Latihan Soal & Pembahasan UTBK 2022: Biologi

Shabrina Alfari Nov 10, 2021 • 10 min read


Pojok Kampus - Latihan soal utbk biologi-06-06

Sudah siap hadapi UTBK tahun 2022 nanti? Yuk, tingkatkan persiapanmu dengan latihan soal UTBK 2022 Biologi beserta pembahasannya di bawah ini. Selamat mengerjakan!

--

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Nov-08-2021-02-31-08-66-AM

1. Sel

Subtopik: Pembelahan Sel

Level: Hots

Perhatikan gambar di bawah ini!

2-Nov-08-2021-02-25-20-19-AM

Pernyataan di bawah ini yang berhubungan dengan siklus sel yang ditunjukkan oleh skema di atas adalah … 

  1. Tahapan pada nomor I dan V menunjukkan fase sitokinesis. 
  2. Proses replikasi DNA terjadi pada tahapan nomor III. 
  3. Sintesis protein terjadi pada tahapan nomor IV. 
  4. Fase S terjadi pada tahapan nomor II. 
  5. Fase kariokinesis ditunjukkan oleh tahapan nomor V. 

 

Jawaban: D

Pembahasan: Siklus sel terdiri dari tahap interfase dan fase M. Interfase merupakan tahap persiapan sel, terjadi beberapa tahapan sebagai berikut: 

  1. Fase G1, terdiri dari persiapan replikasi DNA, sintesis protein, perbanyakan organel dan DNA masih dalam bentuk 1 copy. Pada skema siklus sel di atas fase G1 ditunjukkan oleh tahapan nomor I dan V karena awal dari sebuah siklus sel dan jumlah DNA masih sama 
  2. Fase S (Sintesis), terdiri atas replikasi DNA yang melibatkan enzim DNA polimerase. Pada skema di atas fase S ditunjukkan oleh tahapan nomor II karena jumlah DNA mengalami peningkatan yang berarti terjadi replikasi DNA 
  3. Fase G2, terdiri dari proses replikasi DNA selesai, sel bersiap untuk membelah, perbanyakan organel, dan DNA sudah ada 2 copy. Pada siklus sel di atas fase G2 ditunjukkan oleh tahapan nomor III karena jumlah DNA sudah tidak mengalami perubahan. 

Sementara itu, fase M merupakan tahap pembelahan yang terdiri dari tahapan kariokinesis atau pembelahan inti sel dan tahapan sitokinesis atau pembelahan sitoplasma. Pada skema di atas, tahapan kariokinesis ditunjukkan oleh tahapan nomor IV karena pada nomor tersebut terjadi penurunan DNA yang berarti sel sudah membelah menjadi dua buah. 

Berdasarkan hal ini, dapat diketahui bahwa pernyataan pada soal yang berhubungan dengan siklus sel yang ditunjukkan oleh skema adalah fase S terjadi pada tahapan nomor II. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Nov-08-2021-02-31-08-66-AM

2. Genetika dan Evolusi

Subtopik: Materi Genetik

Level: Hots

Satu strand DNA dari spesies P dihibridisasi (digabungkan) dengan strand DNA komplemen dari lima spesies berbeda yang diberikan kode A sampai dengan E. Molekul DNA hibrid yang didapat kemudian didenaturasi. Suhu yang diperlukan untuk mendenaturasi molekul DNA tersebut disajikan dalam tabel berikut.

3-Nov-08-2021-02-26-57-39-AM

Berdasarkan tabel di atas, spesies yang kemungkinan paling dekat kekerabatannya dengan spesies P adalah .… 

  1. A
  2. B
  3. C
  4. D
  5. E

 

Jawaban: E

Pembahasan: Spesies yang memiliki kekerabatan dekat adalah spesies yang memiliki urutan basa DNA yang mirip. Jika basa DNA antar spesies mirip, maka ketika dihibridisasi, akan ada banyak ikatan pada DNA hibrid. Banyaknya ikatan pada DNA hibrid dapat dibuktikan melalui proses denaturasi. Denaturasi merupakan proses yang dilakukan untuk melepas ikatan yang ada pada DNA hibrid menggunakan bantuan suhu. Berikut ini contoh DNA hibrid yang terbentuk.

4-Nov-08-2021-02-26-57-47-AM

DNA hibrid 1 memiliki ikatan yang sedikit sehingga seharusnya lebih mudah terputus dan suhu denaturasi yang dibutuhkan untuk memutus ikatan pada DNA hibrid rendah. Sedangkan DNA hibrid 2 memiliki ikatan yang banyak sehingga ikatan DNA hibridnya kuat dan lebih sulit didenaturasi. Hal ini menyebabkan DNA hibrid 2 akan membutuhkan suhu denaturasi yang lebih tinggi.

Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa:

  • Kekerabatan antar spesies ditandai dengan banyaknya ikatan pada DNA hibrid, semakin banyak ikatan maka kekerabatan makin dekat
  • Semakin banyak ikatan pada DNA hibrid maka DNA hibrid tersebut akan semakin sulit didenaturasi sehingga suhu yang dibutuhkan untuk denaturasi makin tinggi

Oleh karena itu, spesies yang memiliki kekerabatan paling dekat dengan spesies P adalah spesies dengan suhu denaturasi DNA hibrid paling tinggi, yaitu E yang suhu denaturasinya mencapai .

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Nov-08-2021-02-31-08-66-AM

3. Genetika dan Evolusi

Subtopik: Evolusi

Level : Hots

Pada suatu hutan di Negara Inggris dapat kita temukan populasi ngengat dengan nama latin Biston betularia  yang memiliki warna sayap terang dan gelap. Pada saat belum terjadi perkembangan industri, populasi ngengat bersayap terang jauh lebih mendominasi dibandingkan ngengat bersayap gelap. Namun, pada saat perkembangan industri terjadi, populasi ngengat bersayap terang berkurang dan didominasi dengan ngengat bersayap gelap. Penyebab berkurangnya ngengat bersayap terang pada saat terjadi perkembangan industri adalah .... 

  1. kemampuan bertahan hidup ngengat bersayap terang tinggi 
  2. ngengat bersayap terang mati karena kekurangan makanan 
  3. ngengat bersayap terang dimangsa oleh ngengat bersayap gelap 
  4. ngengat bersayap terang terseleksi oleh alam 
  5. ngengat bersayap terang melakukan migrasi ke tempat lain 

 

Jawaban: D

Pembahasan: Sebelum terjadinya perkembangan industri di Inggris, permukaan pohon-pohon banyak tertutup oleh lichen (bioindikator udara bersih) yang memiliki warna yang serupa dengan ngengat bersayap terang. Sehingga saat ngengat bersayap terang dan gelap hinggap pada permukaan pohon, maka ngengat bersayap terang akan menyerupai lingkungan, sementara ngengat bersayap gelap akan lebih mencolok sehingga terlihat oleh predator kemudian dimangsa (terseleksi). Hal inilah yang menyebabkan populasi ngengat bersayap terang lebih banyak dari pada ngengat bersayap gelap sebelum terjadinya perkembangan industri. Namun, setelah terjadinya perkembangan industri, permukaan pohon banyak tertutup oleh residu industri berupa debu sehingga pepohonan menghitam dan lichen mati karena tidak dapat hidup di lingkungan dengan udara kotor. Sehingga saat ngengat bersayap terang dan gelap hinggap pada permukaan pohon, maka ngengat bersayap gelap akan menyerupai lingkungan, sementara ngengat bersayap terang akan lebih mencolok sehingga terlihat oleh predator kemudian dimangsa (terseleksi). Hal inilah yang menyebabkan populasi ngengat bersayap gelap lebih banyak dari pada ngengat bersayap terang pada saat terjadinya perkembangan industri. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Nov-08-2021-02-31-08-66-AM

4. Metabolisme Sel

Subtopik: Anabolisme

Level: Hots

Perhatikan siklus di bawah ini!

5-Nov-08-2021-02-28-43-10-AM

Apabila senyawa X berikatan dengan oksigen, maka yang akan terjadi adalah ….

  1. glukosa yang dihasilkan akan semakin besar
  2. peningkatan kadar karbon dioksida di mesofil daun
  3. hasil fotosintesis akan menurun
  4. reaksi akan menghasilkan energi
  5. terbentuk oksigen yang akan dilepaskan ke atmosfer

 

Jawaban : C

Pembahasan: Proses yang terjadi pada gambar merupakan reaksi gelap atau siklus calvin. Reaksi ini diawali dengan pengikatan senyawa oleh RuBP (ditandai oleh huruf X). Apabila RuBP berikatan dengan oksigen akan menyebabkan terjadinya fotorespirasi. Fotorespirasi tidak menghasilkan glukosa sebagai hasil akhir. Hal tersebut menyebabkan penurunan hasil fotosintesis.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Nov-08-2021-02-31-08-66-AM

5. Klasifikasi Makhluk Hidup

Subtopik: Animalia

Level: Hots

Perhatikan tabel berikut ini!

6-Nov-08-2021-02-30-01-15-AM

Contoh insekta dari subkelas apterygota ditunjukan oleh nomor …. 

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

 

Jawaban: A

Pembahasan: Kelas insekta terbagi ke dalam dua subkelas: apterygota dan pterygota. Karakteristik anggota apterygota adalah tidak bersayap dan tidak bermetamorfosis. Sementara itu, karakteristik anggota pterygota umumnya bersayap dan bisa bermetamorfosis, meskipun ada pula yang tidak bersayap karena sayapnya tereduksi selama proses evolusi.

Untuk dapat menjawab soal, hewan di dalam tabel harus diidentifikasi terlebih dahulu dan dilihat karakteristiknya berdasarkan keberadaan sayap dan kemampuan melakukan metamorfosis, seperti berikut:

7-Nov-08-2021-02-30-01-25-AM

Berdasarkan tabel tersebut, anggota subkelas apterygota adalah nomor 1. Sementara itu, nomor 2-4 merupakan anggota subkelas pterygota.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Nov-08-2021-02-31-08-66-AM

Nah, itulah beberapa kumpulan latihan soal UTBK Biologi yang bisa kamu jadikan bahan belajarmu untuk persiapan SBMPTN 2022 mendatang. Gampang 'kan? Nggak ada sulit kalau kamu rajin latihan. Yuk, berlatih lebih banyak soal lagi dengan ikut tryout UTBK di ruanguji. Psst, soal-soal dan sistem penilaiannya sama seperti UTBK aslinya, lho! Yakin nggak mau cobain?

Kamu juga bisa ikutan TO Akbar UTBK dalam rangkaian acara Liga Ruangguru. Ada hadiah puluhan juta rupiah dan Grand Prize Tur jalan-jalan di kampus top dunia di Amerika Serikat! Yuk, ikutan!

tryout ruanguji

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar