10 Fitur yang Wajib Diperhatikan saat Memilih Aplikasi Belajar Online

fitur wajib dalam aplikasi belajar online

Aplikasi belajar online semakin berkembang di tengah kecanggihan zaman. Lalu, gimana sih cara menemukan platform yang tepat untuk mendukung pembelajaran secara maksimal? Caranya mudah kok, pastikan platform belajar online yang kamu pilih punya fitur wajib ini!

 

Pada awal pandemi Covid-19, pemerintah mewajibkan siswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh melalui internet. Layanan belajar berbasis aplikasi online pun mulai dilirik untuk menunjang kebutuhan belajar siswa di rumah. Pengguna aplikasi belajar online melonjak hingga di atas 100%. 

Hal ini, membuat industri EduTech semakin berinovasi. Mereka tidak hanya menyediakan aplikasi yang memberi kemudahan akses belajar di mana dan kapan aja, tapi juga fitur-fitur menarik lainnya, agar siswa mudah memahami konsep materi dan nggak gampang bosan saat belajar.

Meskipun saat ini aplikasi belajar online sudah menjamur, bukan berarti kamu bisa sembarangan memilih, ya. Beberapa platform, bisa jadi belum memiliki fitur lengkap, sehingga kurang cocok untuk dijadikan teman belajar. So, untuk menemukan platform belajar online yang tepat, simak dulu fitur-fitur yang wajib dimiliki oleh aplikasi belajar online berikut ini, yuk!

 

1. Desain UI yang Ramah Pengguna

Pernahkah kamu menggunakan aplikasi yang tampilannya berantakan? Bikin kamu jadi bingung dan sulit untuk menggunakannya. Nah, itulah mengapa, sebuah aplikasi harus mementingkan tampilan User Interface (UI). 

User Interface adalah tampilan visual, meliputi bentuk, warna, tulisan, dan tata letak, yang didesain semenarik mungkin dari sebuah sistem. Tampilan UI yang baik, akan membuat user merasa mudah dan nyaman saat mengaksesnya. 

Nah, karena aplikasi belajar online banyak digunakan oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua, jadi aplikasi ini wajib memiliki desain UI yang ramah pengguna. Kamu bisa memilih aplikasi yang punya tampilan menarik, sehingga nggak bikin bosan saat belajar. Selain itu, navigasi yang mudah, juga membuat para orang tua nggak kesulitan saat menggunakannya. 

Aplikasi belajar yang terlalu banyak fitur, justru dapat membingungkan kamu, loh. Pilihlah yang sekiranya, fitur-fiturnya tetap relevan untuk menunjang aktivitas belajar kamu.

 

2. Konten Berbasis Video

Secara alamiah, manusia akan tertarik pada stimulus visual. Hal inilah yang membuat konten video memberi pengalaman yang lebih kaya dan mendalam, dibanding konten teks atau gambar. Video menggabungkan elemen warna, gambar, gerakan, suara, dan efek visual lain yang menarik perhatian user.  

Jadi, kamu bisa nih memilih aplikasi yang menyediakan video pembelajaran menarik dan interaktif. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah memahami konsep materi, lebih fokus, dan meningkatkan daya ingat.

Baca Juga: 7 Fitur Unggulan di Video ruangbelajar yang Beda dari yang Lain

 

3. Materi Belajar yang Lengkap

Salah satu tujuan kamu berlangganan aplikasi belajar online, pasti ingin mendapatkan materi belajar yang lengkap, kan. Oleh karena itu, pastikan platform yang kamu pilih, punya variasi materi yang cukup banyak, sehingga kamu nggak perlu lagi mencari platform lain untuk mendapatkan materi tambahan.

Kalau kamu masih mencari-cari aplikasi yang menyediakan video belajar terlengkap, cobain pakai aplikasi ruangbelajar dari Ruangguru deh. Video di ruangbelajar super lengkap, terdiri dari puluhan ribu video, dari berbagai jenjang kelas (SD, SMP, SMA, dan SMK), dan sesuai dengan kurikulum di sekolah. 

Nggak cuma itu loh, di ruangbelajar juga menyediakan fitur ADAPTO, yaitu video belajar adaptif yang alurnya bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan tingkat pemahaman kamu. ADAPTO menawarkan pengalaman belajar yang jauh lebih interaktif dan membuat kamu seperti memiliki guru privat sendiri di rumah.

fitur adapto - aplikasi ruangbelajar - ruangguru

 

4. Penjelasan Materi yang Mudah

Apakah kamu tipe yang gampang ngantuk atau bosan saat belajar? Ada kalanya, saat kita mempelajari mata pelajaran yang rumit, banyak hitung-hitungan, atau bahkan materi-materi yang nggak disukai, rasanya kok sulit banget paham, ya? Kepala pusing, mata berkunang-kunang, perut pun jadi ikutan mual. Hahaha… hayooo ngaku, siapa nih yang begitu?

Artinya, kamu butuh materi belajar yang singkat, padat, dan tanpa basa-basi, alias to the point! Nah, kamu bisa memilih platform belajar yang menyediakan penjelasan materi sederhana dan mudah dimengerti. Contohnya seperti aplikasi Ruangguru!

Di ruangbelajar, kamu bisa paham materi lebih cepat dengan Konsep Kilat. Konsep Kilat merupakan video ringkasan konsep dasar untuk setiap topik pelajaran. Nggak hanya membuat kamu lebih cepat paham, Konsep Kilat juga bisa membantu kamu mengulang materi sebelum ulangan, lho!

konsep kilat - aplikasi ruangbelajar - ruangguru

 

5. Live Teaching

Terkadang, belajar lewat video aja masih belum cukup, ya. Pasti ada beberapa poin materi yang belum kamu pahami dan ingin ditanyakan. Makanya, Live Teaching adalah fitur yang wajib dimiliki oleh aplikasi belajar online berikutnya!

Sesi Live Teaching, menjadi cara yang tepat untuk mengatasi kebingungan kamu terhadap materi. Kegiatan belajar dapat berlangsung dua arah, dan kamu bisa lebih aktif bertanya atau berdiskusi dalam grup kelas.

Ruangguru juga menyediakan platform belajar dengan fitur Live Teaching, loh! Kamu bisa belajar melalui Brain Academy Online. Ada 2 fasilitas Live Teaching yang bisa kamu gunakan, yaitu section live chat untuk memberi tanggapan kepada Master Teacher dan teman-teman di seluruh Indonesia, serta section pertanyaan untuk mengajukan pertanyaan yang akan dijawab oleh teaching assistant. Wah, menarik banget, kan?

live teaching - brain academy online

 

6. Rangkuman Materi

Untuk semakin mempermudah proses belajar, kamu juga bisa memilih aplikasi yang menyediakan modul atau rangkuman belajar. Rangkuman ini, akan membantu kamu mengingat materi, mengetahui poin-poin penting, dan membuat kegiatan belajar jadi lebih praktis.

Baca Juga: Metode Mind Mapping: Cara Cermat Belajar Cepat, Yuk Dicoba!

 

7. Bank Soal

Aplikasi belajar online yang ideal, nggak hanya menyediakan penjelasan materi aja, tapi juga soal-soal untuk latihan belajar. Dengan banyak berlatih soal, kamu bisa lebih mudah memahami konsep dan rumus, tanpa harus menghafal, loh. 

Nah, di aplikasi ruangbelajar, terdapat fitur Bank Soal yang menyediakan berbagai latihan soal untuk PTS, PAS, PAT, hingga persiapan UTBK-SNBT dan Ujian Mandiri. Bank Soal ini sudah dilengkapi dengan berbagai pembaruan yang akan membuat pengalaman belajarmu jadi semakin seru.

 

8. Mode Offline

Mode offline adalah fitur yang dibutuhkan oleh aplikasi belajar online saat ini. Belajar menggunakan internet, kadang bisa terhambat karena adanya gangguan sinyal, atau keterbatasan penggunaan paket data. Dengan mode ini, kamu dapat mengunduh materi, dan belajar secara offline di mana dan kapan aja, sepenuhnya gratis. 

 

9. Subtitle

Nah, fitur yang nggak kalah wajib dimiliki oleh sebuah aplikasi belajar online adalah subtitle. Kenapa penting? Karena, nggak semua orang dapat mendengarkan audio, gais. Sehingga, mereka nggak bisa menikmati video belajar yang disediakan. Dengan adanya fitur subtitle, akan membantu user yang memiliki gangguan pendengaran untuk dapat menonton dan memahami video belajar. Selain itu, subtitle juga membantu ketika kamu sedang ingin belajar di lingkungan yang cukup bising, loh.

 

10. Gamification

Seneng nggak sih kalau ada platform belajar yang bisa sambil bermain juga? Belajar jadi makin semangat, deh! Kamu bisa nih, memilih aplikasi yang menyediakan fitur gamification. Tidak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tapi juga dapat memperdalam pemahaman.  

Kebetulan, di aplikasi Ruangguru, juga ada fitur gamification seru bernama Heroes Academy. Wah, apaan tuh? Lewat game ini, kamu bisa berkompetisi dengan seluruh peserta Ruangguru, melalui tantangan-tantangan soal. Semakin kamu rajin belajar dan berlatih soal, maka akan semakin banyak XP (Experience Point) yang bisa kamu kumpulkan untuk mendapat hadiah menarik.

gamification - heroes academy - ruangbelajar dari ruangguru

 

Oke, itulah beberapa fitur yang wajib dimiliki oleh aplikasi belajar online. Sebelum memilih untuk berlangganan, kamu harus cek dulu, apakah platform yang kamu inginkan, sudah punya fitur-fitur di atas, atau belum, nih. 

Atau, kalau kamu mau yang pasti-pasti aja, bisa langsung langganan aplikasi ruangbelajar. Semua fitur yang disediakan oleh Ruangguru pastinya super lengkap, dan harganya juga terjangkau. So, langsung aja siapkan amunisi belajar kamu di semester ini, supaya bisa jadi juara kelas di sekolah bareng Ruangguru

CTA ruangbelajar

Referensi:

https://elearningindustry.com/must-have-features-of-elearning-apps (diakses pada 5 Maret 2024)

https://www.questionpro.com/blog/educational-apps/#:~:text=Educational%20apps%20are%20a%20great,rather%20than%20books%20or%20chalkboards. (diakses pada 5 Maret 2024)

https://alef.co.id/fitur-fitur-wajib-pada-platform-untuk-belajar-online/ (diakses pada 5 Maret 2024)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-photo/front-view-girl-with-tablet-headphones_28472208.htm#fromView=search&page=2&position=47&uuid=f96c00a2-6616-4419-ae6f-94f65a1e3546 (diakses pada 5 Maret 2024)

Ruangguru