Aturan Baru Seleksi Masuk PTN 2023 untuk SNMPTN, SBMPTN & Mandiri

Perubahan Aturan Seleksi Masuk PTN 2023 untuk SNMPTN, SBMPTN & Mandiri

Ada perubahan aturan seleksi masuk PTN untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri di 2023 mendatang, lho! Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Seleksi masuk PTN tahun 2023 memang masih beberapa bulan lagi. Tapi, pasti kamu sudah menunggu-nunggu kan informasi baru yang akan dikeluarkan oleh pemerintah. Nah, pas banget. Kemarin, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengumumkan beberapa perubahan aturan seleksi masuk PTN tahun 2023, baik itu pada jalur SNMPTN (seleksi berdasarkan prestasi), SBMPTN (seleksi nasional berdasarkan tes), dan Seleksi Mandiri oleh PTN.

Menurut Menteri Nadiem, perubahan sistem masuk PTN ini bertujuan untuk semakin menyempurnakan mekanisme seleksi sebelumnya. Singkat kata, perubahan di sistem seleksi masuk PTN ini akan menjadi jembatan antara perubahan yang sudah dilakukan di sekolah dan kampus sebelumnya, guys.

Terus, apa aja perubahannya?

Sabar… sabar. Sebelum kita bahas mengenai perubahan masuk PTN 2023 melalui sistem seleksi di SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, ada beberapa prinsip perubahan yang penting untuk kamu ketahui menurut Menteri Nadiem.

 

Prinsip Dasar Perubahan Seleksi Masuk PTN

Kenapa sih harus dirubah?

Well, pasti kamu punya pertanyaan seperti itu kan? Menteri Nadiem menjelaskan guys, bahwa ada beberapa prinsip perubahan yang ingin diwujudkan melalui transformasi seleksi masuk PTN ini. Apa saja?

  1. Mendorong pembelajaran di sekolah yang menyeluruh dan mendalam.
  2. Lebih berfokus pada kemampuan penalaran, bukan pada pemadatan materi.
  3. Lebih inklusif (meminimalisir diskriminasi) dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik.
  4. Proses seleksi lebih transparan.
  5. Proses seleksi lebih terintegrasi dengan mencakup bukan hanya program sarjana, tetapi juga diploma tiga dan diploma empat/sarjana terapan.

 

Perubahan Seleksi Masuk PTN

Next, sekarang kita bahas satu per satu ya perubahan apa saja yang terjadi pada seleksi masuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri di tahun 2023 mendatang.

 

 

 

1. Perubahan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN)

SNMPTN Sebelumnya

Sebelumnya, SNMPTN membatasi pilihan program studi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah. Jadi, kamu yang dari jurusan IPA hanya bisa mengambil program studi dari rumpun ilmu Saintek, begitu pula yang IPS. Selain itu, sebelumnya hanya mata pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi.

Menurut Menteri Nadiem, hal tersebut memunculkan beberapa masalah. Calon mahasiswa jadi tidak punya kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan aspirasi kariernya. Dampak lainnya adalah hanya mata pelajaran tertentu yang dianggap penting, sehingga tidak berfokus pada mata pelajaran secara holistik dan hanya fokus ke beberapa mapel yang berhubungan dengan prodi yang ingin dipilih.

Padahal, di masa depan kita membutuhkan kompetensi holistik dan lintas disipliner. Misalnya, seorang Pengacara membutuhkan ilmu dasar Hukum dan Komunikasi untuk bisa sukses.

Perubahan seleksi masuk PTN jalur SNMPTN

Perubahan Sistem SNMPTN 2023

 

Perubahan SNMPTN Saat Ini

Sistem SNMPTN sekarang diubah pemeringkatannya berdasarkan:

  1. Minimal 50% rerata nilai rapor seluruh mata pelajaran
  2. Maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat, yang dapat mencakup:
    1. Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung; dan/atau
    2. Prestasi; dan/atau
    3. Portofolio (untuk program studi Seni dan Olahraga)

PTN berhak menentukan komposisi persentase komponen 1 dan 2 dengan total 100%. Penentuan ini juga dapat berbeda antarprodi dalam PTN yang sama.

Dengan perubahan sistem SNMPTN 2023 ini, semua mata pelajaran tetap memiliki bobot dan siswa menjadi terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran. Siswa juga jadi terdorong untuk mengekspolari minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

 

Tips Sukses SNMPTN

  • Fokus untuk belajar secara menyeluruh
  • Gali minat dan bakat secara tekun
  • Tingkatkan prestasi sesuai minat dan bakat
  • Eskplorasi pilihan prodi yang sesuai dengan minat dan bakat
  • Mencari tahu komponen penilaian dan pembobotan spesifik untuk prodi yang diminati
  • Dukungan orang tua dan guru sangat penting agar siswa dapat berprestasi dan memilih prodi sesuai dengan minat dan bakat

Baca Juga: 100 Sekolah Terbaik di Indonesia dan Provinsi Berdasarkan Nilai UTBK

 

2. Perubahan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN)

SBMPTN Sebelumnya

Seperti yang sudah kita ketahui ya guys, sebelumnya SBMPTN mengujikan banyak sekali mata pelajaran. Hal ini membuat tidak hanya siswa tetapi juga guru menjadi tertekan untuk mengejar UTBK. Kualitas pembelajaran yang mendalam pun turun dan kurang menekankan pada pemahaman.

Harusnya, seleksi masuk PTN tidak menurunkan kualitas pembelajaran dan perlu lebih inklusif serta adil untuk seluruh peserta didik.

Perubahan seleksi masuk PTN jalur SBMPTN

Perubahan Sistem UTBK-SBMPTN 2023 

 

Perubahan SBMPTN Saat Ini

Oleh karena itu, seleksi SBMPTN tidak ada lagi tes mata pelajaran, guys. Tes SBMPTN akan disederhanakan, hanya menjadi satu tes, yaitu Tes Skolastik yang mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah yang terdiri dari:

  1. Potensi kognitif
  2. Penalaran Matematika
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia
  4. Literasi dalam Bahasa Inggris

Dengan begitu, sistem SBMPTN 2023 hanya ada tes yang berhubungan dengan kemampuan bernalar dan problem solving, bukan hafalan. Kamu tidak perlu khawatir akan keharusan menghafal konten dan lebih berfokus pada pemahaman yang mendalam.

Oh iya, kalau kamu ingin baca informasi lebih lanjut mengenai perubahan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2023, kamu bisa cek di artikel berjudul, ‘Mengenal SNBP dan SNBT, Ini Perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN.

 

Contoh Soal Tes Skolastik UTBK-SBMPTN

1. Lima sekawan Sano, Joko, Adi, Rimba, dan Ratu selalu semangat berangkat bersama menuju sekolah. Joko selalu menjemput Sano, setelah ia dijemput oleh Adi. Rimba menjadi anak terakhir yang dijemput. Sementara rumah Ratu terletak di antara rumah Joko dan rumah Adi. Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah …

  1. Rumah Ratu terletak paling jauh
  2. Rumah Adi terletak paling jauh
  3. Rumah Rimba terletak paling jauh
  4. Rumah Sano terletak paling dekat
  5. Rumah Adi terletak paling dekat

 

2. Perhatikan informasi berikut ini!

gambar contoh soal tes skolastik utbk-sbmptn 2023

Sampak anorganik lebih lama terurai dibandingakn dengan sampah organik. Waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, namun kurang dari kulit sintetis. Berapa waktu dekomposisi yang mungkin dari popok sekali pakai?

  1. 100 tahun
  2. 250 tahun
  3. 375 tahun
  4. 475 tahun
  5. 575 tahun

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023 & Pembahasannya 

 

3. Perubahan Seleksi Mandiri oleh PTN

Seleksi Mandiri Sebelumnya

Sebelumnya ada banyak sekali keragaman jenis mekanisme seleksi jalur mandiri antar PTN. Selain itu, tidak ada standarisasi yang mengatur transparansi dan akuntabilitas proses seleksi. Hal ini menimbulkan persepsi bahwa seleksi mandiri lebih berpihak pada mahasiswa dengan kemampuan finansial tinggi. Nah, pemerintah menilai Seleksi Mandiri perlu memiliki standar transparansi yang sama antar PTN.

Perubahan Seleksi Masuk PTN Jalur Mandiri

Perubahan Seleksi Mandiri 2023

 

Perubahan Seleksi Mandiri Saat Ini

Kini pemerintah akan mengatur agar Seleksi Mandiri oleh PTN bisa lebih transparan. Seleksi Mandiri oleh PTN harus berdasarkan seleksi akademis dan dilarang dikaitkan dengan tujuan komersial.

Sebelum pelaksanaan Seleksi Mandiri PTN diwajibkan untuk mengumumkan beberapa hal, yaitu:

  • Jumlah calon mahasiswa yang akan diterima oleh masing-masing program studi/fakultas
  • Metode penilaian calon mahasiswa, yang terdiri dari:
    1. Tes secara mandiri
    2. Kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi
    3. Memanfaatkan nilai SBMPTN
    4. Metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan
  • Besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi

Sesudah pelaksanaan Seleksi Mandiri PTN diwajibkan untuk mengumumkan beberapa hal, yaitu:

  • Jumlah peserta seleksi yang lulus seleksi dan sisa kuota yang belum terisi
  • Masa sanggah selama 5 hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi
  • Tata cara penyanggahan hasil seleksi

Calon mahasiswa dan masyarakat didorong untuk melaporkan melalui kanal pelaporan whistleblowing system Inspektorat Jenderal Kementerian apabila memiliki bukti permulaan atas pelanggaran peraturan dalam proses seleksi di wbs.kemendikbud.go.id atau kemdikbud.lapor.go.id.

Baca Juga: Catat! Ini Persiapan UTBK-SBMPTN yang Perlu Kamu Lakukan!

 

Itulah tadi penjelasan lengkap perubahan sistem masuk PTN 2023 untuk SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Apabila kamu masih punya pertanyaan atau ada info yang belum masuk di artikel ini, bisa tulis di kolom komentar ya.

Jangan tunggu besok, ayo persiapkan dirimu untuk bisa masuk ke program studi dan kampus impian bersama dengan gabung ke Pelatnas UTBK! Kamu bisa langsung join ke grup-nya dengan klik tautan ini, ya.

IDN CTA Blog Pelatnas UTBK

Referensi:

Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN. Youtube Kemendikbud RI. [daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=fEuQ3ASlfVk&t=2691s (Diakses: 7 September 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D