Pengertian Globalisasi, Karakteristik, dan Prosesnya | Sosiologi Kelas 12

Pengertian Globalisasi, Karakteristik, dan Prosesnya | Sosiologi Kelas 12

Artikel ini membahas tentang pengertian dari globalisasi, karakteristik globalisasi, proses globalisasi, hingga bentuk dan gejala globalisasi.

--

Menurut data dari Statista, Pertengahan 2019 kemarin, pengguna TikTok menginjak 500 juta user. Kemudian pada September 2020 bertambah lagi hingga mencapai 1 milyar monthly active user atau pengguna rutin bulanan lho! 

Tiktok menjadi salah satu media sosial yang ramai diperbincangkan. Berbagai konten menarik ada di sana. Mulai dari yang mendidik, kuliner, hiburan, video kreatif, video lucu, dan banyak lagi, semua memadati homepage TikTok. Dari banyaknya pengguna mungkin kamu adalah salah satunya.

Kamu sadar gak si, kalau sekarang ini seperti nggak ada batasan lagi, di TikTok kita bisa merasakan apa saja yang ada di negara-negara lain. Mulai dari resep masakan Asia, Eropa, daerah Timur Tengah, dan banyak lagi.

Selain itu kamu juga bisa melihat berbagai macam karakteristik budaya, melihat banyak sekali orang-orang di negara lain, bahkan kamu bisa menggunakan lagu dan gaya mereka di TikTok kamu ataupun sebaliknya, bener kan?

Kamu sadar nggak sih aplikasi TikTok yang biasa kamu mainkan adalah dampak kemajuan zaman sekarang ini? Benar sekali, Tiktok adalah salah satu bentuk dari globalisasi di bidang teknologi.

Makanya, kita jadi bisa melihat kegiatan-kegiatan yang ada di berbagai penjuru di dunia. Tanpa harus berkenalan dan menghampiri tempat tersebut, kamu bisa melihat berbagai hal di dunia ini. Canggih kan? Dengan cuma tidur-tiduran aja, kita jadi bisa tau banyak hal.

Nah, fenomena ini, sebenarnya kita pelajari lho di materi Sosiologi kelas 12, yaitu tentang Globalisasi. Apa sih globalisasi itu? Biar makin paham tentang fenomena yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari kita, lewat artikel ini kita pelajari pengertian globalisasi dan juga contoh-contohnya.

Baca juga: Mengenal Teori Evolusi dalam Perubahan Sosial

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara.

Nah kalau menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah baru yang sama. Hubungan tersebut disebabkan oleh penemuan baru seperti alat elektronik dan internet.

Globalisasi juga dijelaskan oleh Anthony Giddens yang menerangkan bahwa hubungan sosial akhirnya menjadi intens antar penduduk di dunia ini. Kemudian terhubunglah satu peristiwa dengan peristiwa lainnya yang menghasilkan dampak timbal balik antara wilayah sehingga berkembang luas sampai aspek-aspek kehidupan antara keduanya.

Gimana, sudah paham? hehe kalo masih bingung, coba kamu simak pengertian globalisasi secara umum dibawah ini!

Pengertian globalisasi

Baca juga: Faktor-faktor Penyebab Ketimpangan Sosial

Karakteristik Globalisasi

Globalisasi juga bisa kita lihat nih secara langsung gejala-gejalanya. Gimana caranya ya? Nah kita bisa membandingkan beberapa bidang dalam kehidupan sosial dari waktu ke waktu.

Misal, dari bidang teknologi kita bisa melihat makin beragam dan makin canggihnya peralatan-peralatan sekarang ini kan? Seperti smartphone yang kini juga bisa kita gunakan tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk belajar, berbelanja, dan lain sebagainya. 

Karakteristik Globalisasi

Baca juga: Modernisasi dan Segala Sesuatu Tentangnya

Proses Globalisasi

Karena globalisasi sedikit banyak mengubah tatanan hidup masyarakat, terjadinya globalisasi juga tidak datang begitu saja, namun terjadi melalui sebuah proses. Proses terjadinya globalisasi dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

a. Globalisasi Era Pra-Modern

Walaupun globalisasi sering dikaitkan dengan dunia yang modern dan berhubungan dengan kecanggihan serta teknologi yang modern. Namun ada pendapat yang melihat bahwa proses globalisasi sudah terjadi sebelum zaman itu. Salah satunya era pra modern. 

Merupakan proses globalisasi yang terjadi jauh sebelum manusia mengenal teknologi modern seperti sekarang ini. Kalau bisa kita bayangkan. Manusia mengalami aktivitas global seperti fenomena migrasi zaman prasejarah.

Era ini ditandai pula sebagai zaman kerajaan, penyebaran agama, jalur perdagangan silk road dan migrasi antar benua. Pada era ini Periode pra modern ini, berlangsung sekitar tahun 3500 SM hingga 1500 SM.

b. Globalisasi Era Modern Awal

Kemudian dilanjutkan pada periode selanjutnya pada periode tahun 1500-1600 an, terjadi kebangkitan imperium maritim Eropa, yang imperium utamanya yakni Portugis dan Spanyol, kemudian disusul imperium Belanda dan Britania. Kondisi ini menjadi titik balik ekspansi negara-negara kolonial dari Eropa, menuju benua lain.

Pada era modern awal, imperium-imperium tersebut melakukan ekspansi dengan tujuan utama untuk berdagang. Namun pada prakteknya, terjadi kolonialisme pada negara-negara lain tujuan ekspansinya.

Proses Globalisasi

c. Modern Globalisasi Era Modern

Lalu kita lanjut membahas globalisasi pada era modern. Era ini terjadi sekitar tahun 1850 hingga 1970.  Nah, perbedaan dari era sebelumnya yakni modern awal, ialah dari tujuan ekspansi para imperium eropa, cara mengelola perdagangan global, serta tingkat pertukaran informasinya.

Era ini juga ditandai dengan meningkatnya perdagangan internasional, yang dituntut dengan meningkatnya perkembangan bank multinasional, alat komunikasi, serta transportasi yang semakin modern.

d. Globalisasi Era Kontemporer

Nah, selanjutnya kita membahas proses globalisasi yang terjadi sejak akhir periode modern, hingga saat ini, yakni era kontemporer. Pada periode ini, globalisasi yang terjadi semakin mudah dan cepat dalam membantu kebutuhan manusia untuk mengakses informasi dan mendapatkan kebutuhannya. Kemajuan teknologi yang selalu up to date juga menjadi ciri khas dari globalisasi era kontemporer ini. 

Baca juga: Pentingnya Memahami Kearifan Lokal dan Karakteristiknya

Bentuk dan Gejala Globalisasi

Bentuk dan gejala dari globalisasi ini bisa dibagi dalam beberapa bidang. Yuk kita bahas satu persatu ya!

a. Bidang Ekonomi

Bentuk dan gejala globalisasi di berbagai bidang di kehidupan sosial. yang pertama bidang ekonomi, globalisasi ini erat dengan perdagangan bebas. Nah contoh simpelnya perdagangan bebas itu seperti apa sih? 

Misalnya kalau kamu ingin membeli barang-barang tertentu yang hanya dijual di luar negeri, kamu bisa nih memesan secara online kemudian barang itu akan langsung dikirim ke rumah kamu. Prinsip dari perdagangan bebas ini seperti memudahkan transaksi antar negara, dan bisa lebih mudah berbelanja melalui aplikasi jual beli di smartphone milikmu!

b. Bidang Sosial

Kedua, bidang sosial, munculnya banyak teknologi baru yang mempermudah hidup kita dan juga untuk saling terhubung satu sama lain. Kita bisa belajar daring seperti saat ini, juga merupakan dampak baik perkembangan teknologi. 

Kamu juga bisa melakukan video call, atau kirim-kirim pesan dengan stiker lucu ke teman-temanmu, itu juga merupakan kegiatan sosial yang dipermudah dengan teknologi. Begitu pula dengan banyaknya sumber belajar dan materi terbaik yang bisa kamu akses juga di Ruangguru, merupakan bentuk perubahan oleh globalisasi. 

c. Bidang Budaya

Ketiga, bidang budaya bisa kamu lihat dari bahasa. Di sekolah, kita juga mempelajari bahasa asing, termasuk Inggris, bukan? Nah itu semua adalah salah satu contoh bahasa dunia, namun semua orang mempelajarinya karena yang menjadi bahasa internasional adalah bahasa Inggris.

Tak hanya bahasa Inggris, bahasa Prancis, Rusia, Mandarin, Jepang, Jerman, dan banyak bahasa lainnya kita juga bisa kita pelajari sekarang ini. Itu semua karena ketika negara sudah menerima globalisasi, maka bangsa tersebut harus siap untuk terbuka dengan nilai-nilai budaya dari bangsa lain.

Penggunaan bahasa asing yang semakin marak tidak terlepas dari interaksi budaya yang semakin meningkat diantara berbagai negara, entah melalui kesenian seperti film, atau kunjungan wisatawan asing ke sebuah negara yang membuat penggunaan bahasa asing menjadi semakin masif

d. Bidang Politik

Keempat, Politik. Kamu bisa melihat dari berbagai kebijakan Nasional yang mempengaruhi keberadaan negara lain. Nah kita tahu juga kan adanya kebijakan tentang cukai, ekspor, atau impor. Kebijakan ini pasti mempengaruhi negara-negara lainnya lho!

Maka dari itu setiap negara memiliki Kedutaan Besar, untuk mewakili mereka pada urusan diplomatik antar negara. Ada banyak lagi bentuk dan gejala yang bisa diamati karena memang globalisasi merasuk ke dalam setiap hal di hidup kita.

Dampak globalisasi

Baca juga: Selain Tempat Penjualan Oleh-Oleh, Ada 2 Perubahan Lainnya Akibat Globalisasi

Globalisasi pasti kita rasakan setiap harinya, dari bangun tidur sampai kita tidur. Globalisasi mengubah banyak sekali aspek kehidupan kita. Hal yang harus dilakukan oleh kita sekarang ini adalah mempersiapkan diri dari perubahan-perubahan yang akan terjadi. Nah jadi kamu sudah mengerti apa itu globalisasi dan bagaimana globalisasi bisa terjadi?

Nah selesai sudah pembahasan kali ini. Masih banyak nih pembahasan yang lebih menarik lagi dari ini. Kamu bisa belajar lebih dalam lagi terkait globalisasi dan berbagai materi Sosiologi lainnya di ruangbelajar. Belajar akan lebih asik dan menyenangkan loh karena dipandu oleh para Master Teacher terbaik.

ruangbelajar

Referensi:

Giddens, A. (1990). The Consequences of Modernity. Cambridge. Polity Press.

Selo Soemardjan dan Soleman. (1974). Setangkai Bunga Sosiologi, Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Statista, (2021) Number of monthly active users (MAU) of TikTok worldwide from January 2018 to September 2021 from  Statista Research Department: https://www.statista.com/statistics/1267892/tiktok-global-mau/  

 

Artikel ini diperbarui 18 November 2021.

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru