnya:

  1. Tes Potensi Skolastik
    1. Kemampuan Penalaran Umum
    2. Kemampuan Kuantitatif
    3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
  2. Literasi Bahasa Inggris
  3. Literasi Bahasa Indonesia
  4. Penalaran Matematika

Kenapa ketujuh tes ini penting? Menurut Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, seperti yang dilansir dari detik.com, tes ini penting untuk mengukur penalaran berbeda yang diperlukan untuk menguasai bidang ilmu. Seseorang harus memilki kemampuan penalaran yang tinggi agar mudah belajar di berbagai bidang ilmu di bangku kuliah.

“Berarti, mata pelajaran lainnya nggak penting dong?”

Nope, mata pelajaran lain tetap penting ya, hanya saja tidak diujikan di SNBT. Kalau kamu mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN atau Seleksi Mandiri, mata pelajaran lainnya juga tetap akan diperhitungkan kok. Selain itu, kemampuan kognitif, matematika, hingga literasi merupakan kemampuan atau kompetensi yang dibangun di semua mata pelajaran. Jadi holistiknya tetap ada, guys.

Baca Juga: Mengenal SNBP dan SNBT, Ini Perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN

 

Kumpulan Contoh Soal UTBK-SNBT 

Bersamaan dengan pengumuman perubahan sistem seleksi masuk PTN, Kemendikbud juga menyertakan beberapa contoh soal Skolastik UTBK 2023. Selain itu, lihat juga contoh-contoh soal dari Master Teacher Ruangguru. Yuk, pelajari!

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK dari Pemerintah

 

1. Contoh Soal Potensi Kognitif

Lima sekawan Sano, Joko, Adi, Rimba, dan Ratu selalu semangat berangkat bersama menuju sekolah. Joko selalu menjemput Sano, setelah ia dijemput oleh Adi. Rimba menjadi anak terakhir yang dijemput. Sementara rumah Ratu terletak di antara rumah Joko dan rumah Adi. Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah …

  1. Rumah Ratu terletak paling jauh
  2. Rumah Adi terletak paling jauh
  3. Rumah Rimba terletak paling jauh
  4. Rumah Sano terletak paling dekat
  5. Rumah Adi terletak paling dekat

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Logikanya, siapa yang berangkat lebih dulu berarti rumahnya lebih jauh ke sekolah. Dari soal potensi kognitif di atas dapat kita ketahui bahwa rumah Adi lebih jauh dari rumah Joko. Selanjutnya, Sano rumahnya lebih dekat dari rumah Joko. Sementara itu, rumah Ratu berada di antara rumah Joko dan Adi. Sedangkan, rumah Rimba adalah yang paling dekat karena dia dijemput paling terakhir.

Apabila dituliskan berdasarkan urutan dari yang terdekat hingga terjauh adalah sebagai berikut:

Rimba - Sano - Joko - Ratu - Adi

Nah, dari pilihan jawaban yang tersedia, jawaban yang benar adalah B.

Yuk, simak soal-soal serupa di artikel 'Contoh Soal Tes Skolastik Potensi Kognitif UTBK/SNBT 2023 serta Pembahasannya'!

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Contoh Soal Penalaran Matematika

Perhatikan informasi berikut ini!

gambar contoh soal skolastik utbk 2023

Sampak anorganik lebih lama terurai dibandingakn dengan sampah organik. Waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, namun kurang dari kulit sintetis. Berapa waktu dekomposisi yang mungkin dari popok sekali pakai?

  1. 100 tahun
  2. 250 tahun
  3. 375 tahun
  4. 475 tahun
  5. 575 tahun

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Trik untuk mengerjakan soal contoh tes skolastik penalaran matematika ini adalah fokus ke pertanyaannya. Pertanyaannya adalah berapa waktu dekomposisi dari popok sekali pakai. Maka, kita bisa langsung fokus ke popok sekali pakai dengan melihat informasi tambahan yang tersedia. Dari informasi yang tersedia kita bisa mengetahui bahwa waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dibandingkan plastik (lebih dari 400 tahun), tetapi kurang dari kulit sintetis (kurang dari 500 tahun).

Nah, dari informasi tersebut, jawaban yang paling tepat  adalah 475 tahun.

Kamu bisa juga loh latihan soal penalaran matematika lebih banyak di artikel 'Contoh Soal Tes Skolastik Penalaran Matematika UTBK/SNBT 2023'. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia

Khasiat susu bagi tubuh kita sudah tidak diragukan lagi. Meskipun demikian, tidak setiap orang bersedia mengonsumsi susu. Ada dua kemungkinan penyebabnya: pertama, karena sifat yang terkandung dalam susu yang tidak disukai orang; kedua, karena sifat biologis orang yang bersangkutan (intoleran), yang ditandai dengan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan sering buang angin setelah minum susu.

Penyebab pertama dapat diatasi dengan penambahan sari jeruk, markisa, apel, atau lainnya sehingga rasa asli susu yang memualkan dapat dihilangkan. Sementara itu, penyebab kedua dapat diatasi dengan menggantinya dengan air susu yang telah mengalami perlakuan khusus, yaitu fermentasi. Secara biologis, penderita intoleran susu tidak mampu mencerna laktosa dari makanan atau minuman dalam susu sehingga terjadi penimbunan laktosa dalam usus. Penderita yang demikian dapat meminum susu bubuk dengan kadar laktosa rendah atau air susu fermentasi, seperti yoghurt, kefir, dan koumis.

Berdasarkan bacaan di samping, bila seorang temanmu, Ari, mengeluh bahwa ia sebenarnya ingin minum susu seperti teman lainnya, tetapi selalu diare ketika minum susu. Apa yang akan kamu sarankan? 

  1. Ari dapat mencoba minum susu dengan menambah sari jeruk. 
  2. Ari dapat mencoba susu bubuk seperti susu yang diminum oleh balita. 
  3. Ari dapat mencoba minum yoghurt. 
  4. Ari tidak perlu minum susu sama sekali. 
  5. Ari dapat mencoba minum susu secara bertahap

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kalau ada soal literasi Bahasa Indonesia yang teksnya panjang, kamu bisa lihat soalnya dulu baru teksnya untuk menghemat waktu. Di soal dikatakan bahwa Ari ingin minum susu juga seperti teman lainnya tapi selalu diare saat minum susu. Di teks bisa kita temukan dua penyebab diare. Nah, kondisi Ari lebih tepat untuk penyebab kedua yaitu gangguan pencernaan. Lanjut ke akhir teks, kamu bisa mengetahui bahwa untuk mengatasi gangguan pencernaan adalah dengan mengganti air susu dengan yoghurt, kefir, atau koumis. Berarti jawaban yang paling tepat adalah C.

Mau latihan soal literasi Bahasa Indonesia lebih banyak lagi? Yuk, baca di 'Contoh Latihan Soal Tes Skolastik Literasi Bahasa Indonesia UTBK/SNBT 2023 serta Pembahasannya'.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

4. Contoh Soal Literasi Bahasa Inggris

Measles, a childhood disease, has caused suffering to mankind for thousands of years. However, the search for an effective measles vaccine lasted two hundred years and has finally ended in success. Now, for the first time, measles is a preventable disease. You may ask, ”How is this important to children?” Every year measles kills twice as many Americans as polio does. More children die from measles than from any other common childhood disease. Also complications of some degree occur in about one child out of six. Most complication include pneumonia and ear disorders. Another after-effect of measles-brain damage is less common, but it can have such serious consequence that it deserves special attention. Brain damage due to measles sounds like something far away from our experience. In reality, it is not. Like other injury, damage to the brain can be very slight or very severe. It is quite possible that we have never seen or heard a child who has severe brain damage – the child would either have died or would be in an institution. However, in medical research a relation has been found between measles and such things as behavior problems, personality changes and dulling of metal ability. For example, a child may be bad-tempered or a little slow to learn after he has recovered from measles

One of the important findings of the research on measles is that .... 

  1. children who have got measles may become difficult to handle because of their behavior. 
  2. in reality, there are no measles patients who get brain damage. 
  3. personality changes already occur at the time a child has measles. 
  4. measles can cause children to become physically handicapped. 
  5. measles is the first killer of childhood disease in the world

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Untuk mengerjakan contoh soal skolastik UTBK literasi Bahasa Inggris ini, kamu perlu mengetahui kalimat kunci yang menjadi inti dari teks. Dalam dua kalimat terakhir, dijelaskan bahwa ada kaitan antara measles dengan perubahan sikap, kepribadian, dan penumpulan kemampuan mental, misalnya setelah menderita measles, anak jadi sering marah-marah atau lamban dalam belajar. Perilaku seperti ini memungkinkan seorang anak menjadi sulit ditangani setelah menderita measles. Maka, jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga: Contoh Soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023 beserta Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK Literasi Bahasa Inggris

The questions number 1–3 are based on the following passage.

Loneliness and social isolation in older adults are serious public health risks affecting a significant number of people in the United States and putting them at risk for dementia and other serious medical conditions. A report from the National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine (NASEM) points out that more than one-third of adults aged 45 and older feel lonely, and nearly one-fourth of adults aged 65 and older are considered to be socially isolated. Older adults are at increased risk for loneliness and social isolation because they are more likely to face factors such as living alone, the loss of family or friends, chronic illness, and hearing loss.

Although it’s hard to measure social isolation and loneliness precisely, there is strong evidence that many adults aged 50 and older are socially isolated or lonely in ways that put their health at risk. Recent studies found that social isolation significantly increased a person’s risk of premature death from all causes, a risk that may rival those of smoking, obesity, and physical inactivity. Poor social relationships (characterized by social isolation or loneliness) was also associated with a 29% increased risk of heart disease. Loneliness among heart failure patients was associated with a nearly 4 times increased risk of death, 68% increased risk of hospitalization, and 57% increased risk of emergency department visits.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2017). Loneliness and Social Isolation Linked to Serious Health Conditions. Taken on November 30, 2021 from https://www.cdc.gov/aging/publications/features/lonely-older-adults.html.

1. Topik: Reading Comprehension for UTBK

Subtopik: Konsep Kilat General Information (NEW!)

The writer's intention in writing the passage is to ....

  1. disseminate the information about the impacts loneliness and social isolation in the elderly
  2. encourage people to be more concerned about the elderly who are lonely and socially isolated
  3. prove that the elderly experiencing loneliness and social isolation actually exist in the United States
  4. convey the pain and sadness experienced by lonely and socially isolated elderly based on research
  5. tell about the loneliness and unhappiness felt by the elderly who are socially isolated, as well as research findings

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Soal menanyakan tujuan si penulis menulis teks. 

Paragraf pertama menyampaikan bahwa kesepian dan isolasi sosial pada lansia adalah risiko kesehatan masyarakat yang serius yang memengaruhi sejumlah besar orang di Amerika Serikat. Paragraf kedua menyampaikan hasil penelitian tentang dampak kesepian dan isolasi sosial yang dialami oleh para lansia.

Secara umum, teksnya membahas dampak buruk dari rasa kesepian dan isolasi sosial bagi mereka yang berusia tua. Dengan demikian, tujuan teks tersebut adalah menyebarluaskan informasi tentang dampak rasa kesepian dan isolasi sosial pada lansia sehingga pilihan A tepat. 

Pilihan B tidak tepat karena tidak ada ajakan dari si penulis kepada para pembacanya untuk lebih memperhatikan para lansia yang mengalami kesepian dan isolasi sosial.

Pilihan C tidak tepat karena jika isi teksnya untuk membuktikan keberadaan para lansia tersebut, seharusnya ada pernyataan di teks yang menyampaikan bahwa tidak ada lansia kesepian di US.

Pilihan D tidak tepat karena teksnya tidak membahas kepedihan dan kesedihan yang dialami para lansia yang mengalami kesepian dan isolasi sosial.

Pilihan E tidak tepat karena teksnya menyampaikan kesepian dan isolasi sosial, bukan rasa kesepian akibat isolasi sosial yang dialami oleh para lansia.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Reading Comprehension for UTBK

Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)

To whom is the text likely addressed?

  1. Families staying with elderly
  2. People living around elderly
  3. Pensioners who have just left their jobs
  4. Senior citizens living alone in the suburbs
  5. Employers having old workers in their companies

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal menanyakan sasaran pembaca teks.

Secara umum, teks bacaan membahas tentang rasa kesepian dan isolasi sosial yang dialami para lansia yang berdampak buruk pada kesehatan mereka. Dengan demikian, sasaran teks ini adalah mereka yang tinggal di sekitar lansia agar mereka memperhatikan kondisi para lansia tersebut. Jadi, pilihan B tepat.

Pilihan A tidak tepat. Keluarga yang tinggal dengan lansia tahu persis kondisi lansia di rumah mereka karena mereka setiap hari berinteraksi dan merawat para lansia ini. Para lansia pun tidak akan merasa kesepian karenanya. Dengan demikian, keluarga-keluarga tersebut bukanlah sasaran dari artikel ini.

Pilihan C dan D tidak tepat. Para lansia bukan sasaran dari artikel ini karena merekalah yang merasakan kesepian. Artikel ini harusnya dibaca oleh mereka yang dapat membantu para lansia ini.

Pilihan E tidak tepat. Hubungan antara atasan dan karyawan bersifat profesional. Tidak masuk akal jika atasan memerhatikan keseharian karyawannya di luar kantor.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Reading Comprehension for UTBK

Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)

From the last paragraph, we can infer that …

  1. Those who experience loneliness may develop heart disease.
  2. Feeling lonely aggravates the heart condition of the elderly.
  3. Heart disease is the worst ailment that a lonely older person will suffer from.
  4. The older people get, the more lonely they will feel.
  5. Loneliness and social isolation that people experience makes them unable to survive.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal menanyakan kesimpulan tersirat yang dapat diambil berdasarkan informasi pada teks.

Pilihan A tidak tepat karena bukan kesimpulan, melainkan fakta pada teks. Pada kalimat ketiga disampaikan bahwa hubungan sosial yang buruk (ditandai dengan isolasi sosial atau kesepian) ada kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 29%.

Pilihan B tepat. Berdasarkan kalimat ketiga dan keempat, dapat diambil kesimpulan bahwa rasa kesepian akan memperburuk kondisi jantung lansia.

Pilihan C tidak tepat karena tidak cukup informasi pada kalimat ketiga dan keempat paragraf terakhir yang dapat mendukung kesimpulan ini. Kesimpulan ini tepat jika terdapat informasi bahwa sebagian besar lansia tersebut mengalami penyakit jantung.

Pilihan D tidak tepat karena kesimpulannya menunjukkan bahwa setiap orang yang bertambah tua pasti akan mengalami kesepian. Pada kalimat pertama disampaikan bahwa kesepian dialami oleh banyak orang dengan usia 50 tahun ke atas. Kata many (banyak) menunjukkan bahwa hanya sebagian saja, bukan semua orang akan mengalami kesepian ketika mereka bertambah tua.

Pilihan E tidak tepat karena tidak ada informasi tentang angka kematian yang disebabkan oleh rasa kesepian sehingga tidak dapat disimpulkan bahwa kesepian dan isolasi sosial akan membuat orang tidak dapat bertahan hidup. Informasi yang disampaikan hanya risiko kematian yang meningkat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

The questions number 4–5 are based on the following passage.

Those in the retail industry that are successful in digitally transforming will be ones that leverage technology to innovate around an immersive and disruptive customer experience. These “lighthouse” retailers are the ones driving innovation, adopting emerging technologies early, and showing the industry what works and is possible. They are the ones experimenting with new models and store formats, playing with recombinations/reconfigurations of scale, assets, product, place, and people. The “store of the future” is the keystone of this effort.

The store of the future will combine multiple formats to deliver an immersive and unique experience across all customer touchpoints online and in the store. It will be heavily instrumented for operational efficiency and digitally connected end-to-end to leverage a single view of customer, product, and order. The store of the future – despite its reliance on sophisticated technology and infrastructure – will be trying to look smaller and less intimidating, more personalized, and frictionless.

The deployment of these and other digital technologies in disruptive ways can turn visitors into shoppers and shoppers into brand-loyal customers. However, understanding which consumers want personalization and which want contextualized and relevant experiences, while protecting everyone’s privacy, has grown more difficult. With so much at stake, data privacy has become a challenge for every party involved.

Eastman, R. (2019). The Store Of The Future Depends Upon A Modern Infrastructure. Taken on September 29, 2021 from https://blog.lumen.com/store-of-future-depends-upon-modern-infrastructure/.

4. Topik: Reading Comprehension for UTBK

Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)

Who needs to see the passage?

  1. Online customer
  2. Businessperson
  3. Manufacturer
  4. Importer
  5. Distributor

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan sasaran pembaca yang tepat untuk teks ini. Untuk mengetahuinya, perlu dipahami ide pokok dari teks terlebih dahulu.

Pada paragraf 1, penulis mendeskripsikan kualitas retailer yang sukses melakukan transformasi digital. 

Pada paragraf 2, penulis menggambarkan format toko di masa depan.

Pada paragraf 3, penulis menjelaskan dampak negatif dari penggunaan teknologi bagi pelanggan, yaitu terkait dengan keamanan data mereka.

Oleh karena itu, yang paling mungkin menjadi sasaran teks adalah orang yang berwenang atau yang dapat membuat kebijakan untuk mengubah format ritel menjadi digital dan mempelajari langkah-langkah yang harus diterapkan supaya sukses dalam transformasinya. Dari opsi jawaban, sasaran pembaca yang paling tepat adalah businessperson, yaitu orang yang bekerja di bidang bisnis, terutama orang yang memiliki posisi penting di perusahaan. Dengan demikian, pilihan B tepat.

Pilihan A tidak tepat. Online customer artinya pelanggan online. Sebagai pihak yang membeli produk atau jasa, pelanggan tidak berperan secara mendasar dalam proses transformasi ritel ke digital.

Pilihan C tidak tepat. Manufacturer adalah pengusaha pabrik. Pabrik adalah perusahaan yang memproduksi barang, berbeda dengan industri ritel yang fokus pada penjualan barang sehingga pengusaha pabrik bukan sasaran pembaca yang sesuai.

Pilihan D tidak tepat. Importer adalah pihak yang melakukan kegiatan impor atau membeli barang dari negara lain. Pihak tersebut tidak memiliki peran dan wewenang khusus dalam mengubah format retailer

Pilihan E tidak tepat. Distributor adalah pihak yang menyalurkan barang kepada toko-toko atau perusahaan. Distributor hanya menyediakan pasokan barang sehingga tidak berperan dalam transformasi ritel ke digital.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

5. Topik: Reading Comprehension for UTBK

Subtopik: Konsep Kilat Specific Information (NEW!)

Which of the following statements is correct?

  1. Customers demanded stores with cutting-edge infrastructure to be user-friendly.
  2. The more advanced the technology is, the more successful the retailers will be.
  3. Each customer will receive a better and more unique experience in online shopping. 
  4. Providing a one-of-a-kind shopping experience will require a combination of formats.
  5. Stores of the future are trying to achieve the ultimate goal that is to attract more visitors.

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan pernyataan yang tepat berdasarkan teks.

Pilihan A tidak tepat. Informasi tentang toko yang menggunakan infrastruktur mutakhir ada di paragraf dua kalimat tiga. Disebutkan bahwa meskipun bergantung dengan teknologi dan infrastruktur yang canggih, toko-toko ini akan berusaha untuk bisa digunakan dengan lebih mudah (oleh pelanggan), merujuk pada kata less intimidating dan frictionless. Namun, tidak ada informasi bahwa hal ini adalah tuntutan dari pelanggan.

Pilihan B tidak tepat. Kesuksesan perusahaan ritel disebutkan di paragraf satu kalimat satu. Disampaikan bahwa mereka yang sukses adalah yang memanfaatkan teknologi untuk berinovasi. Kemutakhiran dari teknologi itu sendiri tidak menentukan kesuksesan mereka, melainkan pemanfaatannya. 

Pilihan C tidak tepat. Memberikan pengalaman berbelanja yang unik disampaikan di paragraf dua kalimat satu. Tertulis bahwa pengalaman berbelanja tersebut ditujukan pada semua titik, tidak hanya di toko online namun juga di toko offline.

Pilihan D tepat. Informasi ini juga terdapat di paragraf dua kalimat satu. Disebutkan bahwa toko di masa depan memang akan menggabungkan berbagai format untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda. Dengan demikian, pernyataan informasi ini sesuai.

Pilihan E tidak tepat. Informasi yang berhubungan dengan pengunjung ada di paragraf tiga kalimat satu. Disampaikan bahwa pebisnis ritel mengerti bahwa penerapan teknologi ini bisa mengubah pengunjung menjadi pembeli, pembeli menjadi pelanggan setia. Tidak disebutkan kalau menarik lebih banyak pengunjung adalah tujuan akhir mereka.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK Literasi Bahasa Indonesia

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1—3.

    (1) Baru-baru ini, sejumlah ilmuwan menemukan spesies tokek teranyar yang diberi nama jackie’s day (Cnemaspis jackieii). (2) Nama ini terinspirasi dari tokoh bela diri yang sekaligus aktor tenar, Jackie Chan. (3) Penamaan ini disebabkan oleh kelincahan si tokek yang membuat para ilmuwan teringat akan sosok Jackie Chan yang gesit. (4) Selain kelincahannya, ada alasan lain yang mendasari penamaan tokek tersebut. (5) Penamaan yang menarik perhatian itu akan memudahkan pelestariannya karena orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut.

    (6) Jenis tokek ini pertama kali ditemukan oleh herpetolog di Pegunungan Ghats Barat, India. (7) Dari ciri-ciri fisiknya, Cnemaspis jackieii memiliki tubuh yang cukup kecil dengan ukuran 3—4 sentimeter. (8) Sebagai makhluk diurnal, tokek jenis ini mempunyai sepasang mata dengan pupil sirkular. (9) Hal ini berbeda dengan tokek nokturnal yang memiliki pupil irisan.

    (10) Saat penemuan itu, para ilmuwan tidak hanya menemukan spesies Cnemaspis jackieii, tetapi juga menemukan sebelas spesies lainnya. (11) Jenis-jenis tersebut juga memiliki nama yang tak kalah unik. (12) Contohnya adalah Cnemaspis balerion yang diambil dari laga “Game of Thrones”, Cnemaspis smaug yang terinspirasi dari laga “Lord of the Rings”, dan Cnemaspis galaxia yang tubuhnya mirip dengan galaksi dan bintang-bintang.

Nurhapy, M. F. (2021). Fakta Jackie’s Day Gecko, Tokek Baru Bernama Jackie Chan. Diambil 20 November 2021 dari https://www.idntimes.com/science/discovery/mikhaangelo-fabialdi-nurhapy/fakta-jackie-day-gecko.

 

1. Topik: Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Tujuan dan Keberpihakan Penulis (NEW!)

Konsep: Tujuan Penulisan Teks (UTBK!)

Paragraf 2 bacaan tersebut berfungsi untuk ....

  1. menggambarkan spesies tokek Cnemaspis jackieii
  2. mendeskripsikan penemuan spesies tokek terbaru
  3. menegaskan adanya penemuan spesies tokek jackie’s day
  4. menunjukkan bukti tentang penemuan spesies tokek terbaru
  5. memberikan pemahaman baru tentang penemuan spesies jackie’s day

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Sebuah teks yang padu memiliki hubungan antara paragraf satu dengan paragraf lainnya yang terjalin secara logis. Hubungan antarparagraf dapat berupa perincian, contoh, pemaparan, penjelasan, akibat, penambahan, simpulan, atau pertentangan. Untuk mengetahui hubungan setiap paragrafnya, pembaca perlu mengetahui gagasan pokok yang dibahas pada setiap paragrafnya.

  1. Paragraf pertama teks tersebut menginformasikan bahwa ada penemuan spesies tokek terbaru.
  2. Paragraf kedua teks tersebut mendeskripsikan spesies tokek terbaru dengan menyebutkan lokasi penemuannya dan ciri-ciri fisiknya.
  3. Paragraf ketiga teks tersebut menjelaskan bahwa selain spesies Cnemaspis jackieii, para ilmuwan menemukan sebelas spesies tokek lainnya yang diberi nama unik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, paragraf 2 teks tersebut berfungsi untuk menggambarkan spesies tokek terbaru, yaitu Cnemaspis jackieii.

Pilihan jawaban B tidak tepat. Yang dideskripsikan dalam paragraf 2 adalah spesies tokek terbaru, bukan penemuannya.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena pada paragraf 2 tidak ada penegasan tentang penemuan spesies tokek terbaru.

Pilihan jawaban D  tidak tepat karena pada paragraf 2 tidak terdapat bukti tentang penemuan spesies tokek terbaru.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena paragraf 2 masih membahas informasi yang sama dengan paragraf sebelumnya, yaitu tentang spesies tokek terbaru.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.  

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Ide Pokok dan Simpulan (NEW!)

Konsep: Kepaduan Paragraf (UTBK!)

Frasa jenis-jenis tersebut pada kalimat (11) merujuk pada ....

  1. sebelas tokek
  2. spesies lainnya
  3. Cnemaspis jackieii
  4. spesies tokek terbaru
  5. tokek dengan nama unik

 

Jawaban: B

Pembahasan: 

Salah satu syarat sebuah paragraf dapat dikatakan padu adalah adanya kohesi. Kohesi menjadi penanda bahwa kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf memiliki keterkaitan. Kohesi dapat berupa kata ganti orang, kata tunjuk, konjungsi antarkalimat, repetisi, atau sinonim. Pada kalimat (11) terdapat frasa jenis-jenis tersebut yang mengandung sebuah kohesi, yaitu kata tersebut. Karena terdapat kohesi, kalimat (11) merujuk pada kalimat sebelumnya. Frasa jenis-jenis tersebut pada kalimat (11) merujuk pada sebelas spesies tokek lainnya yang dijelaskan pada kalimat (10). Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat (11) menjelaskan bahwa sebelas spesies tokek lainnya juga memiliki nama yang unik.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena frasa tersebut merujuk pada sebelas spesies tokek lainnya, bukan sebelas tokek.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena spesies yang dimaksud pada kalimat (11) adalah spesies lainnya, bukan spesies Cnemaspis jackieii.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena pada kalimat (11) tidak ada penjelasan mengenai sebelas tokek terbaru, tetapi spesies tokek terbaru.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena nama yang unik baru dijelaskan pada kalimat (11).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Konjungsi dan Kalimat

Subtopik: Konsep Kilat Kalimat (NEW!)

Konsep: Variasi Kalimat (UTBK!)

Gagasan pada kalimat (5) dapat disampaikan melalui kalimat ...

  1. Karena penamaan yang menarik perhatian itu, orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut dan akan memudahkan pelestariannya.
  2. Melalui penamaan yang menarik perhatian itu, spesies tersebut menjadi lebih mudah dilestarikan dan dikenali oleh orang-orang.
  3. Penamaan yang menarik perhatian itu membuat orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut karena akan memudahkan pelestariannya.
  4. Pelestarian spesies tersebut menjadi lebih mudah karena penamaan yang menarik perhatian itu membuat orang-orang akan lebih mengenalnya.
  5. Orang-orang akan mengenal spesies tersebut dan akan lebih mudah untuk melestarikannya sebab penamaan yang menarik perhatian itu.

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Gagasan adalah informasi yang disampaikan, baik dalam kalimat maupun dalam paragraf. Gagasan pada kalimat dapat ditentukan berdasarkan struktur intinya, yaitu subjek dan predikat. Berikut analisis pola kalimat (6).

Penamaan yang menarik  S

perhatian itu akan memudahkan  P

pelestariannya  O

karena  Konj.

orang-orang  S

akan lebih mengenal  P

spesies tersebut.  O

Kalimat (6) memiliki tiga informasi yang saling berkaitan, yaitu

  1. penamaan yang menarik perhatian
  2. pelestarian spesies tersebut menjadi mudah
  3. orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut

Dari informasi tersebut, poin 1 menyebabkan poin 2 (penamaan yang menarik perhatian menyebabkan pelestarian spesies menjadi mudah), sedangkan poin 2 terjadi karena poin 3 (pelestarian spesies yang menjadi mudah terjadi karena orang-orang-orang lebih mengenal spesies tersebut).

Berdasarkan penjelasan tersebut, gagasan pada kalimat (6) dapat diungkapkan melalui kalimat yang ada di pilihan jawaban D.

Pilihan jawaban A dan B tidak tepat karena terdapat ketidaksesuaian informasi Dalam pilihan jawaban A dan B, “penamaan yang menarik perhatian itu” menyebabkan dua hal, yaitu “orang-orang akan lebih mengenal spesies tersebut” dan “memudahkan pelestariannya”.

Pilihan jawaban C tidak tepat. Informasi dalam pilihan jawaban C tidak sesuai. Pada pilihan jawaban C, “penamaan yang menarik perhatian itu” menyebabkan “orang-orang akan lebih mudah mengenalnya”, lalu “orang-orang akan lebih mudah mengenalnya terjadi karena akan memudahkan pelestariannya”.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena terdapat informasi yang tidak sesuai dengan kalimat (6). Informasi pada pilihan jawaban E adalah “orang-orang akan mengenal spesies tersebut dan akan lebih mudah untuk melestarikannya” menjadi akibat dari “penamaan yang menarik perhatian itu”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.

(1) Infertilitas adalah masalah yang ditakuti oleh pasangan suami istri yang berharap mendapatkan momongan. (2) Banyak faktor yang dapat menyebabkan ketidaksuburan, salah satunya adalah obat-obatan yang rutin dikonsumsi. (3) Pada perempuan, siklus menstruasi dikontrol secara ketat oleh interaksi antara otak, ovarium, dan rahim. (4) Masalah kesehatan atau obat apa pun yang mengganggu komunikasi ini dapat berdampak buruk pada ovulasi dan membuat perempuan sulit untuk hamil.

(5) NSAID atau non-steroidal anti-inflammatory drugs adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. (6) Beberapa obat ini bisa didapatkan secara bebas tanpa resep dokter. (7) Perempuan muda yang secara rutin mengonsumsi NSAID dapat mengalami penurunan kesuburan. (8) Dijelaskan dalam laman WebMD, obat obatan NSAID dapat menghambat ovulasi dan menurunkan kadar hormon progesteron perempuan. (9) Efek ini sebenarnya tidak permanen, tetapi seorang perempuan tidak akan hamil jika dia terus menggunakan NSAID. (10) Oleh karena itu, perempuan yang berencana hamil disarankan untuk berhenti minum obat-obatan NSAID. 

Ami, E. (2021). Kenali 5 Obat yang Bikin Susah Hamil, Gunakan dengan Bijak. Diambil 20 Desember 2021 dari https://www.idntimes.com/health/medical/eka-amira/kenali-5-obat-yang-bikin-susah-hamil-c1c2.

 

4. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Kepaduan Paragraf (UTBK!)

Kalimat yang dapat melemahkan argumen pada paragraf pertama adalah ...

  1. Masa ovulasi sebaiknya digunakan sebaik mungkin agar peluang hamil menjadi lebih besar.
  2. Siklus menstruasi pada setiap perempuan berbeda-beda bergantung pada teratur atau tidaknya siklus tersebut.
  3. Tidak menutup kemungkinan konsumsi obat-obatan juga dapat membantu untuk memperbesar peluang kehamilan.
  4. Setiap obat memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga harus diteliti sebelum dikonsumsi.
  5. Stres berlebihan pun dapat mengganggu komunikasi antara otak, ovarium, dan rahim.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kalimat yang dapat melemahkan argumen adalah kalimat yang membantah pernyataan pada sebuah paragraf. Untuk menjawab soal seperti ini, kita perlu mengetahui hal apa yang dibicarakan pada paragraf yang hendak dilemahkan. Dalam soal ini, paragraf yang ditanyakan adalah paragraf pertama.

Ide pokok paragraf pertama adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan infertilitas pada perempuan adalah konsumsi obat-obatan. Pernyataan ini dapat dilemahkan oleh kalimat pada jawaban C karena jawaban C membicarakan obat-obatan, tetapi dari sisi yang lebih positif terhadap perempuan, yakni obat-obatan yang dapat membantu memperbesar peluang kehamilan.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak membicarakan obat-obatan sehingga kalimat ini tidak bisa digunakan untuk melemahkan argumen pada paragraf 1.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena tidak membicarakan obat-obatan, tetapi siklus menstruasi sehingga kalimat ini tidak bisa digunakan untuk melemahkan argumen pada paragraf 1.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena sifatnya memperkuat argumen yang ada di paragraf 1.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak membicarakan obat-obatan sehingga kalimat ini tidak bisa digunakan untuk melemahkan argumen pada paragraf 1.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

5. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Konsep: Hubungan Antarparagraf (UTBK!)

Mengapa perlu ditambahkan paragraf di antara kedua paragraf tersebut?

  1. Masalah ovulasi pada perempuan perlu dibahas lebih lanjut.
  2. Kaitan antara infertilitas dan obat-obatan secara umum harus dibahas.
  3. Perlu disebutkan NSAID yang kerap kali dikonsumsi oleh perempuan.
  4. Perlu dibahas obat-obatan yang termasuk ke dalam NSAID.
  5. Alasan NSAID berbahaya hanya pada perempuan.

 

Jawaban: C

Pembahasan: 

Informasi yang harus ditambahkan sebaiknya berupa informasi yang penting, tetapi belum ada di dalam teks. Sebelum menentukan gagasan utama yang tepat disisipkan di antara paragraf 1 dan 2 teks tersebut, kita harus mengetahui ide pokok paragraf 1 dan 2.

Paragraf 1 membicarakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan infertilitas pada perempuan adalah konsumsi obat-obatan, sedangkan ide pokok paragraf 2 adalah akibat bagi perempuan jika rutin mengonsumsi NSAID.

Di antara kedua paragraf itu perlu kita tambahkan sebuah paragraf yang membicarakan jenis obat-obatan apa saja yang termasuk NSAID dan sering dikonsumsi oleh perempuan. Informasi ini penting untuk disampaikan agar informasi dalam teks ini menjadi lengkap.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena informasi yang dijelaskan dalam teks adalah obat-obatan yang termasuk NSAID, bukan masalah ovulasi.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena membahas obat-obatan secara umum akan terlalu memperluas pembahasan.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena informasi tentang obat-obatan yang termasuk NSAID lebih tepat jika diletakkan setelah paragraf 2.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena informasi ini lebih tepat jika diletakkan setelah paragraf 2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Baca Juga: Contoh Soal UTBK Literasi Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK Penalaran Matematika

 

1. Topik: Bilangan

Subtopik: Konsep Kilat Operasi Hitung Bilangan (NEW!)

Perhatikan ilustrasi berikut!

Anggun membawa tiga buah barang, yaitu A, B, dan C yang beratnya berturut-turut 1.450 g, 0,5 kg, dan 3,2 kg ke WahAda Cargo untuk dikirimkan ke Cimahi. Berikut ini tabel yang menunjukkan biaya pengiriman barang.

1-Jan-06-2023-04-04-16-5003-AM

Apabila terdapat potongan harga sebesar 10% untuk setiap pengiriman barang, total biaya yang dikeluarkan Anggun untuk mengirimkan barang A, B, dan C secara terpisah adalah ....

  1. Rp28.060,00
  2. Rp30.060,00
  3. Rp33.400,00
  4. Rp35.490,00
  5. Rp37.700,00

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Diketahui bahwa barang A seberat 1.450 g barang B seberat 0,5 kg = 500 g dan barang C seberat 3,2 g = 3.200 g.

Total biaya yang dikeluarkan untuk mengirimkan barang A, B, dan C secara terpisah dapat dihitung sebagai berikut.

2-Jan-06-2023-04-04-16-5213-AM

Karena setiap pengiriman barang akan mendapatkan potongan harga sebesar , maka biaya yang dikeluarkan Anggun menjadi sebagai berikut.

3-Jan-06-2023-04-04-17-3068-AM

Dengan demikian, total biaya yang dikeluarkan Anggun untuk mengirimkan barang A, B, dan C secara terpisah adalah Rp30.060,00.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Bilangan

Subtopik: Konsep Kilat Operasi Hitung Bilangan (NEW!)

Perhatikan notasi atom berikut ini!

4-Jan-06-2023-04-04-16-5380-AM

Y: lambang atom

A: nomor massa

Z: nomor atom atau jumlah proton

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama banyak. Jumlah neutron dapat dihitung dengan menggunakan persamaan berikut.

7-Jan-06-2023-04-04-16-6122-AM

Isoton dari atom 5-Jan-06-2023-04-04-17-3622-AM adalah ....

6-Jan-06-2023-04-04-16-5949-AM

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Pada soal, diketahui persamaan sebagai berikut.

7-Jan-06-2023-04-04-16-6122-AM

Dari persamaan tersebut, didapat bahwa jumlah neutron bisa dihitung sebagai berikut.

8-Jan-06-2023-04-04-16-6090-AM

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama banyak. Jumlah neutron dari atom 5-Jan-06-2023-04-04-17-3622-AM dapat dihitung sebagai berikut.

9-Jan-06-2023-04-04-16-6537-AM

Jumlah neutron dari atom 5-Jan-06-2023-04-04-17-3622-AM adalah 30.

Dengan menggunakan persamaan yang sama, jumlah neutron pada opsi A sampai E adalah sebagai berikut.

10-Jan-06-2023-04-04-17-4658-AM

Dengan demikian, isoton dari atom 5-Jan-06-2023-04-04-17-3622-AM adalah  karena memiliki jumlah neutron yang sama, yaitu 30.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Aljabar

Subtopik: Konsep Kilat Persamaan dan Pertidaksamaan (NEW!)

Perhatikan notasi atom berikut ini!

4-Jan-06-2023-04-04-16-5380-AM

Y: lambang atom

A: nomor massa

Z: nomor atom atau jumlah proton

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama banyak. Jumlah neutron dapat dihitung dengan menggunakan persamaan berikut.

7-Jan-06-2023-04-04-16-6122-AM

Diketahui 12-Jan-06-2023-04-15-37-3458-AM merupakan isoton dari atom 13-Jan-06-2023-04-15-37-3685-AM.

Tentukan nilai kebenaran dari pernyataan-pernyataan berikut!

14-Jan-06-2023-04-15-37-4197-AM

Jawaban:

Pernyataan 2 dan 3 bernilai BENAR. Sementara itu, pernyataan 1 dan 4 bernilai SALAH.

Pembahasan Soal:

Pada soal, diketahui persamaan sebagai berikut.

7-Jan-06-2023-04-04-16-6122-AM

Dari persamaan tersebut, didapat bahwa jumlah neutron bisa dihitung sebagai berikut.

8-Jan-06-2023-04-04-16-6090-AM

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama banyak. Jumlah neutron dari atom 12-Jan-06-2023-04-15-37-3458-AM adalah sebagai berikut.

15-Jan-06-2023-04-15-37-4107-AM

Didapat jumlah neutron dari atom 12-Jan-06-2023-04-15-37-3458-AM adalah 12. 

Dengan menggunakan persamaan yang sama, jumlah neutron dari 13-Jan-06-2023-04-15-37-3685-AM dapat dihitung sebagai berikut.

16-Jan-06-2023-04-15-37-4220-AM

Didapat jumlah neutron dari atom 13-Jan-06-2023-04-15-37-3685-AM adalah -2p.

Karena diketahui 12-Jan-06-2023-04-15-37-3458-AM merupakan isoton dari atom 13-Jan-06-2023-04-15-37-3685-AM, maka jumlah neutron dari kedua atom haruslah bernilai sama. Oleh karena itu, jumlah neutron dari 13-Jan-06-2023-04-15-37-3685-AM adalah 12.

Dengan demikian, pernyataan 3 bernilai BENAR.


Karena sebelumnya didapat bahwa jumlah neutron dari atom 13-Jan-06-2023-04-15-37-3685-AM adalah -2p, maka didapat perhitungan sebagai berikut.

17-Jan-06-2023-04-15-37-4253-AM

Didapat bahwa nilai dari p adalah -6.

Dengan demikian, pernyataan 1 bernilai SALAH.


Karena p=-6, didapat bahwa notasi dari atom X dapat dituliskan sebagai berikut.

18-Jan-06-2023-04-15-37-3412-AM

Oleh karena itu, didapat bahwa nomor massa dari atom X adalah 26 dan jumlah proton dari atom X adalah 14.

Dapat diperhatikan bahwa nomor massa dari atom X lebih dari 20 sehingga pernyataan 4 bernilai SALAH.

Selanjutnya, untuk menentukan nilai kebenaran dari pernyataan 2, tentukan jumlah neutron dari 19-Jan-06-2023-04-15-37-3482-AM terlebih dahulu sebagai berikut. 

20-Jan-06-2023-04-15-37-4053-AM

Didapat bahwa jumlah neutron dari 19-Jan-06-2023-04-15-37-3482-AM adalah 22 sehingga berbeda dengan jumlah neutron dari X. Oleh karena itu, X bukanlah isoton dari 19-Jan-06-2023-04-15-37-3482-AM.

Dengan demikian, pernyataan 2 bernilai BENAR.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

4. Topik: Bilangan

Subtopik: Konsep Kilat Operasi Hitung Bilangan (NEW!)

Perhatikan notasi atom berikut ini!

4-Jan-06-2023-04-04-16-5380-AM


Y: lambang atom

A: nomor massa

Z: nomor atom atau jumlah proton

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama banyak. Jumlah neutron dapat dihitung dengan menggunakan persamaan berikut.

7-Jan-06-2023-04-04-16-6122-AM

Diketahui pula bahwa ion adalah atom yang memiliki muatan. Besar muatan umumnya dapat ditentukan dari notasi yang ditulis pada bagian kanan atas ion. Sebagai contoh, besar muatan dari ion 21-Jan-06-2023-04-21-35-3196-AM secara berurutan adalah -2, -1,  +1, dan +2.

Jumlah elektron dari ion dapat dihitung dengan persamaan berikut.

8-Jan-06-2023-04-04-16-6090-AM

Jumlah proton, elektron, dan neutron dari ion 22-Jan-06-2023-04-21-35-3501-AM secara berurutan adalah ....

  1. 19, 20, 18
  2. 20, 19, 18
  3. 18, 19, 39
  4. 19, 39, 18
  5. 19, 18, 20

 

Jawaban: E

Pembahasan Soal:

Dari ion 22-Jan-06-2023-04-21-35-3501-AM, diketahui nomor massanya adalah 39, nomor atom atau jumlah protonnya adalah 19, dan besar muatannya adalah +1. Jumlah elektron dari ion tersebut dapat dihitung sebagai berikut..

23-Jan-06-2023-04-21-35-3495-AM

Kemudian, jumlah neutron dari ion tersebut dapat dihitung sebagai berikut.

24-Jan-06-2023-04-21-35-3821-AM

Dengan demikian, jumlah proton, elektron, dan neutron secara berurutan adalah 19, 18, 20.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

5. Topik: Aljabar

Subtopik: Konsep Kilat Aritmatika Sosial (NEW!)

Perhatikan informasi berikut!

Pajak Penghasilan (PPh) berdasarkan UU PPh didefinisikan sebagai pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diperoleh dalam tahun pajak. Untuk Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), karyawan yang memiliki status belum menikah dan tidak memiliki tanggungan adalah Rp54.000.000,00 per tahun. PPh termasuk ke dalam pajak progresif sehingga tarif pajak yang akan makin naik sesuai dengan naiknya dasar pengenaan pajak. Diketahui perhitungan tarif PPh berdasarkan pasal 21 sesuai UU PPh didasari oleh Penghasilan Kena Pajak (PKP) dan disajikan dalam tabel berikut.

25-Jan-06-2023-04-23-09-7369-AM

Sebagai contoh, untuk penghasilan Andi setelah dikurangi PTKP adalah Rp300.000.000,00 per tahun, maka dikenakan tarif pajak sampai lapis ketiga, yaitu 25%. Pada tarif lapis pertama, Rp60.000.000,00 pertama dikenakan tarif pajak 5%. Kemudian, pada tarif lapis kedua, Rp190.000.000,00 berikutnya (dari 60 juta sampai 250 juta) dikenakan tarif pajak 15%. Selanjutnya, pada tarif lapis terakhir, sisa Rp50.000,000 dikenakan tarif pajak 25%.

Diketahui Egi adalah seorang karyawan tetap PT X dengan status belum menikah dan tidak memiliki tanggungan dengan penghasilan netto sebesar Rp 16.000.000,00 per bulan. Tarif pajak tahunan yang harus dibayarkan Egi adalah ....

  1. Rp6.900.000,00
  2. Rp9.600.0000,00
  3. Rp11.700.000,00
  4. Rp14.700.000,00
  5. Rp20.700.000,00

 

Jawaban: D

Pembahasan Soal:

Perhatikan bahwa penghasilan netto Egi sebesar Rp16.000.000,00 per bulan sehingga penghasilan Egi dalam setahun adalah sebagai berikut.

 26-Jan-06-2023-04-23-09-6546-AM

Karena Egi belum menikah dan tidak memiliki tanggungan, maka PTKPnya adalah Rp54.000.000,00 sehingga penghasilan kena pajaknya adalah sebagai berikut.

27-Jan-06-2023-04-23-09-6715-AM

Karena Penghasilan Kena Pajak (PKP) Egi lebih dari Rp60.000.000,00 dan kurang dari Rp250.000.000,00, maka Egi dikenakan tarif pajak progresif hingga tarif lapis kedua, yaitu 15%.

Untuk menghitung pajak penghasilannya, maka dibagi menjadi dua lapis tarif, yaitu lapis pertama (5%) dan sisa perhitungan lainnya dihitung dengan tarif lapisan kedua (15%) dengan perhitungan sebagai berikut.

Lapisan pertama: dikenakan tarif 5%.

28-Jan-06-2023-04-23-09-6751-AM

Lapisan kedua: dikenakan tarif 15%.

29-Jan-06-2023-04-23-09-6777-AM

Oleh karena itu, Pajak Penghasilan Egi secara progresif adalah sebagai berikut.

30-Jan-06-2023-04-23-09-7110-AM

Dengan demikian, Pajak Penghasilan Egi secara progresif adalah Rp14.700.000,00 per tahun.

Baca Juga: Contoh Soal UTBK Penalaran Matematika dan Pembahasannya

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK Pengetahuan & Pemahaman Umum

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1–2.

(1) Sebagian besar orang sering mengeluh karena terlalu sibuk. (2) Mereka umumnya ingin memiliki lebih banyak waktu luang. (3) Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa terlalu banyak waktu luang ternyata tidak lebih baik daripada terlalu sibuk. (4) Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Psychological Association, bertambahnya waktu luang memang dapat meningkatkan rasa bahagia. (5) Akan tetapi, perasaan itu hanya bertahan sampai titik tertentu. (6) Jika waktu luang yang dimiliki terlalu banyak, akan ada dampak buruk yang timbul.

(7) Untuk menyelidiki fenomena tersebut, para peneliti melakukan eksperimen daring yang melibatkan lebih dari 6.000 peserta. (8) Peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki waktu luang sedikit merasa lebih stres daripada mereka yang memiliki jumlah waktu luang sedang. (9) Sementara itu, mereka yang memiliki waktu luang banyak juga merasa kurang produktif daripada mereka yang berada dalam kelompok sedang. (10) Lebih lanjut, temuan tersebut menunjukkan bahwa berakhir dengan waktu luang sepanjang hari untuk melakukan hal-hal yang diinginkan ternyata dapat membuat seseorang merasa tidak bahagia. (11) Sebaliknya, orang harus berusaha untuk memiliki waktu luang dalam jumlah sedang agar dapat melakukan apa yang mereka inginkan. 

Jenihansen, R. (2021). Mengeluh Terlalu Sibuk? Terlalu Luang Ternyata Tidak Lebih Baik. Diambil 1 Desember 2021 dari https://nationalgeographic.grid.id/read/132884187/mengeluh-terlalu-sibuk-terlalu-luang-ternyata-tidak-lebih-baik?page=all.

1. Topik: Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Ide Pokok dan Simpulan

Topik bacaan tersebut adalah ....

  1. perbandingan antara orang yang memiliki waktu luang dengan orang yang sibuk 
  2. kelebihan dan kekurangan dari adanya waktu luang yang terlalu banyak 
  3. memiliki terlalu banyak waktu luang tidak lebih baik daripada terlalu sibuk 
  4. dampak buruk yang dialami oleh orang-orang yang memiliki waktu luang 
  5. Penelitian American Psychological Association tentang kesibukan dan waktu luang 

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan: Topik dari sebuah bacaan sama halnya dengan ide pokok atau gagasan utama bacaan tersebut. Untuk dapat menemukannya, pembaca perlu memahami ide pokok ataupun informasi penting dalam setiap paragraf, kemudian menyimpulkan inti bacaan berdasarkan hal-hal tersebut.

Bacaan pada soal tersebut terdiri dari dua paragraf. Paragraf 1 menyebutkan bahwa terlalu banyak waktu luang tidak lebih baik daripada terlalu sibuk. Dalam paragraf 1, disebutkan pula adanya dampak buruk dari waktu luang yang terlalu banyak. Sementara itu, paragraf 2 membahas penelitian tentang jumlah waktu luang yang terbaik untuk dimiliki oleh setiap orang. Dalam paragraf 2, dijelaskan bahwa memiliki waktu luang yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidak baik. Jumlah waktu luang yang paling ideal adalah jumlah yang sedang. Berdasarkan isi kedua paragraf, dapat disimpulkan bahwa topik bacaan tersebut adalah terlalu banyak waktu luang tidak lebih baik daripada terlalu sibuk.

Pilihan A tidak tepat. Bacaan dalam soal hanya menjelaskan bahwa sama halnya dengan terlalu sibuk, memiliki terlalu banyak waktu luang juga tidak baik. Namun, perbedaan antara orang yang memiliki waktu luang dan yang orang sibuk tidak dibahas dalam bacaan.

Pilihan B tidak tepat. Kelebihan dari memiliki waktu luang yang terlalu banyak tidak dibahas dalam bacaan. Bacaan pada soal hanya membahas adanya dampak negatif dari terlalu banyaknya waktu luang.

Pilihan D tidak tepat. Sesuai bacaan, waktu luang dapat menimbulkan dampak negatif atau dampak buruk jika ada dalam jumlah terlalu banyak. Namun, jika dimiliki dalam jumlah sedang, waktu luang tidak berdampak negatif. Jadi, topik pada pilihan D tidak sesuai dengan bacaan.

Pilihan E tidak tepat. Penelitian American Psychological Association hanya dibahas pada paragraf 2 sebagai bukti penguat dari gagasan yang dibahas dalam paragraf 1, yakni adanya dampak negatif dari waktu luang yang terlalu banyak. Jadi, topik pada pilihan E tidak mewakili keseluruhan bacaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Kata, Frasa, dan Makna

Subtopik: Konsep Kilat Makna

Makna yang sama dari kata dampak pada kalimat (6) terdapat pula pada kata ....

  1. impak 
  2. efek 
  3. imbas
  4. akibat 
  5. implikasi

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan: Setiap kata memiliki maknanya masing-masing. Selain itu, ada pula kata-kata tertentu yang memiliki makna yang sama dengan kata lain. Kata yang bermakna sama dengan kata lain disebut sinonim.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dampak memiliki tiga arti, yakni (1) ‘benturan’, (2) ‘pengaruh kuat yang mendatangkan akibat (baik negatif maupun positif)’, dan (3) ‘benturan yang cukup hebat antara dua benda sehingga menyebabkan perubahan yang berarti dalam momentum (pusa) sistem yang mengalami benturan itu’. Dalam bacaan, kata dampak muncul pada kalimat (6) yang berbunyi Jika waktu luang yang dimiliki terlalu banyak, akan ada dampak buruk yang timbul. Kata dampak pada kalimat tersebut bermakna ‘pengaruh kuat yang mendatangkan akibat’. Kata tersebut bersinonim atau bermakna sama dengan kata impak yang dapat berarti ‘pengaruh yang kuat; dampak’.

Pilihan B dan C tidak tepat. Salah satu makna kata efek adalah ‘akibat; pengaruh’. Sementara itu, salah satu makna kata imbas adalah ‘dorongan; akibat (tanpa disengaja terjadinya)’. Kata efek dan imbas mengacu pada makna ‘akibat’, sedangkan kata dampak mengacu pada makna ‘pengaruh kuat yang mendatangkan akibat’.

Pilihan D dan E tidak tepat. Kata akibat bermakna ‘sesuatu yang merupakan akhir atau hasil suatu peristiwa (pembuatan, keputusan); persyaratan atau keadaan yang mendahuluinya’, sedangkan kata implikasi bermakna ‘keterlibatan atau keadaan terlibat’ atau ‘yang termasuk atau tersimpul; yang disugestikan, tetapi tidak dinyatakan’. Makna kata akibat dan implikasi tidak mengacu pada pengaruh kuat yang mendatangkan akibat sehingga makna kedua kata tersebut berbeda dengan kata dampak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Kata, Frasa, dan Makna

Subtopik: Konsep Kilat Makna (NEW!)

Perumpamaan pada teks dapat ditemukan pada kalimat ....

  1. 6
  2. 7
  3. 9
  4. 11
  5. 13

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan: Perumpamaan adalah perbandingan atau pengibaratan. Dalam hal ini, perumpamaan menunjukkan adanya makna kias dalam suatu kata. Perumpamaan pada bacaan tersebut dapat ditemukan pada kalimat (13), yaitu keras. Kata keras pada kalimat (13) memiliki makna kias, yaitu ‘nyaring’.

Pilihan jawaban A tidak tepat. Frasa yang dapat dicurigai sebagai perumpamaan adalah hampir sekarat. Frasa hampir sekarat bermakna ‘nyaris menjelang kematian’. Kata sekarat pada frasa tersebut merujuk pada kata mati. Kata mati dapat bermakna ‘sudah tidak digunakan lagi (tentang bahasa dan sebagainya)’. Frasa hampir mati tidak memiliki makna kias sehingga tidak dapat dijadikan sebagai perumpamaan.

PIlihan jawaban B tidak tepat. Frasa yang dapat dicurigai sebagai perumpamaan pada kalimat 7 adalah terancam punah. Namun, terancam punah bukan merupakan perumpamaan, melainkan bermakna denotatif.

Pilihan jawaban C tidak tepat. Kata yang dapat dicurigai sebagai perumpamaan pada kalimat 9 adalah menghidupkan. Kata ini tidak memiliki makna kias. Kata menghidupkan bermakna ‘menjadikan hidup’.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak ada kata yang bermakna kias. Kata yang dapat dicurigai sebagai perumpamaan pada kalimat 11 adalah kata lahir. Namun, kata lahir bermakna denotatif, yaitu ‘muncul di dunia (masyarakat)’.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

4. Topik: Konjungsi dan Kalimat

Subtopik: Konsep Kilat Kalimat Efektif (NEW!)

Kalimat yang TIDAK efektif dalam bacaan tersebut adalah ….

  1. kalimat (4)
  2. kalimat (5)
  3. kalimat (6)
  4. kalimat (8)
  5. kalimat (12)

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan: 

Kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat dipahami maksudnya secara tepat oleh pembaca. Agar efektif, sebuah kalimat perlu ditulis dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kelogisan, kesejajaran, serta kehematan dan kecermatan. Kalimat yang tidak efektif dalam bacaan tersebut adalah kalimat (6). Secara umum, struktur kalimat (6) adalah K-S-P-K dengan analisis sebagai berikut: Namun (konjungsi antarkalimat), jika ditelusuri lebih lanjut (K), anggapan itu (S) mungkin muncul (P) karena banyak kasus kekerasan seksual pada laki-laki tak terungkap ke permukaan (K). Jika dirinci lebih lanjut, kalimat tersebut mengandung 1 induk kalimat serta 2 anak kalimat, yakni sebagai berikut.

  • Induk kalimat: anggapan itu (S) mungkin muncul (P)
  • Anak kalimat 1: jika (konj.) ditelusuri lebih lanjut (P)
  • Anak kalimat 2: karena (konj.) banyak (P) kasus kekerasan seksual pada laki-laki (S) tak terungkap (P) ke permukaan (K)

Pada anak kalimat kedua, terdapat dua predikat tanpa disertai konjungsi di antara keduanya. Hal tersebut menjadikan kalimat tidak efektif. Agar efektif, kata yang (konjungsi perluasan) dapat ditambahkan di belakang kata laki-laki sehingga struktur anak kalimat kedua akan menjadi seperti berikut: karena (konj.) banyak (P) kasus kekerasan seksual pada laki-laki (S) yang tak terungkap ke permukaan (Perluasan S). Sementara itu, kalimat (4), (5), (8), dan (12) sudah efektif.

  • Kalimat (4): Bahkan (konj.), berdasarkan data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2017 (K), untuk kelompok umur 13-17 tahun (K. tambahan), prevalensi kekerasan seksual (S) terlihat (P) lebih tinggi (Pel) pada laki-laki daripada perempuan (K).
  • Kalimat (5): Temuan-temuan tersebut (S) menjadi (P) menarik (Pel) karena laki-laki selama ini jarang dianggap sebagai korban kekerasan seksual (K).
  • Kalimat (8): Bahkan (konj.), ketika ada pun (K), data yang menunjukkan terjadinya kekerasan seksual pada laki-laki (S) seringkali diacuhkan (P).
  • Kalimat (12): Itulah (P) yang menjadikan sebagian laki-laki korban kekerasan seksual enggan melaporkan kasusnya (S).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK Penalaran Umum

 

1. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

Perhatikan teks berikut!

Melihat kucing tiba-tiba mengonsumsi rumput menimbulkan rasa kekhawatiran. Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya.

Handayani, R. (2021). Jika Kucing Lucumu Makan Rumput, Jangan Dicegah. Ini Alasannya!. Diambil 17 Desember 2021 dari https://bangka.sonora.id/read/502604161/jika-kucing-lucumu-makan-rumput-jangan-di-cegah-ini-alasannya?page=all.

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERKUAT hasil penelitian tersebut?

  1. Rumput menjadi makanan sehat bagi kucing karena mudah dicerna.
  2. Kucing yang muntah setelah memakan rumput memiliki usia yang lebih panjang.
  3. Kucing yang memakan rumput memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya.
  4. Pemilik kucing rajin memberikan rumput untuk membersihkan cacing parasit pada kucing.
  5. Pemilik kucing mencegah kucingnya untuk memakan rumput karena rumput tidak dapat dicerna kucing.

 

Pernyataan yang memperkuat adalah pernyataan yang bersifat mendukung. Hasil penelitian mengatakan bahwa kucing memakan rumput karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya. Berikut ini adalah hasil analisis dari setiap pilihan jawaban terhadap hasil penelitian.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak sesuai dengan hasil penelitian. Rumput dapat dikatakan menjadi obat bagi kucing untuk membersihkan pencernaannya karena rumput sulit dicerna sehingga pernyataan pada pilihan jawaban A tidak memperkuat hasil penelitian.

Pilihan jawaban B tepat karena menurut hasil penelitian, rumput yang dimakan kucing akan membuat kucing muntah sehingga dapat membersihkan pencernaannya. Dengan bersihnya pencernaan dan terbebas dari cacing parasit, kucing akan memiliki usia hidup yang lebih panjang. Oleh karena itu, pernyataan pada pilihan jawaban B memperkuat hasil penelitian.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena tidak memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menjelaskan tentang manfaat rumput bagi kebersihan pencernaan kucing, sedangkan pilihan jawaban C membahas tentang kucing yang memakan rumput memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak sesuai dengan hasil penelitian. Dalam hasil penelitian tidak dijelaskan mengenai pemilik kucing yang memberikan rumput untuk makan kucing. Dalam teks juga dikatakan bahwa tak jarang pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Artinya, kucing tidak diberikan makan rumput oleh pemiliknya, melainkan memakannya sendiri.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menjelaskan manfaat memakan rumput bagi kucing, sedangkan pernyataan pada pilihan jawaban E menjelaskan keadaan yang dikatakan pada kalimat kedua dalam teks.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

Perhatikan wacana berikut!

PT Eka Sari Lorena Transport Tbk mencatatkan bahwa keseluruhan nilai beban perusahaan dari layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) itu lebih tinggi ketimbang pendapatan pada masa pandemi. PT Weha Transportasi Indonesia Tbk, perusahaan layanan bus pariwisata, mengemukakan terjadinya perubahan pendapatan dari Rp71,9 miliar menjadi Rp70,5 miliar. Perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk, pendapatannya rontok 49,4 persen menjadi Rp2,1 triliun pada periode yang sama. Perusahaan taksi lain, PT Express Transindo Utama, berhasil menurunkan nilai kerugian pada 2020 lalu menjadi Rp53,2 miliar dari sebelumnya Rp276,1 miliar.

Firmansyah, L. M. (2021). Angkutan Darat Babak Belur Dihajar Pandemi, Menunggu Pelonggaran. Diambil 20 Desember 2021 dari https://lokadata.id/artikel/angkutan-darat-babak-belur-dihajar-pandemi-menunggu-pelonggaran.

 

Pernyataan berikut ini yang tepat untuk dijadikan KESIMPULAN dari wacana tersebut adalah ...

  1. Transportasi publik menjadi salah satu sektor usaha yang ikut terdampak pandemi Covid-19.
  2. Pendapatan perusahaan bus pariwisata pada tahun pandemi menurun lebih dari 50 persen.
  3. Pendapatan perusahaan taksi tidak sebanding dengan beban perusahaan sehingga mengalami kerugian.
  4. Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), semua jenis transportasi darat mengalami kerugian.
  5. Penurunan kinerja semua perusahaan transportasi antarprovinsi disebabkan karena pelaksanaan pembatasan sosial.

 

Untuk mengetahui kesimpulan yang sesuai dengan wacana, dapat diperiksa masing-masing pernyataan pada pilihan jawaban.

Pilihan jawaban A tepat. Perhatikan bahwa empat perusahaan yang disebutkan pada wacana tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi publik. Kemudian, diceritakan bahwa masing-masing perusahaan mengalami kerugian yang ditandai dengan frasa "... beban perusahaan ... lebih tinggi ketimbang pendapatan", "... perubahan pendapatan dari Rp71,9 miliar menjadi Rp70,5 miliar (terjadi penurunan).", "... pendapatannya rontok ...", dan "... berhasil menurunkan nilai kerugian ... (masih merugi)". Selain itu, semua itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang melanda negeri.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena dikatakan perusahaan bus pariwisata, padahal ada perusahaan taksi juga yang pendapatannya juga menurun akibat pandemi. Frasa perusahaan bus pariwisata tidak meliputi frasa transportasi publik pada umumnya.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena dikatakan perusahaan taksi, padahal ada perusahaan bus juga yang mengalami kerugian akibat pandemi. Frasa perusahaan taksi tidak meliputi frasa transportasi publik pada umumnya.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena dikatakan semua jenis transportasi darat, padahal ada kereta api yang juga merupakan transportasi darat, tetapi tidak diceritakan apakah mengalami kerugian atau tidak.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena dikatakan penurunan kinerja semua perusahaan transportasi antarprovinsi, padahal bisa jadi terdapat perusahaan transportasi antarprovinsi yang tidak mengalami penurunan kinerja pada masa pelaksanaan pembatasan sosial.  

Dengan demikian, pernyataan yang tepat untuk dijadikan KESIMPULAN berdasarkan wacana pada soal adalah Transportasi publik menjadi salah satu sektor usaha yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Penalaran Analitik

Subtopik: Konsep Kilat Penalaran Analitik (NEW!)

Berdasarkan data nilai matematika siswa di suatu sekolah, diketahui nilai Ahmad lebih tinggi dari nilai Bima. Nilai Dimas tidak lebih tinggi dari nilai Fina, tetapi lebih tinggi daripada nilai Erin. Nilai Bima sedikit lebih tinggi dari nilai Cici. Jika nilai Cici lebih tinggi dari nilai Fina, maka pernyataan berikut yang pasti benar adalah …

  1. Nilai kedua terendah didapat oleh Erin.
  2. Nilai Cici lebih rendah dari nilai Dimas.
  3. Nilai Dimas berada di urutan ketiga tertinggi.
  4. Fina memiliki nilai yang lebih tinggi daripada Ahmad.
  5. Dimas memiliki nilai yang lebih rendah dari nilai Bima.

 

Jawaban : E

Pembahasan :

Untuk menentukan pernyataan yang pasti benar berdasarkan teks tesebut, dibutuhkan urutan lengkap dari nilai-nilai tersebut.

Berdasarkan informasi pada soal, diketahui bahwa:

nilai Ahmad lebih tinggi dari nilai Bima,

nilai Bima sedikit lebih tinggi daripada nilai Cici,

nilai Cici lebih tinggi dari nilai Fina,

nilai Dimas tidak lebih tinggi dari Fina, dan

nilai Dimas lebih tinggi daripada nilai Erin.

Oleh karena itu, diperoleh urutan nilai dari yang tertinggi ke terendah sebagai berikut.

Ahmad - Bima - Cici - Fina - Dimas - Erin

Dengan demikian, pernyataan yang benar adalah Dimas memiliki nilai yang lebih rendah dari nilai Bima.

Alasan pilihan jawaban lain tidak tepat adalah sebagai berikut.

Pilihan jawaban A tidak tepat, karena nilai kedua terendah didapatkan oleh Bima, bukan Erin.

Pilihan jawaban B tidak tepat, karena nilai Ciri lebih tinggi dari nilai Dimas.

Pilihan jawaban C tidak tepat, karena Dimas berada diurutan kelima.

Pilihan jawaban D tidak tepat, karena Fina memiliki nilai lebih rendah dari Ahmad.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1—4.

(1) Indonesia memiliki kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. (2) Netizen Indonesia sering kali menggunakan kata wkwk (baca: weka-weka) untuk ekspresi kala gembira, senang dan geli tersebut. (3) Penggunaan kata wkwk di Indonesia bisa dikatakan sangat unik. (4) Warga dunia biasanya memilih istilah laugh out loud yang sering kali disingkat LOL atau haha untuk menggambarkan situasi tertawa. (5) Adapun, wkwk hanya digunakan orang Indonesia. (6) [...], dari mana kata wkwk itu berasal?

(7) Para anggota Quora asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut. (8) Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho menuturkan bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online. (9) Penggunaan kata haha dianggap sangat formal di dunia game. (10) Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata huehue dan huahua untuk ekspresi tertawa. (11) Nah, sama seperti gua menjadi gw, huruf U yang ada di huehue dan huahua diubah menjadi W sehingga pemain memilih menggunakan kata hwhwhw. (12) Kemudian, kata itu berubah lagi menjadi wkwk dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan haha. (13) Pemain game online bisa mengetikkan huruf W tanpa menggerakkan tangan kiri, sedangkan huruf K bisa diketik tanpa menggerakkan tangan kanan. 

Yusuf, O. (2021). Orang Indonesia Doyan Ketik "Wkwkwk" Saat Tertawa, Ini Asal-usulnya. Diambil 21 Desember 2021 dari https://tekno.kompas.com/read/2021/08/06/16470007/orang-indonesia-doyan-ketik-wkwkwk-saat-tertawa-ini-asal-usulnya.

1. Topik: Ejaan

Subtopik: Konsep Kilat Penggunaan Tanda Baca (NEW!), Konsep Kilat Penulisan Kata (NEW!)

Kalimat yang bebas dari kesalahan penulisan adalah ....

  1. (2)
  2. (4)
  3. (5)
  4. (11)
  5. (12)

 

Jawaban : D
Pembahasan :

Soal ini sangat umum. Kesalahan yang dimaksud bisa disebabkan ketidakefektifan, ketidakbakuan, atau kesalahan dalam penggunaan ejaan. Kalimat yang bebas dari kesalahan penulisan adalah kalimat (11).

  • Kalimat (2) kekurangan tanda koma di sebelum kata dan. Perincian yang lebih dari dua harus dipisahkan tanda koma pada setiap unsurnya.
  • Kalimat (4) mengandung singkatan LOL yang menggunakan huruf miring. Singkatan tidak menggunakan huruf miring meskipun merupakan singkatan yang berasal dari bahasa asing.
  • Kalimat (5) kelebihan tanda baca koma setelah kata adapun.
  • Kalimat (12) mengandung kesalahan pembentukan kata. Kata diketik tidak tepat karena kata dasarnya adalah tik bukan ketik. Imbuhan di- ditambahkan pada kata dasar tik menjadi ditik, bukan diketik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

2. Topik: Kata, Frasa, Makna, dan Konjungsi

Subtopik: Konsep Kilat Konjungsi (NEW!)

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat (6) agar padu adalah ....

  1. dengan demikian
  2. lantas
  3. jadi
  4. sebenarnya
  5. namun

 

Jawaban : B
Pembahasan :

Soal ini menanyakan konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada kalimat (6). Untuk menentukan konjungsi yang tepat, kita perlu mengetahui hubungan di antara kalimat (5) dan (6), (5) Adapun, wkwk hanya digunakan orang Indonesia. (6) [...], dari mana kata wkwk itu berasal?. Kalimat (5) membicarakan kata wkwk yang hanya digunakan di Indonesia. Kalimat (6) melanjutkan kalimat (5) dengan menanyakan dari mana asal kata wkwk tersebut. Konjungsi yang tepat untuk melanjutkan informasi adalah lantas yang bermakna lalu atau kemudian.

Pilihan jawaban A dan C tidak tepat karena konjungsi dengan demikian dan jadi digunakan untuk menunjukkan hubungan simpulan.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena konjungsi sebenarnya bukan merupakan konjungsi, melainkan adverbia. 

Pilihan jawaban E tidak tepat karena konjungsi namun digunakan untuk menunjukkan hubungan pertentangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

3. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ....

  1. anggota Quora berlomba menjawab asal katawkwk
  2. wkwk berasal dari komunitas game online 
  3. asal mula munculnya kata wkwk 
  4. wkwk muncul karena kebiasaan para pemain game online 
  5. salah satu pendapat mengenai asal kata wkwk 

 

Jawaban : E
Pembahasan :

Ide pokok adalah hal yang dibicarakan dalam sebuah teks atau paragraf. Ide pokok mencakup hal utama yang dibicarakan dan penjelasnya.

Paragraf kedua berisi penjelasan dari mana asal kata wkwk berasal. Penjelasan tersebut berasal dari seorang pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto. Artinya, asal kata wkwk dalam paragraf kedua merupakan sebuah pendapat yang dikemukakan oleh pengguna Quora tersebut.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena paragraf kedua tidak menjelaskan perihal pengguna Quora yang berlomba menjawab pertanyaan mengenai asal kata wkwk.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena kalimat ini berbunyi seakan-akan asal kata tersebut memang berasal dari sana, sedangkan pada awal kalimat dijelaskan bahwa itu hanya pendapat dari seorang pengguna Quora.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena paragraf 2 membicarakan pendapat netizen terkait asal mula kata wkwk.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena pernyataan tersebut merupakan penjelas bagi paragraf kedua.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

4. Topik: Kalimat dan Wacana

Subtopik: Konsep Kilat Kalimat (NEW!)

Gagasan utama kalimat (8) adalah …

  1. Salah satu pengguna Quora bernama Dio Wijayanto.
  2. Dio Wijayanto Nugroho menuturkanwkwk lahir di komunitas game online.
  3. Pengguna Quora menuturkan wkwk lahir di komunitas game online.
  4. Kata wkwk lahir di komunitas game online.
  5. Nugroho menuturkan kata wkwk di komunitas game online.

 

Jawaban : D
Pembahasan :

Gagasan utama kalimat adalah hal pokok yang dibicarakan dalam sebuah kalimat. Gagasan utama dalam sebuah kalimat biasanya terletak pada unsur intinya, yakni subjek dan predikat. Akan tetapi, pada sebuah kalimat aktif transitif tersebut terdapat kata bahwa sebagai kata penghubung untuk mendahului anak kalimat yang menjadi pokok kalimat. Oleh karena itu, gagasan utamanya terletak pada klausa objek tersebut.

Kalimat Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho menuturkan bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online. mengandung objek yang diperluas. Dengan demikian, gagasan utama pada kalimat ini terletak pada klausa objeknya. Secara keseluruhan, struktur kalimat tersebut adalah

  • Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho → subjek
  • menuturkan → predikat
  • bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online → objek

Analisis klausa anak perluasan objeknya adalah

  • kata wkwk → subjek
  • lahir → predikat
  • di komunitas game online → keterangan.

Jadi, yang dibicarakan adalah kata wkwk lahir di komunitas game online. Keterangan pada kalimat tersebut berfungsi untuk memperjelas kalimatnya. Sementara itu, pilihan jawaban A, B, C, dan E tidak tepat karena subjek yang digunakan bukan kata wkwk

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif

1. Subtopik: Bilangan

Level: HOTS

Nilai dari 1-Dec-13-2021-03-44-57-67-AM adalah ....

  1. 1.000.001
  2. 999.999
  3. 999.001
  4. 999.000
  5. 899.999

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Ingat bahwa 2-Dec-13-2021-03-44-57-76-AM

Dengan menggunakan rumus pemfaktoran tersebut, dimana  a = 999 dan b = 1, diperoleh perhitungan berikut.

 3-Dec-13-2021-03-44-57-97-AM

Dengan demikian, nilai dari 1-Dec-13-2021-03-44-57-67-AM adalah 999.001.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-13-2021-04-08-38-43-AM

2. SubtopikStatistika

Level: HOTS

Rata-rata lima bilangan asli adalah 12. Jika bilangan asli ditambahkan ke dalam data tersebut, maka rata-rata enam bilangan tersebut merupakan bilangan bulat positif. Nilai y terkecil yang mungkin adalah ....

  1. 0
  2. 1
  3. 6
  4. 12
  5. 18

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Misal kelima bilangan tersebut adalah abcd, dan e. Diketahui bahwa rata-ratanya adalah 12, maka diperoleh hasil perhitungan sebagai berikut.

 4-Dec-13-2021-03-44-58-11-AM

Kemudian, diketahui jika ditambahkan suatu bilangan y ke dalam data tersebut, rata-ratanya merupakan bilangan bulat positif. Perhatikan hasil perhitungan berikut!

 5-Dec-13-2021-03-44-58-03-AM

Agar 6-Dec-13-2021-03-44-57-78-AM merupakan bilangan bulat positif dengan y merupakan bilangan asli, maka nilai  haruslah bilangan yang habis dibagi 6, yaitu bilangan kelipatan 6.

Bilangan asli kelipatan 6 dimulai dari 6, 12, 18 dan seterusnya.

Dengan demikian, nilai  terkecil yang mungkin adalah 6.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-13-2021-04-08-38-43-AM

3. SubtopikGeometri

Level: HOTS

In the coordinate plane, line passes through the origin and perpendicular to a line that has slope -3. If points (-6, b) and (a, 1) are on line g, then the value of a - b is ....

  1. -15
  2. 1
  3. 5
  4. 16
  5. 21

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Diketahui bahwa "line g passes through the origin and perpendicular to a line that has slope -3".

Artinya, garis g melalui titik asal, yaitu (0, 0) dan tegak lurus dengan suatu garis yang memiliki gradien -3.

Ingat bahwa pada dua garis yang saling tegak lurus, berlaku 7-Dec-13-2021-03-44-57-88-AM

Oleh karena itu, gradien garis g dapat ditentukan sebagai berikut.

 8-Dec-13-2021-03-44-57-87-AM

Karena garis g melalui titik asal (0, 0) dan memiliki gradien 9-Dec-13-2021-03-44-58-24-AM maka persamaan garis g dapat ditentukan sebagai

 10-Dec-13-2021-03-44-58-33-AM

Kemudian, diketahui pula bahwa "points (-6, b)  and (a, 1) are on line g".

Artinya, titik (-6, b)  dan (a, 1) berada pada garis g.

Selanjutnya, nilai a dan b dapat ditentukan sebagai berikut.

 11-Dec-13-2021-03-44-58-25-AM

Pada soal, yang ditanyakan adalah "the value of a - b".

Artinya, nilai dari a - b, yaitu sebagai berikut.

 12-Dec-13-2021-03-44-58-48-AM

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Oct-03-2022-10-54-15-87-AM

Oke, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian Tes Skolastik, poin-poin materi yang akan diujikan, serta kumpulan contoh soal UTBK-SNBT 2023. Gimana guys, masih bingung cara jawabnya atau mau latihan soal Skolastik UTBK lebih banyak dan lengkap dengan pembahasannya? Yuk, langsung asah kemampuanmu dan siapkan amunisi bersama dengan gabung ke Pelatnas UTBK

Pelatnas UTBK

Referensi:

Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN. Youtube Kemendikbud RI. [daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=fEuQ3ASlfVk&t=2691s (Diakses:7 September 2022)

Mengenal Tes Skolastik di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes [daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6294194/mengenal-tes-skolastik-di-seleksi-nasional-berdasarkan-tes-2023 (Diakses: 19 September 2022)

Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/10/080000671/mengenal-tes-skolastik-di-sbmptn-2023-pengganti-tes-mata-pelajaran?page=all (Diakses: 19 September 2022)

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)