7 Tips Belajar Online di Rumah yang Efektif Selama Pandemi

Shabrina Alfari Jul 21, 2021 • 7 min read


Tips_Belajar_-_Online_di_Rumah_yang_Efektif_Selama_Pandemi_Corona-01

Sulit fokus saat belajar di rumah? Yuk, simak tips belajar online di rumah yang efektif selama pandemi Covid-19 berikut ini. Selamat mencoba!

--

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Pemerintah pun kembali menerapkan PPKM darurat untuk wilayah Jawa dan Bali. Kegiatan belajar mengajar tatap muka yang sebelumya sempat diumumkan oleh Mendikbud kembali harus dibatalkan. Gimana nih, perasaan kamu harus tetap belajar di rumah?

Eits, jangan sampai semangat kamu kendor ya. Masih ada harapan untuk kamu di tahun ajaran baru kali ini. Untuk membangkitkan semangat, ada beberapa cara nih yang bisa kamu terapkan agar belajar online di rumah tetap efektif selama pandemi corona. Apa saja? Check these out!

 

1. Buat tempat belajar paling nyaman versi kamu

Tempat belajar nyamanTempat belajar nyaman sesuai gaya kamu (Sumber: schooljotter.com)

Setiap hari belajar di kamar? Duh, bisa-bisa kamu cepat bosan, lho. Coba deh keluar dari kamarmu dan cari tempat nyaman lain yang ada di rumah untuk kamu jadikan tempat belajar baru di rumah. Kamu bisa mencoba belajar di teras rumah, area balkon, atau bahkan di meja makan untuk kamu yang suka ngemil. Nggak perlu membeli meja baru, pakai saja meja yang ada di rumah dan sulap menjadi area belajar pribadi kamu. Seru kan?

Baca juga: Tips Bikin Ruang Belajar yang Nyaman di Rumah

 

2. Batasi penggunaan gadget dan televisi

Gadget dan televisi selalu menjadi gangguan nomor satu saat kamu sedang ingin fokus belajar online. So, pastikan gadget seperti handphone dan tablet kamu dalam sudah dalam keadaan silent atau muted saat kamu mulai belajar. Jika perlu, kamu bisa mematikan notifikasi agar tidak tergoda untuk membuka gadget setiap ada notifikasi yang masuk.

Nggak kalah penting, pastikan kamu belajar di tempat yang kondusif dan jauh dari gangguan televisi. Televisi yang menyala akan membuat kamu hilang fokus dan materi pelajaran pun jadi sulit untuk kamu pahami.

3. Buat jadwal belajar

Jadwal belajarJadwal belajar (Sumber: pinterest.com)

 

Kunci agar kamu selalu disiplin dalam belajar adalah dengan membuat jadwal belajar. Tanpa jadwal yang jelas setiap harinya, kamu bisa lalai dalam menyelesaikan berbagai tugas yang ada. Buat jadwal belajar yang efektif dengan tetap memperhatikan banyaknya materi yang harus dipelajari. Jadwal yang terlalu padat juga akan membuat kamu cepat lelah. Pastikan tiap pelajaran yang dimasukan ke dalam jadwal belajar bisa dipelajari semaksimal mungkin. Jangan buru-buru pindah ke materi lain karena ingin cepat menyelesaikan waktu belajar ya.

Fitur Jadwal Belajar di aplikasi Ruangguru juga bisa membantu kamu lebih semangat dan disiplin belajar, lho. Kamu bisa menentukan sendiri mata pelajaran, durasi belajar, jam belajar, dan hari belajar sesuai keinginan.

4. Tulis catatan

Suka bengong saat guru sedang menjelaskan di kelas online? Menulis catatan bisa membantu kamu untuk lebih fokus pada pembelajaran. Kamu pun jadi sibuk untuk mendengarkan dan mencatat semua poin penting yang dijelaskan oleh guru. Tidak ada waktu lagi deh untuk memegang handphone atau membuka situs lain di luar pelajaran.

Baca juga: 5 Tips Lawan Rasa Malas Belajar Selama di Rumah Aja

 

5. Belajar sambil mendengar lagu kesukaan

Belajar sambil mendengarkan laguBelajar sambil mendengarkan lagu (Sumber: theconversation.com)

 

Bagi sebagian orang, belajar sambil mendengarkan musik bisa menambah semangat serta konsentrasi belajar, lho. Dilansir dari Hello Sehat, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University Health News, saat kamu mendengarkan musik, saraf-saraf di otak akan menjadi lebih aktif sehingga hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif otak, terutama daya ingat. Nah, karena selera musik tiap orang berbeda-beda, maka saat kamu sedang belajar pilihlah lagu kesukaan kamu yang bisa membangkitkan semangat ya.

6. Siapkan cemilan

Cemilan bergiziCemilan bergizi (Sumber: stonebridge.uk.com)

 

Nah, supaya nggak cepat ngantuk, mengunyah cemilan cukup disarankan untuk menjaga kamu tetap fokus. Tapi jangan jadinya kamu malah sibuk makan ya. Pilih cemilan yang bergizi untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh kamu agar tidak mudah terserang virus. Misalnya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, cokelat, keju, atau yoghurt.

7. Jangan lupa refreshing

Refreshing bermain bersama hewan peliharaanRefreshing bermain bersama hewan peliharaan (Sumber: ourfamilywizard.com)

 

Di sela-sela belajar, refreshing juga penting untuk menjaga pikiran kamu tetap segar dan fokus. Coba lakukan hobi kamu saat sedang istirahat belajar, misalnya menyiram tanaman, memberi makan hewan peliharaan, membaca buku, menonton film, atau meditasi. Psst, meditasi punya manfaatkan dapat menjaga tubuh dan pikiran tetap fresh, lho. Mau coba?

Sekarang kamu sudah tahu tips belajar online yang efektif selama pandemi virus corona. Gunakan tips tersebut sebaik mungkin dan jangan lupa juga untuk memaksimalkan belajarmu di ruangbelajar. Lewat ribuan video belajar beranimasi yang dapat membantumu untuk memahami konsep/teori secara menyeluruh dan dibantu oleh ribuan latihan soal! 

New call-to-actionReferensi:

Tips Belajar Online Saat Pandemi COVID-19 Agar Tetap Efektif. Zurich.co.id [daring]. Tautan: https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/10/tips-belajar-online-saat-pandemi-covid-19-agar-tetap-efektif (Diakses: 19 Juli 2021)

Mendengarkan  Musik  Sambil  Belajar  Ternyata  Bikin  Anda  Lebih  Gampang  Berkonsentrasi. Hellosehat.com [daring]. Tautan: https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/mendengarkan-musik-sambil-belajar/  (Diakses: 19 Juli 2021)

Sumber foto:

Tempat belajar nyaman [daring]. Tautan: https://www.schooljotter.com/blog/2016/04/top-tips-smarter-studying-home/ (Diakses: 21 Juli 2021)

Jadwal belajar [daring]. Tautan: https://id.pinterest.com/pin/675891856554411335/ (Diakses: 21 Juli 2021)

Belajar sambil mendengarkan lagu [daring]. Tautan: https://theconversation.com/curious-kids-is-it-ok-to-listen-to-music-while-studying-125222 (Diakses: 21 Juli 2021)

Cemilan bergizi [daring]. Tautan: https://www.stonebridge.uk.com/blog/study-tips/5-studying-superfoods (Diakses: 21 Juli 2021)

Bermain bersama hewan peliharaan [daring]. Tautan: https://www.ourfamilywizard.com/blog/how-pets-can-help-your-kids-cope-tough-emotional-situations (Diakses: 21 Juli 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar