Cara Mencari Keliling Gabungan Bangun Datar | Matematika Kelas 6

Cara Mencari Keliling Gabungan Bangun Datar

Sebagian lahan taman di SD Nusantara belum dipagari, lho! Yuk, baca cerita Dafa dan Puti mencari keliling gabungan bangun datar untuk pagar taman di sekolah mereka pada artikel Matematika Kelas 6 ini!

--

Saat kegiatan kerja bakti SD Nusantara, Bu Nana meminta beberapa anak untuk membersihkan halaman dan taman sekolah. Sementara itu, Dafa bersama Puti diminta membuat pagar untuk taman sekolah. Mereka berdua bingung ketika melihat bentuk taman yang tidak beraturan.

“Jadi, apa yang harus kita lakukan sekarang?” kata Dafa melihat taman di sekelilingnya.

“Tunggu sebentar, aku coba ingat-ingat dulu!”

Puti memegang kepalanya, berpikir.

“Aha! Aku ingat, nih. Aku pernah membantu Abi membuat pagar untuk kebun di rumah kami. Langkah awalnya, kita harus mencari kelilingnya terlebih dahulu,” ujar Puti.

Baca Juga: Cara Mencari Keliling Segi Empat

“Tapi, ini cuma sisa lahan tamannya aja yang belum dipagari. Terus, bentuknya juga kita belum tau, kan?” kata Dafa.

“Kalau kita perhatikan baik-baik, bentuk lahan taman yang tersisa itu seperti bangun datar persegi panjang yang banyak sekali, loh! Artinya, kita dapat  menentukan panjang pagar yang dibutuhkan untuk lahan yang tersisa ini, dengan mencari keliling gabungan bangun datarnya,” jelas Puti.

“Gabungan bangun datar itu apa, sih?”

“Gabungan bangun datar itu merupakan suatu bangun datar yang terdiri atas gabungan-gabungan bangun datar. Misalnya, gabungan persegi panjang dan persegi panjang, persegi dan persegi, atau bisa juga persegi dan lingkaran. Nah, kalau keliling dari gabungan bangun datar dapat kita tentukan dengan menjumlahkan seluruh sisi luar gabungan bangun datarnya saja.”

“Eh, tapi aku baru sadar, deh. Kita kan cuma tau panjang dua sisinya, sementara  sisi-sisi yang lainnya belum diketahui. Kalau gitu, gimana cara untuk cari kelilingnya?”

“Bisa dicari, kok! Caranya seperti ini.”

Cara Mencari Keliling Gabungan Bangun Datar

 

“Jadi, panjang pagar yang dibutuhkan untuk mengelilingi sisa lahan taman tersebut adalah 90 m,” ujar Puti

“Nah, kalau misal lahan ini adalah gabungan antara persegi dan lingkaran,mencari kelilingnya gimana?” Dafa penasaran.

Baca Juga: Cara Menghitung Keliling Segitiga

“Caranya begini, Daf.”

Keliling Gabungan Bangun Datar Persegi dan Lingkaran

 

“Wah, kamu keren banget, Puti! Terima kasih ya, udah ajarin aku cara mencari keliling gabungan bangun datar ini. Sekarang, kita jadi tahu berapa panjang pagar yang dibutuhkan untuk mengelilingi sisa lahan tamannya, deh” ucap Dafa bersemangat.

Baca Juga: Cara Mencari Keliling Segi Banyak

“Kalian juga sudah paham tentang cara mencari keliling gabungan bangun datar, kan? Kalau begitu, coba jawab pertanyaanku, ya!” 

Contoh Soal Cara Mencari Keliling Gabungan Bangun Datar

 

Nah, itu tadi penjelasan tentang keliling gabungan bangun datar. Kamu ingin tahu lebih banyak lagi? Yuk, tonton kegiatan Dafa, Puti, dan teman-teman lainnya saat belajar matematika di petualangan Dafa Lulu. Segera download aplikasi Ruangguru dan berlangganan ruangbelajar, ya!

New call-to-action

Materi Oleh: Eka Sobiatin

Disunting Oleh: Agung Aksara Putra

Profile

Nada Amelia