10 Tips agar Waktu Belajar Lebih Efektif Selama Ujian

Tips Belajar - Tips Agar Waktu Belajar Lebih Efektif Selama Ujian

Bingung gimana cara agar waktu belajarmu bisa berjalan lebih efektif? Yuk, intip tips agar kamu dapat lebih efektif dalam belajar, khususnya selama mempersiapkan ujian!

Hampir setiap hari kamu telah menghabiskan rata-rata 6-8 jam untuk belajar. Nah, ketika musim ujian tiba, seperti saat PTS atau PAS, kamu ‘dipaksa’ harus belajar semakin lama dan sesering mungkin. Guna mengulang kembali semua pelajaran yang telah dilewati. Tentu akan sangat tidak efektif jika kamu menghabiskan semalam suntuk untuk mempersiapkan ujian di keesokan harinya. Lebih baik, coba tujuh tips sederhana untuk belajar efektif di masa ujian ini yuk!

1. Membuat jadwal kegiatan harian

Siapa di antara kamu yang suka membuat ‘to do list‘ atau daftar pekerjaan sehari-hari? Hal ini, dapat membantumu supaya lebih disiplin dan produktif loh, terutama dalam belajar. Kamu bisa menyusun jadwal harian secara tepat, kalau perlu dari bangun tidur sampai tidur lagi, agar kegiatanmu lebih terorganisir. Kamu juga bisa tentukan nih, waktu mulai belajar, durasi/lama waktu belajarnya, mau belajar apa, dan targetnya. Usahakan jadwal kegiatan harian ini dilakukan secara rutin dan disiplin ya, supaya menjadi kebiasaan sehari-hari.

2. Belajar 30 menit

Sebuah studi dari Kansas State University merekomendasikan untuk memberikan spesifik waktu untuk belajar setiap mata pelajaran. Alasannya, agar dapat tetap fokus pada satu topik. Pada dasarnya, otak kita hanya dapat menyerap informasi secara efektif selama 15 menit pertama dan 15 menit terakhir ketika belajar.

Artinya, semua yang kamu pelajari di tengah-tengah waktu tersebut adalah yang paling mudah untuk kamu lupakan dengan cepat. Otak kita tidak melulu mampu menyerap banyak hal di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, bisa gunakan waktu selama 30 menit.

Baca Juga: Tips Belajar #30MenitBisa, Simak Yuk!

3. Buat skala prioritas

Agar waktu belajarmu bisa berjalan lebih efektif, kamu juga bisa membuat skala prioritas. Caranya, kamu urutkan hal-hal yang perlu kamu kerjakan dari yang paling penting. Nah, hal yang terpenting ini, berarti harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Misalnya, dalam belajar untuk menghadapi ulangan Matematika. Kamu pasti sudah mendapatkan kisi-kisi, materi/topik apa saja yang akan dikeluarkan di ujian nanti kan. Dari sini, kamu bisa mengurutkan terlebih dahulu nih, materi apa saja yang belum kamu kuasai untuk lebih dulu dipelajari. Jadi, persiapan kamu jauh lebih mantap, deh!

4. Beri jeda

Setelah 30 menit kamu fokus belajar, ambil istirahat sejenak dengan melakukan kegiatan lainnya yang menyegarkan daya ingat kamu. Misalnya dengan membaca satu bab dari novel favorit yang belum selesai dibaca atau menyanyikan dua buah lagu. Menyerap informasi separuh demi separuh, lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menyerap seluruhnya secara langsung. Agar kamu dapat memaksimalkan kinerja otak di 30 menit selanjutnya, istirahat sejenak ini pasti sangat berguna.

5. Pasang timer saat mengerjakan tugas atau soal sulit

Ketika menghadapi deadline tugas atau soal tertentu yang cukup sulit, kamu pasti sibuk memusingkan bagaimana menyelesaikannya dalam sisa waktu yang tersedia. Pasanglah timer selama 30 menit untuk kamu secara khusus mengerjakan tugas dan soal tersebut. Ingat, fokus untuk mengerjakan tugas atau soal itu saja ya!

6. Atur waktu

Tips agar waktu belajar efektif - Atur waktu

Siapkan alarm, buku pelajaran, dan nutrisi untuk tubuh (Sumber: freepik.com)

Daripada semalam suntuk kamu mempelajari satu mata pelajaran penuh, sebaiknya kamu bagi ke dalam beberapa bagian di waktu yang berbeda. Misalnya, di malam hari kamu menghabiskan waktu dua jam saja, termasuk jeda di antara 30 menitnya; dan di siang hari kamu lakukan yang sama. Manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan nutrisi lainnnya untuk tubuhmu dengan tidur yang cukup, dan makan makanan yang bergizi.

Baca Juga: 6 Cara Menghindari Panik dan Blank saat Mengerjakan Ujian!

7. Belajar di meja belajar

Memang, duduk di kasur dengan sebuah meja lipat di pangkuanmu terasa lebih nyaman. Namun kenyamanan yang ‘berlebihan’ tersebut justru akan membaurkan daya fokus kamu ketika belajar. Gunakan tempat tidurmu hanya untuk beristirahat dan manfaatkan meja belajarmu ya. Jika kamu tetap memilih untuk belajar di tempat tidur, kamu akan memakan waktu cukup lama untuk melawan kenyamanan tersebut.

8. Pahami materi, bukan menghafal

Tahukah kamu, saat kita menghafal materi, itu akan lebih cepat disimpan otak, tapi lebih mudah juga untuk melupakannya. Sementara itu, memahami materi mungkin akan jauh lebih sulit, tapi ketika kamu benar-benar paham, kamu akan jauh lebih menguasai beragam tipe soal dan mampu mengingatnya dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, saat belajar, gunakan waktu seefektif mungkin untuk memahami materi, ya. Jika sulit, kamu bisa ajak temanmu yang lebih jago terhadap materi itu, atau tanya guru privat.

9. Buku pelajaran dan buku tulis

Belajar sambil menulis ulang poin-poin penting juga akan menambah daya serap kamu pada saat proses belajar berlangsung. Kamu bisa tempelkan sticky notes warna-warni di dalam buku pelajaran agar lebih semangat. Tulis di tempat yang sering kamu lihat ya.

10. Bijak menggunakan gadget

Kemajuan zaman membuatmu semakin erat dengan gadget, seperti ponsel dan laptop. Daripada hanya dipakai untuk bermain games dan media sosial, mending manfaatin gadget kamu untuk belajar. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi belajar online di Ruangguru.

Selamat mencoba! Kalau sudah bisa mengatur waktu belajar dengan efektif, jangan lupa juga untuk maksimalkan belajarmu dengan ruangbelajar. Lewat ribuan video belajar beranimasi yang dapat membantumu untuk memahami konsep/teori secara menyeluruh dan dibantu oleh ribuan latihan soal!

CTA ruangbelajar

Sumber foto:

Foto belajar 30 menit [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-photos-vectors/study (Diakses: 20 September 2021)

Ruangguru