Cara Mengidentifikasi Kalimat Transitif & Intransitif | Bahasa Indonesia Kelas 4

Mengidentifikasi Kalimat Transitif dan Intransitif

Dira dan Made sedang mempersiapkan ujian identifikasi kalimat transitif dan intransitif. Gimana ya persiapan mereka? Yuk, ikuti di artikelnya!

--

Siang itu, Made dan Dira sedang belajar untuk mempersiapkan ujian Bahasa Indonesia tentang kalimat transitif dan intransitif. 

“Dir, aku udah paham dong kalimat transitif dan intransitif!” ujar Made dengan bangganya.

Kok bisa?” balas Dira.

“Karena aku fokus pas Bu Nana jelasin kalimat transitif dan intransitif di kelas.”

“Coba aku tes kamu! Kamu tau gak cara mencari kalimat transitif dan intransitif pada teks bacaan?” tantang Dira.

Tau, dong! Untuk mencari kalimat transitif dan intransitif pada teks bacaan, kita harus perhatikan unsur kalimatnya. Kalau kalimatnya memiliki unsur subjek, predikat, dan objek (S-P-O), berarti kalimat transitif. Sedangkan, kalau kalimatnya hanya memiliki unsur subjek dan predikat (S-P), berarti kalimat intransitif.”

Cara mencari Kalimat Transitif dan Intransitif

 

Wiihh… Keren kamu, Made!” puji Dira.

“Kalau begitu, kamu bisa gak mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif pada teks bacaan ini?” Dira menyodorkan bukunya kepada Made, “Nah untuk mengidentifikasi, kamu tentukan unsur kalimatnya, ya.”

“Bisa! Aku mulai dari kalimat transitif dulu, ya! Aku ambil contoh kalimat ‘Aku merasa sedih’. Dalam kalimat ini, predikatnya adalah ‘merasa’. Kata ‘merasa’ membutuhkan objek untuk menjelaskan apa yang dirasakan oleh ‘aku’. Tanpa objek kata ‘merasa’ ini tidak akan lengkap, maka kalimat ini dilengkapi dengan objek, yaitu kata ‘sedih’. Jadi, ‘Aku merasa sedih’ adalah kalimat transitif,” jelas Made.

Mantap! Lanjutin ke kalimat intransitifnya, Made.”

Oke! Aku ambil contoh kalimat ‘Puti menangis’. Dalam kalimat ini, predikatnya adalah ‘menangis’. Karena kata ‘menangis’ tidak membutuhkan objek, jadi ‘Puti menangis’ adalah kalimat intransitif,” lanjut Made.

Cara Mengidentifikasi Kalimat Transitif dan Intransitif

 

“Selesai deh! Kita udah berhasil mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif pada teks bacaan!” seru Made dengan gembira.

Eh, tapi masih ada kalimat lain yang belum kamu identifikasi, Made.” sahut Dira.

Emang aku sengaja kok, Dir! Biar temen-temen di rumah, bisa ikutan mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif juga! Coba kalian jawab pertanyaan ini dan tulis di kolom komentar, ya!”

Latihan soal Mengidentifikasi Kalimat Transitif dan Intransitif

 

“Bagus, Made! Kamu udah buktiin kalau kamu mengetahui cara mencari kalimat transitif dan intransitif, serta bisa mengidentifikasi dengan menentukan unsur kalimat pada teks bacaan!”

“Berarti, aku udah siap buat ujian kan, Dir?”

“Sudah, Made!” jawab Dira.

Yesss! Kalo gitu ayo kita lanjut main!” ujar Made semangat.

Dira pun menutup bukunya dan lanjut bermain bersama Made.

Nah, begitulah persiapan ujian dari Made dan Dira. Seru, kan? Kalau kalian juga mau mempersiapkan diri untuk  ujian, kita bisa belajar bareng lagi loh! Caranya tinggal download aplikasi Ruangguru terus berlangganan, deh!  Dijamin, persiapan ujian jadi lebih menyenangkan!

ruangbelajar

Materi oleh: Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

 

Profile

Akmaliya Alimah Nabila

Panggil aku, Nabing! Aku senang belajar hal baru, menulis, dan berkhayal. Semoga kalian bisa berkhayal sambil belajar bersama tulisanku!