Membahas Teks Eksplanasi & Contohnya, Lengkap! | Bahasa Indonesia Kelas 8

Teks Eksplanasi

Artikel Bahasa Indonesia kelas VIII ini menjelaskan tentang teks eksplanasi, meliputi definisi, ciri-ciri, struktur teks, serta beberapa contohnya.

--

Pernahkah kamu membaca teks atau berita tentang bencana alam, seperti gempa bumi atau tsunami? Atau kamu pernah membaca teks tentang unjuk rasa di suatu daerah? Yap, teks yang memuat informasi tadi disebut dengan teks eksplanasi. Jadi, apa sebenarnya teks eksplanasi? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

 

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Selain itu, pada teks eksplanasi juga dijelaskan bahwa antara peristiwa satu dengan peristiwa lainnya masih berkorelasi atau berkaitan. Dalam hal ini, munculnya suatu peristiwa disebabkan karena ada peristiwa lain sebelumnya, begitu pun peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri, yaitu sebagai berikut:

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Baca juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi beserta Strukturnya

 

Contoh Teks Eksplanasi

Tsunami

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa. Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.

Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menyebabkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami, makin besar pula banjir atau kerusakan yang terjadi saat menghantam pantai.

Tsunami memang telah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.

Baca juga: Cara Membuat Teks Cerita Fantasi

 

Struktur Teks Eksplanasi

Dari contoh teks eksplanasi di atas, kita dapat melihat bahwa struktur teks ekplanasi adalah:

 

1. Pernyataan Umum

Berisi penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Dalam contoh teks di atas, penjelasan umum yang dituliskan dalam teks berupa gambaran secara umum mengenai pengertian tsunami, mengapa tsunami terjadi, dan bagaimana proses terjadinya peristiwa tsunami tersebut.

2. Deretan Penjelas

Menjelaskan proses mengapa dan bagaimana peristiwa tsunami bisa terjadi atau tercipta. Selain itu, deretan penjelas juga mendeskripsikan dan merinci sebab akibat dari peristiwa tsunami tersebut sehingga tidak heran jika pada bagian ini jumlah paragrafnya lebih dari satu.

3. Interpretasi (Opsional)

Interpretasi adalah tindakan memberikan tanggapan secara teoritis terhadap sesuatu. Dalam teks eksplanasi, bagian interpretasi ini menjadi penutup yang bersifat pilihan (opsional) dan bukan keharusan. Adapun teks penutup ini berkaitan dengan  intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas, sedangkan sifatnya yang opsional memberikan keleluasaan bagi penulis dalam hal menanggapi isi dari pernyataan umum dan deret penjelas, baik itu berupa tanggapan maupun pengambilan kesimpulan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Semua informasi yang ada pada teks eksplanasi merupakan fakta yang benar-benar terjadi dan bukan karangan. Jadi, berita hoax mengenai suatu fenomena alam dan sosial tidak termasuk ke dalam teks eksplanasi. Sudah paham, kan? Yuk, belajar mengenai jenis teks lainnya di ruangbelajar. Kalian bisa belajar dengan video beranimasi yang seru lho. Ada juga latihan soal dan rangkumannya untuk membuat belajar jadi mudah.

ruangbelajar

Referensi:
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Artikel diperbarui 10 Januari 2022

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)