Kisah Novita Lolos SNMPTN di ITB Dengan Belajar di Ruangguru

Cerita Juara - Testimoni siswa menggunakan aplikasi ruangguru

Di Artikel ini, kita akan menyimak perjalanan Novita dalam meraih impiannya kuliah di ITB lewat jalur undangan atau SNMPTN. Yuk simak kisah inspiratifnya!

--

Apakah kamu punya mimpi untuk bisa lanjut belajar di perguruan tinggi, bahkan di salah satu kampus terbaik Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung? Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, karena semua bisa kita capai selama kita menaruh harapan dan usaha yang besar untuk mewujudkan hal tersebut.

Seperti Novita, alumni dari SMAN 4 Bandung ini berhasil lolos di ITB via jalur undangan atau SNMPTN! Wah, untuk lulus di jalur tanpa tes ini, tentu sangat sulit karena harus bersaing dengan puluhan ribu saingan dan kuota masuk yang relatif sedikit dibanding jalur lainnya. Lalu apa rahasia dari Novita hingga berhasil lolos di kampus Ganesha? Simak artikel ini ya!

Baca juga: Perjuangan Rozy, Si Putra Sorong yang Sukses “Mendarat” di ITB

 

Novita besar di lingkungan keluarga yang sederhana, Ayah dan Ibunya lulusan SD dan SMP. Ayahnya pergi merantau bekerja sebagai penjahit di Kupang, dan Ibunya sebagai Ibu Rumah Tangga. Namun dibalik keluarga mereka yang sederhana tersebut, ada impian dari orang tua Novita agar anak-anaknya kuliah di top PTN Indonesia, salah satunya ITB.

Novita sendiri bercerita bahwa ada proses naik-turun dari dirinya ketika mempersiapkan diri untuk seleksi masuk kuliah, salah satunya saat muncul keraguan dari dirinya apakah mampu untuk bersaing untuk lolos seleksi di ITB. Tapi dengan motivasi dan dukungan dari keluarga, ia tetap berusaha belajar sebaik mungkin demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Kendala belajar yang Novita alami  adalah kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan guru di sekolah. Hal itu berakibat nilai-nilai sekolahnya menjadi kurang maksimal. Hal ini terlihat dari nilai-nilai di semester 1 kelas 10. Nilainya kecil. Situasi ini semakin rumit bagi Novita, karena keluarganya tidak mampu untuk memberikan les tambahan di bimbel-bimbel konvensional yang lumayan tinggi biayanya.

Baca juga: Cara Hana Lulus SNMPTN ITB bersama Ruangguru di Prodi Tersulit Ditembus

 

Namun, cerita hidup Novita sedikit berubah setelah ia melihat tayangan Ruangguru di TV. Ia tertarik dan segera bertanya pada orangtuanya apakah boleh untuk ikut berlangganan Ruangguru untuk membantu pembelajarannya di rumah. Setelah mempertimbangkan bahwa biayanya yang masih terjangkau, dan fitur belajarnya yang sangat lengkap, orang tua Novita setuju agar Novita ikut berlangganan belajar di Ruangguru.

Ia membagikan pengalamannya bahwa belajar di Ruangguru merubah kebiasaan belajarnya menjadi lebih produktif, Novita merasa video belajar di Ruangguru sangat lengkap dan memenuhi kebutuhan belajarnya, mulai dari video konsep kilat, dan juga fitur Adapto yang bisa menyesuaikan secara otomatis pilihan-pilihan jawaban  selama belajar.

Baca juga: 7 Fitur Unggulan di Video ruangbelajar yang Beda dari yang Lain

 

belajar di Ruangguru

Belajar bersama Ruangguru

 

Tak lupa, salah satu fitur favorit dari Novita ialah roboguru, yakni robot lucu yang selalu menemaninya belajar. Fitur roboguru sangat membantu Novita untuk menemukan cara penyelesaian soal, dan membantunya untuk memecahkan soal-soal yang sulit sekalipun.

Setelah berlangganan dan merasakan manfaat fitur-fitur belajar di Ruangguru, nilai-nilai sekolah Novita pun meningkat. Materi pelajaran yang ia dapatkan di Ruangguru lebih detail, bahkan Novita sudah menguasai materi pelajaran sebelum diajarkan di sekolah. Novita menjadi lebih percaya diri untuk bersaing dengan teman kelasnya yang selama ini lebih unggul dari dirinya.

Baca juga: Roboguru: Pembahasan Soal Gratis dan Otomatis Sekarang Lebih Lengkap!

 

Satu persatu, harapan terbuka, akhirnya Novita mendapatkan kuota untuk mengikuti SNMPTN di sekolahnya. Novita sungguh senang, namun ia tidak hanya berharap dari jalur tersebut. Novita juga meningkatkan frekuensi belajarnya, dan juga rajin mengikuti tryout-tryout persiapan ujian gratis dari Ruangguru untuk mempersiapkan UTBK. 

Untuk persiapan SNMPTN-nya, Novita juga menggunakan fitur Rasionalisasi SNMPTN di Ruangguru. FItur tersebut sangat tepat untuk membantu Novita mengukur daya saing dan peluangnya untuk diterima di kampus dan jurusan tertentu. Dengan nilai-nilai yang Novita dapatkan selama sekolah, hasil rasionalisasinya mengatakan bahwa pilihan Novita untuk memilih FTSL ITB sangat rasional, sehingga Ia yakin untuk mendaftar SNMPTN di ITB.

Baca juga: Rasionalisasi SNMPTN, Bantu Kamu Tentukan Jurusan Paling Tepat

 

Masa pengumuman yang ditunggu-tunggu pun telah tiba. Hari pengumuman SNMPTN menjadi momen bersejarah bagi Novita, ia dinyatakan lolos dan diterima untuk kuliah di ITB pada Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL). 

 

Kampus ITB

Kampus ITB di Bandung (sumber: itb.ac.id)

Ia akhirnya berhasil mewujudkan impian orangtua yang senantiasa mendukungnya dan lolos tanpa ujian seleksi. Ketekunannya menjaga prestasi nilai rapor selama 3 tahun berbuah manis dan ia pun diterima melalui jalur undangan. Ia pun makin bersyukur karena terpilih untuk mendapatkan program bantuan KIP-Kuliah yang menggratiskan biaya kuliahnya di ITB.

Baca juga: Mengenal Jurusan Astronomi ITB Bersama Kak Meri Handayani

 

Semua itu dicapai Novita, karena ia terus percaya pada mimpinya, dan tidak ragu untuk berusaha menggapainya. Meski banyak rintangan, ia anggap itu sebagai pewarna di keberhasilannya. 

Kamu ingin juga berhasil dan memiliki cerita manis seperti Novita? Yuk, segera buat perubahan hari ini! Jangan tunda-tunda lagi dan segera persiapkan dirimu untuk belajar dan berjuang menghadapi ujian masuk PTN! 

Maksimalkan persiapanmu dengan belajar di ruangbelajar! Ada banyak fitur yang bakal ngebantu banget persiapanmu dan ribuan bank soal untuk latihan belajar di rumah. Semangat terus ya!

ruangbelajar



Sumber foto: 

Gedung Kampus ITB [Daring] Tautan: https://www.itb.ac.id/berita/detail/57830/peserta-utbk-di-itb-capai-23705-orang (Diakses 9 Februari 2022)

Ini Baru Juara [Daring] Tautan: https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig (Diakses 9 Februari 2022)

Profile

Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.