Pengelompokan Planet, Apa Itu? | IPA Terpadu Kelas 6

Pengelompokan Planet

Lulu membantu Dafa membedakan planet-planet dengan mengelompokkannya. Sebenarnya apa saja ya pengelompokan planet itu? Yuk, kita bahas di pelajaran IPA Terpadu kelas 6!

--

Ketika jam istirahat, Dafa masih fokus melihat papan tulis yang ada di depannya. Di sana ada gambar delapan planet Tata Surya. Dafa tampak kesulitan untuk membedakan planet-planet tersebut. Dafa juga tidak menyadari kalau diam-diam Lulu memperhatikannya.

“Kamu lagi ngeliat apa sih, Dafa? Sampai nggak istirahat bersama teman-teman yang lain,” tanya Lulu sambil mendekat.

"Eee... Aku lagi ngeliat planet di Tata Surya kita. Di antara kedelapan planet ini, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, gimana ya cara membedakannya?" Dafa menyahut kikuk.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Benda Langit di Sistem Tata Surya!

"Oh, untuk membedakan planet-planet tadi dengan mudah, kita bisa mengelompokkannya berdasarkan beberapa hal!" ujar Lulu antusias.

"Beberapa hal? Apa saja itu, Lu?"

"Planet di Tata Surya kita bisa dikelompokkan berdasarkan dua hal, yaitu jarak planet dengan Matahari, dan posisi Bumi sebagai pembatas. Nah, berdasarkan jarak planet dengan Matahari, planet-planet di Tata Surya kita dibagi jadi dua kelompok. Dua kelompok itu disebut planet dalam dan planet luar."

"Planet dalam dan planet luar? Coba jelaskan satu per satu dong, Lu!"

“Aku mulai dari planet dalam ya. Planet dalam adalah kelompok planet yang memiliki jarak paling dekat dengan Matahari. Planet dalam terdiri dari planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan, planet luar adalah kelompok planet yang memiliki jarak paling jauh dengan Matahari. Planet luar terdiri dari planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus,” jelas Lulu.

Pengelompokan Planet berdasarkan jarak planet dengan matahari

 

Ah! Aku sudah paham pengelompokan planet berdasarkan jaraknya dengan Matahari. Sekarang coba jelaskan pengelompokan planet yang kedua, Lu!” balas Dafa.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Planet dan Cirinya!

Oke, Dafa! Pengelompokan planet selanjutnya adalah pengelompokan planet berdasarkan posisi Bumi sebagai pembatas. Nah, pengelompokan ini juga membagi planet menjadi dua kelompok yang disebut planet inferior dan planet superior, Daf!” 

“Apa lagi itu planet inferior dan planet superior?” 

“Kalau planet inferior itu maksudnya planet yang berada di dalam orbit Bumi. Artinya, planet yang letaknya di antara Bumi dan Matahari. Nah, kelompok planet tersebut terdiri dari Merkurius dan Venus saja. Sedangkan, planet superior adalah planet yang berada di luar orbit Bumi yang terdiri dari planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.” 

Pengelompokan Planet berdasarkan posisi bumi sebagai pembatas

 

“Wah! Setelah memahami pengelompokan planet berdasarkan jarak planet dengan Matahari dan posisi Bumi sebagai pembatas, aku jadi bisa membedakan delapan planet yang ada di Tata Surya kita dengan mudah. Terima kasih Lulu!” tutur Dafa.

“Sama-sama, Dafa. Ayo sekarang kita ikut istirahat bersama teman-teman yang lain!”

Ayo!” jawab Dafa yang antusias sambil menarik tangan Lulu keluar kelas.

Karena bantuan Lulu, Dafa sudah berhasil memahami pengelompokan planet di Tata Surya kita. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian juga sudah paham? Coba jawab pertanyaan di bawah ini ya!

Latihan soal Pengelompokan Planet

 

Selain pengelompokan planet, setelah ini teman-teman masih bisa belajar bersama Dafa, Lulu, dan teman-teman lainnya, loh! Ada banyak video pembelajaran disertai permainan-permainan yang menarik. Kalian bisa menonton videonya dengan download aplikasi Ruangguru dan berlangganan ruangbelajar. Yuk, buruan!

New call-to-action

Materi oleh: Nunuk Ika Lestari

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Rias Hada Firdausya

Aku cinta IPA dan bahagia karena Bahasa Indonesia, kalian bisa panggil aku Riashada!