Dari Psikologi sampai IT, Intip Jurusan yang Prospek Kerjanya Banyak Dicari Tahun 2021!

Salsabila Nanda Mar 19, 2021 • 8 min read


Pojok_Kampus_-_Jurusan_Tahun_2021-01

Artikel ini menjelaskan jurusan yang lulusannya banyak dicari di tahun 2021 beserta gambaran profesinya.

---

Kamu tau, kan, kalau tren pekerjaan selalu berubah. Meski tak secepat itu, tetap ada pergeseran peran yang dialami oleh beberapa pekerja. Bahkan, ada yang kehilangan pekerjaan karena tidak mampu beradaptasi dengan situasi sekarang. Buat kamu yang sedang merencanakan kuliah, tren pekerjaan perlu kamu pahami sejak dini.

Memang, sih, ada beberapa orang yang bekerja tanpa memperhatikan background kuliahnya. Tetapi, kamu nggak pengen, kan kalau ilmu kuliahmu sia-sia? At least, kamu punya cita-cita untuk bekerja di industri yang relevan dengan jurusanmu saat ini.

Jangan galau, semua akan indah pada waktunya. Buat kamu yang belum tahu jurusan apa yang mau diambil, intip bocoran jurusan kuliah yang banyak dicari di tahun 2021!

1. Psikologi

Masih jadi favorit bagi pendaftar SNMPTN, UTBK, maupun Seleksi Mandiri. Ilmu psikologi mempelajari tingkah laku manusia serta gangguan kesehatan mental yang dialami. Terkadang, lulusan Psikologi menganggap dirinya cuma bisa jadi HRD atau guru BK. Padahal, jenjang karir jurusan ini luas banget, lho.

Well, jadi HRD atau guru BK juga bagus kok. Namun, kamu perlu tahu kalau banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan Psikologi untuk bekerja di bidang lain. Contohnya, profesi UX Researcher yang banyak dicari perusahaan start-up. Sudah pernah dengar belum?

“Kenapa sih psikologi banyak dicari?”

Di zaman yang serba kompetitif, setiap perusahaan wajib mengembangkan produk mereka agar memperoleh banyak pelanggan. Peran UX Researcher sangat diperlukan untuk menggali kebutuhan dan mendengar feedback dari konsumen sebuah brand atau produk tertentu. UX Researcher bertanggung jawab untuk melakukan riset terkait perilaku dan pengalaman konsumen saat menggunakan produk.

karir psikologi di 2021 dan masa mendatangVISUAL: IFFAH AFKARINA

Selain UX Researcher, profesi Geropsychologist termasuk ke dalam karir yang menjanjikan di tahun mendatang. Fokus utama pekerjaan ini adalah mendengarkan, memahami dan memberikan solusi masalah keluarga. Tanpa kita sadari, banyak konflik yang timbul akibat perbedaan prinsip antara orangtua dengan anak atau lansia yang berujung pada gangguan kesehatan mental.

2. Statistika

Siapa yang bergidik dengar jurusan ini? Serem ya, setiap hari ketemu angka-angka. Meskipun menyeramkan, kenyataannya lulusan ini banyak dicari oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Bisa dibilang Statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor.

Keren banget! Belajar apa aja sih di Jurusan Statistika?

Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis angka menjadi data. Nah, ini dia kata kuncinya! Kamu pasti nggak asing dengan istilah “big data,”. Big data adalah kumpulan data kompleks yang diperoleh dari internet, media sosial, dan smartphone yang digunakan untuk kepentingan bisnis.

Namanya juga “big data,” sudah pasti jumlahnya sangat besar. Proses pengolahannya pun rumit dan memerlukan banyak waktu. Oleh sebab itu, diperlukan seseorang yang ahli Statistika untuk mengolah data tadi menjadi sebuah informasi. Dasar-dasar serta alur pengolahan data bakal kamu pelajari jika masuk jurusan ini.

Mata kuliah yang kamu temui biasanya terdiri dari Matematika Dasar, Aljabar, Teori Probabilitas, Data Mining, Metode Survei, serta Analisis Regresi dan Multivariat. Kamu juga perlu memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Phyton atau R Language.

Aku nggak ngerti semua itu apa….” 

Gapapa, nanti juga belajar pelan-pelan. Yuk bisa yuk.

Saat ini, lulusan Statistika banyak berkarir sebagai Data Scientist. Profesi ini bertanggung jawab untuk memproses dan mengolah big data yang terkumpul di suatu perusahaan. Setelah diolah, Data Scientist akan menarik kesimpulan. Selain itu, mereka bereksperimen untuk membuktikan saran apa yang cocok diterapkan bagi perkembangan model bisnis perusahaan mereka bekerja.

3. Desain Grafis

Alkisah, di sebuah rumah ada Mamah yang lagi ngomelin anaknya.

Ngapain sih kuliah gambar-gambar? Mau kerja apa nanti?”

Familiar dengan pertanyaan di atas? Tenang, di tahun 2021 ini lulusan Desain Grafis maupun DKV semakin dibutuhkan. Kamu bisa kerja di mana aja, bahkan tanpa terikat kontrak dengan satu perusahaan alias menjadi freelancer. Dengan begini, sumber income yang kamu peroleh menjadi lebih banyak. Yeay!

Yaaa pokoknya jurusan ini bakal memberikan pemahaman mendalam tentang seni rupa, ilustrasi, visual branding, fotografi, nirmana, sampai tipografi (teknik memilih font huruf). Katanya sih, mahasiswa Desain tidurnya sedikit karena kebanyakan tugas, hihihi. Tapi semua itu dijamin worth it! Karena kumpulan tugas tadi dapat dijadikan portofolio untuk memulai karir.

Kamu tau kan kalau ilustrasi di artikel blog Ruangbaca siapa yang bikin? Betul! Semuanya hasil karya kakak-kakak desainer grafis yang kece dan sering begadang (bercanda, mereka bobo 8 jam sehari kok). Kalau nggak ada mereka, blog ini cuma berisi huruf, huruf, dan huruf. Hmm, membosankan yha~

Profesi graphic designer penting karena membantu menyampaikan pesan melalui visual dalam bentuk warna, permainan font, dan ilustrasi. Bayangin kalau ilustrasi di ruangbaca warnanya hitam putih, baru dilirik sebentar udah bikin ngantuk. Nah, desainer grafis bertanggung jawab untuk membuat visual menjadi menarik dan nggak monoton.

4. Manajemen Bisnis

Di posisi keempat, manajemen bisnis jadi jurusan yang masih dicari di tahun 2021. Mahasiswa jurusan ini bisa bekerja sebagai Business Development, Project Manager atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Tak perlu khawatir soal prospek karir, karena lulusannya diperlukan hampir di semua sektor industri.

Kuliah Manajemen Bisnis ibarat membangun perusahaan sendiri. Selain membahas teori yang berhubungan dengan bisnis dan finansial, kamu juga belajar cara menganalisis target pasar (market research), mengembangkan macam-macam model bisnis dan membuat real project. 

Menjelang semester akhir, terdapat event Entrepreneur Day yang diselenggarakan oleh universitas. Semua mahasiswa berkesempatan untuk merealisasikan ide bisnis mereka dalam bentuk produk maupun jasa. Tentunya, kamu nggak bekerja sendiri, melainkan tergabung dalam sebuah kelompok. Nah, disinilah kemampuan leadership dan teamwork kamu akan diasah.

Oh iya, tadi sempat disinggung beberapa profesi yang related sama jurusan ini, salah satunya Business Development. Seorang Business Development bertanggung jawab untuk menyusun rencana bisnis perusahaan, menjalin relasi dengan klien, serta memahami persaingan antar kompetitor.

Udah kebayang belum serunya kuliah Manajemen Bisnis? Kalau kamu punya segudang ide di kepala, berani ambil resiko atau punya keinginan buat bangun brand sendiri, jangan sampai kehilangan peluang untuk masuk ke jurusan ini!

5. Teknik Informatika (IT)

Mau nanya deh, ada berapa jumlah aplikasi di smartphone kamu?  Coba hitung.

Aplikasi Ruangguru, aplikasi pesan makanan, terus buat nonton drama, dengerin musik, baca novel, joget-joget, sharing foto…..Wah, banyak!

FYI aja, negara kita merupakan salah satu pengguna aplikasi mobile paling aktif di dunia, sejajar dengan Tiongkok dan Korea Selatan. Ya abis gimana dong, aplikasi tadi benar-benar membantu kehidupan kita menjadi lebih praktis dan cepat. Bayangin, Mama kamu bisa beli sayur lewat hp, lho!

warga indonesia jadi pengguna aplikasi mobile teraktif

Di balik canggihnya aplikasi saat ini, pasti kamu bertanya-tanya “siapa sih yang bikin ginian? kok keren banget,” . Mereka adalah….

*drumroll*

*drumroll*

Ya, betul! Anak lulusan Teknik Informatika. Di prodi ini, terdapat mata kuliah bahasa pemrograman, hitung-hitungan, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan. Kalau jadi mahasiswa IT, kamu bakal paham proses pembuatan software agar bisa bekerja dengan optimal di ponsel maupun komputer.

Baca juga: Bedanya Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Teknik Informatika cocok buat kamu yang suka cari masalah dan mencoba mencari jalan keluar melalui pembuatan aplikasi. Masih ingat drama korea Startup? Pemeran utamanya meluncurkan NoonGil yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dengan teknologi perintah suara untuk mempermudah aktivitas penyandang tunanetra. Prospek karir jurusan ini banyak ragamnya, mulai dari programmer, web designer, backend developer atau IT Consultant. Keren deh, kerja sambil mempermudah hidup orang lain.

 

Itu dia jurusan dengan prospek karir cemerlang di tahun 2021 ini. Semoga bisa menambah wawasan kamu terkait jenis pekerjaan yang banyak dicari di era digital. Setiap orang pastinya memiliki goals yang berbeda, termasuk rencana masa depan. Kalau goals kamu mau jadi apa nih?

Biar nggak overthinking sama masa depan, konsultasi di ruangbelajarplus yuk! Cobain konsultasi seputar pengembangan diri, minat bakat dan perencanaan kuliah dengan kakak-kakak konselor berpengalaman. Bebas curhat sepuasnya, asal jangan curhat dighosting gebetan. 

Masih adakah hal-hal seputar perkuliahan yang ingin ditanyakan? Langsung tulis di kolom komentar ya, jangan ragu-ragu. We are here for you!

New call-to-action

Referensi:

UX Researcher [Daring]. Tautan: https://uxdesign.cc/are-some-research-participants-just-too-difficult-to-handle-318b123682f1 (diakses 15 Maret 2021)

Data Scientist [Daring]. Tautan: https://www.dewaweb.com/blog/perbedaan-data-scientist-data-analyst-dan-data-engineer/ (diakses 15 Maret 2021)

Big Data [Daring]. Tautan: https://www.dqlab.id/yuk-belajar-data-scientist-di-era-big-data (diakses 15 Maret 2021)

Kuliah Manajemen Bisnis. [Daring]. Tautan: https://ceritaprasmul.com/19-fakta-mengenai-sekolah-bisnis-prasetiya-mulya-versi-mahasiswa/ (diakses 15 Maret 2021)

Pengguna Aplikasi di Indonesia [Daring]. Tautan: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/indonesia-tempati-peringkat-pertama-negara-teraktif-menggunakan-aplikasi-mobile (diakses 15 Maret 2021

Beri Komentar