Metode Mind Mapping: Cara Cermat Belajar Cepat, Yuk Dicoba!

Teknik Mind Mapping

Melalui artikel ini kita akan tahu pentingnya mind mapping. Apa itu mind mapping? Bagaimana mind mapping membuat belajar jadi lebih efektif? Simak penjelasan selengkapnya.

Pernahkah kamu mendengar mind mapping? Nah, ini bisa bantu belajar kamu nihSingkatnya, mind mapping adalah pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris. Dengan cara kreatif ini, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal materi pelajaran. Apa saja ya kelebihan-kelebihan atau manfaat belajar menggunakan metode mind mapping? Kita bahas bareng yuk!

 

Manfaat Mind Mapping

 

1. Meningkatkan daya ingat kita lebih detail

mind mapping - menumbuhkan ide

Daya Ingat Lebih Baik (Sumber: um.edu.mt)

 

Dengan mind mapping, akan membantu kita untuk mengingat secara detail lebih baik lagi. Kenapa? Karena dengan mind mapping kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk diingat.

Selain itu, dengan teknik belajar ini, pikiran kita akan fokus pada topik utama kemudian mengasosiasi dengan kata kunci tertentu dari sebuah pelajaran. Ini tentu akan mempermudah kita untuk mengingat karena kita fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya ke dalam peta konsep sederhana.

Baca Juga: 7 Tips Agar Kamu Lebih Berkonsentrasi dalam Belajar

 

2. Materi sulit jadi lebih mudah dikuasai

Yang membuat kita kesulitan untuk memahami suatu pelajaran seringkali karena kita belum memahami gambaran besar dari materi tersebut. Jadinya, mau dipelajari berulang kali pun rasanya masih ada yang kurang paham atau bahkan terlupakan begitu saja.

Kamu pasti pernah kan kesulitan memahami suatu materi, tetapi ketika mendapatkan kata kuncinya, terasa lebih mudah untuk memahaminya? Nah, dengan mind mapping, kita belajar dengan menggunakan kata kunci untuk mendeskripsikan setiap materi agar lebih mudah dipahami. Jadi, cukup ingat satu kata kunci langsung paham semua deh. Hore!

 

3. Belajar dengan cara kreatif, lebih menyenangkan!

Belajar dengan mind mapping tentunya lebih menyenangkan karena melibatkan kreativitas. Mungkin selama belajar kita akan cepat bosan dan hilang semangat karena membaca buku yang hanya berisi tulisan. Tapi, ketika kita belajar dari mind map yang sudah dibuat setiap selesai belajar pasti kita akan lebih semangat. Apalagi, bila menggunakan warna yang kita sukai dan dilengkapi dengan gambar yang lucu, belajar berulang kali pun tetap menarik bukan? Hehe.

 

Cara Membuat Mind Mapping

Nah, daripada penasaran mending yuk dicoba buat mind map versi kamu sendiri. Gimana caranya? Sederhana kok, kamu tinggal melakukan hal berikut:

 

1. Siapkan peralatan tulis, berwarna lebih seru!

 

cara membuat mind mapping

Pulpen Berwarna (Sumber: aliexpress.com)

 

Untuk memulai mind mapping, persiapannya mudah! Pertama, siapkan kertas yang siap kamu corat-coret, utamakan kertas polos ya biar kamu bisa bebas berimajinasi. Kedua, tentunya pensil atau spidol warna-warni biar tampilannya lebih menarik! Dan… jangan lupa semangat untuk belajar supaya tetap fokus, hihi.

Baca Juga: 5 Tips Belajar ala Hermione Granger, Si Cerdas Sahabat Harry Potter

 

2. Dimulai dari topik utama

 

topik mind map

Mind map (Sumber: tonybuzan.com)

 

Setelah semua sudah siap, mulai mind mapping dengan menuliskan topik utama di bagian tengah halaman. Dari situ, baru mulai mengembangkan menjadi subtopik yang berkaitan disertai turunannya. Misalnya, kamu sedang belajar Biologi, lalu topik utamanya adalah cara berkembang makhluk hidup. Berarti subtopik-nya terbagi generatif dan vegetatif. Turunan untuk vegetatif misalnya tumbuhan dan hewan, seterusnya.

 

3. Gunakan satu kata atau frase

cara membuat mind mapping

Gunakan satu kata atau satu frase saja (Sumber: moustachemagazine.com)

Usahakan untuk menggunakan satu kata atau frase untuk setiap subtopik maupun turunannya, ya! Kenapa? Tentu saja untuk memudahkan kamu untuk mengingat. Kalau kamu menggunakan kata yang terlalu panjang atau rumit, tentu akan menghambat kamu untuk menghafalnya bukan?

 

4. Berkreasi dengan ilustrasi dan warna

 

cara membuat mind mapping - gunakan ilustrasiBuat ilustrasi sederhana di mind map (Sumber: primeeducation.com.au)

 

Bisa dicoba nih dengan memberikan ilustrasi sederhana supaya mind map kamu lebih seru! Jangan lupa gunakan warna yang berbeda juga ya untuk setiap garis subtopik, biar lebih menarik secara visual. Semakin berkreasi pasti semakin menarik mind map kamu.

Ya, itulah manfaat dan cara belajar cepat dengan mind map. Dengan membiasakan membuat mind map, cara berpikir kamu lama-kelamaan akan terstruktur. Sehingga akan lebih mudah untuk mengerti asosiasi antar berbagai topik maupun subtopik yang sudah dibuat.

Oh ya, di aplikasi Ruangguru juga ada lho fitur yang bisa membantumu membuat jadwal belajar. Dengan jadwal belajar yang terususn rapi, kamu jadi lebih mudah dalam menentukan prioritas belajar. Nah, setelah itu, semakin mudah deh kamu membuat mind mapping-nya. Lalu, kalau kamu di tengah belajar merasa kesulitan, nggak usah bingung, langganan aja roboguru Plus, kamu bisa tanyakan materi-materi yang kamu bingungkan ke tutor di sana.  

IDN CTA Blog roboguru plus Ruangguru

Ruangguru