Tips dan Strategi Belajar UTBK 2021 dari Master Teacher Ruangguru

Fahri Abdillah Jan 22, 2021 • 6 min read


Strategi belajar UTBK

Artikel ini memberikan informasi tentang tips dan strategi belajar untuk UTBK 2021 dari para Master Teacher Ruangguru.

--

Buat kamu yang saat ini sudah masuk ke jenjang SMA, apalagi kelas 12, di tahun 2021 ini pasti sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut ujian-ujian masuk perguruan tinggi, bukan begitu? 

Selama hampir 1 tahun menjalani proses belajar jarak jauh, tentu pengalaman yang didapat jauh berbeda dari sebelum-sebelumnya. Mulai dari persiapan, memilih mentor belajar, sampai menyusun strategi untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. 

Mungkin, salah satu di antara kamu ada yang nggak menjadikan perguruan tinggi negeri favorit sebagai target utama. Karena setiap individu pasti punya perguruan tinggi impiannya. Tapi, bukan berarti bisa bersantai-santai dan menganggap daya saingnya jauh lebih sedikit.  

Kamu tahu berapa banyak peserta UTBK di tahun 2020? Menurut data statistik pendaftaran UTBK-SBMPTN, total pesertanya mencapai 636.586 pendaftar. Angka yang sangat besar kan? Dan kamu harus yakin bahwa setiap tahunnya, angka itu terus bertambah. Karena setiap individu punya tekad ingin mewujudkan impiannya, maka tantanganmu pun tidak akan mudah. 

Tapi bukan berarti tidak mungkin kamu bisa lulus ujian dan masuk perguruan tinggi impian kamu, asaaal tahu cara dan strateginya. 

Nah, Master Teacher Ruangguru, yang kamu pun tahu sendiri bagaimana hebatnya mereka, punya tips dan strategi untuk membantumu dalam belajar, mempersiapkan sematang mungkin kebutuhan untuk menghadapi UTBK 2021. 

Apa aja tuh strateginya? Yuk baca dan pahami tips dari Master Teacher Ruangguru.

Baca juga: Tips Menahan Diri Biar Nggak Copy Paste

 

1. Tips Master Teacher Geografi

Durasi ujian pada UTBK nanti, akan nonstop selama 195 menit. Artinya, UTBK itu bukan tentang pertarungan pengetahuan saja, melainkan pertarungan dalam menguasai daya tahan selama menghadap komputer. Ya, mental adalah salah satu hal yang paling harus dikuasai.

Jadi, dari sekarang kamu udah harus sering bikin Tryout sendiri di rumah. Bisa pakai komputer, (coba duduk fokus ngerjain menatap layar selama 3 jam 15 menit), bisa juga pakai paket soal-soal TO dari aplikasi Ruangguru

Lalu, apa aja manfaatnya setelah melakukan semua itu? 

  1. Kamu jadi membiasakan diri dengan situasi ujian di depan layar
  2. Kamu bisa menggali strategi personal untuk bertarung di UTBK
  3. Kamu akan semakin menguasai materi dan dengan cepat mampu menganalisis soal-soal yang diberikan nantinya

Nah selain strategi dari Master Teacher Geografi, ada juga nih strategi dari Master Teacher Biologi.

 

2. Tips belajar dari Master Teacher Biologi

Kamu pasti tau kan kalau materi Biologi itu banyak banget? Nah kalau kamu masih inget nih, di kelas X kamu udah belajar tentang klasifikasi makhluk hidup, ada ekologi juga di akhir semester. Kelas XI kamu belajar tentang sel, jaringan, dan organ tumbuhan dan hewan. Terus kamu juga belajar sistem organ tubuh manusia. Setelah itu, di kelas XII kamu belajar materi genetik, mutasi, evolusi, sampai bioteknologi kan ya? Terus gimana nih caranya untuk bisa menghadapi soal-soal di UTBK nantinya? Soalnya kan banyak banget yang dipelajari.

Nah, kalau menurut Master Teacher Biologi Ruangguru, pertama kamu harus pahami Biologi sebagai pemahaman konsep dan juga hafalan. Kenapa konsep? Karena di dalam ilmu Biologi, banyak konsep yang dipelajari itu saling berhubungan. Contohnya itu sistem pencernaan manusia dan gurita. Meskipun organ, organisme, dan proses pencernaannya berbeda, tapi secara konsep utama tetap sama kan? Itulah mengapa kita harus memahami konsep-konsep dalam Biologi.

Terus kenapa disebut hafalan? Karena di dalam konsep Biologi, banyak banget istilah-istilah yang kalau kamu nggak hafal, bisa salah nanti. Contohnya si gurita, gurita masuk ke kelompok Cephalopoda. Cephal yang asalnya dari cephalus itu artinya kepala, dan poda yang asalnya dari kata podos itu artinya kaki. Berarti Cephalopoda itu artinya hewan yang kakinya ada di kepala. Tanpa kamu menghafal nama-nama dan istilah tersebut, kamu bisa keliru dan salah. 

Jadi, yang harus kamu lakukan untuk menghadapi UTBK adalah,

A. Bikin Skala Prioritas

Pertama cari tau dulu ada berapa banyak materi Biologi yang akan diujikan pada UTBK. Nah untuk mengetahuinya, kamu bisa menonton videonya di ruangbelajar di aplikasi Ruangguru, topik Tips dan Strategi UTBK Biologi.

Setelah menonton video dan tahu apa saja materinya, jangan semua dihafal yaa dan cukup pahami konsep intinya sesuai yang disampaikan di video itu.

B. Pahami Konsep dan Manfaatkan Fitur Belajar Kamu

Pada step ini, kamu beruntung kalau udah langganan ruangbelajar di Ruangguru, karena ada video belajar yang isinya rangkuman inti materi yang sering keluar di soal UTBK. Semua materinya dikelompokkan menjadi beberapa topik utama, mulai dari apa itu makhluk hidup, unit terkecil penyusunnya, sampai ke evolusi dan bioteknologi. Jadi, manfaatkanlah fitur belajar kamu yang sangat lengkap untuk menyambut hari UTBK tiba.

C. Review Materi yang Sudah Dipelajari

Mereview materi yang sudah dipelajari adalah hal yang sangat penting. Dari banyaknya penjelasan yang disampaikan melalui video belajar, kamu harus bisa menangkap poin-poin inti dan membuatnya menjadi sebuah rangkuman belajar. Meskipun di aplikasi Ruangguru juga nantinya akan ada rangkuman, sebisa mungkin kamu tetap membuat review materinya ya. Cara ini sangat efektif untuk melatih pemahaman konsep kamu.

D. Sering Latihan Soal

Step ini benar-benar penting. Seperti yang disampaikan Master Teacher Geografi tadi, nantinya kamu akan menghadapi soal-soal yang ada di komputer selama kurang lebih 195 menit. Dengan begitu, kamu nggak boleh membuang-buang waktu, maka sering latihan soal adalah kuncinya. Tentu akan lebih mudah setelah menonton video belajar, dan membuat rangkuman.

 

3. Tips belajar dari Master Teacher Matematika

UTBK punya tipe soal HOTS. HOTS kepanjangan dari Higher Order Thinking Skill, yang artinya kemampuan berpikir tingkat lebih tinggi, jadi soalnya bukan sekedar hafalan matematis, tapi lebih ke konsep, dan tipe soal HOTS ini biasanya terdiri dari materi yang saling berkaitan.

Untuk gambaran kamu dalam mempersiapkan strategi belajar UTBK 2021, kamu harus pahami terlebih dahulu materi UTBK yang sering muncul di 5 tahun terakhir dari tahun 2015 sampai tahun 2019.

Secara umum terbagi menjadi lima topik nih, ada Aljabar, Kalkulus, Geometri, Trigonometri dan Teori peluang. Untuk topik aljabar paling banyak jumlah soalnya dibanding yang lain, dengan persentase 38%. Setelah itu di bawahnya ada Kalkulus, Geometri, Trigonometri, dan terakhir teori peluang 9%.

Nah untuk strategi apa saja yang harus digunakan, sama persis seperti yang disarankan oleh Master Teacher Biologi ya teman-temaan. 

Baca juga: Tips Bikin Ruang Belajar yang Nyaman di Rumah 

Itulah strategi dan tips belajar dari beberapa Master Teacher Ruangguru untuk kamu semua yang lagi fokus untuk menghadapi UTBK, demi masuk ke perguruan tinggi impian kamu. Nah kalau yang tadi itu kan cuma tips dari MT Geografi, Biologi, dan Matematika. Sebenarnya ada banyak lagi, kayak Ekonomi, Fisika, juga Kimia. Tapi kamu tenang aja, kamu bisa mendapatkan tips dan strategi belajar UTBK untuk 2021, di video belajar ruangbelajar. Kamu bisa belajar sesuai topik, dan akan mengetahui materi-materi apa aja nih yang akan diujikan, tentunya sesuai persentase. Jadi, jangan lupa berlangganan yaa. 

New Call-to-action

Profile

Fahri Abdillah

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Tertarik dengan isu pendidikan, literasi media, dan budaya. Suka jalan-jalan ke tempat asing, fotografi, dan menulis.

Beri Komentar