Pengertian Kelompok Sosial, Tujuan, Ciri, Syarat & Faktor Pembentuk | Sosiologi Kelas 11

Pembentukan Kelompok Sosial

Yuk, cari tahu apa itu kelompok sosial, tujuan, ciri-ciri, syarat, faktor terbentuk, disertai contohnya di artikel Sosiologi kelas 12 berikut ini!

 

Kira-kira manusia bisa nggak sih hidup sendiri? Menurut kamu gimana? Yakin bisa? Jawabannya nggak bisa ya, gengs. Kita sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan bantuan orang lain di kehidupan kita sehari-hari. Itulah alasannya mengapa manusia membentuk kelompok sosial.

Mulai dari keluarga, teman-teman terdekat, hingga keanggotaan di suatu perkumpulan resmi di masyarakat, semua itu adalah macam-macam kelompok sosial yang terbentuk secara sengaja maupun tidak sengaja. Nah, sekarang simak yuk apa itu kelompok sosial, tujuan, ciri-ciri, alasan pembentukannya, hingga contohnya. Cuss!

 

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah kumpulan dua orang atau lebih yang membentuk suatu kesatuan dan saling melakukan interaksi sosial.

Dalam buku berjudul Sosiologi Suatu Pengantar, pengertian kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto adalah kesatuan manusia yang saling hidup bersama karena saling berhubungan secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

 

Syarat Kelompok Sosial

Nah, ada tiga kata kunci nih dari pengertian di atas yang menjadi syarat terbentuknya kelompok sosial, di antaranya:

  • 1. Terdiri dari dua orang atau lebih, berarti kalau sendiri bukan kelompok sosial ya.
  • 2. Membentuk kesatuan atau grup berdasarkan kesamaan, baik itu kesamaan sekolah, tempat tinggal, keturunan, hobi, dan sebagainya.
  • 3. Adanya interaksi sosial yang intens, baik itu antarindividu, antarkelompok, atau individu dengan kelompok.

pengertian dan syarat terbentuknya Kelompok Sosial

Baca Juga: Mengenal Sifat dan Fungsi Stratifikasi Sosial | Materi Sosiologi Kelas 11

 

Tujuan Kelompok Sosial

Tujuan kelompok sosial dapat bervariasi tergantung pada jenis kelompok, lingkungan sosial, atau tujuan masing-masing individu saat bergabung dengan kelompok tersebut. Berikut beberapa tujuan umum dari kelompok sosial, meliputi:

1. Pertemanan dan Dukungan Sosial

Kelompok sosial seringkali dibentuk untuk menciptakan hubungan sosial yang positif, membangun persahabatan, dan menyediakan dukungan emosional (support system) bagi para anggotanya.

Misalnya, kelompok food vlogger dibentuk untuk berbagi minat dan ketertarikan yang sama. Orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut bisa saling sharing seputar rekomendasi tempat makan terbaik, hingga makanan populer saat ini.

2. Pertukaran Informasi dan Pengetahuan

Nah, masih ada kaitannya dengan poin di atas, nih. Kelompok sosial adalah wadah untuk berbagi informasi, pengalaman, dan pengetahuan antar anggotanya. Dengan berkomunikasi dan berinteraksi dalam kelompok, individu dapat belajar dan mengembangkan pemahaman tentang berbagai topik.

Contohnya seperti kelompok food vlogger yang saling berbagi tips membuat konten, rekomendasi tempat makan enak, atau makanan yang sedang viral.

3. Identitas dan Jati Diri

Kelompok sosial membantu seseorang merasa diakui dan diterima oleh orang lain. Seringkali, kelompok sosial juga berperan dalam membentuk identitas dan jati diri individu. Seseorang jadi punya perasaan subjektif yang kuat tentang diri sendiri.

4. Kerja Sama dan Kolaborasi

Umumnya, kelompok sosial akan saling bekerja sama dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang lebih besar dari apa yang bisa dicapai oleh individu secara mandiri.

Misalnya, divisi acara dalam acara pensi di sekolah. Para anggota akan bekerjasama agar acara pensi dapat sukses. Mulai dari membuat tema, susunan acara, hingga mencari bintang tamu.

5. Keamanan dan Perlindungan

Bergabung dengan kelompok sosial dapat memberikan rasa keamanan dan perlindungan, karena anggota kelompok bersama-sama dapat melindungi diri dari potensi ancaman atau bahaya.

 

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Lalu, kenapa sih seseorang bisa tergabung atau membentuk kelompok sosial. Ternyata, ada faktor pembentuk kelompok sosial yang bisa dijadikan alasan, di antaranya:

1. Kesamaan Genealogi

Genealogi artinya keturunan atau ikatan darah. Contoh kelompok sosial genealogi adalah keluarga atau marga. Misalnya, Putri dan Devi sama-sama dari Medan dan memiliki marga Lubis, berarti mereka berdua termasuk ke dalam kelompok sosial karena memiliki kesamaan genealogis.

2. Kesamaan Geografis

Faktor kesamaan geografis dibagi jadi dua, yatu:

a) Berdasarkan wilayah tempat tinggal saat ini

Faktor kesamaan geografis berdasarkan wilayah tempat tinggal saat ini merujuk pada anggota yang saat ini tinggal di tempat yang sama dan berdekatan sehingga bisa saling berkomunikasi secara intens.

Contohnya seperti kelompok Pemuda RT yang tempat tinggalnya berdekatan dan sering bertemu untuk membuat suatu acara, meskipun setiap anggotanya mungkin memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

b) Berdasarkan wilayah asal

Kelompok sosial berdasarkan wilayah asal dibentuk oleh perantau dari wilayah yang sama di tempat baru untuk memudahkan komunikasi dengan orang dari daerah yang sama.

Contohnya seperti Ikatan Mahasiswa di Jerman yang dibentuk oleh mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jerman.

3. Kesamaan Kepentingan

Kelompok sosial yang dibentuk berdasarkan kesamaan kepentingan bisa merujuk pada kesamaan hobi dan pekerjaan.

Misalnya, kelompok pecinta kucing yang membentuk kelompok untuk kepentingan mencari teman dan pengetahuan seputar perawatan hewan peliharaan kesayangannya.

4. Kesamaan Keyakinan atau Agama

Kelompok sosial berdasarkan keyakinan atau agama adalah kelompok gabungan dari orang-orang dari agama yang sama untuk mempermudah aktivitas ibadah. Misalnya, seperti ikatan remaja masjid di sebuah daerah.

faktor Pembentukan Kelompok Sosial

 

Setelah mengetahui faktor terbentuknya kelompok sosial, sekarang kamu juga harus paham nih ciri-ciri dari kelompok sosial yang teratur dan tidak teratur. Keep scrolling!

Baca Juga: Faktor Pendorong Terbentuknya Kelompok Sosial | Materi Sosiologi Kelas 11

 

Ciri-Ciri dan Contoh Kelompok Sosial Teratur

Umunya, kelompok sosial yang ada di masyarakat termasuk ke dalam kelompok sosial teratur. Kelompok sosial teratur adalah kelompok yang memiliki struktur, aturan, dan norma yang terorganisir dengan baik. Anggota kelompok sosial teratur biasanya memiliki peran dan tanggung jawab yang ditentukan, serta tujuan bersama yang jelas.

Lalu, apa saja sih ciri-ciri kelompok sosial teratur?

1. Kesadaran sebagai Anggota

Maksudnya adalah kamu mengakui bahwa kamu adalah bagian dari sebuah kelompok, dan orang lain juga mengakui kamu sebagai bagian dari mereka.

2. Hubungan Timbal Balik

Artinya ada interaksi yang intens antar anggota dalam kelompok. Interaksi ini nggak harus selalu tatap muka ya, tapi interaksi lewat chat group atau video call juga bisa.

3. Struktur, Norma, dan Perilaku

  • – Struktur: pembagian peran dalam kelompok.
  • – Norma: pedoman tingkah laku untuk seluruh anggota.
  • – Pola perilaku: aktivitas dalam kelompok.

 

bentuk kelompok sosial

 

Beberapa contoh kelompok sosial teratur, di antaranya OSIS, kelompok kegiatan ekstrakurikuler, organisasi non-pemerintahan seperti UNICEF, PBB, kelompok sosial di tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

 

Ciri-Ciri dan Contoh Kelompok Sosial Tidak Teratur

Selain kelompok sosial teratur, ada juga nih kelompok sosial tidak teratur. Kelompok sosial tidak teratur adalah kelompok yang tidak memiliki struktur formal atau aturan yang ketat. Kelompok semacam ini sering terbentuk secara spontan dan bisa bersifat sementara.

Jadi, dalam kelompok sosial tidak teratur, nggak ada pengorganisasian dalam kelompok, ya. Kelompok sosial tidak teratur terbentuk hanya karena adanya kesamaan kepentingan atau situasi sementara antarindividu.

Contoh kelompok sosial tidak teratur, di antaranya antrean di kasir atau di stasiun, geng remaja, aksi protes (demonstrasi), grup diskusi online, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kelompok Sosial berdasarkan Cara Pembentukannya | Materi Sosiologi Kelas 11

Gimana, sudah paham kan sekarang mengenai pengertian kelompok sosial, tujuan, faktor pembentuk kelompok sosial, ciri-ciri, hingga contohnya. Kalau kamu masih ada poin yang membingungkan, tenang, kamu masih bisa belajar dengan Konsep Kilat dan video belajar Adapto di ruangbelajar. Cuss buruan buka aplikasinya!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Suhardi dan Sri Sunarti. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Budiyono. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Raharjo, Puji. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Waluya, Bagja. Sosiologi 2 Menyelami dan Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas XI SMA/MA Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

 

Artikel ini terakhir diperbarui pada 31 Juli 2023.

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D