Pohon Filogeni: Menjawab Kenapa Manusia Mirip Kera | Biologi Kelas 12

Pohon Filogeni -  Biologi Kelas 12-02 (1)

Apa yang kamu ketahui tentang teori evolusi, apakah benar manusia punya kekerabatan dengan kera? Yuk simak secara ilmiah di artikel teori evolusi berdasarkan pohon filogeni!

 

Pernah nggak kamu dengar kalimat, “nenek moyang manusia itu monyet” atau “manusia mirip monyet”? Kamu pun bertanya-tanya kenapa, sih manusia dikait-kaitkan dengan kera? Kan, manusia dengan kera berbeda. 

Setiap pertanyaan, pasti selalu ada jawabannya kalau kita mau mencari tahu. Nah, untuk bisa menjawab pertanyaan itu, ternyata kita bisa menggunakan pohon filogeni. Penasaran? Yuk, kita bahas.

Baca juga: Mengenal Mutasi: Pengertian, Klasifikasi & Dampaknya 

 

Kladogram atau Pohon Filogenetik

Kladogram pohon filogeni

Eh, kamu tahu nggak, ternyata para ilmuwan mendapatkan cara yang sederhana agar memudahkan pembuatan pohon filogeni, yaitu dengan berfokus pada karakter kelompok organisme. Ilmu yang mereka gunakan adalah taksonomi atau ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi organisme berdasarkan hubungan alamiahnya.

Dengan ilmu kladistik, para ilmuwan dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari setiap organisme yang berbeda dari nenek moyangnya. Setelah mengelompokkan ciri-cirinya, mereka membuat sebuah diagram yang disebut sebagai Kladogram (pohon filogeni). Setelah melihat gambar gorila diatas, kira-kira paham nggak guys?  Kalo belum jelas, kita akan bahas lebih lanjut maksud dari gambar itu ya!

Baca juga: Penentuan Jenis Kelamin pada Makhluk Hidup

 

Pengertian klade dan kladistik

Gambar kladogram menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu, nenek moyang kita berevolusi, mewariskan suatu karakteristik pada setiap organisme. Jika suatu keturunan tidak memiliki karakteristik yang diwariskan, ia akan terpisah. Hewan lamprey contohnya, adalah organisme yang pertama kali terpisah dari karakter warisan nenek moyangnya, yaitu rahang.

Kedua, hiu yang karakteristiknya memiliki rahang terpisahkan oleh karakteristik organisme yang bernapas menggunakan paru-paru. Lalu, hewan salamander terpisahkan oleh karakteristik berupa membran amniotik (membran ketuban).

Selanjutnya, kadal terpisahkan oleh karakteristik organisme yang memiliki rambut. Setelahnya, harimau terpisahkan oleh karakteristik organisme yang tidak memiliki ekor. Terakhir, adanya gambar gorila di bagian pohon filogeni menandakan gorila juga adalah organisme yang terpisahkan oleh karakteristiknya, yakni bipedal (berjalan menggunakan dua kaki).

Gimana, nih, apa sudah dimengerti? Kalau belum, coba simak tabel di bawah ini.

Tabel pohon filogeni evolusi

Gengs, jika dilihat dari tabel, manusia memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan gorila, perbedaannya hanya pada karakteristik bipedal, sehingga menjadikan gorila organisme yang kekerabatannya paling dekat dengan manusia. By the way, gorila ini termasuk ke dalam jenis kera ya, bukan monyet. Lalu, organisme kedua yang paling dekat dengan kita adalah harimau yang terpisahkan oleh karakteristik tanpa ekor dan bipedal. Begitu seterusnya.

Baca juga: Pola-Pola Hereditas pada Makhluk Hidup

Eh tapi, kamu udah tau belum kalo monyet sama kera itu aslinya berbeda? Jangan-jangan baru tau nih, hehe. Jadi sebenarnya, monyet dan kera itu merupakan dua jenis hewan yang berbeda ya! Monyet dalam bahasa inggris disebut sebagai monkey, sementara kera adalah ape. Nah itu dari segi bahasa, kalau dari ciri-cirinya, perbedaan kera dan monyet bisa kamu simak pada gambar di bawah ya!

Perbedaan kera dan monyet

Nah karena sekarang sudah tau, bisa dong ya untuk mengetahui primata apakah sesuai dengan ciri-ciri monyet atau ciri-ciri kera. Perbedaan kera dan monyet tersebut merupakan hasil dari proses evolusi jangka panjang yang kemudian menghasilkan spesies-spesies baru, guys!

Baca juga: Penyimpangan Semu Hukum Mendel

 

Grup Organisme Pohon Filogeni

Sekarang kamu sudah mengerti, kan, kenapa manusia dikait-kaitkan dengan kera? Karena dari pohon filogeni karakteristik manusia dengan kera tidak jauh berbeda. Dari pohon filogeni kita juga dapat menemukan beberapa grup organisme yang berbeda. Apa yang dimaksud dengan grup-grup tersebut? Simak gambar di bawah, ya.

 

Kladogram Pohon Filogenetik

 

Nah, dari gambar tersebut, kamu bisa tau bukan ada 3 macam kelompok atau grup organisme dalam pohon filogeni. Grup tersebut diantaranya grup monofiletik, grup parafiletik dan grup polifiletik. 

 

Grup Monofiletik

Sebagaimana yang terlihat di gambar, grup monofiletik adalah seluruh turunan dari nenek moyang yang sama, contohnya adalah orangutan, gorila, simpanse dan manusia. Kelompok organisme ini berasal dari nenek moyang yang sama, yaitu kelompok primata.

 

Grup Parafiletik

Grup parafiletik adalah sebagian turunan dari nenek moyang yang sama. Pada gambar di atas misalnya, primata selain manusia termasuk ke dalam famili Pongidae, sementara manusia tidak. Padahal manusia dan primata yang lain ini berasal dari nenek moyang yang sama. 

Baca juga: Perbedaan Fotosintesis dan Kemosintesis Serta Proses Terjadinya

 

Grup Parafiletik

Terakhir, grup polifiletik adalah turunan yang berasal dari nenek moyang yang berbeda. Pada gambar di atas terlihat bahwa yang termasuk ke dalam grup ini adalah loris dan tarsius. Mengapa demikian? Bukankah dari bentuk tubuhnya mirip? Betul sekali, hanya saja secara keturunan, dua hewan tersebut tidak dalam klasifikasi yang sama ya guys!

Sebelum menyelesaikan penjelasan ini, ada pertanyaan menarik nih buat kamu. Pernah nggak terlintas di pikiranmu kenapa para ilmuwan biologi susah payah mengklasifikasikan lebih dari satu juta organisme? Penasaran? 

Ternyata, salah satu alasan terpenting mereka mengklasifikasikan setiap organisme adalah agar kita bisa tahu apa saja organisme yang bermanfaat buat kita. Misalnya agar kita mengetahui tentang fungsi dari setiap organisme atau sebagai sumber makanan dan obat. 

Nah, itu dia jawabannya. Para ilmuwan bisa tahu organisme apa yang berkhasiat dan yang beracun, sehingga kita dapat dengan tenang mengkonsumsi organisme yang aman dan baik bagi kita. Bayangin deh, kalau misalnya kita main sikat aja apa yang ada di depan kita, langsung dimasak. Tentunya nggak bagus kan kalau kita sampai salah makan.

Jadi, dari pembahasan ini kita tahu, bahwa pohon filogeni adalah diagram mengenai karakteristik organisme-organisme yang diketahui dari sejarah evolusi. Dengan pengetahuan ini pun kita bisa tahu organisme apa saja yang berguna bagi manusia sebagai sumber makanan dan obat-obatan, atau se-simpel jadi tau, apa hubungan kekerabatan antara manusia, dengan primata seperti kera atau monyet.

Gimana, nih belajar biologi? Seru, kan? Rasa penasaranmu bisa terjawab di sini. Masih punya pertanyaan tak terjawab lainnya? ruangbelajar for Desktop jawabannya! Di sana ada banyak penjelasan yang akan memuaskanmu. Ayo cek sekarang juga!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Irnaningtyas. (2018). Biologi untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Erlangga.

 

Artikel ini diperbarui pada 20 Januari 2022.

Muhammad Azka Rais