Modernisasi dan Segala Sesuatu Tentangnya | Sosiologi Kelas 12

Modernisasi, Penyebab, dan Dampaknya 

Artikel ini membahas tentang modernisasi, syarat terjadinya modernisasi, faktor terjadinya modernisasi, hingga dampak yang disebabkan modernisasi.

--

Halo teman-teman, apa kabar nih? Gimana pengalaman selama belajar di rumah aja? Udah berapa bulan ya kira kira? Pasti temen-teman semuanya udah kangen juga nih sama jalan-jalan. Eitsss tapi jangan dulu ya, di masa pandemi seperti ini sangat rawan untuk pergi berlibur dan jalan-jalan.

Terus gimana ya biar sedikit meringankan rasa kangen kamu semua? salah satu cara yang bisa dicoba yakni dengan jalan-jalan virtual via Google Earth. Kerennya, nggak cuma di Indonesia, Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat indah di seluruh dunia!

Kolosseum Roma, Google Earth ImageJalan-jalan ke Koloseum di Roma, Italia pakai Google Earth

Nah kamu pernah bertanya-tanya gak sih, kenapa sekarang kita bisa tau tempat yang jauh disana tanpa kita harus menghabiskan tenaga untuk berpindah tempat?

Yapss benar sekali, karena perkembangan sistem informasi dan komunikasi yang ada saat ini. Mungkin buat Papa sama Mama-nya kamu dulu belum tau ada aplikasi virtual untuk melihat daerah-daerah yang jauh disana. Atau mungkin Kakek dan Nenek kita dulu tidak tau caranya saling berbalas pesan dengan menggunakan WhatsApp.

Karena mereka memang tidak merasakan teknologi yang seperti kita rasakan sekarang ini. Teknologi tersebut, adalah dampak dari fenomena sosial bernama Modernisasi, yuk kita bahas!

Baca juga: Mengenal Teori Evolusi dalam Perubahan Sosial

Apa Itu Modernisasi?

Modernisasi adalah proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju. Modernisasi dimaksudkan untuk memperbaiki dan mencapai suatu bentuk masyarakat yang lebih maju, berkembang, berkualitas, dan sejahtera. 

Kalau menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah perubahan-perubahan di dalam masyarakat mengenai perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial.

Selain Soerjono Soekanto, ada lagi nih yang mendefinisikan modernisasi yang bisa dilihat dari beberapa bidang. Orang itu adalah Anthony Giddens yang menuliskan dimensi institusi modernitas dalam bukunya The Consequences of Modernity dan membagi dimensi modernisme kedalam empat bagian, yakni Kapitalisme, Industrialisme, Kemampuan Pengawasan, dan Kekuatan Militer.

Dimensi Institusi Modernitas menurut Giddens
 

Penyebab Terjadinya Modernisasi

Jadi sekarang sudah tau kan apa itu modernisasi? Nah modernisasi juga tidak datang begitu saja loh, mereka memang diinginkan untuk ada karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. 

Kalau dipikir-pikir kenapa dulu kita kita susah sekali untuk bertemu dengan seseorang yang jauh disana, tapi sekarang tinggal pencet video call dan dapat langsung terhubung dengan orang yang kita rindu. Itu adalah dampak dari adanya modernisasi.

Oleh sebab itu, manusia pasti selalu ingin menemukan sesuatu yang baru. Jadi, bukan tidak mungkin dimasa yang akan datang akan ada hal-hal baru yang memenuhi kepuasan manusia berikutnya.

Syarat terjadinya Modernisasi

 

Terjadinya modernisasi juga memang diakibatkan oleh peran serta dari kita juga untuk menerima dan mencari sesuatu yang baru dan menginginkan percepatan dalam melakukan segala sesuatu nih. 

Baca juga: Pengertian dan Bentuk-bentuk Ketimpangan Sosial

Dampak Modernisasi

Kamu pernah liat gak sih orang-orang yang ada di sekitar kita yang memperhatikan dirinya sendiri? Orang yang adem ayem gak memperhatikan gejala dan hiruk pikuk dunia ini, udah jarang kan? Sekarang ini justru banyak orang-orang yang ambis banget buat mengejar sesuatu, nah itu adalah orang-orang sekarang yang wajar ada di dalam masyarakat modern menurut Talcott Parson.

 

Tokoh Sosiologi Modern dengan Fungsionalisme Struktural

Talcott Parsons adalah tokoh sosiologi modern yang terkenal dengan teori Fungsionalisme Strukturalnya

(Sumber : alchetron.com)

Selain itu, Parson juga menambahkan bahwa masyarakat sekarang selain yang masuk dalam pernyataan di atas, merupakan masyarakat yang sudah diarahkan menjadi terkotak-kotak sesuai dengan spesialisasinya masing-masing seperti di dalam bidang pekerjaan. 

Orang-orang sekarang juga berpikir secara rasional objektif. Hal ini pasti berdampak pada semua hal yang ada di dalam masyarakat tentunya.

Adanya modernisasi menyebabkan seluruh elemen di dalam masyarakat juga mengalami kemajuan dan perubahan. Seperti di dalam sistem ekonomi nih, kita semua lebih gampang buat belanja dan transaksi kan sekarang ini dengan pembayaran online dan transfer yang mudah? Itu adalah dampak dari adanya globalisasi.

Ada juga perubahan pada sistem sosial yang berbeda seperti mudahnya kita untuk berinteraksi. Perubahan pada bidang politik dengan berjalannya sistem demokrasi yang ada sekarang ini. Bidang pendidikan yang terasa sekali karena belajar tidak lagi terpaku pada buku, tapi pada video belajar, infografik, atau banyak hal lagi yang membantu kita untuk belajar. 

Dalam bidang teknologi dan informasi dapat dilihat dari berkembangnya telekomunikasi. Dari bidang kesehatan yang alat-alatnya kesehatan sudah canggih, atau di bidang pertanian yang sekarang ini sudah tidak menggunakan kerbau atau alat-alat yang tradisional lagi melainkan mesin canggih.  Itu semua adalah bagian dari terjadinya modernisme.

Baca juga: Apa Itu Globalisasi?

Selain kemudahan yang kita dapat hal yang dijelaskan di atas yang membantu kita melakukan segala sesuatu secara mudah, Modernisasi juga memiliki sisi negatif nih! 

Seperti banyaknya kejahatan yang terjadi akibat berkurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia, terjadi pemanasan global yang terjadi karena memakan mesin yang menghasilkan emisi berlebihan dan merusak alam. Tidak pedulinya masyarakat satu dengan masyarakat lain yang pada akhirnya sangat individualis, dan juga kejahatan berbasis teknologi seperti cyber crime ada sekarang ini karena adanya modernisasi.

Kejahatan dunia maya atau cybercrime akibat  modernisasiKejahatan dunia maya dimana oleh para Hacker (Sumber: Giphy) 

Nah, itulah penjelasan terkait modernisasi dan segala hal yang disebabkan oleh modernisasi di dalam masyarakat. Modernisasi menyebabkan banyaknya perubahan di sekitar kita baik itu yang positif dan yang negatif ya. Nah kita selaku masyarakat sudah seharusnya menyikapi dengan bijak segala sesuatu yang disebabkan oleh modernisasi.

Oke deh, selesai sudah pembahasan kali ini. Kamu bisa belajar lebih lengkap lagi terkait materi modernisasi dengan video belajar yang lucu dan seru? Yuk langsung aja buka aplikasi Ruangguru-mu dan pelajari materi ini di ruangbelajar. Belajar akan jauh lebih asik dan menyenangkan loh karena dipandu oleh para Master Teacher terbaik!

New Call-to-action

Referensi:

Giddens, A. (1990). The Consequences of Modernity. Cambridge. Polity Press.

Soekanto, Soerjono. (1994). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi: dari Sosiologi Klasik sampai perkembangan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berger, Peter L. & Thomas Luckmann. (1992). Pikiran Kembara: Modernisasi dan Kesadaran Manusia. Yogyakarta: Kanisius.

Sumber Gambar:

Talcott Parsons [Daring] Sumber: https://alchetron.com/Talcott-Parsons  (Diakses 13 Oktober 2021)

Hacker Hacking GIF [Daring] Sumber: https://giphy.com/gifs/YQitE4YNQNahy (Diakses 13 Oktober 2021)

 

Artikel diperbarui pada 15 Oktober 2021.

Profile

Ringgana Wandy Wiguna

Beri Komentar