10 Tips Jitu Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula dan Manfaatnya

Tips Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula

Supaya lebih jago, yuk simak tips jitu belajar bahasa Mandarin yang mudah untuk pemula dan manfaat mempelajarinya di artikel berikut ini!

 

Nǐ hǎo ma? Guys, tahu nggak itu bahasa apa? Yap, buat kamu yang tertarik dengan bahasa Mandarin pasti tahu kan? Sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa Mandarin semakin banyak dipelajari, mulai dari ekstrakurikuler di sekolah, kursus, hingga jurusan di perguruan tinggi.

Namun, masih banyak nih orang yang cemas dan terintimidasi dengan bahasa Mandarin yang dianggap rumit. Nah, nggak usah khawatir! Kali ini kita akan bahas tips jitu belajar bahasa Mandarin yang mudah untuk pemula, manfaat, serta contoh-contoh kosakatanya. Penasaran? Baca terus!

 

Tips Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula

Belajar bahasa Mandarin harus mulai dari mana sih? Langsung aja, yuk, lihat tips dan trik belajar bahasa Mandarin yang mudah untuk pemula.

Baca Juga: 7 Tips Mudah Belajar Bahasa Asing secara Otodidak

 

1. Mengenal PinYin

Hal pertama yang harus kamu pelajari sebagai pemula adalah mengenal PinYin. Apa tuh? PinYin adalah penulisan romawi dalam bahasa Mandarin yang digunakan untuk melafalkan bunyi-bunyi dari setiap huruf Mandarin.

Sebisa mungkin kamu belajar melafalkan banyak huruf-huruf yang terdapat dalam PinYin dengan baik. Hal ini penting, guys, karena ada banyak bunyi-bunyi dalam bahasa Mandarin yang tidak bisa diterjemahkan dan tidak ada di dalam bahasa Indonesia.

Setelah kamu menguasai menguasai pelafalan bunyi-bunyi yang ada di bahasa Mandarin dengan baik, proses belajar kamu selanjutnya pasti akan jadi jauh lebih mudah dan cepat.

pinyin alfabet

PinYin Alfabet (Sumber: Pinterest.com)

 

2. Kuasai Nada-Nada Bahasa Mandarin

FYI, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang memiliki nada. Maksudnya, apabila pelafalan nada yang kamu ucapkan dalam bahasa Mandarin salah, maka arti yang diterima pendengarnya juga akan salah. Kata yang sama bisa memiliki arti yang berbeda tergantung dengan nada pengucapannya.

Secara umum, ada empat nada dalam bahasa Mandarin, yaitu nada meninggi, nada datar, nada melengkung, dan nada menurun.

 

3. Pelajari Karakter Hanzi secara Bertahap

Bahasa Mandarin menggunakan sistem tulisan karakter Hanzi yang unik. Kamu bisa mulai dengan mempelajari karakter-karakter dasar yang paling umum digunakan, dan tingkatkan secara bertahap keterampilan membaca dan menulis ke karakter-karakter yang lebih kompleks. Nggak usah terburu-buru ya, slowly but sure.

Untuk permulaan, kamu bisa mulai dengan mengenal dan menghafal beberapa kosakata bahasa Mandarin yang mudah berikut ini.

  • (我) artinya saya.
  • nín (您) artinya kamu.
  • tā men (他们) artinya mereka.
  • wǒ men (我们) artinya kami atau kita.
  • Ni Hao! (你好!) artinya Hai, Halo! (untuk satu orang).
  • Nimen hao! (你们好!) artinya Hai, Halo! (untuk lebih dari satu orang).
  • Ni zao (你早) artinya selamat pagi.
  • Wu an (武安) artinya selamat siang atau sore.
  • Wan an (晚安) artinya selamat malam.
  • Zai jian (再见) artinya sampai jumpa.

 

4. Belajar Struktur Kalimat

Apabila kamu sudah mulai menguasai dasar-dasar yang telah disebutkan sebelumnya, sekarang kamu bisa mulai meningkatkan level dengan mempelajari struktur kalimat di bahasa Mandarin. Apa aja sih struktur kalimatnya?

Struktur kalimat di bahasa Mandarin terdiri dari subjek, objek, predikat, dan kata keterangan. Kata keterangan ini bisa berada di depan atau tengah kalimat sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Belajar dari Fiki Naki, Sepenting Itukah Bahasa Asing?

 

5. Menghafal Angka

Tahap selanjutnya, kamu bisa mulai menghafal angka. Menghafalkan angka dalam bahasa Mandarin penting banget karena pastinya angka akan sering kamu temui di kehidupan sehari-hari. Mulailah dari yang paling dasar terlebih dahulu, seperti angka 1 sampai 10. Apabila kamu sudah menguasai angka 1 sampai 10, maka hitungan selanjutnya akan relatif lebih mudah karena hanya berubah pada akhirannya saja.

angka mandarin 1 sampai 10

Angka Mandarin 1 – 10 (Sumber: jagomandarin.com)

 

6. Coba Menulis Huruf Mandarin

Latihan menulis bahasa Mandarin bisa mulai kamu lakukan setiap hari. Sambil kamu belajar menulis, kamu juga bisa sambil menghafalkan arti dan penggunaannya dalam kalimat. Kamu juga harus memperhatikan aturan dalam penulisan huruf Mandarin, loh. Sebab, kamu tidak bisa sembarangan membuat tulisan. Ada urutan dari bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dan lainnya yang harus dipatuhi agar bentuk hurufnya sempurna.

 

7. Praktikkan Pendengaran dan Berbicara

Mendengarkan dan berbicara adalah keterampilan penting dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa mendengarkan materi audio dalam bahasa Mandarin, seperti lagu, podcast, atau rekaman pidato. Berlatihlah mengucapkan kata-kata dan kalimat yang sudah kamu dengar ke dalam percakapan sehari-hari.

 

8. Gunakan Flashcard untuk Menguasai Kosakata

Ada cara yang fun untuk belajar bahasa asing yaitu dengan menggunakan flashcard. Gunakan flashcard untuk menghafal dan mengulang kosakata bahasa Mandarin. Tulislah kata-kata dalam karakter bahasa Mandarin di satu sisi dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris di sisi lainnya. Latihlah diri kamu secara teratur untuk mengingat arti dan pelafalan kata-kata tersebut.

 

9. Berlatih dengan Penutur Asli

Kalau kamu punya kesempatan atau kenalan yang merupakan penutur asli, bisa banget nih kamu jadikan sarana berlatih bahasa Mandarin. Kamu juga bisa bergabung dengan kelas atau komunitas bahasa Mandarin agar dapat berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

 

10. Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin

Ada banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk belajar bahasa Mandarin. Beberapa aplikasi populer termasuk Duolingo, HelloChinese, Memrise, dan FluentU. Manfaatkan fitur-fitur interaktif seperti latihan, kuis, dan rekaman suara untuk meningkatkan keterampilan kamu di aplikasi tersebut. Kalau kamu ingin belajar bareng guru privat juga bisa di Ruangguru Privat Bahasa Mandarin, loh!

Baca Juga: Enggak Cuma Bahasa Inggris, Ini 10 Bahasa Asing yang Wajib Kamu Kuasai!

 

Manfaat Belajar Bahasa Mandarin

Selain untuk menambah penguasaan bahasa asing, belajar bahasa Mandarin juga bisa memberikan banyak manfaat. Berikut di antaranya.

 

1. Peluang Karier yang Lebih Baik

Pasti kamu tahu kan kalau Tiongkok merupakan salah satu negara di dunia dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat. Nah, pemahaman bahasa Mandarin bisa memberikan kamu keunggulan dalam dunia bisnis dan peluang karir internasional. Banyak perusahaan multinasional mencari karyawan yang memiliki kemampuan berbahasa Mandarin untuk memperluas jangkauan mereka di pasar Tiongkok.

 

2. Latihan Otak dan Kemampuan Kognitif

Belajar bahasa Mandarin melibatkan sistem tulisan karakter Hanzi yang kompleks dan struktur bahasa yang berbeda. Ini dapat melatih otak kamu, meningkatkan memori, konsentrasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Belajar bahasa Mandarin juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan multitugas dan kecerdasan verbal, loh.

 

3. Akses Sumber Daya dan Informasi yang Luas

Tahu nggak sih, ternyata bahasa Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia berdasarkan jumlah penutur. Dengan menguasai bahasa ini, kamu dapat mengakses sumber daya, informasi, dan pengetahuan yang lebih luas dalam berbagai bidang, termasuk teknologi, seni, sastra, dan sejarah Tiongkok.

 —

Seru dan menantang banget kan belajar bahasa Mandarin? Jangan ditunda-tunda lagi, yuk ikutan les privat bahasa Mandarin dan temukan guru privat paling profesional serta sesuai dengan kriteria kamu sekarang juga di Ruangguru Privat ya!

CTA ruangguru Privat

Referensi:

Trik belajar bahasa Mandarin [daring]. Tautan: https://www.bahasamandarincenter.com/panduan-belajar-bahasa-mandarin/ (Diakses: 18 Mei 2023)

Cara menguasai bahasa Mandarin [daring]. Tautan: https://squline.com/id/belajar-bahasa-mandarin-untuk-pemula/ (Diakses: 18 Mei 2023)

Kosakata bahasa Mandarin  [daring]. Tautan: https://travel.detik.com/travel-news/d-4919805/kosakata-bahasa-mandarin-yang-perlu-dihapal-oleh-traveler (Diakses: 18 Mei 2023)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-brunette-woman-staying-her-workplace_13086358.htm#query=study%20mandarin&position=17&from_view=search&track=ais&uuid=7f798c30-7e32-47e7-91be-6dcde9b095f8 (Diakses: 26 Desember 2023)

https://id.pinterest.com/pin/115334440452159156/ (Diakses: 26 Desember 2023)

https://jagomandarin.com/blog/angka-mandarin (Diakses: 26 Desember 2023)

Kenya Swawikanti