Pendaftaran SNMPTN 2022 Dimulai! Ini 10 Pertanyaan yang Sering Muncul

Pendaftaran SNMPTN Dimulai

Pendaftaran SNMPTN 2022 telah dimulai! Masih punya banyak pertanyaan? Simak beberapa pertanyaan SNMPTN yang sering muncul beserta jawabannya berikut ini.

--

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau SNMPTN 2022 sudah dimulai! Hanya siswa yang masuk dalam pemeringkatan sekolah saja yang bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN. Sesuai dengan jadwal, pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada tanggal 14-28 Februari 2022. Sementara pengumuman SNMPTN akan berlangsung pada 29 Maret 2022. Sebelum mendaftar, sebaiknya kamu mengetahui beberapa pertanyaan terkait SNMPTN 2022 yang paling sering ditanyakan berikut ini.

Baca juga: Rasionalisasi SNMPTN, Bantu Kamu Tentukan Jurusan Paling Tepat

 

1. Berapa calon mahasiswa yang bisa diterima melalui jalur SNMPTN?

Sebelum kamu mendaftar SNMPTN, sebaiknya kamu mengetahui kuota atau daya tampung dari tiap jurusan di kampus yang dituju. Setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru memiliki kuota yang terbatas. Kuota daya tampung untuk SNMPTN sendiri ditetapkan sebesar 20 persen dari daya tampung PTN keseluruhan. Sedangkan daya tampung untuk SBMPTN sebesar 40 persen dan kuota untuk jalur mandiri sebesar 30 persen atau lebih. Untuk melihat daya tampung SNMPTN, kamu bisa cek di laman resmi LTMPT atau website resmi masing-masing kampus.

 

2. Berapa program studi yang bisa dipilih pada SNMPTN?

Bagi siswa pendaftar, kamu bisa memiliki paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun

Sementara itu, siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai dengan ketentuan oleh masing-masing PTN. 

 

3. Gimana proses penilaian untuk bisa diterima lewat jalur SNMPTN?

Setelah kamu lolos tahap pemeringkatan, maka selanjutnya kamu bisa mendaftarkan diri pada jalur SNMPTN. Seleksi akan dilakukan secara nasional dan dipilih siswa dengan nilai terbaik sesuai pilihan program studi dan PTN yang dipilih. Berdasarkan laman resmi snmptn.ac.id, seleksi dilakukan dalam dua tahapan yaitu:

  1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Baca juga: Cara Mengukur Peluang Lolos SNMPTN 2022

 

4. Apakah bisa mengambil program studi lintas jurusan di SNMPTN?

Kebijakan lintas jurusan pada jalur SNMPTN memang diperbolehkan. Namun, Kamu disarankan untuk tidak lintas minat. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan kemampuan dan aturan dari PTN yang dituju. Setiap perguruan tinggi memiliki aturan lintas jurusan yang berbeda-beda. Biasanya, jurusan IPA lebih fleksibel karena bisa mengambil jurusan bidang Saintek dan Soshum. Namun, hal ini juga tidak berlaku pada seluruh kampus. Jadi disarankan untuk mengambil prodi yang relevan dengan jurusan kamu saat SMA.

 

5. Bagaimana tahapan pendaftaran SNMPTN 2022?

Berdasarkan laman resmi ltmpt.ac.id, berikut adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2022:

  1. Pengumuman kuota bagi sekolah akan diumumkan pada tanggal 28 Desember 2021. Kuota pendaftaran SNMPTN akan disesuaikan dengan akreditasi dan jumlah siswa. Layanan masa sanggah mengenai kuota harus dilakukan paling lambat pada 17 Januari 2022, pukul 15.00 WIB
  2. Bagi sekolah yang belum memiliki AKUN LTMPT, WAJIB melakukan registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Seluruh siswa kelas 12, WAJIB melakukan registrasi akun LTMPT siswa melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  4. LTMPT akan menginformasikan jumlah siswa yang Eligible mendaftar SNMPTN berdasarkan Akreditasi Sekolah
  5. Berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag, sekolah dapat menentukan calon peserta SNMPTN
  6. Sekolah melakukan pengisian PDSS
  7. Sekolah dan peserta melakukan pendaftaran SNMPTN
  8. Memilih PTN dan program studi dengan paling banyak dua PTN
  9. Wajib melakukan pengunggahan portofolio bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga
  10. Seleksi jalur SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN
  11. Pengumuman hasil kelulusan SNMPTN
  12. Daftar ulang SNMPTN sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima

 

6. Bagaimana jika sekolah tidak bisa melakukan pemeringkatan?

Apabilah sekolah kamu tidak melakukan Finalisasi dan Pemeringkatan, maka otomatis kamu tidak bisa mengikuti proses pendaftaran SNMPTN selanjutnya.

 

7. Jika tidak lulus pemeringkatan, apa masih bisa daftar PTN?

Pemeringkatan pada SNMPTN dilakukan oleh sekolah, dengan mempertimbangkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

Apabila kamu tidak lolos dalam pemeringkatan SNMPTN, maka kamu tidak bisa lagi melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN. Namun jangan patah semangat, kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk masuk ke PTN melalui jalur UTBK-SBMPTN atau Seleksi Mandiri.

 

8. Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mendaftar SNMPTN?

Kamu tidak dipungut biaya apa pun untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN ditanggung oleh negara alias gratis bagi siswa. Jika kamu diterima, baru kamu membayar biaya kuliah sesuai dengan ketentuan kampus dan jurusan.

 

9. Apabila diterima SNMPTN, apa masih bisa mendaftar UTBK-SBMPTN dan Seleksi Mandiri?

Pihak LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah mengatakan dengan tegas bahwa ada hal yang perlu diperhatikan dalam seleksi SNMPTN, yaitu pendaftar yang telah lolos jalur SNMPTN tidak diperbolehkan mendaftar UTBK-SBMPTN. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lain yang ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN. Apabila kamu melakukan kecurangan, maka akan ada sanksi yang diberikan sesuai dengan ketetapan masing-masing rektor universitas.

 

10. Kalau tidak diterima SNMPTN, apakah masih bisa daftar SBMPTN?

Bagi kamu yang gagal pada proses SNMPTN, jangan khawatir, kamu masih punya kesempatan untuk mendaftar ke PTN melalui jalur UTBK-SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

--

Sudah siap mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN? Mau cari tahu peluang lolos kamu di jalur SNMPTN? Yuk, langsung coba Rasionalisasi SNMPTN dari Ruangguru untuk mengetahui peluang terbaik di SNMPTN.

Rasionalisasi SNMPTN

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru