Tips Mengerjakan TPS UTBK SNBT berdasarkan Tipe Soalnya

Tips mengerjakan soal TPS di UTBK SBMPTN

Sudah siap hadapi UTBK SNBT 2024? Untuk mendapatkan skor yang maksimal, yuk simak tips mengerjakan soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK berdasarkan tipe soalnya berikut!

 

Kamu pastinya udah tau dong, kalau yang akan diujikan dalam UTBK 2024 itu adalah materi-materi Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi. Dikutip dari laman SNPMB, TPS adalah salah satu jenis tes yang mengukur kemampuan kognitif untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Sementara tes literasi akan mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah.

Supaya kamu bisa lolos di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan,  kamu harus berusaha meraih skor UTBK yang tinggi. Nah, untuk mendapatkan skor UTBK yang tinggi, kamu juga perlu memaksimalkan nilai di setiap tes yang diujikan.

Di artikel ini, kita akan kupas mengenai tips mengerjakan soal TPS UTBK berdasarkan kategori soalnya. Yuk, langsung aja kita simak!

Baca Juga: Jadwal UTBK-SNBT 2024, Aturan Baru, Syarat, Biaya & Tahap Pendaftaran

 

Subtes di Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK

Ada empat subtes yang akan kamu temui di Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK SNBT 2024. Berikut rincian penjelasannya:

 

1. Penalaran Umum

Penalaran Umum adalah subtes yang menguji kemampuan kamu dalam memecahkan masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya, serta kemampuan bernalar secara abstrak. Subtes Penalaran Umum terdiri dari 3 tipe soal, yaitu:

  • Kesesuaian pernyataan yang menuntut penalaran seseorang dalam memahami isi teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks paragraf).
  • Simpulan logis untuk menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.
  • Penalaran analitik yang menyediakan soal-soal dan meminta peserta menganalisis  serta menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.

 

2. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Kemampuan Membaca dan Menulis adalah subtes yang menguji kemampuan yang melibatkan  kelancaran membaca dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Subtes Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis terbagi menjadi 2 tipe soal, yaitu:

  • Pemahaman isi bacaan yang menguji peserta dalam membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh.
  • Penalaran kebahasaan dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Pengetahuan dan Pemahaman Umum adalah subtes yang menguji kemampuan kamu untuk memahami dan mengomunikasikan pengetahuan yang dianggap penting di lingkungan budaya Indonesia.

Subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum, berisi materi yang berkaitan dengan ide pokok, simpulan, kelemahan dan kelebihan paragraf, serta hubungan isi antarparagraf. Serta seputar penulisan kata, penggunaan tanda baca, makna kata, kalimat efektif, konjungsi, serta kata ganti.

 

4. Pengetahuan Kuantitatif

Pengetahuan Kuantitatif adalah kemampuan yang berkaitan dengan matematika, seperti menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka.

Subtes Pengetahuan Kuantitatif ini mencakup perhitungan matematika, pemecahan masalah matematika, dan pengetahuan umum matematika. Tipe soalnya terbagi menjadi 4 kategori, yakni:

  • Pilihan ganda dengan tipe soal mengenai logika dasar dan matematika dengan level dasar.
  • Pilihan (1), (2), (3), dan (4) yang menyediakan pertanyaan dan 4 informasi. Peserta menjawab informasi mana yang benar, berdasarkan pernyataan yang diberikan.
  • Analisis kecukupan data yaitu sebuah pertanyaan dan 2 informasi. Lalu, menganalisis informasi mana yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan dapat terjawab.
  • Analisis perbandingan dua nilai adalah sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Peserta menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.

 

Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK berdasarkan Tipe Soalnya

Berikut adalah siasat atau tips mengerjakan soal TPS UTBK berdasarkan tipe soalnya, untuk masing-masing subtes materi:

Baca Juga: Contoh Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) & Tes Literasi UTBK-SNBT 2024

 

1. Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK untuk Subtes Penalaran Umum

 

a. Tipe Soal Kesesuaian Pernyataan

Kata kunci untuk tips mengerjakan soal TPS kategori kesesuaian pernyataan ini adalah ketelitian dan penalaran. Untuk melihat kesesuaian pernyataan, hal yang dapat dilakukan adalah membaca secara cermat dan cepat. Tidak perlu membaca keseluruhan teks, kamu cukup perhatikan pernyataan-pernyataan pada pilihan jawaban.

Cermati kata kunci pada setiap pernyataan di pilihan jawaban, lalu cari kalimat yang maknanya sama dengan teks. Pilihan jawaban yang benar bisa berupa pernyataan di dalam teks yang sama persis dengan pilihan jawaban atau pilihan jawaban memiliki makna yang sama dengan pernyataan dalam teks.

 

b. Tipe Soal Simpulan Logis

berpikir logis TPS UTBKLogis dalam penyimpulan (Sumber: summitthisweek.com)

 

Sama seperti kategori soal kesesuaian pernyataan, kamu membutuhkan kemampuan ketelitian dan penalaran yang mumpuni untuk bisa menjawab soal-soal tersebut. Dalam kategori soal simpulan logis, untuk melihat simpulan yang paling mungkin benar adalah membaca secara cermat dan cepat.

Jadi, tidak perlu membaca keseluruhan teks, cukup pahami paragraf yang ditanyakan pada soal. Pastikan kamu menyesuaikan kalimat pada pilihan jawaban dengan pernyataan-pernyataan yang terdapat pada teks.

 

c. Tipe Soal Penalaran Analitik

Cara mengerjakan soal-soal perbandingan yang biasanya memiliki ciri-ciri memuat kata “lebih” atau “daripada”, solusi termudahnya adalah dengan “digambar atau ditulis”. Selain digambar, kamu juga dapat mengurutkan dengan menggunakan nomor dimulai dari nilai tertinggi hingga terendah.

Baca Juga: Contoh Soal Penalaran Umum TPS UTBK 2024 & Pembahasannya

Tips dan Trik Menjawab Soal PTS UTBKBerpikir Analitik (Sumber: Grid.id)

 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan inisial nama tokoh dalam bacaan untuk mempermudah penggambaran posisi. Sedangkan untuk soal yang menggunakan kata “sementara” atau “semua“, ingatlah bahwa:

  • Sementara/sebagian/beberapa/ada/mungkin semua → artinya tidak semuanya atau minimal satu.
  • Semua/setiap → artinya seluruh anggota tanpa terkecuali.

 

2. Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK untuk Subtes Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

 

a. Tipe Soal Pemahaman Isi Bacaan

Namanya pemahaman bacaan, pastinya soal-soal yang ditanyakan ada hubungannya dengan sebuah bacaan, entah itu artikel atau potongan artikel yang berisi beberapa paragraf. Nah, untuk menghemat waktu, jangan baca artikel atau wacananya dulu. Melainkan, baca soalnya.

Biasanya, soal tipe ini hanya menanyakan bagian/paragraf tertentu dari bacaannya. Kalau misalnya nih, bacaannya itu ada 8 paragraf, butuh waktu berapa lama hayo untuk membaca itu semua? Terus, ternyata yang ditanyakan hanya informasi di paragraf ketiga aja. Buang-buang waktu kan?

 

b. Tipe Soal Penalaran Kebahasaan

Dalam tipe soal penalaran kebahasaan, kamu akan diuji tentang kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar, seperti KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoesia) dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Contoh pertanyaan yang muncul bisa begini:

“Kata menganalisa para paragraf ke dapat diganti dengan…”

Oleh karena itu, kamu perlu memperbanyak membaca artikel untuk menambah kosa kata, dan menambah pemahaman tentang PUEBI.

Baca Juga: Contoh Soal Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis TPS UTBK 2024

 

3. Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK untuk Subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Sama seperti pada tipe soal Pemahaman Bacaan, untuk menjawab soal-soal pada subtes ini, lebih baik untuk langsung membaca soalnya terlebih dahulu, daripada membaca wacana/artikel/bacaannya.

Kalau pertanyaannya seputar gagasan, pastikan kamu tahu ada di mana inti pembahasan di bacaan tersebut. Cermati juga hubungan antarkalimat/antarparagrafnya. Apakah gagasan utamanya ada di awal cerita, atau di akhir, atau di keseluruhan.

Selain itu, kamu juga harus berlatih mencari kata-kata yang sesuai PUEBI. Seperti jenis-jenis kata yang baku, atau penggunaan tanda baca yang benar. Jadi, jika saat membaca artikel/wacana kamu menemukan hal yang ganjil (entah itu kata atau tanda baca), jangan takut untuk mengeceknya di KBBI daring.

Baca Juga: Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum TPS UTBK 2024

 

4. Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK untuk Subtes Pengetahuan Kuantitatif

Subtes Pengetahuan Kuantitatif memerlukan pemahaman matematika dasar, seperti aljabar, fungsi, geometri, statistika, dan peluang. Oleh karena itu, untuk menaklukkan tipe soal ini, kamu harus berlatih banyak soal. Semakin sering mengerjakan latihan soal, kamu akan semakin teliti dan mudah mengenali jenis soal yang keluar nantinya. Kamu juga dapat mengerjakan soal dari yang termudah dahulu agar tidak membuang waktu.

Baca Juga: Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif TPS UTBK 2024 & Pembahasannya

Nah, itulah tips mengerjakan soal TPS UTBK SNBT berdasarkan tipe-tipe soalnya. Gimana, guys? Kira-kira kamu sudah menguasai semua materi UTBK SNBT 2024 yang disebutkan di atas belum? Masih ada waktu kok, yuk terus kejar persiapan UTBK kamu bersama ruangbelajar. Ada tips dan strategi mengerjakan soalnya juga, lho!

cta ruangbelajar

Ruangguru