Jago Public Speaking? Ini 7 Jurusan yang Bisa Kamu Ambil

public speaking

Artikel ini memberikan rekomendasi jurusan untuk kamu yang merasa jago public speaking dan punya kemampuan komunikasi yang baik

Suka ngomong sama orang lain? Atau kamu merasa nyaman berbicara di depan orang banyak? Apabila diasah dengan baik, kemampuan komunikasi kamu ini bisa punya potensi di dunia kerja nanti, lho. Salah satu caranya adalah dengan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat kamu. Dengan masuk ke jurusan yang cocok, kemampuan berbicara dan komunikasi kamu nantinya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Apa saja kira-kira jurusan yang cocok untuk kamu yang suka berbicara dan berbakat public speaking? Yuk, disimak!

 

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

public speaking

Ilmu Komunikasi (Sumber: borntowinconsulting.com)

Jurusan pertama tentu aja Komunikasi. Jurusan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang pintar ngomong atau public speaking. Sesuai dengan namanya, di jurusan ini kamu akan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan komunikasi. Nggak Cuma belajar ngomong, komunikasi juga ada banyak macamnya, mulai dari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), kelompok, organisasi, hingga komunikasi massa.

Jurusan Komunikasi juga punya prospek kerja yang luas, seperti jurnalis, penyiar, public relation, reporter, periklanan, dan lainnya. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu jadi tahu bagaimana proses penyampaian pesan yang efektif dan dapat tepat sasaran.

Baca juga: Seluk Beluk Jurusan Ilmu Komunikasi yang Super Seru

 

2. Jurusan Hukum

public speaking

Hukum (Sumber: brianjohnspencer.blogspot.com)

Sudah bukan rahasia lagi jika jurusan Hukum sangat berkaitan dengan kemampuan berbicara dan public speaking. Mahasiswanya akan sering belajar menyampaikan pemikiran dan mengemukakan argumennya. Apalagi jika kamu ingin berprofesi sebagai pengacara, kamu dituntut untuk punya skill komunikasi yang baik saat berbicara dengan klien atau saat membela klien di pengadilan. So, bagi kamu yang suka berbicara dan pandai berdebat, maka jurusan ini direkomendasikan banget untuk kamu.

 

3. Jurusan Hubungan Internasional

public speaking

Hubungan Internasional (Sumber: mastersportal.com)

Saat kamu masuk ke jurusan Hubungan Internasional akan banyak mata kuliah yang mengasah kemampuan komunikasi dan public speaking kamu. Beberapa contohnya adalah mata kuliah Diplomasi, Negosiasi, dan Resolusi. Untuk itu, kesukaan kamu dengan berbicara dan public speaking akan sangat diasah untuk belajar menyampaikan pendapat, berdiplomasi, dan menjaga hubungan dengan pihak internasional. Peluang kerja dari lulusannya pun beragam seperti misalnya menjadi diplomat, pegawai di kedutaan atau organisasi internasional, hingga politisi.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, Kamu Pilih yang Mana?

 

4. Jurusan Pendidikan Guru

public speaking

Guru (Sumber: ed.lehigh.edu)

Seorang guru wajib banget menguasai cara komunikasi yang baik, nggak hanya dengan murid-muridnya tetapi juga dengan orang tua murid. Kebayang ‘kan kalau kamu menjadi seorang guru maka kamu harus berhadapan dengan murid yang jumlahnya banyak banget. Maka dari itu, tentu kamu harus punya skill berbicara yang mumpuni agar semua siswa bisa paham dengan apa yang kamu jelaskan begitu juga sebaliknya. Untuk menjadi guru kamu bisa mengambil jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) atau jurusan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

 

5. Jurusan Psikologi

public speaking

Psikologi (Sumber: tomatis-swidnica.pl)

Belajar di jurusan Psikologi itu seru banget Squad, kamu bisa lebih paham dengan perilaku dan kepribadian serta mental manusia. Jurusan Psikologi juga berhubungan dengan kemampuan komunikasi lho. Profesi utama dari jurusan ini adalah menjadi seorang psikolog dan sebagai seorang psikolog kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan klien atau pasien. Komunikasi yang dibutuhkan juga berbeda dibanding berkomunikasi dengan orang biasa agar klien bisa menceritakan masalah yang ia alami dengan nyaman. So, bagi kamu yang suka jadi tempat curhat banyak orang, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jurusan ini.

 

6. Jurusan Ilmu Politik

public speaking

Politik (Sumber: thoughtco.com)

Tak hanya harus punya wawasan yang luas, di jurusan ini kamu juga harus mempunyai kemampuan berbicara yang baik. Kamu harus bisa menyampaikan dan mengkomunikasikan pemikiran kepada orang lain dengan jelas dan lugas. Kamu pun akan sering bertukar pendapat atau memperdebatkan berbagai pandangan dan pemikiran dengan mahasiswa lainnya.

Baca juga: Jurusan Ilmu Politik: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Pilihan Kampusnya

 

7. Jurusan Bahasa/Sastra

public speaking

Jurusan Bahasa (Sumber: emu.edu.tr)

Bagi kamu yang merasa jago public speaking dan punya bakat berbicara, kamu wajib mempertimbangkan jurusan-jurusan bahasa. Jurusan bahasa ini bisa jurusan bahasa Indonesia, bahasa asing hingga bahasa daerah. Sebagai informasi, terkadang jurusan bahasa dibedakan dengan jurusan sastra di beberapa universitas. Jurusan sastra lebih mengedepankan sisi literatur sastranya, berbeda dengan jurusan bahasa yang fokus dengan bahasa yang dipelajari. Profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus antara lain interpreter, pengajar, PR, jurnalis, dan sebagainya.

Gimana, kamu tertarik dengan jurusan nomor berapa nih? Walaupun kamu punya bakat berkomunikasi dan public speaking, kamu tetap juga harus menguasai pelajaran lainnya supaya bisa diterima di salah satu jurusan tadi. Yuk, raih impian dengan masuk ke jurusan pilihan bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D