Tips Belajar Efektif Ala Nada, Peraih Skor Sempurna 1.000 di UTBK-SNBT 2023

tips belajar efektif untuk persiapan utbk

Nada adalah salah satu pengguna Ruangguru yang berhasil meraih skor 1.000 di UTBK-SNBT 2023. Ia membagikan tips belajar efektif yang membuatnya sukses mendapatkan skor sempurna di UTBK tahun ini. Yuk, simak ceritanya!

 

Nadila Nada Zuhayra atau yang akrab dipanggil Nada, baru-baru ini telah menarik perhatian berbagai pihak setelah dirinya meraih skor 1.000 pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 subtes Pengetahuan Kuantitatif.

Siswa asal MAN 2 Kota Malang ini berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta atas penorehannya ini.

“Alhamdulillah. Bersyukur banget karena awalnya tidak percaya bisa dapat skor tersebut. Namun, pastinya juga seneng banget karena hasil kerja kerasku terbayar setelah selama enam bulan aku sudah berusaha mempersiapkan diri dengan belajar dan mengerjakan soal-soal,” ujar Nada.

Saat ditanya terkait kiat meraih nilai sempurna UTBK SNBT 2023, Nada tidak sungkan untuk membagikan rahasia belajar kepada Ruangguru. Yuk, simak tips belajar Nada berikut! 

 

1. Membuat Jadwal dan Rencana Belajar

Biasanya aku membuat jadwal review materi dan latihan soal dengan membaginya berdasarkan subtes, meluangkan 2 hari untuk tryout online dari berbagai sumber dan juga melakukan pembahasan tryout berdasarkan subtesnya. Biasanya sepulang sekolah pada pukul 15.00, aku pergi ke tempat les. Di sana aku belajar dari pukul 16.00 hingga 19.00 WIB. Setelah itu, aku melanjutkan belajar selama kurang lebih satu jam di rumah. Pokoknya, ini rutinitas yang selalu aku jalani selama kurang lebih 6 bulan,” terang Nada. 

Jadwal belajar pada dasarnya berguna untuk membentuk kesadaran mental dan menentukan strategi yang tepat dengan sisa waktu yang kita punya hingga UTBK dilaksanakan. Salah satu cara yang Nada biasa lakukan untuk mengatur rencana belajar adalah dengan menghitung waktu yang kita miliki sampai ujian, lalu tarik mundur hingga sekarang.

Misalnya, kita ingin menguasai topik A hingga Z dalam kurun waktu 60 hari. Petakan dan cari tahu langkah-langkah dalam 60 hari itu apa saja. Misalnya, 30 hari pertama fokus membaca materi dan menonton video, kemudian 30 hari terakhir fokus di latihan soal saja.

Baca Juga: 7 Tips Lulus UTBK yang Perlu Kamu Lakukan

 

2. Kenali Tipe-Tipe Soal yang Akan Muncul

Semakin banyak latihan yang dikerjakan, kita akan semakin familier dengan berbagai bentuk soal. Aku juga cukup beruntung untuk dapat memanfaatkan tempat les untuk mempelajari lebih dalam tipe-tipe soal yang mungkin akan diujikan. Berbagai contoh soal sekarang sudah sangat mudah ditemukan, bisa dari buku-buku, latihan dari sekolah ataupun bisa didapat online secara gratis,” lanjut Nada.

Mengikuti berbagai Tryout UTBK merupakan hal yang sangat penting. Meskipun mungkin kita sudah terlalu sering mendengar anjuran ini, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa tryout sangat berfungsi untuk mengetahui variasi soal dalam latihan.

Untuk mengetahui topik apa yang kamu kurang kuasai, kita bisa mengerjakan soal-soal UTBK tahun lalu, kita bisa langsung evaluasi topik apa yang sering terlewat. Topik yang terlewat inilah yang nantinya perlu menjadi fokus kita.

Misalnya, dari hasil mengerjakan UTBK tahun lalu, kita masih banyak salah di topik A. Selanjutnya kita coba luangkan waktu untuk fokus di latihan soal yang didominasi topik A.

 

3. Gunakan Metode Blended Learning dan Mengandalkan Teknologi

Berbagai teknologi yang ada sekarang juga membuat semuanya jadi lebih mudah. Selain mengambil bahan dari buku dan latihan soal tertulis, aku biasanya  menggunakan aplikasi belajar untuk memanfaatkan smart schedule dengan mengandalkan notifikasi belajar serta drill soal sehingga aku bisa disiplin dalam latihan soal. Selain itu aku sering menonton video belajar di aplikasi belajar ataupun Youtube“, lanjut Nada. 

Beberapa tahun lalu, pembelajaran berbasis digital hanya bersifat sebagai tambahan (suplemen) atau pelengkap (komplemen).

Dengan dianjurkannya metode  blended learning, teknologi dikombinasikan secara saksama di dalam desain pembelajaran sehingga terdapat kesinambungan antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran digital. Metode blended learning berdampak sangat baik bagi pertumbuhan kognisi pada siswa. 

Beberapa manfaat lain dalam penerapan metode ini adalah siswa dapat mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengakomodasi siswa dengan berbagai macam gaya belajar, dan terbentuknya budaya belajar yang berkelanjutan.

Adanya teknologi juga mampu menambah variasi belajar dan menyesuaikan gaya belajar. Contoh sederhananya, untuk memahami suatu penerapan materi belajar, selain membaca buku, kita juga dapat menonton video penjelasan belajar

Nah, itu dia uraian tentang bagaimana Nada dapat menorehkan hasil positif dan maksimal dari proses belajarnya. Bagi Nada, hal terakhir yang juga tidak kalah penting adalah mendekatkan diri pada lingkungan yang dapat memotivasi kita untuk terus belajar dan tidak menyerah dalam mengejar mimpi kita. 

Pencapaian ini bisa aku dapatkan karena aku mendapatkan berbagai dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini aku ingin sekaligus mengucapkan terima kasih kepada orang tuaku, saudara dan teman-temanku yang sudah bersama-sama berjuang, Bapak Ibu Guru MAN 2 Kota Malang serta Master Teacher Brain Academy by Ruangguru atas bimbingannya dalam memberikan ilmu yang bermanfaat”, tutup Nada.

Apa yang dilakukan oleh Nada, berangkat dari kedisiplinan dan kegigihan yang ia perjuangkan. Ia menemukan cara belajarnya sendiri, yang baginya efektif dan dapat membantunya lebih mudah memahami materi belajar.

Nah, kalau kamu mau mengikuti jejak Nada dengan menggunakan aplikasi Ruangguru, kamu tinggal berlangganan ruangbelajar. Dengan begitu, kamu bisa menonton banyak video belajar yang dijelaskan menggunakan konsep belajar yang terstruktur dan mendalam. Banyak juga latihan soal yang membantmu mengasah kemampuan cara menjawab soal-soal yang rumit.

CTA ruangbelajar

Ruangguru