Contoh  Teks Cerita Sejarah, Jenis, Ciri & Struktur | Bahasa Indonesia Kelas 12

CONTOH TEKS CERITA SEJARAH

Contoh teks cerita sejarah bisa kamu simak dalam  artikel ini.

Gengs, dalam pelajaran bahasa Indonesia kamu akan mempelajari berbagai jenis teks salah satunya, teks cerita sejarah. Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenal teks sejarah, mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contohnya. Simak  artikel ini dengan baik, ya!

 

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Pernahkah kamu membaca teks cerita sejarah? Misalnya, kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sejarah Pangeran Diponegoro, atau sejarah Instagram. Dari teks cerita sejarah tersebut, kamu bisa memahami bagaimana suatu fakta atau peristiwa terjadi pada  masa lalu.

Jadi, teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan atau menceritakan suatu peristiwa atau kejadian di masa lalu yang memiliki nilai sejarah. Melalui teks cerita sejarah, kita dapat mengetahui asal usul atau latar belakang benda, fakta, atau peristiwa, sehingga memiliki nilai sejarah. Oleh karena itu, penyusunan dan penulisan teks cerita sejarah memuat fakta peristiwa sejarah. 

 

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah terdiri atas dua jenis, yakni sebagai berikut:

1. Teks Cerita Sejarah Fiksi

Dalam teks cerita sejarah fiksi, penulis memvariasikan alur cerita menggunakan imajinasi sehingga dapat menghibur pembaca. Contoh cerita sejarah fiksi, yakni novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

2. Teks Cerita Sejarah Nonfiksi

Berbanding dengan teks cerita sejarah fiksi, dalam teks cerita sejarah nonfiksi, penulis merekonstruksi cerita berdasarkan kejadian sebenarnya. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan yang sebenarnya kepada pembaca. Contoh cerita sejarah nonfiksi, yakni sejarah terciptanya instagram.

 

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur dari teks cerita sejarah juga dibedakan berdasarkan jenisnya. Yuk, kita pahami struktur untuk masing-masing jenis teks cerita sejarah berikut ini.

Struktur Teks Cerita Sejarah Nonfiksi

1. Orientasi atau pembuka

Bagian orientasi atau pembuka cerita ini berisi tentang pengenalan secara umum mengenai topik yang akan dibahas.

2. Urutan peristiwa atau kronologi

Pada bagian ini, penulis akan memberikan urutan kejadian peristiwa yang saling berkesinambungan atau terkait satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, pembaca bisa memahami bagaimana suatu kejadian di masa lalu dapat terjadi.

3. Reorientasi atau penutup

Bagian terakhir yaitu penutup berisi tentang kesimpulan dan opini penulis terkait peristiwa yang telah dibahas.

struktur teks cerita sejarah nonfiksi

 

Struktur Teks Cerita Sejarah Fiksi

1. Orientasi atau pembuka

Bagian orientasi atau pembuka cerita ini berisi tentang pengenalan tokoh dan latar cerita yang akan dibahas.

2. Komplikasi

Pada bagian ini, penulis akan menceritakan rangkaian peristiwa yang akan menimbulkan konflik di dalam cerita.  

3. Klimaks

Pada bagian ini, konflik yang sudah dibangun memuncak.

4. Resolusi

Memasuki bagian resolusi, konflik yang sudah memuncak sebelumnya akhirnya mereda atau bahkan menemukan penyelesaian.

5. Koda

Bagian terakhir atau koda biasanya berisi pesan moral tersurat yang dapat diambil dari cerita.

struktur teks cerita sejarah fiksi

 

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

  • Berbentuk cerita ulang
  • Menyajikan fakta
  • Kronologis
  • Menyajikan cerita masa lalu
  • Berdasarkan imajinasi pengarang

Baca Juga: Mengenal Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 12

 

Contoh Teks Cerita Sejarah

Setelah mengetahui pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, dan struktur teks cerita sejarah kini saatnya simak  contoh teks sejarah beserta analisis strukturnya ya! 

Sejarah Terciptanya Instagram

Orientasi

Siapa yang tidak kenal dengan  Instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempublikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama, yakni ‘insta’ yang berarti ‘instan’ seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan dan an kata ‘gram’ mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa

Burbn, Inc. yang merupakan perusahaan startup teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu.

Pada mulanya Burbn, Inc. sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman, yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide-ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya.

Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diuji coba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya, Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi

Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

Baca Juga: Cara Menulis Teks Cerita Sejarah Singkat

--

Setelah membaca contoh ulasan di artikel ini, kamu sudah paham kan apa saja contoh teks cerita sejarah? Sekarang, cobalah menulis teks cerita sejarah sendiri. Jika kamu merasa kurang memahami, bisa lho tanya dengan mentor yang ada di Ruangguru Privat. Semangat belajar, ya!


New call-to-action

Referensi:

Pengertian Teks Cerita Sejarah: Jenis, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Lengkap [daring]. Tautan: https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/pengertian-teks-cerita-sejarah/amp/ diakses pada 30 Juni 2022.

Contoh-Contoh Teks Cerita Sejarah, Lengkap Sesuai Strukturnya [daring]. Tautan: https://www.bola.com/ragam/read/4663132/contoh-contoh-teks-cerita-sejarah-lengkap-sesuai-strukturnya diakses pada 30 Juni 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi