Yuk, Kenali Macam-Macam Bentuk Muka Bumi | IPS Terpadu Kelas 5

Bentuk Muka Bumi

Made kebingungan membedakan gunung dan bukit. Untungnya, Dafa bisa membantu Made dengan menjelaskan tentang bentuk muka bumi.  Yuk, kita simak ceritanya di pelajaran IPS Terpadu Kelas 5!

--

Di suatu hari yang cerah, terlihat Dafa dan Made sedang berjalan di bukit belakang sekolah. Tiba-tiba Made menghentikan jalannya dan menunjuk ke puncak bukit yang ada di depannya. 

“Lihat aja! Aku pasti bisa sampai puncak gunung itu!” yakin Made.

Kok gunung sih? Kita kan lagi di bukit.” ucap Dafa dengan bingung.

Loh, ini gunung kok! Tuh lihat, tanah di depan kita tinggi banget! Dafa pasti bohong deh.” seru Made yang tidak percaya omongan Dafa.

“Aku gak bohong kok. Tanah yang tinggi itu belum tentu gunung, karena bentuk muka bumi kita itu beragam. Ada daerah yang menonjol seperti bukit dan gunung, ada juga daerah yang terisi air seperti sungai dan laut.” jelas Dafa.

Made makin bingung mendengar penjelasan Dafa, “Hah? Memangnya bentuk muka bumi itu apa aja?”

Bentuk muka bumi itu terbagi dua jenis, yaitu daratan dan perairan.” jawab Dafa.

Macam-Macam Bentuk Muka Bumi

 

“Bentuk muka bumi daratan adalah wilayah di permukaan bumi yang tidak digenangi oleh air. Contohnya gunung, bukit, lembah, dataran rendah, dan dataran tinggi.” jelas Dafa.

Tapii, apa bedanya gunung dan bukit? Kan kalau kita lihat, gunung dan bukit sama-sama merupakan tumpukan tanah yang tinggi?” tanya Made dengan penasaran.

“Bedanya itu, kalau tumpukan tanahnya menjulang dengan ketinggian lebih dari 600 m, berarti itu disebut dengan gunung. Jadi, gunung pasti lebih besar dan tinggi daripada bukit.” jawab Dafa.

Baca Juga: Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia

Ahh, terus kalau membedakan lembah, dataran rendah, dan dataran tinggi gimana?” tanya Made.

“Cari taunya, coba kita lihat yuk, definisi dan contoh bentuk muka bumi daratan berikut ini.” ajak Dafa.

Bentuk Muka Bumi Daratan

 

Made terlihat menganggukan kepala, “Ah, oke sekarang aku udah bisa bedainnya!”

Nah, karena bentuk muka bumi daratan udah kita bahas! Sekarang, kita coba bahas bentuk muka bumi perairan, yuk!.” ajak Dafa.

“Bentuk muka bumi perairan adalah wilayah di permukaan bumi yang digenangi oleh air. Contohnya sungai, danau, rawa, dan laut.”

“Cara bedainnya gimana?” tanya Made.

Nih, kita coba lihat lagi definisi dan contoh dari bentuk muka bumi perairan, yuk!” ajak Dafa.

Bentuk Muka Bumi Perairan

 

Ohhh, itu bedanya! Ternyata bentuk muka bumi yang ada di daratan dan perairan macam-macam, yah!” kata Made dengan kagum.

“Iya, jadi kamu jangan salah sebut lagi, yah!” seru Dafa.

“Oke! Dafa, kita lomba lari cepet-cepetan ke puncak bukit itu, yuk!” ajak Made dengan semangat.

”Eh, tapi kamu jangan pake kekuatan kamu buat  lari cepet yah!” larang Made. 

“Iya, iyaaaa. Aku itung ya… Satu, dua, tiga!!” jawab Dafa dengan semangat juga.

Dafa dan Made pun berlari secepat-cepatnya menuju puncak bukit belakang sekolah. 

Baca Juga: Letak Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim dan Kepulauan

Nah, itu dia cerita Dafa dan Made saat belajar mengenai macam-macam bentuk muka bumi. Gimana? Seru kan? Kalian mau liat petualangan Dafa, Lulu, dan teman-teman yang lainnya? Kalian bisa lihat semua itu di aplikasi ruangbelajar. Yuk, kita belajar bersama Dafa, Lulu, dan teman-temannya!

New call-to-action

Materi oleh: Bagja Riyanto

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Profile

Salsabila Perdita Putri